Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Umbul Sidomukti

Taman Renang Alam di Umbul Sidomukti
Informasi Tentang Wisata Umbul Sidomukti Semarang
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Desa Sidomukti, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Situs Resmi: Website
Hari dan Jam Operasional:
  • 8.00 – 17.00 WIB (Weekday)
  • 7.00 – 17.00 WIB (Weekend / Hari Libur)
Harga Tiket Masuk dan Tiket Fasilitas:
  • Rp. 5.000 (Weekday)
  • Rp. 10.000 (Weekend / Hari Libur)
Telepon: (0298) 713 7009-10

Rutemu – Salah satu tempat wisata yang sedang hits dan ramai didatangi oleh pengunjung adalah Umbul Sidomukti. Terletak di kecamatan Bandungan, pesona yang ditawarkan oleh Umbul Sidomukti sangat beragam dan patut dicoba oleh seluruh pengunjung.

Daftar Area Wisata di Umbul Sidomukti

Apa saja sih spot yang ada di wisata Umbul Sidomukti? Berikut diantaranya:

Pondok Kopi

Pondok Kopi di Umbul Sidokmukti
Foto by: @adisti_kanina

Salah satu spot di Umbul Sidomukti Semarang yang viral di media sosial adalah pondok kopinya. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, pondok kopi ini juga menyajikan panorama yang sangat indah.

Pondok Kopi di Umbul Sidomukti Semarang
Foto by: @adisti_kanina

Dengan hamparan pepohonan yang tinggi dan berada di atas ketinggian, tentunya suasana yang diberikan sangat sejuk. Apalagi bagi pecinta kopi, maka duduk bersantai sambil menyeduh kopi tentunya merupakan moment yang indah.

Kolam Renang Alam

Taman Renang Alam di Umbul Sidomukti
Foto by: @atika_muth

Selain itu, seperti halnya dengan namanya, Umbul Sidomukti memiliki 4 kolam. Dimana kolam-kolam tersebut dibuat secara bertingkat dengan kedalaman yang berbeda. Dengan airnya yang segar nan jernih, tentunya mampu menyegarkan tubuh Kamu dari rasa penat yang melanda.

Taman Renang Alam di Umbul Sidomukti Semarang
Foto by: @skinnymonkey

Perlu Kamu ketahui, air dari kolam tersebut berasal dari “tuk” Watu Payung. Yang berarti, airnya berasal dari sumber air murni pegunungan.

Camping Ground

Tak hanya bisa nongkrong sambil ngopi atau berenang di air yang segar saja, kawasan wisata Umbul Sidomukti Ungaran ini juga menyediakan spot wisata lainnya. Bagi Kamu yang suka mengacu adrenalin maka Kamu bisa mencoba permainan yang ada di camping ground ini seperti Flying Fox, ATV, Marine Bridge, Highest Triangle hingga Sepeda Awang.

Flying Lembah dan Flying Double

Flying Fox di Umbul Sidomukti

Aktivitas yang dapat kamu lakukan yakni mencoba 2 flying fox ini. Untuk lintasannya sendiri terdapat dua pilihan, Pertama, kamu dapat meluncur dari ketinggian 70 meter dengan panjang jarak 110 meter hingga gardu akhir. Pada rappeling ini kamu akan menuruni lembah yang ada disisi kolam. Untuk Flying Lembah ini kamu dikenakan biaya sebesar 20rb.

Lainnya:  Gunung Telomoyo

Kedua, flying fox ini sangat disarankan bagi Kamu yang menyukai tantangan. Disini kamu akan meluncur dari bukit teratas dengan ketinggian 110 meter yang akan meluncur sejauh 160 meter ke flying fox pertama. Kemudian kamu juga akan merasakan meluncur dengan Flying Lembah. Biaya yang perlu Kamu keluarkan ialah 40rb untuk Flying Double ini.

Tentunya di wisata Umbul Sidomukti ini tak hanya 3 spot tersebut saja. Karena masih banyak spot lainnya yang wajib dicoba. Penasaran dengan spot lainnya? Maka kunjungi sekarang juga.

Marine Bridge

Marine Bridge di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Salah satu outbond di Umbul Sidomukti yang menantang lainnya ialah Marine Bridge. Disini Kamu akan merasakan bagaimana menyebrangi 2 bukit dengan ketinggian 30 meter dan jarak 50 meter. Jembatan yang terbuat dari tali dan berlubang ini sama seperti yang digunakan pada latihannya para Tentara Indonesia. Namun jangan khawatir, meskipun cukup menakutkan dan menguji adrenaline, safety merupakan yang utama. Kamu akan dikenakan helm hingga pengikat badan dengan tali atas.

