Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Candi Gedong Songo

Wisata Candi Gedong Songo
Informasi Tentang Candi Gedong Songo
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa tengah.
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Senin-Minggu, pukul 07.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Wisatawan lokal: Rp. 6000 – Wisatawan asing: Rp. 50.000
Telepon:

Rutemu – Sering mendengar tentang Candi Gedong Songo? Atau bahkan Kamu sudah pernah mengunjunginya? Candi Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata alam yang berbasis sejarah di Semarang. Kompleks Candi Hindu ini sebenarnya terletak di Lereng Gunung Ungaran pada ketinggian 1.200 mdpl, sehingga tak heran jika udaranya memang agak dingin.

Candi Gedong Songo Malam Hari
Foto by: @ongooff_

Sesuai dengan namanya “Candi Gedong Songo”, tentunya memiliki “songo” atau dalam bahasa Indonesia yang berarti sembilan candi. Namun sayangnya lokasi antar satu candi dengan candi lainnya memang berjauhan, sehingga untuk melihat seluruh candi harus menggunakan tenaga ekstra.

Di kompleks wisata Candi Gedong Songo ini terdapat perairan yang memiliki air hangat, sehingga Kamu bisa mandi atau sekedar bermain air hangat. Letak dari perairan ini yakni barada diantara candi ke-3 dan candi ke 4.

Sejarah Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo Semarang
Foto by: @skusasi

Candi Gedong Songo pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1740 M. Namun saat itu Raffles hanya menemukan 7 buah candi saja, sehingga pada waktu itu, kawasan ini dikenal dengan nama Candi Gedong Pitu. “Pitu” artinya adalah tujuh.

Penyebutan Candi Gedong Pitu itu berlangsung selama 1908-1911, hingga akhirnya seorang arkeologi yang berasal dari Belanda bernama Van Stein Callenfels melakukan penelitian kembali. Dimana ternyata ia menemukan 2 buah candi yang terletak di sekitar kawasan tersebut. Dengan ditemukannya 2 buah candi tersebut, maka secara resmi Candi Gedong Pitu diubah menjadi Candi Gedong Songo.

Menurut sebuah penelitian, Candi Gedong Songo merupakan peninggalan budaya Hindu sejak Zaman Wangsa Sayilendra pada abad ke-9 atau sekitar tahun 972 Masehi. Sebagai situs bersejarah, Candi Gedong Songo mulai dilakukan pemugaran. Yakni pemugaran Candi Gedong 1 dan Candi Gedong 2 pada tahun 1928-1929.

Setelah itu, selanjutnya pemerintah Indonesia melakukan pemugaran total Candi Gedong Songo pada tahun 1972-1982. Pemugaran yang dilakukan tersebut, semakin membuat candi ini tertata rapi. Namun tidak mengubah struktur bangunan candi yang ada.

Rute & Cara Menuju ke Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo Bandungan
Foto by: @rudy_rush_d93

Untuk menuju kawasan Candi Gedong Songo Semarang terdapat beberapa jalur, yakni:

Dari Arah Jakarta, Pekalongan, Kendal dan Batang

Dari jalur pertigaan Kaliwungu Kendal maka menuju ke Sumowono. Setelah sampai di pertigaan lampu merah Boja Kendal, maka ambil kiri menuju Sumowono. Sampai di pasar Sumowono ada pertigaan, maka lurus saja hingga menemukan POM Bensin Palbapang. Setelah ada pertigaan maka ambil jalur kiri, kemudian lurus terus hingga menemukan kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Lainnya:  Gunung Telomoyo

Dari Arah Magelang dan Yogyakarta

Dari Ambarawa akan ada pertigaan yang tak jauh dari Wisata Palagan Ambarawa. Dari pertigaan tersebut maka ambil jalur kiri menuju Bandungan. Setelah sampai di pertigaan Bandungan maka ambil arah kiri hingga menemukan POM Bensin Palbapang Sumowono. Dari situ akan ada pertigaan maka ambil jalur kanan hingga menemukan kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Dari Arah Solo

Dari arah Solo maka ambil jalur menuju Semarang. Setelah sampai di Terminal Bawen maka akan ada pertigaan, dan ambillah jalur kiri. Setelah sampai di Ambarawa, maka akan ada pertigaan tepat di Pasar Ambarawa. Maka ambilah jalur kanan menuju Bandungan.

Setelah sampai di pertigaan Bandungan, maka ambil arah kiri hingga sampai ke Sumowono. Tepat di POM Bensin Palbapang Sumowono ada pertigaan, maka ambil jalur kanan, dan jalan lurus hingga menemukan kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Fasilitas yang Ada di Candi Gedong Songo

Wisata Candi Gedong Songo
Foto by: @prayogaandika__

Pada kawasan wisata ini terbilang sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Diantaranya area parkir yang luas, mushola, kamar mandi dan toilet. Bahkan di Candi Gedong Songo juga terdapat penyewaan kuda yang bisa digunakan untuk mengelilingi kawasan wisata. Adapun biaya sewa kuda di Candi Gedong Songo yakni:

  • Wisata Desa, Rp. 25.000 (dengan harga Wisman Rp. 35.000).
  • Ke Air Panas, Rp. 60.000 (dengan harga Wisman Rp. 70.000).
  • Ke Candi II, Rp. 40.000 (dengan harga Wisman Rp. 50.000).
  • Paket Candi Gedong Songo, Rp. 70.000 (dengan harga Wisman Rp. 90.000).
Lainnya:  Goa Kreo

Tips Saat Berkunjung ke Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Foto by: @authentic.indonesia
  • Karena jalan menuju tempat wisata ini berkelok-kelok, pastikan kendaraanmu prima dan normal.
  • Disarankan datang ketika pagi hari karena cuaca masih segar.
  • Ketika sore hari, biasanya kawasan diselimuti oleh kabut.
  • Jangan lupa membawa jaket, karena suhunya cukup dingin.

Tiket masuk wisata ini terbilang cukup terjangkau, sesuai dengan keindahan yang dihasilkan. Nah bagi Kamu yang hanya pernah melihat gambar Candi Gedong Songo saja, maka pastikan Kamu mengunjungi sendiri kawasan wisata Candi Gedong Songo yang indah dan misterius ini.

  • Keindahan dan Panorama
  • Akses ke Lokasi
  • Fasilitas
  • Biaya
Overall
4.9
Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Balkondes Magelang

Agung
2 min read

Tebing Keraton

Agung
2 min read

Umbul Sidomukti

Agung
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending