Pulau gili labak

Gili Labak, Madura

6 Ulasan

Gili Labak adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang sangat menarik, Gili Labak merupakan pulau kecil yang letaknya berada dalam pulau Madura namun terpisah posisi pulaunya atau memiliki kawasan pulau sendiri. Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau kecil ini hanya memiliki luas sekitar 5 hektar saja dan hanya ada beberapa puluh warga yang hidup di pulau ini.

Bagi Kamu yang suka menikmati aktivitas snorkling atau pantai, Kamu harus merasakan sensasi hidup di pulau yang sangat indah ini. Penasaran seperti apa keindahan pulau yang ada di Madura ini?

Alamat, Rute dan Cara Menuju

Lokasi dan alamat lengkapDesa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur
Jam buka24 jam

Cara Menuju?

Untuk Kamu yang ingin sekali bisa sampai ke pulau ini, setidaknya Kamu hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam atau paling lama 2 jam. Selama perjalanan menuju ke pulau ini, Kamu  akan diajak menyeberangi pulau yang sangat indah dan bahkan bisa untuk mengaca saking jernihnya air yang ada di pulau tersebut. Untuk bisa sampai ke pulau ini, Kamu bisa menggunakan 3 rute.

Dari Kawasan Pelabuhan Kalianget

Untuk mengambil rute dari Pelabuhan Kalianget, Kamu perlu berangkat dari pusat kota Sumenep kemudian menuju ke arah timur yakni ke pelabuhan.

Dari pelabuhan Kalianget, Kamu hanya mencari perahu untuk disewa dan berlayar ke Gili Labak. Jika Kamu tidak ingin menunggu lama di pelabuhan ini dan ingin segera sampai, Kamu bisa menyewa jasa tur, lho. Pastikan Kamu memilih jasa tur dan travel dengan bijak dan cari informasi sebanyak mungkin untuk memilih yang terbaik.

Dari Kawasan Desa Lobuk

Desa Lobuk adalah desa yang juga menjadi salah satu rute untuk menuju ke pulau-pulau Gili, baik itu Gili Genting, Labak dan juga Gili Raja. Semenjak bisa digunakan untuk menyeberang ke Gili Labak Island, banyak wisatawan yang mulai menggunakan rute dari Desa Lobuk.

Untuk wisatawan  yang berasal dari luar kabupaten Sumenep, maka Kamu bisa langsung pergi menuju ke persimpangan Bluto. Dari Bruto, Kamu bisa pergi ke arah timur hingga menemukan sebuah dermaga kecil. Setelah itu Kamu bisa memesan perahu yang akan berlayar menuju pulau  Gili.

Dari Kawasan Tanjung Saronggi

Tempat lain yang dapat digunakan sebagai rute menuju ke pulau Gili adalah Tanjung Saronggi. Dari Madura, Kamu bisa pergi ke Sumenep kemudian ambil arah persimpangan Saronggi. Dari persimpangan tersebut pergilah ke timur sampai Kamu mencapai pantai. Dari pantai tersebut, ada dermaga dengan banyak perahu kecil yang tersedia untuk menuju ke Gili Labak.

Di antara ketiga rute itu dibutuhkan waktu yang hampir bersamaan, yaitu 1,5-2 jam, tergantung cuaca dan angin yang sering mengganggu perjalanan ke pulau itu. Untuk mendapatkan harga yang terjangkau, disarankan agar Kamu pergi ke pulau ini dengan banyak orang, setidaknya 8-10 orang. Semakin banyak penumpang datang, maka Kamua bisa mendapatkan harga yang terjangkau untuk menyewa perahu.

Namun, sembari memanjakan diri Anda di surga tersembunyi ini, tetap hargai alam dan jaga tangan Anda tetap siaga dan tidak memberikan sampah, tanda tangan berbahaya, atau barang tidak penting yang tertinggal di pulau.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Gili Labak Madura adalah sebuah pulau yang sangat menakjubkan, ada beberapa hal menarik yang dimiliki oleh pulau ini di antaranya adalah :

Pasir Putih

Foto y: @jatimtravel

Pulau indah di Madura ini memiliki pasir putih yang sangat lembut. Kelembutan pasir putih di pulau ini hampir seperti yang ada di pulau Lombok dan sekitarnya. Mengajak keluarga untuk menjelajajahi pulau satu ini rasanya akan seperti wisata yang begitu sempurna.

