Informasi Tentang Pulau Pahawang
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Selatan
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Full Day
Harga Tiket Masuk: Jika menggunakan trip, maka satu kali perjalanan berkisar 300-500 ribu.
Telepon:

Rutemu – Pulau Pahawang merupakan salah satu pulau yang sangat cantik dan unik yang berada di Lampung. Tempat wisata di Lampung ini memang belum begitu terkenal. Hal tersebutlah yang membuat Pulau Pahawang disebut sebagai surga tersembunyi di Lampung. Namun meski demikian, sudah banyak orang yang memilih Pulau Pahawang sebagai destinasi wisata ketika liburan.

Sebutan surga tersembunyi di Lampung memang sangat pantas disematkan pada Pulau Pahawang. Sebab, salah satu spot snorkeling yang ada, begitu indah dan belum banyak terjamah oleh orang. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak.

Tak hanya snorkeling yang menawarkan keindahan laut saja, di Pantai Pahawang Kamu juga bisa menikmati suasana alam sekitar yang sangat indah. Menikmati suasana khas pantai, menyaksikan sunrise dan sunset, bahkan melihat flora dan fauna khas hutan mangrove.

Daftar Pantai yang Ada di Pulau Pahawang Lampung

Pulau Pahawang
Foto by: @pahawang_island_lampung

Di Pulau Pahawang Lampung ini, terdapat beberapa spot yang sangat menarik untuk dijamah. Beberapa diantaranya yaitu:

Pulau Pahawang Besar

Pulau Pahawang Besar
Foto by: @pahawang_island_lampung

Pulau Pahawang besar merupakan pulau utama. Memiliki luas sekitar 1000 hektar, disini terdapat banyak penduduk sekitar 1000 kepala keluarga, penginapan serta fasilitas lainnya seperti puskesmas dan sekolah. Nah, di pulau inilah para pengunjung dapat menghabiskan malamnya dengan menginap di beberapa resort disekitar sini.

Pulau Pahawang Kecil

Pulau Pahawang Kecil
Foto by: @pahawang_island_lampung

Pulau ini terletak tidak jauh dengan Pulau Pahawang Besar. Dengan luas sekitar 13 hektar, pulau ini dikelola secara privat oleh Mr. Joe. Karena dikelola secara privat, maka pulau ini tak bisa bebas dikunjungi oleh wisatawan.

Wisata Taman Nemo

Wisata Taman Nemo
Foto by: @pahawang_island_lampung

Spot yang ketiga ini juga tepat dijadikan sebagai tujuan utama. Berada di sekitar Pulau Pahawang Besar, taman nemo ini memiliki spot yang unik. Dimana Kamu bisa melihat secara jelas habitat ikan nemo. FYI, ikan nemo memiliki nama asli ikan Giru atau ikan Badut, disebut nemo karena seperti yang terdapat pada film “Finding Nemo”.

Pulau Kelagian Besar

Pulau Kelagian Besar
Foto by: @pahawang_island_lampung

Pulau Kelagian Besar merupakan pulau yang berada di sekitar Pulau Pahawang. Pulau ini memiliki pasir yang putih dan indah. Selain itu, pulau ini juga tak berpenghuni, karena memang digunakan oleh TNI AL untuk latihan.

Pulau Kelagian Kecil

Pulau Kelagian Kecil
Foto by: @pahawang_island_lampung

Pulau Kelagian Kecil sering menjadi spot snorkeling pertama yang dikunjungi. Karena memang suasana bawah lautnya terkenal lebih indah.

Rute & Cara Menuju ke Pulau Pahawang Lampung

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk sampai di wisata Pulau Pahawang ini, diantaranya adalah:

Transportasi Umum

Dari pelabuhan Bakauheni, Kamu bisa naik bus menuju Bandar Lampung dan berhenti di Terminal Rajabasa. Kemudian naik angkot dengan tujuan Tanjung Karang (angkot warna biru jurusan Rajabasa-Tanjung Karang). Kemudian berhenti di Pasar Bawah Ramayana.

