Wisata Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo, Semarang

15 Ulasan

Sering mendengar tentang Candi Gedong Songo? Atau bahkan Kamu sudah pernah mengunjunginya? Candi Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata alam yang berbasis sejarah di Semarang. Kompleks Candi Hindu ini sebenarnya terletak di Lereng Gunung Ungaran pada ketinggian 1.200 mdpl, sehingga tak heran jika udaranya memang agak dingin.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Candi Gedong Songo Bandungan
Foto by: @rudy_rush_d93

Untuk menuju kawasan Candi Gedong Songo Semarang terdapat beberapa jalur, yakni:

Dari Arah Jakarta, Pekalongan, Kendal dan Batang

Dari jalur pertigaan Kaliwungu Kendal maka menuju ke Sumowono. Setelah sampai di pertigaan lampu merah Boja Kendal, maka ambil kiri menuju Sumowono. Sampai di pasar Sumowono ada pertigaan, maka lurus saja hingga menemukan POM Bensin Palbapang. Setelah ada pertigaan maka ambil jalur kiri, kemudian lurus terus hingga menemukan kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Dari Arah Magelang dan Yogyakarta

Dari Ambarawa akan ada pertigaan yang tak jauh dari Wisata Palagan Ambarawa. Dari pertigaan tersebut maka ambil jalur kiri menuju Bandungan. Setelah sampai di pertigaan Bandungan maka ambil arah kiri hingga menemukan POM Bensin Palbapang Sumowono. Dari situ akan ada pertigaan maka ambil jalur kanan hingga menemukan kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Dari Arah Solo

Dari arah Solo maka ambil jalur menuju Semarang. Setelah sampai di Terminal Bawen maka akan ada pertigaan, dan ambillah jalur kiri. Setelah sampai di Ambarawa, maka akan ada pertigaan tepat di Pasar Ambarawa. Maka ambilah jalur kanan menuju Bandungan.

Setelah sampai di pertigaan Bandungan, maka ambil arah kiri hingga sampai ke Sumowono. Tepat di POM Bensin Palbapang Sumowono ada pertigaan, maka ambil jalur kanan, dan jalan lurus hingga menemukan kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Informasi Tentang Candi Gedong Songo
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa tengah.
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional:Senin-Minggu, pukul 07.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket Masuk:Wisatawan lokal: Rp. 6000 – Wisatawan asing: Rp. 50.000
Telepon:

Candi Gedong Songo Malam Hari

Foto by: @ongooff_Sesuai dengan namanya “Candi Gedong Songo”, tentunya memiliki “songo” atau dalam bahasa Indonesia yang berarti sembilan candi. Namun sayangnya lokasi antar satu candi dengan candi lainnya memang berjauhan, sehingga untuk melihat seluruh candi harus menggunakan tenaga ekstra.

Di kompleks wisata Candi Gedong Songo ini terdapat perairan yang memiliki air hangat, sehingga Kamu bisa mandi atau sekedar bermain air hangat. Letak dari perairan ini yakni barada diantara candi ke-3 dan candi ke 4.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Sejarah

Candi Gedong Songo Semarang
Foto by: @skusasi

Candi Gedong Songo pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1740 M. Namun saat itu Raffles hanya menemukan 7 buah candi saja, sehingga pada waktu itu, kawasan ini dikenal dengan nama Candi Gedong Pitu. “Pitu” artinya adalah tujuh.

Penyebutan Candi Gedong Pitu itu berlangsung selama 1908-1911, hingga akhirnya seorang arkeologi yang berasal dari Belanda bernama Van Stein Callenfels melakukan penelitian kembali. Dimana ternyata ia menemukan 2 buah candi yang terletak di sekitar kawasan tersebut. Dengan ditemukannya 2 buah candi tersebut, maka secara resmi Candi Gedong Pitu diubah menjadi Candi Gedong Songo.

Menurut sebuah penelitian, Candi Gedong Songo merupakan peninggalan budaya Hindu sejak Zaman Wangsa Sayilendra pada abad ke-9 atau sekitar tahun 972 Masehi. Sebagai situs bersejarah, Candi Gedong Songo mulai dilakukan pemugaran. Yakni pemugaran Candi Gedong 1 dan Candi Gedong 2 pada tahun 1928-1929.

Setelah itu, selanjutnya pemerintah Indonesia melakukan pemugaran total Candi Gedong Songo pada tahun 1972-1982. Pemugaran yang dilakukan tersebut, semakin membuat candi ini tertata rapi. Namun tidak mengubah struktur bangunan candi yang ada.

