Taman Renang Alam di Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti, Semarang

16 Ulasan

Salah satu tempat wisata yang sedang hits dan ramai didatangi oleh pengunjung adalah Umbul Sidomukti. Terletak di kecamatan Bandungan, pesona yang ditawarkan oleh Umbul Sidomukti sangat beragam dan patut dicoba oleh seluruh pengunjung.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Untuk menuju lokasi Umbul Sidomukti, dapat ditampung dari arah Semarang menuju Solo, dimana jika Kamu menemukan pom bensin Lemah Abang di kiri jalan, maka ambil arah kanan menuju Bendungan. Jalan terus hingga menemukan Pasar Jimbaran di sisi kiri. Disitu Kamu akan menemukan plang yang bertuliskan Umbul Sidomukti di sisi kanan. Maka ikuti jalan hingga Kamu menemukannya.

Informasi Tentang Wisata Umbul Sidomukti Semarang
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Desa Sidomukti, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Situs Resmi:Website
Hari dan Jam Operasional:
  • 08.00 – 17.00 WIB (Weekday)
  • 07.00 – 17.00 WIB (Weekend / Hari Libur)
Harga Tiket Masuk dan Tiket Fasilitas:
  • Rp. 5.000 (Weekday)
  • Rp. 10.000 (Weekend / Hari Libur)
Telepon:

Fakta Menarik (Fun Facts)

Apa saja sih spot yang ada di wisata Umbul Sidomukti? Berikut diantaranya:

Pondok Kopi

Pondok Kopi di Umbul Sidokmukti
Foto by: @adisti_kanina

Salah satu spot di Umbul Sidomukti Semarang yang viral di media sosial adalah pondok kopinya. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, pondok kopi ini juga menyajikan panorama yang sangat indah.

Pondok Kopi di Umbul Sidomukti Semarang
Foto by: @adisti_kanina

Dengan hamparan pepohonan yang tinggi dan berada di atas ketinggian, tentunya suasana yang diberikan sangat sejuk. Apalagi bagi pecinta kopi, maka duduk bersantai sambil menyeduh kopi tentunya merupakan moment yang indah.

Kolam Renang Alam

Taman Renang Alam di Umbul Sidomukti
Foto by: @atika_muth

Selain itu, seperti halnya dengan namanya, Umbul Sidomukti memiliki 4 kolam. Dimana kolam-kolam tersebut dibuat secara bertingkat dengan kedalaman yang berbeda. Dengan airnya yang segar nan jernih, tentunya mampu menyegarkan tubuh Kamu dari rasa penat yang melanda.

Taman Renang Alam di Umbul Sidomukti Semarang
Foto by: @skinnymonkey

Perlu Kamu ketahui, air dari kolam tersebut berasal dari “tuk” Watu Payung. Yang berarti, airnya berasal dari sumber air murni pegunungan.

Camping Ground

Tak hanya bisa nongkrong sambil ngopi atau berenang di air yang segar saja, kawasan wisata Umbul Sidomukti Ungaran ini juga menyediakan spot wisata lainnya. Bagi Kamu yang suka mengacu adrenalin maka Kamu bisa mencoba permainan yang ada di camping ground ini seperti Flying Fox, ATV, Marine Bridge, Highest Triangle hingga Sepeda Awang.

Flying Lembah dan Flying Double

Flying Fox di Umbul Sidomukti

Aktivitas yang dapat kamu lakukan yakni mencoba 2 flying fox ini. Untuk lintasannya sendiri terdapat dua pilihan, Pertama, kamu dapat meluncur dari ketinggian 70 meter dengan panjang jarak 110 meter hingga gardu akhir. Pada rappeling ini kamu akan menuruni lembah yang ada disisi kolam. Untuk Flying Lembah ini kamu dikenakan biaya sebesar 20rb.