Selanjutnya, naik angkot lagi jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung (angkot berwarna ungu atau merah maroon), dan berhenti di Gudang Garam. Setelah itu Kamu bisa naik angkutan pick up dan menuju Dermaga Ketapang.

Untuk informasi ongkos beberapa angkutan tersebut yakni, bus Bakauheni-Rajabasa sebesar Rp. 25.000. Untuk ongkos angkot hanya Rp. 3000. Dan ongkos pick up sebesar Rp. 10.000

Transportasi Pribadi

Dari pelabuhan Bakauheni, Kamu bisa jalan menuju Bandar Lampung. Yakni dari Bunderan Gajah, lurus terus hingga menuju arah Teluk Betung. Dari situ Kamu bisa berjalan menuju Pada Cermin atau Way Ratai. Tak perlu khawatir, akan ada petunjuk jalan yang akan membantu Kamu menemukan Pulau Pahawang.

Masih bingung untuk pergi ke Pulau Pahawang, dan tujuan mana saja yang akan dikunjungi? Nah, sekarang Kamu bisa mengunjungi Pulau Pahawang dengan mudah. sebab telah tersedia jasa trip pahawang yang menawarkan paket tour sesuai dengan tujuan Kamu. untuk harganya sendiri bervariasi, sesuai dengan tujuan dan fasilitas yang dipilih.

Fasilitas yang Ada di Pulau Pahawang Lampung

Salah satu fasilitas yang ada di Pulau Pahawang yakni penginapan. Beberapa Pahawang Rsort yang bisa Kamu pilih yakni:

  • Bumi Pahawang. Nomor telepon 0856-7744-4444
  • Penginapan Mitra Bentala. Nomor telepon 0819-5745-5551
  • Home Stay Pahawang Indonesia. Nomor telepon 0812-7752-3035
  • Home Stay Pak Selamet. Nomor telepon 0821-7144-6651
  • Penginapan Pak Arsli. Nomer telepon 0877-9795-5447

Tips Berkunjung ke Pulau Pahawang Lampung

  • Gunakan sunblock agar kulit Kamu tak gosong.
  • Siakan lotion anti nyamuk, agar tidur Kamu bisa nyenyak.
  • Banyak minum agar tidak mudah dehidrasi. Sebab di Pulau Pahawang cuaca sangat panas.
  • Bawa baju ganti yang cukup, serta obat-obatan pribadi.

Paket Wisata ke Pulau Pahawang Lampung

Bagi kamu yang ingin menikmati wisata Pahawang dengan cara murah namun tetap bisa menikmati semua fasilitas yang ada, kamu bisa memilih jasa Open Trip. Jasa ini sangat cocok untuk wisatawan single traveler atau kurang dari 10 orang. Dimana para wisatawan akan dikumpulkan dengan titik bertemu dan jadwal keberangkatan yang sama.

Hal ini guna untuk memangkas budget atau biaya liburan yang sangat cocok untuk kamu para backpacker. Mayoritas jasa Open Trip ke Pulau Pahawang memiliki 4 titik berkumpul. Beberapa diantaranya adalah dari Jakarta, Pelabuhan Merak, Lampung dan Ketapang. Selain itu, kamu akan puas menikmati segala spot yang ada di Pulau Pahawang selama 2 hari 3 malam. Yuk, pilih Paket Wisata ke Pulau Pahawang berikut ini:

Biaya Trip ala Backpacker di Pulau Pahawang Lampung

  • Dari Jakarta: Rp. 630.000/orang
  • Dari Pelabuhan Merak: Rp. 470.000/orang
  • Dari Lampung: Rp. 450.000/orang
  • Dari Ketapang: Rp. 350.000/orang

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Kamu tahu dan siapkan terlebih dahulu sebelum datang ke Pantai dan Pulau Pahawang Lampung ini. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan memberikan referensi kepada kamu sebelum berliburan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here