Kolam Renang di Wana Wisata Kampoeng Ciherang

Wana Wisata Kampoeng Ciherang, Sumedang

5 Ulasan

Wisata Ciherang atau yang dikenal dengan nama Wana Wisata Kampoeng Ciherang, merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hits di Sumedang, Jawa Barat. Dengan sajian perkampungan hutan pinus dan aliran air sungai yang jernih, membuat kawasan ini dijadikan sebagai spot wisata terfavorit.

Kejelian dari Perum Perhutani KPH Sumedang BKPH Manglayang Timur RPH Cijambu dengan membenahi area alam seluas 12 hektar terbukti berhasil. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya.

Informasi Tentang Wana Wisata Kampoeng Ciherang

Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa barat.
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional:Senin-Minggu, pukul 08.00-16.00 WIB
Harga Tiket Masuk:Rp. 15.000 per orang, dengan biaya parkir Rp. 5000 bagi sepeda motor dan Rp. 10.000 bagi mobil (tiket masuk tidak termasuk biaya paket wisata di kawasan wisata ciherang)
Telepon:

Hal Menarik

Wana Wisata Kampoeng Ciherang
Foto by: @bangrohman1105

Wana Wisata Kampoeng Ciherang Sumedang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dimana di sekitar wisata terdapat persawahan dan perkebunan yang subur, mampu memanjakan mata bagi setiap orang yang melihatnya.

Berbagai wahana yang ada di Kampung Ciherang ini juga sangat banyak. Dalam kategori wahana umum, terdapat wahana paparahuan, papanahan, kolam renang hingga spot selfie yang menjadi tujuan utama para pengunjung. Bagi orang dewasa, disediakan pula wahana yang mampu menguji adrenalin. Diantaranya yakni flying fox hingga river slide.

Kolam Renang di Wana Wisata Kampoeng Ciherang
foto by: @indra7dc
Spot Selfie Wana Wisata Kampoeng Ciherang
Foto by: @bangrohman1105

Apabila Kamu berkunjung ke wisata ini, tak lengkap rasanya bila belum berfoto di spot Sepeda Gantung dan rumah pohon. Keduanya adalah spot favorit para wisatawan karena dapat menghasilkan foto yang sangat instagramable. Selain itu, dari rumah pohon Kamu juga bisa menikmati view disekitar Wana Wisata Kampoeng Ciherang ini.

Sepeda Gantung di Wana Wisata Kampoeng Ciherang
Foto by: @nurulllfadhilah

Wana Wisata Kampoeng Ciherang juga menyediakan taman dan play ground, outbound untuk anak, mobil putar, mini motorcross hingga saung untuk bersantai bersama keluarga. Tak hanya itu, Kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Sumedang seperti nasi liwet atau nasi timbel di warung-warung yang terdapat pada wisata ini.

Rute & Cara Menuju

Untuk menuju Kampoeng Ciherang, maka perjalanan Kamu adalah menuju Kota Sumedang. Jika dari arah Cileunyi, maka ambil arah lurus hingga menemukan Gapura Selamat Datang di Kota Sumedang. Selanjutnya arahkan kendaraan Kamu menuju Alun-alun Tanjungsari. Kemudian dari alun-alun, berjalanlah sekitar 200 meteran hingga mentok pangkalan ojek sebelum Alfamart.

Setelah sampai situ, maka Kamu akan menemukan plang besar SMPN 3 Tanjung Sari. Dari situ masuk saja hingga menemukan Jalan Cijembu. Kemudian lurus terus dan ikuti jalan tersebut. Sayangnya dari Jalan Cijembu tersebut, Kamu tak bisa menemukan plang yang menunjukkan ke arah Kampoeng Ciherang, sehingga bila Kamu tak yakin bisa bertanya ke masyarakat sekitar.

Fasilitas

Di kawasan Wisata Ciherang terdapat berbagai fasilitas yang lengkap. Seperti area parkir yang luas, toilet, mushola, serta spot selfie yang sangat menarik. Tak hanya itu saja, wahana  permainannya juga sangat lengkap, baik untuk anak-anak maupun untuk remaja dan dewasa.

Bagi Kamu yang berasal dari luar kota, di Kawasan Wisata Ciherang ini juga terdapat spot khusus yang menjajakan makanan khas Sumedang sebagai oleh-oleh. Bukan hanya itu, Kamu juga bisa membawa pulang souvenir cantik sebagai kenang-kenangan.

Bagi Kamu yang ingin bermalam di kawasan wisata Ciherang juga sangat bisa. Disini Kamu bisa mendirikan tenda sendiri atau camping di Wana Wisata Kampoeng Ciherang. Namun, untuk melakukan camping, Kamu harus mengeluarkan biaya Rp. 25.000 per orang dan sudah termasuk tiket masuk selama 24 jam.

Tips Saat Berkunjung

Bagai Kamu yang ingin menginap di Wana Wisata Kampoeng Ciherang, bisa membawa perlengkapan camping. Seperti tenda, sleeping bag, matras, atau lainnya. Namun jika tak ingin repot membawa, bisa menyewa pada pihak pengelola. Tetapi harga sewanya memang cukup mahal.

Selain itu, jangan lupa membawa perlengkapan pribadi yang dibutuhkan, seperti lotion anti nyamuk agar tidur Kamu tak terganggu, serta jangan lupa membawa jaket, karena suhu malam di kawasan wisata Ciherang cukup dingin.

Itulah ulasan mengenai Wana Wisata Kampoeng Ciherang, Sumedang yang perlu Kamu ketahui. Yuk jelajah berbagai tempat wisata di Indonesia lainnya yang jangan sampai Kamu lewatkan. Selamat berlibur!

