Informasi tentang Wisata Coban Talun Batu
Letak, lokasi dan alamat lengkap: Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
Situs resmi: Akun Instagram
Hari dan jam operasional: Setiap hari (7.00 – 17.00 WIB)
Harga tiket masuk: Rp 5.000 – Rp.10.000 per orang
Telepon:

Rutemu – Bagi kamu yang sedang merencanakan wisata ke Batu Malang, salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Coban Talun. Tempat wisata ini memiliki beragam spot, mulai dari wisata alam hingga wahana hits yang instagramable. Hal inilah yang menjadikan tempat ini cocok untuk berlibur dengan kerabat ataupun keluarga.

Apa Saja yang Ada di Coban Talun?

Wana wisata Coba Talun merupakan destinasi liburan yang beragam. Disini kamu bisa menikmati wisata alam yang menyejukkan dipadukan dengan spot foto yang unik dan keren. Selain itu, di wisata ini juga disediakan tempat menginap yang tak kalah asyik. Berikut ini adalah daftarnya.

Air Terjun

Air Terjun di Coban Talun
Foto by: @khafidzf

Salah satu spot wisata yang sangat menarik bagi wisatawan yang datang ke sini adalah air terjun. Air terjun yang ada di wisata ini merupakan air terjun yang cukup tinggi dengan arus yang deras. Arus deras ini merupakan ujung aliran dari Sungai Brantas.

Air Terjun di Coban Talun Batu
Foto by: @ahmed25_al.ali

Pengelola tempat wisata ini merupakan Perhutani kawasan Batu, Malang. Namun Perhutani tidak sendirian, melainkan dibantu oleh pihak swasta yang membangun obyek wisata lain agar menarik wisatawan.

Taman Bunga

Taman Bunga di Coban Talun Batu
Foto by: @cobantalun
Taman Bunga di Coban Talun
Foto by: @aghniapunjabi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempat wisata Coban Talun ini dikembangkan dengan bantuan dari pihak swasta. Salah satu yang bisa dinikmati dari hasil kerja sama ini adalah taman bunga Coban Talun yang lokasinya tidak jauh dari tempat parkir. Tentunya taman bunga ini akan sangat menarik bagi wisatawan millenial yang ingin sesuatu yang berbeda untuk postingan sosial media mereka.

Warung Oyot

Omah Oyot di Coban Talun Batu
Foto by: @cobantalun

Seperti namanya, obyek yang satu ini merupakan area kuliner yang ada di Coban Talun. Namun bukan seperti warung biasanya, disini kamu juga dapat menemukan spot foto yang unik seperti lilitan akar – akar pohon.

Warung Oyot di Coban Talun Batu
Foto by: @cobantalun

Bukan itu saja, di sekitar warung ini juga terdapat DAM air yang bisa kamu saksikan dan dengarkan gemercik airnya saat menyantap makanan diatas gazebo. Nah, uniknya di atas DAM tersebut juga terdapat wahana sepeda layang yang bisa dinikmati pengunjung.

Penginapan di Coban Talun

Apache Camp

Apache Camp di Coban Talun
Foto by: @irma_wahyudiono

Siapa yang tidak menganggap bahwa budaya Indian merupakan budaya yang unik? Bagi kamu yang ingin mencoba berkemah ala penduduk Indian, tempat wisata ini menyediakan sebuah wahana bernama Apache Camp. Di sini kamu bisa berfoto dengan obyek khas Indian lengkap dengan aksesorisnya.

Apache Camp di Coban Talun Batu
Foto by: @apache.camp

Bagi kamu yang berminat untuk bermalam, disediakan layanan untuk pasangan maupun rombongan. 1 camp permalam 400rb untuk  1-2 orang dan 500rb untuk 1-4 orang per camp. Biaya tersebut sudah termasuk makan malam dan sarapan. Selain itu, fasilitas utama yang diberikan ialah 1 ranjang & 1 kasur lantai, kamar mandi dalam + air panas, welcome drink, api unggun dan tiket masuk Apache Camp itu sendiri.

Pagupon Camp

Pagupon Camp di Coban Talun Batu
Foto by: @paguponcamp

Selain Apache Camp, kamu juga bisa mendapati wahana lain di tempat wisata ini. Penginapan lain di Coban Talun yang bisa kamu pilih ialah Pagupon Camp. Dinamakan Pagupon Camp karena bangunannya berbentuk seperti rumah burung dara.