Kedua, flying fox ini sangat disarankan bagi Kamu yang menyukai tantangan. Disini kamu akan meluncur dari bukit teratas dengan ketinggian 110 meter yang akan meluncur sejauh 160 meter ke flying fox pertama. Kemudian kamu juga akan merasakan meluncur dengan Flying Lembah. Biaya yang perlu Kamu keluarkan ialah 40rb untuk Flying Double ini.

Tentunya di wisata Umbul Sidomukti ini tak hanya 3 spot tersebut saja. Karena masih banyak spot lainnya yang wajib dicoba. Penasaran dengan spot lainnya? Maka kunjungi sekarang juga.

Marine Bridge

Marine Bridge di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Salah satu outbond di Umbul Sidomukti yang menantang lainnya ialah Marine Bridge. Disini Kamu akan merasakan bagaimana menyebrangi 2 bukit dengan ketinggian 30 meter dan jarak 50 meter. Jembatan yang terbuat dari tali dan berlubang ini sama seperti yang digunakan pada latihannya para Tentara Indonesia. Namun jangan khawatir, meskipun cukup menakutkan dan menguji adrenaline, safety merupakan yang utama. Kamu akan dikenakan helm hingga pengikat badan dengan tali atas.

Highest Triangle

Tak kalah menantang dari Flying Lembah dan Marine Bridge, Highest Triangle merupakan wahana yang wajib Kamu coba. Pada wahana ini, kamu akan melewati jembatan yang meghubungkan antara 3 gardu yang membentuk segitiga.

Highest Triangle di Umbul Sidomukti Semarang
Foto by: @umbul.sidomukti

Jembatan ini terbuat dari palang kayu selebar 1 tapak kaki orang dewasa. Selain itu, terdapat tali disisi kanan dan kiri sebagai pengait pada jembatan ini agar tetap seimbang. Untuk mencoba wahana ini, Kamu harus mengeluarkan biaya 40rb rupiah.

Highest Triangle di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Sepeda Awang

Sepeda Awang di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Spot Selfie yang menjadi favorit para remaja ini juga tak kalah menegangkan. Kamu dapat mengayuh sepeda diatas ketinggian dari gardu pertama ke gardu selanjutnya. Tenang saja, pihak pengelola sudah memastikan keamanan dari wahana ini. Bagi kamu yang mau mencoba, silahkan sisihkan uang sebesar 25rb rupiah untuk menikmati Sepeda Awang ini.

Daftar Penginapan

Pondok Panorama

Bagi Kamu pasangan yang ingin berlibur ke Umbul Sidomukti dan ingin merasakan sejuknya suasana malam hari, maka sangat cocok untuk mencoba Pondok Panorama. Disini tersedia 11 Villa yang masing-masing dibagi menjadi 3 kategori. Semuanya memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari TV/audio, mandi air panas, jaringan Wi-Fi, area parkir, room service dan layanan 24 jam penuh. Detail pilihan paketnya adalah sebagai berikut.

Villa Flamboyan, Garbera, Heliconia, Iris, Jasmine dan Kenanga

Villa Flamboyan Pondok Panorama di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Memiliki kapasitas 2 orang dengan 1 bed besar dan 1 kamar mandi berbentuk shower. Disini Kamu cukup mengeluarkan budget berkisar 400rb permalam. Cukup murah bukan?

Villa Alamanda dan Bougenville

Villa Alamanda dan Bougenville
Foto by: @umbul.sidomukti

Tersedia untuk kapasitas 4 orang dengan 2 bed besar yang dipisahkan oleh conecting door yang bisa digeser. Selain itu, Villa ini juga memiliki 1 kamar mandi besar. Agar dapat bermalam disini, Kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar 750rb rupiah permalam.

Villa Cempaka, Dahlia dan Edelweiss

Villa Cempaka, Dahlia dan Edelweiss
Foto by: @umbul.sidomukti

Merupakan pilihan paket villa termahal, yaitu 900rb per malam yang dapat digunakan oleh 4 orang. Di dalamnya terdapat 2 kamar tidur dengan kamar utama yang memiliki 1 bed besar dan kamar lainnya dengan 2 single bed. Selain mempunyai 1 kamar mandi besar, di villa ini juga dilengkapi dengan area keluarga/ruang tamu serta halaman yang lebih luas.

