Ayana Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo, Semarang

26 Ulasan

Ayanaz Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata terbaru Semarang. Dibuka pada tanggal 11 Juni 2018 kemarin, tempat wisata ini memiliki konsep yang unik. Hal tersebut karena memang banyak spot foto yang unik nan modern, sehingga tepat dijadikan sebagai spot selfie yang instagramable untuk menambah koleksi foto kekinian Kamu.

Meski dibalut dengan nuansa yang modern, Ayanaz Gedong Songo Semarang tetap memberikan suasana yang asri dari keindahan alamnya. Seperti dalam namanya, Taman Ayanaz Gedong Songo ini memang berada di kompleks Candi Gedong Songo, yakni sekitar 150 meter dari lokasi candi.

Disamping hal tersebut, Ayanaz Gedong Songo memang menawarkan spot foto yang kekinian dan instagenik. Diantara spot-spot foto tersebut yakni balon udara, taman rumput, bubble, bahkan tempat duduk yang ada di kawasan kolam. Bukan hanya itu saja, dengan latar belakang pegunungan serta langit yang biru, tentunya akan menambah kesan yang indah pada jepretan yang dihasilkan.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Lokasi Ayanaz Gedong Songo berada di kawasan Candi Gedong Songo. Jadi untuk menuju ke lokasi Ayanaz Gedong Songo sama seperti jika hendak ke Candi Gedong Songo. Sebagai info lengkap, rute menuju Ayanaz Gedong Songo yakni:

Jika dari arah Grobogan, maka rute perjalanannya adalah Godong – Gubug, Kedungjati – Tuntang – Bawen – Bandungan – Gedongsongo

Dari Salatiga, Boyolali dan Solo, maka ikuti jalur dari jalan raya Semarang – Solo hingga menemukan papan arah menuju Bendungan.

Jika dari Jakarta dan Pekalongan, maka bisa melalui jalan pertigaan Kaliwungu Kendal – Sumowono – pertigaan lampu merah Boja Kendal ambil kiri – perempatan sebelum jembatan ambil kanan – Sumowono – Pasar Sumowono – hingga ada pertigaan lurus saja sampai ke POM bensin Palibapang maka ikuti petunjuk di atas.

Informasi Tentang Ayana Gedong Songo

Letak, Lokasi dan Alamat lengkap:Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Situs Resmi:@ayanaz.gedongsongo
Hari dan Jam Operasional:Senin-Minggu, Pukul 08.00-17.00
Harga Tiket Masuk:Orang dewasa Rp. 20.000 dan anak-anak diatas 2 tahun Rp. 10.000
Telepon:

Fakta Menarik (Fun Facts)

Wisata Ayana Gedong Songo Semarang

Tiket masuk Ayanaz Gedong Songo terbilang cukup murah. Apalagi spot fotonya juga sangat lengkap. Nah, beberapa spot foto yang menarik di Wisata Ayanaz Gedong Songo, yakni:

Bubble Tent

Bubble Tent Ayana Gedong Songo
Foto by: @novita_nobita12
Tenda Gelembung Ayana Gedong Songo
Foto by: @m.taufiqurrohman5811

Bubble Tent atau tenda gelembung menjadi salah satu spot foto yang direkomendasikan. Sensasi berfoto dalam gelembung bulat yang besar tentunya akan memberikan keasyikan dan keunikan tersendiri. Apalagi di dalam bubble tent ini terdapat boneka beruang yang besar dan berwarna-warni. Sehingga hal tersebut akan memberikan kesan yang lebih menarik dalam berfoto.

Balon Udara

Balon Udara Ayana Gedong Songo
Foto by: @apri_xanderinc

Balon udara yang besar juga sangat direkomendasikan untuk dicoba. Dengan latar belakang pegunungan, tentunya Kamu akan merasa seolah-olah sedang terbang diantara pegunungan.