Fasilitas

Wisata Candi Gedong Songo
Foto by: @prayogaandika__

Pada kawasan wisata ini terbilang sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Diantaranya area parkir yang luas, mushola, kamar mandi dan toilet. Bahkan di Candi Gedong Songo juga terdapat penyewaan kuda yang bisa digunakan untuk mengelilingi kawasan wisata. Adapun biaya sewa kuda di Candi Gedong Songo yakni:

  • Wisata Desa, Rp. 25.000 (dengan harga Wisman Rp. 35.000).
  • Ke Air Panas, Rp. 60.000 (dengan harga Wisman Rp. 70.000).
  • Ke Candi II, Rp. 40.000 (dengan harga Wisman Rp. 50.000).
  • Paket Candi Gedong Songo, Rp. 70.000 (dengan harga Wisman Rp. 90.000).

Tips Saat Berkunjung

Candi Gedong Songo
Foto by: @authentic.indonesia
  • Karena jalan menuju tempat wisata ini berkelok-kelok, pastikan kendaraanmu prima dan normal.
  • Disarankan datang ketika pagi hari karena cuaca masih segar.
  • Ketika sore hari, biasanya kawasan diselimuti oleh kabut.
  • Jangan lupa membawa jaket, karena suhunya cukup dingin.

Tiket masuk wisata ini terbilang cukup terjangkau, sesuai dengan keindahan yang dihasilkan. Nah bagi Kamu yang hanya pernah melihat gambar Candi Gedong Songo saja, maka pastikan Kamu mengunjungi sendiri kawasan wisata Candi Gedong Songo yang indah dan misterius ini.

15 Ulasan Pengunjung Candi Gedong Songo, Semarang

  1. Berada di Tempat paling atas di area Candi Gedong Songo, disini Ada 9 Candi yg tersebar di lereng gunung ungaran pada masa pemerintahan kerajaan Kalingga yg dipimpim oleh Ratu Shima, untk mencapai Candi paling atas diperlukan perjalanan 4km yg hanya bisa dilalui dgn berjalan kaki atau naik kuda. Kemarin mencoba naik kuda berkeliling komplek candi yang jalannya naik turun lereng gunung ungaran pemandangan di lereng gunung ungaran sungguh indah, obyek wisata ini juga ada pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, biaya untuk naik kuda 100 ribu untuk kuda yang perawakannya sedang dan untuk kuda yang ukurannya lebih besar dipatok dengan harga150 ribu, kayaknya mau wisata kesini lagi nih pingin nyobain keliling komplek candi dengan berjalan kaki biar lebih lama menikmati pemandangan lereng gunung ungaran yang bagus dan bisa berfoto di tiap candi yg berjumlah sembilan itu dgn sepuasnya.

  2. Candi gedong Songo, terdapat di ketinggian lereng gunung Ungaran adalah salah satu destinasi wisata alam yg seru untuk dikunjungi….. Letaknya diketinggian lereng gunung ungaran dgn sepanjang perjalanan naik terus menuju lokasi candi. Untuk kendaraan harap dipersiapkan agar tetap fit dalam perjalanan karena tanjakannya tajam dan cukup untuk 2 mobil berpapasan…. Jalannya mulus sampe ke lokasi… Sebaiknya di musim liburan ke lokasi nya sepagi mungkin untuk menghindari kepadatan kendaraan saat menanjak…. Semoga informasinya bermanfaat..

  3. Akhirnya sampe sini setelah bersusah payah karena motor gak kuaaat.. . Eh tempatnya kotor gak terawat, penjual bebas berkeliaran di dalam area. Harusnya dikumpulin aja ye kan. Jelek liatnya. Tapi seruu disini karena candi ini lokasinya pada tersebar. Klo ga salah ada 6 tempat.. . Nanjak banget pas jalan ke atas, gak kuat karena barang bawaan terlalu banyak

  4. Berlokasi di Dusun Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi Gedong Songo berada di ketinggian 1.200 mdpl dan suhunya cukup dingin.. . Candi Gedong Songo bisa dijangkau dari kawasan wisata Bandungan. Dari dataran tinggi ini, Anda hanya tinggal menempuh waktu sekitar 15 menit menuju Candi tersebut.. . Meskipun perjalanan kesana terus menanjak, Anda bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. . . Sesaat sampai di parkiran lokasi, Gerbang batu pun menyambut wisatawan, di sisinya terdapat loket yang mengharuskan wisatawan lokal membayar Rp 6 ribu rupiah per orang, sedangkan untuk wisatawan asing dikenai biaya sebesar Rp 25 ribu rupiah.