Pondok Wisata

Jika Pondok Panorama ditawarkan untuk pengunjung pasangan atau keluarga kecil, lain halnya dengan Pondok Wisata ini. Pondok Wisata merupakan pilihan tepat bagi pengunjung rombongan baik itu keluarga besar maupun acara organisasi. Disini Kamu juga bisa membeli fasilitas tambahan seperti extra bed, organ tunggal, sound outdoor, menyewa convention hall hingga sewa alat BBQ atau memesan kambing guling. Berikut daftar pilihannya.

Standart Room

Standart Room Pondok Wisata di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Disediakan untuk kapasitas 4 orang dengan model bangunan 1 lantai. Di ruangan ini Kamu bisa memilih 2 bed besar atau 4 bed kecil. Urusan pemandangan, Kamu dapat menikmati view Hall Sindoro yang dapat dijadikan sebagai ruang pertemuan. Biaya yang dikeluarkan saat weekday yakni 575rb dan weekend 700rb per malam.

Superior Room

Superior Room Pondok Wisata di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Menawarkan bentuk bangunan 2 lantai yang dapat digunakan oleh maksimal 4 orang. Disediakan 2 kamar tidur dengan 1 bed besar di lantai bawah serta lantai atas. Selain itu, di Superior Room ini juga terdapat kamar mandi yang berbentuk shower. View yang dapat Kamu nikmati ialah area persawahan di dekat kawasan Umbul Sidomukti. Dibutuhkan budget 675rb untuk hari biasa dan 800rb untuk akhir pekan/hari libur.

Deluxe Room

Deluxe Room Pondok Wisata di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Merupakan pilihan favorit di Umbul Sidomukti. Masih sama seperti Superior Room yang disediakan untuk 4 orang dan 2 lantai, namun Kamu akan disuguhkan view yang lebih menarik dan indah. Selain itu, di depan Deluxe Room juga terdapat bangku taman yang bisa Kamu nikmati di saat pagi, sore maupun malam hari. Keluarkan biaya 725rb (weekday) atau 900rb (weekend) untuk bermalam di Deluxe Room ini.

Family Room

Family Room Pondok Wisata di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Di khususkan bagi rombongan atau keluarga besar, dapat ditempati oleh maksimal 8 orang. Di lantai bawah tersedia 2 bed besar dan 4 single bed untuk lantai atas. Selain itu, Family Room juga sudah memiliki 2 toilet dan 2 kamar mandi yang ada di lantai pertama. Paling spesial dari Family Romm ini ialah dengan adanya Garden Roof yang siap dinikmati oleh Kamu beserta rombongan. Biaya yang perlu dikeluarkan ialah 1.250rb untuk weekday dan 1.600rb untuk weekend.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di wisata Umbul Sidomukti terbilang cukup lengkap. Diantaranya terdapat parkir yang luas, toilet yang banyak, dan mushola. Bahkan terdapat 1 ATM BRI di sebelah Pondok Lesehan ikan bakar. Sehingga bagi Kamu yang kehabisan uang bisa mengambil di ATM.

Tak hanya itu saja, bagi Kamu yang ingin menginap di Umbul Sidomukti tentu saja sangat bisa. Sebab telah tersedia beberapa penginapan umbul sidomukti yang bisa digunakan. Yakni berupa villa dan homestay.

Tips Saat Berkunjung

  • Pastikan kendaraan yang Kamu gunakan dalam keadaan prima. Sebab jalan yang akan dilalui cukup menanjak, dengan jalan yang berkelok. Jadi pastikan kondisi rem kendaraan Kamu berfungsi dengan baik.
  • Bagi Kamu seorang wanita, jika pergi ke Umbul Sidomukti pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman. Sebaiknya hindari menggunakan high heels jika ingin mengeksplorasi Umbul Sidomukti secara keseluruhan.
  • Karena berada di ketinggian, maka pastikan membawa jaket ketika berada di Umbul Sidomukti karena suhunya yang cukup dingin.
  • Waktu yang paling tepat mengunjungi Umbul Sidomukti adalah pagi atau sore hari. Sebab di pagi hari, Kamu bisa melihat sunrise. Sedangkan di sore hari Kamu bisa melihat sunset.