Hammock

Hammock di Ayana Gedong Songo
Foto by: @ulfawidowati

Hammock yang ada di Ayanaz Gedong Songo tentunya juga menjadi spot foto yang paling menarik. Dimana Kamu bisa bersantai sembari melepas penat. Dengan latar pegunungan yang indah, tentunya spot ini mampu memberikan hasil foto yang sangat keren.

Kursi Santai

Kursi Santai Ayana Gedong Songo
Foto by: @tabitasekar
Tempat Duduk Unik di Ayana Gedong Songo
Foto by: @afnu_nuafnu

Tempat duduk unik yang berada di Ayanaz Gedong Songo ini juga sangat menarik. Apalagi jika Kamu datang di sore hari, maka sinar senja sore hari akan melengkapi indahnya pemandangan.

Ruang Santai di Tengah Kolam

Ruang Santai di Tengah Kolam Ayana Gedong Songo
Foto by: @danarsibolang

Ruang santai di tengah kolam juga disediakan oleh para pengunjung. Disini Kamu bisa bersantai sembari selfi dengan nuansa tengah kolam. Spot ini merupakan pilihan favorit terutama bagi para pasangan karena menyajikan hasil foto yang romantis.

Fasilitas

Dari segi fasilitas, Ayanaz Gedong Songo Bandungan Semarang sudah memiliki fasilitas yang memadahi. Diantaranya area parkir yang luas, mushola, toilet dan kamar mandi. Bahkan terdapat juga gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Apabila Kamu lapar, maka disini terdapat banyak warung makan. Bahkan Kamu bisa menemukan makanan khas Semarang.

Tips Saat Berkunjung

  1. Datanglah ketika pagi hari, sebab suasananya masih sangat asri. Dan ketika di sore hari, biasanya kawasan ini akan diselimuti oleh kabut.
  2. Pastikan kendaraan yang Kamu gunakan normal ya. Sebab meski jalannya aspal halus, jalanya cukup berkelok-kelok.
  3. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor. Karena jalannya sempit.

Ayanaz Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang sedang hits. Tak dikatakan hits bila Kamu belum mengunjungi tempat ini. So, sekarang juga datang ke Ayana Gedong Songo dan hasilkan foto yang unik, menarik dan instagenik.

26 Ulasan Pengunjung Ayanaz Gedong Songo, Semarang

  1. Kalau cari tempat wisata yg adem di Semarang yang cocok ya ini. Tempat nya jd 1 kawasan dengan candi gedongsongo sehingga untuk masuk kesini memerlukan 2 kali beli tiket. Yaitu tiket candi gedong songo lalu di dalamnya ada tiket ayanaz. Untuk menuju ke atas sini pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi prima karena jalur nya tanjakan terjal dan banyak truk dan losbak sehingga tdk bs berjalan terlalu cepat. Tapi ketika sampai diatas pemandangan luar biasa bagus ditambah dengan spot2 instagramable sudah menunggu. Layak banget untuk dikunjungi

  2. Tidak direkomendasikan kalau musim hujan karena kabut sangat sering turun jd hasil fotonya juga jelek dan suasana kurang nyaman. Kalau mau masuk sini harus melalui candi dulu jadi bayar 10rb di candinya jalan sekitar 10 menit lalu ketemu pos utk masuk ayanaz bayar 25rb. Kalau mau foto di balon2 transparan bayar lagi 30rb utk 3 menit (1 balon) dan antrinya sangat panjang karena hanya ada 2 balon dan temanya beda. Kalau lagi musim liburan siap2 parkir mobilnya di permukiman warga, jalan sekitar 2km.

  3. Wahh gilaa bagus bangett sih tempat ini buat foto. Instagenic bangett. Kalau kesini jangan bingung ya guys, dari luar yg terlihat tulisan candi gedongsongonya, bagi yg belum pernah kesini mungkin akan bingung dikiranya hanya ada candi aja disini. Selain ada candi, ada kyk pameran gitu yg dinamakan ayanaz ini, nah masuk ayanaz ini bayar lagi ya guys tapi ga mahal kok tenang aja. Karena bakal puas2in foto disini, ada ala2 balon udara juga.

