Pantai Klayar

Pacitan sebenarnya mendapat julukan sebagai Kota Seribu Goa. Namun, kabupaten ini juga memiliki puluhan pantai yang indah dan salah satu pantainya yang paling terkenal di Pacitan adalah Pantai Klayar. Klayar adalah pantai berpasir putih yang telah dikembangkan menjadi destinasi wisata terkemuka di Pacitan.

Nama pantai ini secara perlahan mulai menggeser Pantai Teleng Ria yang telah dikembangkan pertama kali oleh pemerintah daerah. Banyak yang mengatakan bahwa Klayar adalah pantai yang paling indah di Pacitan. Jadi penasaran seperti apakah keindahan Klayar?

Hal Menarik dari Pantai Klayar

Klayar adalah pantai berpasir putih terpencil yang memiliki keindahan yang eksotis besar. Batuan mediterania di pantai ini terlihat mirip seperti berada di laut Mediterania. Wisatawan biasanya melakukan perjalanan ke pantai ini setelah atau sebelum mengunjungi Gua Gong, tempat wisata paling populer di Pacitan. Gua Gong  sendiri adalah gua yang diklaim paling indah di Asia Tenggara.

Ada beberapa hal menarik di Klayar yang tidak dijumpai di pantai lain. Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin membuat Kamu harus segera bermain ke Klayar :

Terdapat Air Mancur alami

Foto by: @pantaiklayarofficial

Di Pantai Klayar, Kamu akan menemukan air mancur alami yang sangat unik. Air mancur ini bisa Kamu temui di bebatuan yang ada di ujung timur pantai. Air mancur ini berasal dari ombak yang menerpa rongga batu yang ada di bawahnya dan kemudian menyembur melalui retakan di terumbu. Air mancur ini akan muncul setiap beberapa menit sekali jika ada ombak besar yang menghantam karang.

Munculnya air mancur ini juga disertai dengan suara nyaring seperti seruling. Banyak yang kemudian menyebutnya sebagai seruling samudra. Tempat ini adalah tempat yang cukup menarik untuk ditonton. Banyak pengunjung yang penasaran ingin melihat air mancur serta seruling laut.

Mereka yang tahu tentang tempat-tempat ini tentu tidak akan pernah melewatkan fenomena alam ketika mengunjungi Klayar. Namun sebenarnya fenomena langka dan unik ini disebabkan oleh semburan dengan air laut bertekanan tinggi yang masuk melalui dasar bebatuan

Baca Juga :  Tempat Wisata di Pacitan

Ada Batu Sphinx yang Unik

Pantai Klayar
Foto by: @pantaiklayarofficial

Selain bisa melihat air mancur yang indah di pantai ini, Kamu juga bisa a menemukan serangkaian batu yang terlihat cukup unik. Ada bentuk batu yang menjulang tinggi dan jika dilihat dari samping, sekilas tampak seperti binatang berkaki empat sedang beristirahat.

Nah, dikarenakan warna batunya sama dengan batu yang ada di Mesir, maka banyak yang kemudian menyebut bahwa batu di pantai ini adalah bentuk rangkaian karang seperti Sphinx yang ada di negara Mesir.

Pasir putih yang indah

Pantai Klayar Pacitan
Foto by: @mzamzam.nur

Hampir semua pantai di Pacitan memiliki pasir putih, termasuk Klayar. Tekstur pasir di pantai ini juga cukup lembut dan sangat ideal bagi orang-orang yang suka bermain pasir di pantai, terutama anak-anak kecil. Jadi untuk Kamu yang ingin berwisata bersama keluarga tercinta, pantai ini sangat cocok untuk Kamu kunjungi bersama keluarga.

Memiliki sunset dengan pemandangan menawan

Klayar Beach
Foto by: @pantaiklayarofficial

Jika Kamu ingin menikmati matahari terbenam dengan latar belakang pantai yang menawan, datanglah ke Klayar. Pantai ini akan memberi Kamu sebuah panorama indah yang Kamu cari. Meskipun posisi pantai tidak menghadap langsung ke barat sebagaimana pantai-pantai yang ada di Bali, namun jangan salah!