Highest Triangle

Tak kalah menantang dari Flying Lembah dan Marine Bridge, Highest Triangle merupakan wahana yang wajib Kamu coba. Pada wahana ini, kamu akan melewati jembatan yang meghubungkan antara 3 gardu yang membentuk segitiga.

Highest Triangle di Umbul Sidomukti Semarang
Foto by: @umbul.sidomukti

Jembatan ini terbuat dari palang kayu selebar 1 tapak kaki orang dewasa. Selain itu, terdapat tali disisi kanan dan kiri sebagai pengait pada jembatan ini agar tetap seimbang. Untuk mencoba wahana ini, Kamu harus mengeluarkan biaya 40rb rupiah.

Highest Triangle di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Sepeda Awang

Sepeda Awang di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Spot Selfie yang menjadi favorit para remaja ini juga tak kalah menegangkan. Kamu dapat mengayuh sepeda diatas ketinggian dari gardu pertama ke gardu selanjutnya. Tenang saja, pihak pengelola sudah memastikan keamanan dari wahana ini. Bagi kamu yang mau mencoba, silahkan sisihkan uang sebesar 25rb rupiah untuk menikmati Sepeda Awang ini.

Daftar Penginapan di Umbul Sidomukti

Pondok Panorama

Bagi Kamu pasangan yang ingin berlibur ke Umbul Sidomukti dan ingin merasakan sejuknya suasana malam hari, maka sangat cocok untuk mencoba Pondok Panorama. Disini tersedia 11 Villa yang masing-masing dibagi menjadi 3 kategori. Semuanya memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari TV/audio, mandi air panas, jaringan Wi-Fi, area parkir, room service dan layanan 24 jam penuh. Detail pilihan paketnya adalah sebagai berikut.

Villa Flamboyan, Garbera, Heliconia, Iris, Jasmine dan Kenanga

Villa Flamboyan Pondok Panorama di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Memiliki kapasitas 2 orang dengan 1 bed besar dan 1 kamar mandi berbentuk shower. Disini Kamu cukup mengeluarkan budget berkisar 400rb permalam. Cukup murah bukan?

Lainnya:  Caping Park

Villa Alamanda dan Bougenville

Villa Alamanda dan Bougenville
Foto by: @umbul.sidomukti

Tersedia untuk kapasitas 4 orang dengan 2 bed besar yang dipisahkan oleh conecting door yang bisa digeser. Selain itu, Villa ini juga memiliki 1 kamar mandi besar. Agar dapat bermalam disini, Kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar 750rb rupiah permalam.

Villa Cempaka, Dahlia dan Edelweiss

Villa Cempaka, Dahlia dan Edelweiss
Foto by: @umbul.sidomukti

Merupakan pilihan paket villa termahal, yaitu 900rb per malam yang dapat digunakan oleh 4 orang. Di dalamnya terdapat 2 kamar tidur dengan kamar utama yang memiliki 1 bed besar dan kamar lainnya dengan 2 single bed. Selain mempunyai 1 kamar mandi besar, di villa ini juga dilengkapi dengan area keluarga/ruang tamu serta halaman yang lebih luas.

Pondok Wisata

Jika Pondok Panorama ditawarkan untuk pengunjung pasangan atau keluarga kecil, lain halnya dengan Pondok Wisata ini. Pondok Wisata merupakan pilihan tepat bagi pengunjung rombongan baik itu keluarga besar maupun acara organisasi. Disini Kamu juga bisa membeli fasilitas tambahan seperti extra bed, organ tunggal, sound outdoor, menyewa convention hall hingga sewa alat BBQ atau memesan kambing guling. Berikut daftar pilihannya.

Standart Room

Standart Room Pondok Wisata di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Disediakan untuk kapasitas 4 orang dengan model bangunan 1 lantai. Di ruangan ini Kamu bisa memilih 2 bed besar atau 4 bed kecil. Urusan pemandangan, Kamu dapat menikmati view Hall Sindoro yang dapat dijadikan sebagai ruang pertemuan. Biaya yang dikeluarkan saat weekday yakni 575rb dan weekend 700rb per malam.