Berbeda dengan Apache Camp, penginapan ini harganya lebih terjangkau. Budget yang perlu kamu keluarkan ialah 250rb (weekday) atau 300rb (weekend) per camp nya dengan maksimal 4 orang. Fasilitas yang disediakan ialah kasur lantai, kopi / teh pagi, kamar mandi dalam + air hangat dan tiket masuk ke Pagupon Camp itu sendiri.

Omah Segitiga

Omah Segitiga di Coban Talun
Foto by: @cobantalun
Omah Segitiga di Coban Talun Batu
Foto by: @cobantalun

Satu lagi penginapan yang bisa kamu nikmati di Coban Talun ialah Omah Segitiga. Camp ini sangat cocok bagi pengunjung yang membawa rombongan, karena maksimal dapat di huni oleh 5 orang.

Fasilitas berupa 3 bed atau 1 ranjang + 2 kasur lantai, televisi dan fasilitas yang sama dengan Pagupon Camp dapat kamu peroleh dengan biaya 375rb (weekday) atau 425rb (weekend).

Rute & Cara Menuju ke Coban Talun

Jika kamu sudah berada di Kota Batu dan ingin mengunjungi wisata Coban Talun, kamu tidak perlu khawatir. Hal  ini disebabkan karena lokasi tempat wisata ini hanya berjarak 10 menit dari Kota Batu. Selain melewati Kota Batu, kamu juga bisa mencoba rute Selecta – Cengar untuk bisa sampai ke tempat wisata ini.

Lalu bagaimana jika saya masih di Surabaya? Jika kamu masih di Surabaya, maka rute paling mudah yang bisa kamu lalui adalah melalui Mojokerto lalu ambil jalur Cangar – Trawas. Rute tersebut sangat cocok untuk kamu yang datang ke tempat wisata ini dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Lalu bagaimana jika mengendarai kendaraan umum? Jika ingin menggunakan kendaraan umum, kamu bisa naik bus dari tempat tinggal kamu ke terminal Arjosari. Setelah itu naik angkutan menuju ke terminal Landungsari lalu pilih angkutan berwarna pink menuju ke Batu dan gunakan rute Selecta – Cengar untuk mencapai wisata ini.

Fasilitas yang Ada di Coban Talun

Dengan harga tiket masuk Coban Talun yang cukup murah mulai dari Rp 5.000 saja, fasilitas yang dimiliki oleh tempat wisata ini bisa dikatakan cukup lengkap.

Selain menyediakan penginapan, tempat ini juga menyediakan mushola, tempat makan, tempat  parkir, dan juga balai serba guna. Untuk kamu yang hobi bertualang, rafting juga bisa kamu coba di tempat ini lho.

Harga Tiket Masuk Coban Talun

Perlu kamu ketahui, setiap spot wisata di Coban Talun Batu ini dikenakan tarif yang berbeda – beda. Tentu saja kamu harus memilih beberapa spot yang sesuai dengan isi kantongmu. Tapi tenang saja, masing – masing harga tiketnya sangat terjangkau kok. Berikut daftarnya.

Nama Wisata Jam Buka Harga Tiket Masuk
Air Terjun Setiap hari 24 Jam Rp. 15.000
Taman Bunga Setiap hari 7.00 – 17.00 WIB Rp. 10.000
Hutan Pinus Setiap hari 7.00 – 17.00 WIB Rp. 5.000
Apache Camp Setiap hari 24 Jam Rp. 10.000
Pagupon Camp Setiap hari 7.00 – 17.00 WIB Rp. 10.000
Omah Segitiga Setiap hari 7.00 – 17.00 WIB Rp. 10.000
Warung Oyot Setiap hari 7.00 – 17.00 WIB Rp. 10.000

Tips Saat Berkunjung ke Coban Talun

Untuk kamu yang akan berkunjung ke air terjun Coban Talun, terutama pada musim penghujan seperti saat ini penting bagi kamu untuk berhati-hati. Pasalnya di sini ada banyak batuan yang licin karena guyuran air dan juga udara yang lembab. Selain itu, jika ingin bermalam usahakan cari hari biasa karena harganya lebih murah dibanding hari libur.

Tempat wana wisata Coban Talun Batu ini memang merupakan tempat yang sangat lengkap. Bagi kamu yang berwisata dengan keluarga tentu akan merasa puas dengan banyaknya tempat, wahana dan juga spot foto yang instagramable di kawasan wisata ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here