Pemandangan matahari terbenam di Klayar tidak kalah elegannya dengan yang ada di Bali. Nah, intuk menikmati pemandangan matahari terbenam secara maksimal, Kamu bisa mendaki bukit di barat. Di ujung barat cakrawala sana, Kamu akan melihat titik oranye matahari perlahan mulai kembali ke peraduannya.

Cocok untuk berkemah

Kemah di Pantai Klayar
Foto by: @adityaeko_0101

Menjadikan Klayar sebagai lokasi berkemah bersama teman bukanlah pilihan yang salah. Kamu bisa mendirikan tenda di atas pasir atau bisa juga membangun tenda di bukit yang ada di barat pantai. Tidak ada biaya khusus jika Kamu dan teman-temanmu ingin menginap dengan mendirikan tenda di Klayar.

Jika waktu malam hari tiba, Kamu bisa menikmati pemandangan bintang-bintang yang ada di langit, dengan catatan jika cuacanya cerah. Selanjutnya Kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang tidak kalah elegannya.

Baca Juga :  Goa Gong

Alamat, Rute dan Cara Menuju ke Pantai Klayar

Lokasi dan alamat lengkapDesa Kalak, Kabupaten Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur
Jam buka24 jam

Dari Kawasan Jogjakarta

Rute ke Pantai Klayar sendiri cukup mudah. Jika Kamu datang dari kota Jogjakarta, Kamu bisa pergi menuju ke Wonosari, Gunungkidul. Pergilah menuju ke timur yakni Pathuk dan menuju kota Wonosari. Setelah sampai alun-alun Wonosari, Kamu bisa melanjutkan perjalanan selanjutnya ke Pracimantoro kemudian ke Giribelah.

Setelah dari daerah Giribelah, maka arahkan kendaraan Kamu untuk menuju ke Punung. Setelah sampai di daerah Punung kemudian ambil arah ke kanan dan  Kamu akan melihat papan  nama Klayar. Kamu bisa mengikuti arah papan nama untuk bisa sampai ke pantai ini

Dari kawasan Solo

Sementara untuk Kamu yang berasal dari Solo, Kamu bisa naik bus atau sewa mobil menuju Kabupaten Pacitan. Dibutuhkan sekitar 3,5 jam untuk sampai ke sana.

Dari pusat kota Pacitan, tidak ada transportasi umum langsung ke Klayar, jadi Kamu harus menyewa mobil atau motor dan mengendarainya sendiri atau menyewa pengemudi. Dibutuhkan sekitar satu jam dari pusat kota Pacitan ke Pantai Klayar.

Atau Kamu juga menggunakan rute termudah melalui Pracimantoro. Dari Pracimantoro, arahkan saja kendaraan Kamu untuk lurus hingga sampai ke Giri. Setelah sampai Giri, lalu belok kanan menuju desa Kalak. Nah dari desa Kalak, ikuti saja rutenya karena sudah tersedia papan petunjuk ke pantai/

Fasilitas yang ada di Pantai Klayar

Fasilitas umumKamar mandi, mushola, tempat makan, spot foto
Telepon0823-3810-3604 (Homestay dekat Pantai Klayar)

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

HariHarga
Senin-KamisRp. 5.000
Sabtu-Minggu dan Hari Libur NasionalRp. 10.000

Untuk Kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, Pantai Klayar adalah solusi yang tepat. Pantai yang memiliki tebing setinggi sekitar 50 meter ini memberikan Kamu pemandangan yang anti mainstream. Selain pasirnya yang lembut juga cocok untuk bermain anak-anak. dan tentu saja Pantai Klayar merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang menjadi tujuan destinasi liburan para pelancong.

 

Leave a Comment