Umbul Ponggok

Informasi Tentang Wisata Umbul Ponggok Klaten
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Jalan Delanggu – Polanharjo Ds. Jeblogan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Situs Resmi:Akun Instagram
Hari dan Jam Operasional:Setiap Hari (8.00 – 16.00 WIB)
Harga Tiket MasukRp. 15.000
Telepon0823 1438 8880

Umbul Ponggok, Klaten merupakan wisata air yang sedang ramai diperbincangkan, karena memang wisata ini berbeda dengan wisata air lainnya. Seperti apa asiknya wisata ini? Yuk simak informasinya di bawah.

Wisata Umbul Ponggok adalah wisata perairan buatan yang banyak memberikan manfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Warga Desa Jeblogan memanfaatkan sumber mata air yang sudah lama tidak digunakan untuk dibuat tempat snorkeling buatan dan kemudian dijadikan sebagai tempat wisata unik nan menarik yang dapat menambah penghasilan desa setempat.

Asal Usul Umbul Ponggok

Menurut sejarah, Umbul Ponggok merupakan mata air yang sudah digunakan selama ratusan tahun yang lalu. Berdasarkan data, dulunya Desa Ponggok merupakan kawasan industri. Terdapat pabrik gula yang memanfaatkan sumber air ini untuk digunakan sebagai pemenuh kebutuhan operasional pabrik. Namun pabrik tersebut saat ini sudah tidak beroperasi lagi.

Sumber air yang sudah lama tidak digunakan itu terlihat angker, kemudian warga dan pemerintah desa memanfaatkan sumber air untuk dijadikan tempat wisata. Konon katanya sumber air tersebut tidak pernah kering meskipun digunakan juga sebagai pengairan area perkebunan dan sawah sekitar umbul. Menarik bukan?

Hal itulah yang membuat wisata ini berbeda dari tempat wisata yang lain. Istilah atau nama Umbul Ponggok sendiri berasal dari dua kata, Umbul yang artinya sumber air dalam istilah Jawa dan Ponggok merupakan nama desa.

Apa Saja yang Ada di Umbul Ponggok?

Safety Snorkeling

Kedalaman Umbul Ponggok Klaten
Foto by: @agik_bendol

Selain sejarahnya yang unik, wisata ini juga memberikan keindahan yang menarik. Seperti yang sudah disebutkan, Umbul Ponggok merupakan tempat snorkeling, namun yang membuatnya lebih menarik ialah karena snorkeling disini jauh lebih aman daripada di tempat lainnya.

Hal tersebut dikarenakan kedalaman Umbul Ponggok ini cukup dangkal, yakni hanya sekitar 1,5-2 meter saja. Namun, tetap saja Kamu bisa merasakan pengalaman seperti snorkeling di dasar laut, karena didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai bawah laut. Hal inilah yang menjadikan wisata ini sebagai lokasi atau spot foto favorit bagi pengunjung.

Selfie di Dalam Air

Foto Prewedding di Umbul Ponggok Klaten
Foto by: @umbulponggokklaten

Hal utama yang menjadi tujuan para pengunjung untuk datang kesini ialah berselfie. Yaps, Wisata ini menyajikan snorkeling dan diving yang cukup unik. Di dalam kolam terdapat benda-benda yang bisa dijadikan sebagai objek foto Kamu.

Mulai dari sepeda, motor vespa, motor CB, motor cross, motor matic, meja kursi yang dilengkapi dengan televisi hingga mesin ketik. Selain benda-benda tersebut, Kamu bisa berfoto dengan ikan-ikan yang cantik yang ada pada kolam ini. Tak jarang pengunjung melakukan sesi pemotretan untuk Pre Wedding mereka.

Wisata Umbul Ponggok Klaten
Foto by: @anggaprakasaaa

Tempat Wisata Terpopuler di Klaten

Umbul Ponggok 2019
Foto by: @yulisasil

Semakin kesini, tempat wisata ini semakin mengalami kemajuan, hal ini bisa dibuktikan dengan pengunjung Umbul Ponggok 2018 yang sudah mencapai 1000 pengunjung per harinya, dan ada 2000 pengunjung di hari libur. Bahkan ketika hari libur Panjang, jumlah pengunjung bisa mencapai 5000 orang. Kenaikan yang sangat drastis bukan?

Rute & Cara Menuju ke Umbul Ponggok

Lokasi obyek wisata ini berada di Jalan Delanggu-Polanharjo Ds. Jeblogan, Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Namun, banyak orang yang menyebut wisata ini menjadi Umbul Ponggok Jogja, hal ini dikarenakan lokasinya memang cukup dekat dengan Kota Yogyakarta. Perjalanan yang harus ditempuh dari kota Yogyakarta menuju lokasi wisata hanya sekitar  1 jam saja.

Jika Kamu akan menuju lokasi ini dari arah barat (Prambanan, Jogja, Sleman, Purworejo dan Kebumen), Kamu bisa melakukan perjalanan melalui Jalan Raya Yogyakarta-Solo, setelah sampai di RSUD Suradji Tirtonegoro, terus arah lurus sampai GOR Gelarsena Klaten. Setelah itu, belok ke kiri dan menuju Polanharjo sampai menemukan persimpangan dekat Koramil, lalu ikuti jalan tersebut hingga sampai di Umbul Ponggok.

Perlu Kamu ketahui bahwa perjalanan menuju ke wisata ini harus dilakukan menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada transportasi umum yang menuju ke lokasi tersebut. Namun tidak perlu khawatir, karena akses jalan menuju objek wisata ini sudah bagus dan disertai dengan plang petunjuk arah. Selama perjalanan, Kamu juga bisa menikmati indahnya hamparan sawah yang cukup luas.

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok
Foto by: @nuzul_rizki

Biaya tiket masuk Umbul Ponggok bisa dikatakan cukup murah, yakni hanya sebesar Rp. 15.000 saja per orangnya. Dengan harga tersebut, Kamu sudah bisa berenang dengan puas, sekaligus bersantai menikmati pemandangan bawah air yang menarik. Kamu juga bisa berfoto-foto dibawah air untuk dipamerkan kepada rekan-rekan Kamu melalui sosial media.

Agar Kamu bisa menikmati keindahan yang disajikan, pengelola wisata banyak menyediakan persewaan fasilitas tambahan, antara lain snorkeling set, pelampung, kaki katak, kamera underwater, ban untuk berenang, foto grup underwater, parkir sepeda motor, parkir mobil, kamar bilas dan kamar mandi.

Bagaimana? Sudahkah tertarik datang ke Umbul Ponggok? Semoga wisata ini masuk dalam daftar tempat kunjungan wisata favoritmu bersama orang-orang tersayang. Dijamin deh Kamu tidak akan menyesal, malah akan ketagihan untuk datang kesini lagi.

Leave a Comment