Itulah ulasan kami mengenai Umbul Sidomukti Semarang yang termasuk salah satu tempat wisata di Semarang. Dengan banyaknya spot wisata yang menarik, fasilitas yang lengkap, tersedianya penginapan, serta pemandangan yang indah, maka wisata ini tepat dijadikan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika liburan.

16 Ulasan Pengunjung Umbul Sidomukti, Semarang

  1. Umbul Sidomukti yang viral 😀. First impression, asik karena jalan menuju ke lokasi nanjak tajam dan berkelok dan kalau simpangan harus minggir salah satu, dan ada peringatan kalau motor matik harus cek rem karena banyak kejadian ngeblong. Parkiran luas, motor maupun mobil, masuk mobil 10 k, tiket masuk kolam renang 15k weekend. Kolamnya asik banget, bertingkat, air murni pegunungan dengan mineral terpilih..widiihh… paling dalam 140 m an. Siapin baju renang komplit termasuk kacamata kalau kesini biar puas renangnya 🏊. Airnya jernih, dingin baget, bawa kamera anti air untuk foto2 di kolam, saran kalau pake tongsis pasti bagus, bisa keliatan air orang dan semburat matahari (kami kesana pas jam 3 an sore). Nah kenapa saya kasih bintang tiga? Tempat bilasnya enggak banget, ga proper, ga bersih, kalau naro baju kering pasti basah. Coba dibuat lebih lega dan bagus, bintang tujuh dah…pas dengan lokasinya yang instagramable banget. Wahana yg lain banyak tapi ga nyobain.

  2. Berkunjung ke kota semarang rasanya belum lengkap kalau belum mendatangi salah satu tempat tempat wisata yang satu ini, yaitu umbul sidomukti..disini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas bukit dan menikmati dinginnya air yg bersumber dari umbul, airnya dingin dan sangat menyegarkan. Berenang dengan di suguhi view yang sangat menawan adalah sebuah kesenangan yang luar biasa. Selesai dengan aktivitas berenang kamu bisa mengisi perut yang lapar dan memanjakan lidah dengan makan di restoran di lokasi tersebut..ada menu soto ayam yang seger di nikmati selagi hangat ditambah mendoan yang masih hangat juga..

  3. “WAh dan WOw”. . Dua kata yang tak cukup menggambarkan tempat ini. Terletak diatas kaki Gunung Ungaran, umbul Sidomukti menyajikan tempat relaksasi terbaik selama aku 4 tahun di Semarang. Kolam renang dan Pemandangan, dua hal yang lebih dari cukup untuk melepas kejenuhan atau lelah karena kesibukan. . . Dua kolam renang, bertingkat dan cantik. Tersusun dari batu-batu yg membuat sedikit berbeda dari kolam renang lainnya. Tidak terlalu dalam memang, maksimal 1,6 meter dalamnya nyatanya ditujukan untuk menikmati hari sambil bersantai melihat riuhnya jalan Semarang dari dalam kolam renang sendiri. Saat pertama kali menceburkan diri kedalam kolam ini, serasa menjadi pemain bola setelah bertanding. Biasanya para atlet itu masuk ke kubangan air super dingin untuk relaksasi otot. Begitulah, airnya super duper dingin !!! Tapi ya, lama-lama terbiasa asal jangan diem membatu saja. . . Tiket 10 ribu, fasilitas bersih, kolam indah, pemandangan luar biasa, tempat bersantai ala-ala tentu harga yang sangat murah. Untuk tempat kebersihan, kita tahulah seperti apa di Indonesia. Bukan salah managementnya, hanya manusia yg tidak tahu diri saja. Tidak bisa membedakan mana tempat bilas dan tempat sampah. . . Well, it’s Amazing after all 👌

