Informasi Tentang Wisata Pulau Bawean
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Laut Jawa, Kec. Sangkapura, Gresik, Jawa Timur
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap hari (24 jam)
Harga Tiket Masuk: Gratis (Kecuali akomodasi penyeberangan/penerbangan)
Telepon:

RutemuPulau Bawean adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Gresik, Jawa Timur. Sebagaimana diketahui, Jawa Timur memang menjadi salah satu daerah yang menawarkan banyak lokasi wisata. Ada cukup banyak destinasi wisata yang terkenal secara nasional di bagian timur Jawa ini, seperti Malang dan Surabaya.

Meskipun tidak se-terkenal Malang dan Surabaya, Pulau Bawean Gresik menjadi destinasi wisata yang tidak bisa diremehkan. Kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan ide wisata alam yang sejuk, tentu cocok untuk berkunjung ke destinasi ini. Lantas, apa saja hal menarik terkait wisata Bawean ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja yang Ada di Pulau Bawean?

Trip ke Pulau Bawean Gresik
Foto by: @_mashaax

Bawean Island menawarkan cukup banyak pesona keindahan untuk dinikmati para pengunjung. Tidak hanya satu, ada beberapa destinasi wisata yang terangkum seluruhnya di pulau indah satu ini. Selain itu, asal usul Pulau Bawean yang cukup misterius juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pulau ini.

Nah, beberapa objek wisata tersebut terletak tidak berjauhan. Adapun beberapa wisata Pulau Bawean yang cocok untuk dikunjungi adalah sebagai berikut:

Penangkaran Rusa

Penangkaran Rusa di Pulau Bawean
Foto by: @baweantourism
Penangkaran Rusa di Pulau Bawean Gresik
Foto by: @sardomichael

Salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi adalah penangkaran rusa Bawean. Di penangkaran ini, Kamu bisa melihat kehidupan keseharian rusa. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa bercengkerama dan memberikan beberapa makanan untuk rusa-rusa yang tinggal di pulau ini.

Tanjung Ga’ang

Tanjung Gaang Pulau Bawean Gresik
Foto by: @triptonusantara
Tanjung Gaang di Pulau Bawean
Foto by: @thohir_albahar

Menikmati pemandangan laut di sore hari adalah hal yang begitu menyenangkan. Nah, ini adalah sajian menyenangkan di wisata Pulau Bawean yang bisa Kamu nikmati. Di pulau ini, Kamu akan disuguhkan pemandangan senja merona dan barisan terumbu karang yang menyembul di atas. Tidak hanya berdiam di tepian, Kamu bisa berlabuh dengan perahu!

Pulau Gili Noko

Pulau Gili Noko di Pulau Bawean
Foto by: @frsmita
Pulau Gili Noko di Pulau Bawean Gresik
Foto by: @rhied13

Perlu diketahui bahwa di sekitar Pulau Bawean ada juga pulau lain yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Gili Noko. Gili Noko merupakan pulau terbesar di sekitar lokasi ini dan dihuni sekitar 700 kepala keluarga. Nah, di pulau ini, menikmati deburan ombak di sore hari adalah salah satu menu liburan yang menyenangkan.

Danau Kastoba

Danau Kastoba di Pulau Bawean
Foto by: @christantoww
Danau Kastoba di Pulau Bawean Gresik
Foto by: @christantoww

Jika Kamu bosan dengan pantai Bawean, maka Kamu bisa pergi ke Danau Kastoba. Danau ini terletak di tengah-tengah pulau dan masih sangat alami. Di danau ini, Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan, seperti memancing ataupun mandi di tepian danau.

Rute & Cara Menuju ke Pulau Bawean

Wisata Pulau Bawean Gresik
Foto by: @kang_djun

Letak lokasi wisata ini adalah berada di Laut Jawa. Artinya, lokasi terlepas dari Pulau Jawa namun masih masuk daerah Gresik. Jika dilihat pada peta Pulau Bawean, maka letaknya ada di sebelah utara Gresik.

Untuk menuju ke lokasi ini di mana letak Pulau Bawean yang terpisah dari ‘induk’ Pulau Jawa, maka transportasi yang digunakan adalah transportasi laut dan udara. Untuk jalur laut, trip ke Pulau Bawean bisa dilalui dari pelabuhan Gresik dengan kapal penumpang. Sementara untuk jalur udara, Kamu bisa naik pesawat dari Surabaya dengan titik turun Bawean.

Fasilitas yang Ada di Pulau Bawean

Destinasi wisata ini menyediakan cukup banyak fasilitas yang akan memudahkan pengunjung dalam kunjungan wisatanya. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia adalah tempat ibadah, restoran, ruang istirahat, kamar mandi, parkir luas dan lainnya. Tidak hanya itu, untuk wisatawan yang berasal dari luar daerah, ada penginapan di Pulau Bawean untuk istirahat.

Adanya banyak fasilitas tentu akan memanjakan setiap pengunjung yang datang. Bahkan, penginapan di pulau ini selain nyaman, juga tergolong cukup murah untuk hitungan akomodasi.

Tips Saat Berkunjung ke Pulau Bawean

Jika Kamu berencana untuk melancong ke Pulau Bawean bersama keluarga di musim liburan, maka ada beberapa tips berkunjung yang harus Kamu ketahui. Tips ini tentu saja akan sangat membantu Kamu mendapatkan kesan liburan yang menyenangkan. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan tiket perjalanan pulang pergi sebelum berangkat.
  2. Waktu berangkat paling baik adalah di musim kemarau ketika matahari bisa terlihat sempurna.
  3. Bawa bekal yang cukup untuk menghindari masalah perut saat liburan karena meskipun ada restoran, jumlahnya masih terbatas.

Demikian beberapa ulasan mengenai wisata Pulau Bawean Gresik. Memang, wisata ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat awam, namun keindahannya akan membuat Kamu terpukau!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here