  4. Tempat hiburan cocok buat keluarga. Ada banyak spot foto lucu dengan background pemandangan indah. Tiket masuk ke Candi Gedongsongonya 8rb untuk turis lokal, untuk masuk ke Ayanznya 10rb-25rb. Kalau mau masuk ke gelembung bola per orang 5rb. Wahana ini cocok dikunjungi saat musim kering dan langit cerah, soalnya kalau pas ujan bakal bingung, neduhnya jauh.

  5. Bagus tp melelahkan untuk mencapai candi yg no 9 sdh gak kuat jln jd cuma no 1234 aja itupun dgn susah payah jln kaki nanjak terus (asik juga) org yg jualan suvenir disekitarx ramah2 dan mau diajak senda gurau sopan dan mau mengalah

  6. sejuk tapi klo kesini pas musim hujan saya sarankan bawa payung…soalnya cuacanya cepat berganti….bentar panas,bentar hujan

  7. Good place, tempatnya adem. Masuk 8rb ke candisongo, tambah 25rb ke ayanaz, dapet voucher 5rb untuk minuman anget

  8. Tempat rekreasi yang sangat bagus dengan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk di pagi hari jika ingin berkunjung ke tempat ini di pagi hari.. kita disuguhkan dengan pemandangan gunung yang ditumbuhi banyak pohon hijau yang sangat menyejukkan hati dan pikiran,kita lupakan sejenak masalah yang ada di kantor dengan pekerjaan yang sangat menguras pikiran.kita juga disediakan beberapa spot foto yang sangat instagramable untuk kita bagi ke teman2 dan sodara2 kita yang mana pasti akan ingin mengunjungi tempat ini.. nyesel kalo nggak berkunjung ke tempat yang indah ini…

  9. Bukan lagi, bagusnya kebangetan, mau foto spotnya banyak jadi ga usah ragu kalau liburan list dari sekarang, Ayana gedongsongo

  10. Alternatif wisata di area Bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasinya satu kompleks dengan Candi Gedongsongo sehingga jangan kaget untuk mencari lokasinya karena memang harus melalui gerbang dan tiket masuk Candi Gedongsongo terlebih dahulu. Tempatnya tidak terlalu luas tetapi instalasi untuk foto selfienya cukup beragam. Untuk masuk ke area dikenakan charge karcis dan untuk berfoto di dalam gelembung dan beberapa wahana tertentu juga dikenakan charge kembali. Pada dasarnya tempat ini adalah wisata foto selfie yang bisa dinikmati oleh berbagai rentang usia. Hawanya cukup sejuk karena terletak di area pegunungan. Lebih baik datang di pagi atau sore hari agar suasana tidak terlalu terik dan hasil foto lebih bagus

  11. Tempat yang cocok untuk melihat pemandangan alam. Sejuk banget tempatnya karena lokasinya dilereng gunung ungaran. Kalau mau kesini harus masuk dan beli tiket dulu di candi gedongsongo sekitar 10k/orang lalu jalan masuk agak nanjak tapi kalo udah sampe capeknya bakal kebayar sama tempat ini. Masuk ke ayana ini bayar lagi sekitar 20-25k/orang. Terjangkau karena dengan membayar segitu bisa foto disemua spot gratis kecuali kalau kalian mau pake fotografernya harus bayar lagi. Spot foto disini unik2 dan tempatnya nyaman banget walaaupun siang hari ga kerasa panas.

  12. Sumpah ini Bagus banget guys pemandangannya Indah banyak spot foto keren abiss

  13. Datang kesini saat pandemik covid19. Tak banyak wahana yang bisa dikunjungi karena datang kesini pun sudah tengah hari. Harusnya pagi subuh berangkat touring dari Magelang Borobudurnya. Kesempatan selanjutnya jikalau covid sudah benar² meninggalkan Indonesia. Akan ada rencana menginap disini agar lebih puas menikmati semua wahana dan alam sekitarnya. Dan Semoga wanitaku pun dapat mengikutinya. Ayoo… usir segeraa covid19 agar hidup lagi nyawa destinasi wisata di negeri ini

  14. Satu kawasan dengan candi gedong songo jadi bayar tiket masuk kawasan candi dulu kalo mau masuk wahana ayana bayar tiket lagi.

  15. Spot foto nya banyak. Dan beberapa pemandangan aku suka

  16. Bagus, tp blom ada perubahan, masih spot yg sama. . Trus harusnya tiket masuk dipisah dari gedong songo. . Klo tujuannya cm ke Ayanaz harus bayar double sama gedong songo

  17. lg viral.. . bisa jadi salah satu rujukan untuk tujuan liburan anda.. . biar sejenak lepas dari penatnya rutinitas harian.. . boleh lah sekali2 berlibur kesini

  18. Asik buat foto2… Sama kluarga dan pasangan.. Prewedding juga oke

  19. Spot foto biasa aja.panas banget kalo siang.klo mau masuk, bayar tiket masuk candi dulu.

  20. Untuk high season tgl 17 Agustus pasang tarif 25rb + masuk gedong songo nya 10rb. Total 35rb dan itu terlalu mahal ditambah t4 penuh, tidak ada tambahan fasilitas. Ditambah wahana nya kumuh gak bersih. Mending ke Dusun semilir 35rb udah bisa keliling + Naik kereta + prosotan.

  21. Tempat wisata dilereng gunung ungaran , dengan view pegunungan disertai hawa yg sejuk meski panas . Dr parkir masih jalan kaki dan jalan nanjak tp tdk terlalu jauh kl ke ayanaz , kl sampai ke candi candinya ya lumayan jauh jalan nanjaknya . Ada persewaan kuda tp siapkan uang ekstra ya , hehe . Untuk jalan menuju kesana cukup curam jd cek kondisi kendaraan dlu .. Harga tiket masuk lokasi 10rb , dan tiket masuk ayanaz 25rb , parkir mobil 5rb . Spot fto didalam bubble kecil 5rb/org , bubble besar/vip 20rb/2org dan 30rb/3-6org dan 40rb/6-8org .. Jika yg dr Surabaya masuk dr gerbang tol Driyorejo keluar gerbang tol Bawen kena 302rb (biaya tol) .. Sekian pengalaman dr saya , semoga bermanfaat .. Terimakasih .

  22. Intagramable..keren banget

  23. Ayanaz Gedongsongo memiliki konsep wisata modern yang menjaga keharmonisan dengan pemandangan alam sekitarnya. Dibuka 11 Juni 2018, wisata ini semakin banyak dikunjungi karena unik dan instagramable. Pihak pengelola Ayanaz Gedongsongo menyediakan banyak spot foto keren untuk para wisatawan.. . Latar pegunungan, awan, dan langit biru membuat tempat ini sangat indah untuk berfoto. Pemandangan utama adalah Gunung Ungaran serta Gunung Sindoro dan Sumbing yang sangat indah sebagai latar foto. Berada masih satu area dengan Candi Gedong Songo menjadi keunggulan tersendiri.. . Karena taman wisata ini berada dalam kawasan Candi Gedongsongo. Maka untuk memasukinya, wisatawan terlebih dahulu membeli tiket Candi Gedongsongo seharga Rp10.000. Setelah memasuki kawasan candi, selanjutnya wisatawan dikenakan tiket masuk Ayanaz Gedongsongo.. . Pengelola tempat wisata ini menyediakan banyak spot cantik yang dapat dipakai para pengunjung untuk berfoto. Wisatawan biasanya memadati tempat ini untuk berswafoto ria. Untuk berfoto pada satu properti spot, wisatawan harus antri panjang layaknya antrian wahana.. . Ada banyak spot foto dengan properti unik dan menarik. Terdapat taman rumput, cozy room, balon udara, bubble tent, dan masih banyak lainnya. Di bagian atas terdapat beberapa spot foto berbentuk setengah bola. Di dalamnya terdapat bantal dan karpet rumput buatan yang memberi kontras untuk tempat berfoto.. . Dengan lebih dari 35 spot foto terhampar, para wisatawan bebas berfoto di manapun. Selain itu, ada enam spot berbayar seperti balon dan bubble ukuran besar serta kecil.. . Subscribe Youtube and Follow Instagram :. 🌐Husein El Sului 😁

  24. Tiket paRkir terlalu mahal ..apa apa harus bayar . Dan bayarnya terlalu mahal ..tdak sesuai dengn fasilitas yang ada .mengecewakan ..masAk tiket parkir sAmpai 20ribu .masuk bayar 10ribu /orng .dan masuk ayanaz masih bayar 25rb /orng . Dan palng nyesek . Masuk sport foto bayar lagi .mahal pula

  25. Untuk tempat nya ini berada didalam candi gedong songo, jadi kalau mau kesini kita harus 2x bayar tiket masuk, tiket masuk di gedong songo dan bayar lagi tiket masuk ke ayanaz nya. Utk lokasinya sendiri tidak terlalu besar, cuma banyak tempat² duduk utk nongkrong tp tdk ada payonannya jd klo hujan tidak disarankan kesini karena semua terbuka. Banyak spot² foto bagus disini. Ada foto dalam buble tp harus bayar lagi. Disini juga ada 1 untuk bisa pesan snack n minuman hangat.Tp jangan kawatir masih bisa foto dengan keren meskipun gak masuk dlm bublenya. Saat liburan tempat ini ramai jd foto kurang nyaman. Udara disini dingin soalnya berada di pegunungan cukup tinggi. Pemandangan juga indah. Cocok utk santai menikmati alam

  26. Ayanaz gedongsongo ini jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalo ke semarang, kalo mau kesini kurang lebih 1.5jam naik naik mobil bisa keluar toll bawen terus lewat jalan tembus menuju pasar jimbaran.. . Fyi, tempatnya 1 lokasi dengan candi gedongsongo so kalo kalian mau kesini harus bayar tiket 2x, 8k untuk gedong songo dan 25k untuk ayanaz. Honestly, ga banyak activity yang bisa kalian lakukan bersama keluarga, selain foto dan bersantai, tempatnya juga kecil banget. Oh ya, untuk foto di spot seperti bubble itu kalian harus bayar tiket lagi mulai dari 20k untuk 2 orang, 30k untuk 5orang, dan 40k untuk 8k terus harganya exclude foto yang di print ya!. . Suasana di ayanaz menurutku sih enak ya, karna pas aku datang kabutnya lagi menyelimuti ayanaz dan kerasa adem banget. Dan kamu bisa bebas duduk sepuasnya di tempat yang tersedia. . Disini juga gak tersedia makanan berat/coffee gitu, adanya air kemasan. Krn food courtnya sendiri jadi 1 dengan area gedong songo, dan kalian harus jalan keluar supaya bisa beli makanan.. . Kalo kalian kesini bawa anak kecil, jangan pernah biarin anak kalian lepas dari pandangan ya! Karna tempatnya yang banyak tangga, dan antara ayanaz dgn tanaman warga ga ada pagar pembatas ngeri aja kalo anak kalian tau tau nyemplung ke jurang dipinggir kursi hehe.. . Noted: Tidak ada sign yang jelas dimana ayanaz itu berada, so kita waktu itu tanya sama tukang parkir.

Tinggalkan Balasan