  4. Umbul Sidomukti merupakan salah satu tempat wisata yg berada di Kab. Semarang tepatnya di daerah Bandungan. Suasananya adem, asri, dan sejuk. Terdapat 3 kolam renang untuk anak2 dan dewasa namun perlu hati2 karna air kolam cukup dingin yaa gengss😱😱dan beberapa wahana mainan seperti flying fox. Ada food courtnya juga dan berbagai pedagang kaki lima di depan umbul ini yg menjual berbagai makanan seperti burger, jagung rebus, kacang rebus, berbagai roti dan jajanan lain yg pastinya murah kokk👍👍. Terdapat parkir yg ckup luas dan pastinya ada kamar mandi untuk cowo dan cewe. Untuk tiket masuknya cukup Rp.15.000/org. Tempat ini cukup terkenal di Semarang nihh. Penasaran? Yukk datang dan kunjungi😁😁

  5. Umbul Sidomukti . . Ini pertama kali mengunjungi tempat wisata di Semarang, umbul Sidomukti ini terletak di lereng gunung Ungaran yang memang terkenal dengan sumber air yang besar.. . Lokasi kolam renang berada di area komplek wisata dan juga penginapan. Lokasinya di pinggiran kota Semarang dengan jalan yang cukup menanjak dan berkelok untuk masuk kesini. Kalau bawa bus besar sepertinya tidak bisa untuk akses kesini walaupun lokasi parkiran di atas cukup besar.. . Tidak hanya kolam renang di sini juga disediakan camping ground, wisata berkuda, kebun kopi, gazebo dan aneka kuliner yang di jadikan satu tempat.. . Pengalaman kami waktu itu jam 7 sudah datang dan masuk untuk berendam di kolam dengan membayar 10 ribu per orang. Lokasi kolam agak masuk ke dalam dan view nya pas hadap ke timur.. . Kolam renang tidak begitu besar dan juga tidak dalam, tidak terbuat dari keramik tapi dari susunan batu yang cukup unik. Air nya sangat segar karena mengalir terus.. . Disini juga disediakan tempat untuk mandi, simpan baju, dan juga melakukan bilas. Ada sumber air yang terus keluar di kolam ini yang bisa menyembur sampai tinggi. Kalau anda tidak mau berenang juga bisa pesan aneka makanan dan minuman di kafe sebelah sini sambil bersantai menikmati keindahan alam kota Semarang, waktu yang tepat untuk kesini ada pagi hari karena masih cukup segar.. . Selain kolam renang, view terbaik dari pondok kopi yang ada di bagian atas, sayang sekali waktu itu gak sempat kesana karena cukup mepet waktunya. . . Lokasi Sidomukti ini juga bisa di jadikan tempat untuk acara perkantoran karena tersedia lokasi yang cukup luas dan fasilitas cukup memadai..apalagi viewnya sangat bagus sekali.. . Jadi yang mau liburan ke Semarang, silakan mampir ya sebelum keliling ke lainnya.

  6. Kaya’nya enakan datang kesini pas weekdays.. Kalo weekend mah berasanya harus berjibaku dengan pengunjung lain meski cuman mau foto ajah. 😊. . Waktu yang pas untuk menikmati tempat ini adalah senja hari.. Tatkala Sang Mentari ingin kembali ke peraduannya untuk beristirahat. 😍. . Cepetan kepoin tempat ini guys…… 😎

  7. Umbul sidomukti merupakan tempat wisata yang menyediakan pesona pemdandangan yang luar biasa. Didalamnya terdapat tempat outbound. Saya kurang fahu apakah ada paket outvoundnya atau tidak. Selain itu ada kolam renang yang menghadap pemandangan langsung. Lebih tepatnya kolam berendam sih. Di sebelah atasnya ada foodcourt yang menyajikan oemandangan nan eksotis.. . Selain itu di tempat ini juga ada trmpat ngopi loh. Tersedia juga ATM BRI. . . Buat kamu yang berasal dari jauh, terdapat pebginapan pula.. . Hati hati yang mau kesini karena jalannya kecil dan menanjak. Buat kamu yang oakai motor matic, pastikan remnya berfungsi normal.