  5. Tempatnya cocok banget buat yg suka explore sejarah.. Disini gak tergamplang secara langsung sejarahnya gimana, tapi disetiap bangunan candi ada beberapa keterangan sejarahnya. Selain itu, candi gedong songo bisa jadi alternatif temen-temen pengunjung yg suka berjalan macam mendaki gunung. Cuacanya sejuk bgt. Beberapa lahan yg masih ada beberapa tumbuhan cukup terawat dengan baik. Kebersihannya juga terjamin baik, ini karena ada kerjasama antara karyawannya dan pengunjung. Tolong jangan buang sampah sembarang ya ☺️.. Tiket masuk kesini juga sangat amat murah sekali. Pengunjung domestik cukup bayar 10rb dan pengunjung turis 75rb. Buat temen-temen yg gak mau jalan capek sampe gedong yg terakhir, bisa kok sewa kuda buat keliling disini. Cukup bayar 120rb kalo gak salah ya hehe, tp ada juga kok yg 90rb tp cuma sampe gedong berapa gitu aku lupa. Untuk biaya parkirnya sendiri ini cukup mahal yaitu mobil 20rb, kalau yg motor & bus / mini bus kurang tau ya.. Saran aja, kalau kesini tolong bantu dijaga selalu kebersihannya. Ya walaupun pas lagi jalan-jalan kesini disepanjang perjalanan bakal tercium bau-bau tidak sedap dari kotoran kuda, tp itu kan alami. Jangan ditambah dengan sampah-sampah dari bungkus makanan atau minuman☺️☺️.

  6. Memorable banget sih tempat ini, dari tahun 2009 kesini perpisahan dg teman sd, tahun 2012 kesini lagi perpisahan dg temen pondok saat smp, terus tahun 2016 kesini jadian sama kaka, tahun 2017, 18, 19 selalu kesini ntah makrab himpunan jurusan atau workshop lapangan lpm. Dari tahun ketahun semakin bagus tempatnya 😍

  7. harga tiket :. dewasa/org = Rp.8,000 (hanya masuk kawasan candi). . dewasa/org = Rp.2,5000 (zona foto area dalam). sewa kuda = Rp.50,000. sewa payung 1 buah = Rp.10,000 . . harga diatas update pada jumat 06-maret-2020. apabila hari besar atau liburan harga bisa berubah sewaktu-waktu.. . =================================. . Sejarah singkat :. Candi Gedong Songo :. . (bahasa Jawa: ꦕꦤ꧀ꦝꦶ​ꦒꦼꦝꦺꦴꦁ​ꦱꦔ, translit. Candhi Gedhong Sanga) adalah nama sebuah kompleks bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.. . Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).. . Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara di sini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C). . Lokasi sembilan candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.. . Jarak tempuh :. dengan mobil atau sepeda motor dari semarang kurleb 2 jam.. . Untuk menempuhnya, diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari objek wisata Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.. . Gedong Songo – Ungaran: 25 km. Gedong Songo – Ambarawa: 15 km. Gedong Songo – Semarang: 45 km. . source : Wikipedia & sendiri

  8. Keren.. . Setelah sekian tahun tidak berkunjung ke sana, akhirnya bisa datang lagi sebulan lalu. Makin rame, makin tertata, tapi kenapa jalur pejalan kaki muterin Vanaprastha?. . Seinget saya dulu ndak gitu jalurnya, huft.

  9. Banyak fasilitas di sana, ada Ayana yg bisa buat spot foto di air, di dalam balon, lihat candi dan byak lainya

  10. Utk usia yg msih muda kuat fisiknya okey 👍klu utk lbih d atas 50 ya kaya sy napas ter engah2 tpi smpe juga d atas 👍💪🏾

  11. salah satu lokasi di candi gedong songo (selain ke 9 candi nya) yang buat saya terkagum akan viewnya, dimana sinar matahari pagi tersirat dibalik hutan2 ini , sangat memmanjakan mata, kebetulan saya tidak sengaja menemukan tempat ini, what an outstanding view!

  12. salah satu lokasi di candi gedong songo (selain ke 9 candi nya) yang buat saya terkagum akan viewnya, dimana sinar matahari pagi tersirat dibalik hutan2 ini , sangat memmanjakan mata, kebetulan saya tidak sengaja menemukan tempat ini, what an outstanding view!

  13. Pemandangannya bagus tempatnya nyaman sejukk dijamin pasti betah 🙂

  14. ngelatih otot kaki dan diafragma paru-paru. Hiking alam banget

  15. Saya ingin bertanya ” apakah candi gedong songo buka pada masa pandemi” ??? Tolong jawab

Tinggalkan Balasan