Dunia Bawah Laut

bawah laut gili labak
Foto by: @isak_stormrage

Pulau ini memiliki kehidupan di bawah laut yang begitu luar biasa indah. Kamu bisa melihat karang, tumbuhan dan ikan-ikan yang berenang indah di bawah laut. Kehidupan bawah laut pulau ini sangatlah indah dan begitu menakjubkan siapapun wisatawan yang datang. Tidak harus pergi jauh ke Lombok, jika di pulau ini, Kamu bisa temukan keindahan yang hampir serupa.

Spot Snorkling

snorkling di gili labak
Foto by: @didinwarisan

Sangat disarankan ketika datang ke pulau yang indah ini, Kamu manfaatkan untuk aktivitas snorkeling. Nah, sayangnya karena tempat aslinya sangat kurang fasilitas, maka untuk Kamu yang ingin snorkeling, maka sangat disarankan untuk membawa peralatan sendiri ketika Anda perlu snorkeling dan menyelam. Di pulau ini, tidak ada peralatan sewa sehingga Kamu perlu membawanya dari rumah.

Berenang dan Berjemur

Pulau gili labak
Foto by: @jm_adventour

Untuk Kamu yang hanya ingin berenang dan menikmarti pantainya saja, Kamu tetap bisa melakukan aktivitas tersebut di pantai Gili Labak. Kamu juga bisa berjemur atau hanya bermain-main di pantai. Sayangnya jika Kamu mencari makanan, Kamu tidak akan menemukannya di sekitar pantai sehingga Kamu perlu membawanya sendiri, ya!

Fasilitas

Fasilitas umumKamar mandi, mushola, spot foto
Telepon087750125158.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga Tiket Senin-JumatHarga Tiket Sabtu-Minggu/Hari Libur Nasional
Rp. 35.000Rp. 50.000

Tips Berkunjung

Bingung memilih tempat wisata pantai di Jawa Timur? Anda bisa coba datang ke Gili Labak yang terletak di Desa Kombang Kecamatan Talango Sumenep. Banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan disana, tapi Anda harus terapkan dulu tips saat mengunjungi Gili Labak, agar acara liburan di pulau tersebut jadi sempurna. Karena fasilitas di sana yang masih minim, dan jarak dari pulau lain yang cukup jauh, maka Anda harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin sebelum berangkat. Delapan tips berikut bisa dilakukan, agar wisata di pulau yang super eksotis ini bisa memberikan kenangan indah bagi Anda.

Pergi Bersama Banyak Orang

Usahakan untuk pergi dengan rombongan, karena akan lebih seru menelusuri pulau yang dulunya tidak berpenghuni tersebut. Sehingga Anda bisa menyewa speedboat lebih leluasa tanpa ada orang lain di dalamnya, dan bisa puas menikmati berbagai keindahan wisata bersama-sama.

Datang Pagi Hari

Disarankan untuk mengunjungi objek wisata baru di Sumenep ini  pada pagi hari, sehingga Anda bisa puas bermain di Gili Labak. Jadi ketika sore tiba semua wahana yang tersedia sudah terjelajahi sempurna dan Anda juga bisa kembali ke tempat menginap dengan santai.

Bawa Perlengkapan Renang

Buat Anda yang suka berenang, jangan lupa untuk membawa perlengkapan renang terbaik. Karena akan rugi rasanya jika tak merasakan sensasi berenang di pantai pasir putih, yang masih “perawan” tanpa polusi. Kalau membawa anak kecil pastikan ada pelampung yang Anda bawa, jadi mereka bisa belajar berenang dengan nyaman.

Bawa Perlengkapan Snorkeling

Kalau Anda ingin melihat keindahan bawah laut alami di Gili Labak, bawa perlengkapan snorkeling sendiri. Jadi Anda bisa berinteraksi langsung dengan terumbu karang dan berbagai satwa laut lainnya yang masih hidup bebas.

Bawa Baju Ganti dan perlengkapan mandi

Ini juga wajib dibawa, apalagi buat Anda yang mau main air sepuasnya. Mulai dari pakaian, hingga perlengkapan mandi. Agar Anda bisa membersihkan diri usai puas bermain air, tanpa harus menunggu sampai kembali ke Sumenep tempat Anda menginap.

Kamera Terbaik Untuk Fotografi Sore

Selain menikmati keindahan bawah laut di Gili Labak, tips saat mengunjungi Gili Labak selanjutnya adalah membawa kamera terbaik Anda. gunanya tentu untuk menikmati keindahan pemandangan di lokasi tersebut, dan mengabadikan setiap momen berkesan. Apalagi Gili Labak memiliki view indah di pagi hari saat matahari terbit dan sunset di sore hari.  rugi kalau Anda tak mengabadikan momen tersebut bersama rombongan dan orang-orang tersayang.

Power Bank Wajib Dibawa

namanya di alam terbuka dan pulau terpencil, tentu akan susah mencari jaringan listrik untuk mengisi baterai ponsel. Jadi ada baiknya Anda membawa serta power bank yang sudah terisi penuh, untuk memastikan ponsel selalu bisa digunakan sepanjang hari. Apalagi kalau alat fotografi Anda adalah ponsel, tentu akan kecewa ketika kehabisan baterai saat Anda akan memotret keindahan destinasi wisata tersebut.

Bekal Makanan Yang Cukup

Berhubung fasilitas makan masih minim di lokasi ini, ada baiknya Anda juga membawa serta bekal makanan seperti cemilan hingga makan siang. Lengkap dengan minuman untuk semua rombongan. Agar eksplorasi pulau eksotis itu bisa maksimal tanpa keluhan perut lapar atau haus.

Sudah siap untuk perjalanan menyenangkan ke Gili Labak? Selama Anda mengikuti tips saat mengunjungi Gili Labak di atas, maka tak ada masalah yang akan ditemui selama berada disana. Sehingga Anda dan rombongan bisa sepuasnya menikmati keindahan pulau dan pantai, hingga saatnya kembali ke tempat masing-masing di sore hari. Pastikan jika Kamu hanya ingin menyelam datanglah saat pagi hingga sore hari saja. Mengapa? Sebab listrik yang menyala pada malam hari hanya menggunakan diesel dan lampu hanya akan hidup dari pukul 18.00-23.00 saja. Jadi jika Kamu ingin menginap, pastikan tempat penginapan Kamu sudah menyediakan diesel, ya!

6 Ulasan Pengunjung Gili Labak, Madura

  1. Dari Surabaya perjalanan darat sekitar 5 jam ke Pelabuhan Kali Anget, disarankan berangkat malam hari sehingga sampai di Pelabuhan kali anget sekitar jam 5 pagi. Dilanjutkan perjalanan via kapal kecil (boat) sekitar 2 jam. Disarankan meminum obat anti mabok bila tidak biasa naik perahu. . Perjalanan mungkin melelahkan namun setelah sampai di Gili Labak terbayar sudah.. Pantai jernih, pasir putih, tampa ombak, bisa puas puasin bermain pasir dan berenang serasa Pulau pribadi, apalagi kalau berkunjung di hari kerja.. Ketengah sedikit untuk snorkling. Beli ikan bakar dari penduduk setempat. . Disarankan lewat Travel Agent saja bila khawatir bingung ke lokasi

  2. Destinasi tempat wisata yg menarik, masih sepi, terawat oleh penduduk lokal dan juga semoga wisatawan ikut menjaga kebersihannya juga. Perjalanan dapat ditempuh selama 2 jam menggunakan boat dari pelabuhan kalianget, Sumenep. Pulaunya kecil, asik terdapat area untuk snorekeling melihat karang dan juga ikan² laut yg indah. Cocok untuk merefresh pikiran setelah disibukkan dengan rutinitas. Btw penyeberangan cukup mahal jika tidak terdapat barengan. Minimal 10 orang baru bisa dapat harga min 80rb/orang.

  3. Pulaunya Sangat indah, sepi dan sunyi hanya aktivitas nelayan dari masyarakat pulau itu saja yang lalu lalang. Dan pengunjung ketika momen liburan pulau ini sangat ramai. Disini juga cocok di gunakan camp karena lokasinya juga masih luas yg kosong. Disini sudah teraliri listrik dari tenaga surya, serta spot snorklingnya juga indah. Pokoknya cocok buat kalian yg lagi mencari ketenangan dari kesibukan rutinitas pekerjaan sehari hari. Yg penting tetep di jaga pulaunya.

  4. Josslahhh… Sayang masih ada beberapa orang yang enggak peduli dengan sampah!. 😔

  5. Pantainya bersih tapi panas. Harus sedia sunblosk supaya kulit tetap baik-baik saja..

  6. Pantai yang keren. Dan lokasi snorkeling yang sangat bagus.

Tinggalkan Balasan