  8. Salah satu tempat wisata di daerah Bandungan, Ungaran, Semarang dengan menghadirkan view landscape yang bagus dibawah gunung.. suhu yang sejuk ke dingin menjadikan lokasi ini cocok bagi berkumpul keluarga dan menghabiskan waktu di waktu weekend.. Akses menuju lokasi cukup ekstrem tapi hal ini menjadikan pengalaman yang seru untuk berpetualang, fasilitas lengkap dengan wahana outdoor bervariasi seperti Flying Fox, berkuda, kolam renang, sepeda gantung dan masih banyak yang lainnya.. . yang menjadi daya tarik adalah momen Sunrise dengan bentang alam dan view kolam renang, menjadikan suasana pagi lebih bersahabat.. siapkan kamera untuk bidik momen sunrise ini.. . Kamar hotel bersih dan harga cukup terjangkau, jauh2 hari harus booking jika ingin menginap di USM karena selalu full booked kalau tidak jauh2 hari. Rekomendasi untuk menginap di sekitaran Semarang dan Ungaran.. . terimakasih Umbul Sidomukti. Januari 2020

  9. Umbul Sidomukti merupakan area tempat wisata alam pegunungan yang berada di daerah Bandungan Kabupaten Semarang. Ditempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Disini terdapat kolam renang yang mata airnya dari mata air gunung Ungaran. Wisata ini cocok untuk wisata bersama teman-teman maupun keluarga.

  10. Tempatnya enak banget masih ada kabut kl habis hujan, sejuk… View ya bagus😍. Aku kesana nginep di tenda kl yg mau hotel juga ada koq enak lagi bisa sekeluarga besar.. Ada ruang meetingnya juga kl mau bikin seminar atau acara ultah atau wedding yg Jumlahnya nga terlalu banyak ada.. Kl transport dari stasiun semarang naek grabcar sekitar 150rb sudah sama tol.. Kalau mau ngeteng bisa tadi jgn kesorean dan biasanya sampe Pasar Jimbaran saja keatasnya harus naik ojek setempat

  11. Tempat wisatanya sejuk dan lengkap fasilatasnya. View nya keliahat indah dr villa rawa pening dan kota sekitarnya. Atm BRI juga ada kalo anda butuh uang cash

  12. Udara sejuk. Pemandangan di ketinggian mantap. Usahakan jangan pas rame orang wisata coz saat pengen makan antri nyari tempat duduknya.

  13. Akhirnya setelah lama karantina mandiri dirumah, keadaan kembali normal tapi harus tetap patuhi aturan2 mencegah covid-19. Umbul Sidomukti udah buka, tadi pas kesini cuma bayar tiket masuk 5k sama parkir doang. masih sepi tempatnya, enak sih bisa bebas menikmati alam huhu. Sayangnya udah gaboleh buat berenang gaes.

  14. Pondok Kopi paling atas. Di bawah ada Pondok Panorama. Kalok terlalu rame di atas bisa di bawah. Demikian juga sebaliknya. Okay?!

  15. Tolong lagi proyek pembangunan tambahan kolam renang meluas aja.. nilai 6,9

  16. Tempatnya asik dan menyejukkan karena terletak di dataran tinggi area kabupaten Semarang. Mantap dijamin tidak mengecewakan untuk dikunjungi. Harga makanan dan minuman didalamnya cukup mahal dan dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Jika kalian membawa makanan atau minuman lebih baik dimasukkan kedalam tas agar tidak disita penjaga pintu. Pemandangan yang memanjakan mata membuat betah berlama-lama disana. Disana juga terdapat area camping

Tinggalkan Balasan