5 Komentar Untuk Wana Wisata Kampoeng Ciherang, Sumedang

  1. Alternatif wisata lain selain lembang, dengan fasilitas dan arena yg ditawarkan tidak kalah jauh dengan tempat wisata lainnya.. Dengan jam buka 07:00 s.d 18:00, pengunjung bisa mengunjungi pagi-pagi jika ingin mengejar foto dengan kondisi tempat masih sepi.. . + jalan ke lokasi 80% sudah bagus, 20% agak jelek dikit krn proyek jalan tol berjalan di awal pintu masuk ke wilayah pedesaannya, jalannya tidak terlalu lebar tapi mobil masih bisa masuk sampai area wisata. + jarak tempuh ke lokasi dari awal masuk memasuki perdesaan kurang lebih 45 menit tapi perjalanan 45 menit tersebut sepadan karena mata dimanjakan dengan pemandangan perbukitan dimana di kiri kanan terhampar sawah-sawah hijau.. + harga tiket masuk Rp.30.000/org, sudah termasuk terusan untuk memasuki 7 area bermain dari wahana kolam renang, perahu, outbound dsb, sebelum memasuki tempat wisata di gapura awal masuk dikenai tiket kendaraan untuk motor Rp.2.000, di tempat wisata dikenakan lagi tiket parkir kendaraan, walau beberapa kali ada tiket parkir tambahan tapi harganya masih terjangkau. + untuk fasilitas cukup banyak, tempatnya cukup luas, spot berfoto juga banyak, arena bermain anak-anak sangat banyak, bisa dibilang 90% di dominasi untuk anak-anak jd ke tempat wisata ini lebih bagus untuk keluarga, dari wahana outbound, berkuda sampai menggambar pin ada. + selain itu banyak di sediakan saung-saung jg untuk beristirahat, banyak tempat duduk kayu yg di sediakan sehingga tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat untuk beristirahat.. + toliet, kamar bilas & warung tersedia, dari warung yg menyediakan makanan sampai warung yg berjualan mainan anak.. +terdapat petugas jg yg berpatroli di tempat wisata, jd dari segi keamanan cukup baik. . – kekurangannya msh ada sampah bertebaran, dibutuhkan kesadaran jg bagi para pengunjung untuk tidak buang sampah sembarangan.. – tidak ada hal terlalu baru yg ditawarkan, selain kolam renang di tengah hutan yg unik, bagi yg sering berwisata ke tempat bertema hutan pinus akan merasa jenuh, apalagi jika tidak membawa anak-anak, karena tempat ini lebih cocok untuk keluarga menghabiskan waktu bermain dengan anak, tapi jika hanya ingin mengejar spot untuk berfoto disarankan datang pagi-pagi sebelum tempatnya ramai dikunjungi.. . Diluar kekurangannya yg tidak banyak, tempat ini tetap saya rekomendasikan di kunjungi, apalagi bagi yg suka berfoto di spot unik seperti di kol renangnya yg bertingkat. Selain itu tempat wisata ini dikelola cukup baik dilihat dari fasilitas yg ada dan cukup terawat fasilitasnya, jadi bagi yg ingin menghabiskan liburan alternatif lain, tempat ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi.

  2. Setelah sekian lama,akhirnya bisa sampe kesini❤. Asli, ini tempat nya buagussss . Tiket masuk nya cuma 15.000 ( hari biasa ) akses dari jalan besar kesini lumayan jauh dan jalan nya masih ada yg jelek ( gradakan ) dan ngelewatin perkampungan dan di saranin jang lewat dari jam 4 karna rada sepi jadi kalo kesni mending dari pagi- jd puas foto-foto sampi full-in galery😂 . Disni juga ada outbond ( ga sempet foto & ga sempet nyoba ) tapi kayanya seru. Tempatnya luas & instagramable 👌 masih asri , cuma sayang air kolam nya duinginnnn😂aku ga berani nyemplungin kaki doang . Secara ini kan kolam nya d kelilingin pohon-pohon gitu jd matahari sedikit masuk . Asli ( gatau berapa kali bilang asli ) yg jelas tempat ini recomended banget untuk kalian yg hoby foto atau sekedar refreshing ajak keluarga ❤ . Oh iya,untuk yg ga mau ribet bawa makanan ( kaya aku ) kalian bisa beli makanan kok ,ada banyak kafe/kantin nya d bagian food court nya juga ada sovenir-sovenir lucu pas mau keluar.

  3. Udah agak lama kesini.. bayar di depan sekali tapi wahana nya smua bisa di mainin.. ya wahana nya kaya flying fox.. naik sepeda diatas tali..berenang.. naik motor trail(khusus anak2).. ntr selesai kita naik wahana tiket kita dicoret penanda klo kita ga bisa naik wahana itu berkali2.. kurang perawatan sih kayanya tempatnya.. masuk 25rbuan apa 35rbu lah klo ga salah..bisa main dgn segala macem wahana tadi.. murmer yeee.. akses jalan lumayan lah.. agak berbatu dkit..

  4. Tempatnya bagus, cma beberapa wahana perlu ditingkatkan savetynya… jalan k sama lumayan jauh dan kendaraan besar tdk bs menjangkau

  5. Puas banget ke tempat ini meski medan nya jauh banget, harga masuk 30rb tapi bisa naik banyak wahana, tempatnya sejuk karena banyak pohonnya, anak2 Happy, mamak hemat 🤭

Tinggalkan Balasan