Superior Room

Superior Room Pondok Wisata di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Menawarkan bentuk bangunan 2 lantai yang dapat digunakan oleh maksimal 4 orang. Disediakan 2 kamar tidur dengan 1 bed besar di lantai bawah serta lantai atas. Selain itu, di Superior Room ini juga terdapat kamar mandi yang berbentuk shower. View yang dapat Kamu nikmati ialah area persawahan di dekat kawasan Umbul Sidomukti. Dibutuhkan budget 675rb untuk hari biasa dan 800rb untuk akhir pekan/hari libur.

Deluxe Room

Deluxe Room Pondok Wisata di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Merupakan pilihan favorit di Umbul Sidomukti. Masih sama seperti Superior Room yang disediakan untuk 4 orang dan 2 lantai, namun Kamu akan disuguhkan view yang lebih menarik dan indah. Selain itu, di depan Deluxe Room juga terdapat bangku taman yang bisa Kamu nikmati di saat pagi, sore maupun malam hari. Keluarkan biaya 725rb (weekday) atau 900rb (weekend) untuk bermalam di Deluxe Room ini.

Family Room

Family Room Pondok Wisata di Umbul Sidomukti
Foto by: @umbul.sidomukti

Di khususkan bagi rombongan atau keluarga besar, dapat ditempati oleh maksimal 8 orang. Di lantai bawah tersedia 2 bed besar dan 4 single bed untuk lantai atas. Selain itu, Family Room juga sudah memiliki 2 toilet dan 2 kamar mandi yang ada di lantai pertama. Paling spesial dari Family Romm ini ialah dengan adanya Garden Roof yang siap dinikmati oleh Kamu beserta rombongan. Biaya yang perlu dikeluarkan ialah 1.250rb untuk weekday dan 1.600rb untuk weekend.

Lainnya:  Ayana Gedong Songo

Rute & Cara Menuju ke Umbul Sidomukti

Untuk menuju lokasi Umbul Sidomukti, dapat ditampung dari arah Semarang menuju Solo, dimana jika Kamu menemukan pom bensin Lemah Abang di kiri jalan, maka ambil arah kanan menuju Bendungan. Jalan terus hingga menemukan Pasar Jimbaran di sisi kiri. Disitu Kamu akan menemukan plang yang bertuliskan Umbul Sidomukti di sisi kanan. Maka ikuti jalan hingga Kamu menemukannya.

Fasilitas di Umbul Sidomukti

Fasilitas yang ada di wisata Umbul Sidomukti terbilang cukup lengkap. Diantaranya terdapat parkir yang luas, toilet yang banyak, dan mushola. Bahkan terdapat 1 ATM BRI di sebelah Pondok Lesehan ikan bakar. Sehingga bagi Kamu yang kehabisan uang bisa mengambil di ATM.

Tak hanya itu saja, bagi Kamu yang ingin menginap di Umbul Sidomukti tentu saja sangat bisa. Sebab telah tersedia beberapa penginapan umbul sidomukti yang bisa digunakan. Yakni berupa villa dan homestay.

Tips Saat Berkunjung ke Umbul Sidomukti

  • Pastikan kendaraan yang Kamu gunakan dalam keadaan prima. Sebab jalan yang akan dilalui cukup menanjak, dengan jalan yang berkelok. Jadi pastikan kondisi rem kendaraan Kamu berfungsi dengan baik.
  • Bagi Kamu seorang wanita, jika pergi ke Umbul Sidomukti pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman. Sebaiknya hindari menggunakan high heels jika ingin mengeksplorasi Umbul Sidomukti secara keseluruhan.
  • Karena berada di ketinggian, maka pastikan membawa jaket ketika berada di Umbul Sidomukti karena suhunya yang cukup dingin.
  • Waktu yang paling tepat mengunjungi Umbul Sidomukti adalah pagi atau sore hari. Sebab di pagi hari, Kamu bisa melihat sunrise. Sedangkan di sore hari Kamu bisa melihat sunset.

Itulah ulasan kami mengenai Umbul Sidomukti yang termasuk salah satu tempat wisata di Semarang. Dengan banyaknya spot wisata yang menarik, fasilitas yang lengkap, tersedianya penginapan, serta pemandangan yang indah, maka wisata ini tepat dijadikan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika liburan.

  • Keindahan dan Panorama
  • Akses ke Lokasi
  • Fasilitas
  • Biaya
Overall
5
Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Balkondes Magelang

Agung
2 min read

Tebing Keraton

Agung
2 min read

Gunung Telomoyo

Agung
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending