Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Pulau Banyak

Santai di Pulau Banyak
Informasi Tentang Wisata Pulau Banyak Aceh
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Jalan Iskandar Muda No.2 Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh – 24791
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Harga Tiket Masuk: *Tergantung paket wisata
Telepon

Rutemu – Pantai adalah destinasi wisata yang menjadi pilihan favorit untuk para wisatawan, mungkin Kamu juga salah satu di antaranya. Indonesia sendiri adalah wilayah yang memiliki berbagai macam pilihan wisata pantai yang indah dan menakjubkan untuk dikunjungi. Salah satunya ialah Pulau Banyak yang menjadi magnet wisatawan lokal maupun asing.

Pulau Banyak merupakan kepulauan yang terletak di kabupaten Aceh Singkil dengan beberapa pulau kecil di dalamnya. Wisata ini menyajikan suasana yang sangat asri dan cocok untuk Kamu jadikan sebagai tempat liburan bersama kerabat dan keluarga. Di bawah ini adalah ulasan lengkap dari wisata ini.

Apa Saja yang Ada di Pulau Banyak?

Sebagai salah satu wisata dengan tujuan utama para wisatawan di Aceh selain Sabang, Pulau Banyak tergolong tempat yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya menyuguhkan pemandangan pasir berwarna putih dan bersih saja, di sini Kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik lainnya seperti yang ada di bawah ini.

Susur Pantai

Wisata Pulau Banyak Aceh
Foto by: @evanananta

Kepulauan Banyak terdiri dari beberapa pantai nan indah dan bersih. Hal yang paling sederhana untuk Kamu lakukan ialah berjalan menyusuri bibir pantai. Pasir putih yang halus dan deburan ombak yang kecil membuat suasana tenang & nyaman. Di sekeliling pantai Kamu akan mendapati banyak spot foto yang bisa dijadikan sebagai bahan upload di sosial media.

Santai, Berenang dan Bermain Jet Sky

Santai di Pulau Banyak
Foto by: @acehreborn

Pantai memang pilihan yang tepat untuk bersantai. Di Pulau Banyak kamu dapat menikmati hal tersebut dengan berbagai cara. Misalkan saja duduk di gazebo, tiduran diatas air dengan kasur apung hingga bergelantung dengan Hammock di bawah pohon kelapa.

Berenang di Pulau Banyak
Foto by: @awesomeaceh

Apabila Kamu sudah bosan bersantai maka berenang adalah saat yang tepat. Tak afdol rasanya jika sudah sampai di Pantai namun tidak bermain air. Nah, pantai – pantai yang terdapat di Pulau Banyak merupakan pantai yang aman untuk berenang. Arus laut yang tenang serta jernih, akan membuat Kamu betah berlama – lama di dalam air.

Jet Sky di Pulau Banyak
Foto by: @_farysah

Tak cukup sampai disitu, di Pulau Banyak sendiri juga menyediakan fasilitas Jet Sky. Yaps, salah satu aktivitas yang tergolong ekstrim namun mengasyikkan ini dapat Kamu temukan disini. Namun, untuk menikmati permainan tersebut kamu harus mengeluarkan biaya sewa.

Snorkling dan Diving

Snorkling dan Diving di Pulau Banyak
Foto by: Foto by: @pulaubanyakgaleri

Pulau Banyak memang terkenal akan keindahan bawah lautnya. Susunan karang yang masih alami, ikan – ikan kecil serta tumbuhan air yang menghiasinya, merupakan hal yang tidak boleh Kamu lewatkan. Biasanya para penyedia paket wisata sudah memasukkan aktivitas ini dalam agenda mereka. So, kapan Kamu rencanakan berlibur kesini?

Mercusuar di Pulau Rangit

Mercusuar di Pulau Rangit
Foto by: @aroyhandhasibuan

Beralih ke salah satu pulau di Kepulauan Banyak, yaitu Pulau Rangit. Pulau Rangit memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh lokasi lain. Yaps, Mercusuar merupakan bangunan menara yang berfungsi sebagai navigasi para nelayan / kapal laut.

Disini Kamu bisa naik ke Mercusuar tersebut untuk melihat view Pulau Banyak dari ketinggian. Selain itu, hal wajib yang harus Kamu lakukan ialah take a photo sebagai dokumentasi bahwa Kamu pernah kesini.

Have Fun di Kepulauan Panjang

Mini Bar di Pulau Panjang
Foto by: @adinovri08
Wisata Pulau Panjang Aceh
Foto by: @explorepulaubanyak

Pulau lainnya yang tak kalah menarik dari Pulau Banyak ialah Pulau Panjang. Disini Kamu akan menemukan beragam wisata kuliner, mulai dari warung kopi hingga mini bar. Selain itu, duduk di gazebo dan menikmati minuman kelapa adalah hal yang paling mengasyikkan. Bisa dibilang pulau ini merupakan pusat hiburan bagi para wisatawan.

Resort untuk Menginap dan Beristirahat

Resort di Pulau Banyak Aceh
Foto by: @awesomeaceh

Wisata Pulau Banyak memang menawarkan liburan komplit. Apabila Kamu wisatawan dari luar daerah, disediakan Resort di pinggir pantai atau bahkan diatas air untuk menginap dan bermalam. Jika Kamu berkunjung ke pulau ini dengan jasa trip, maka biasanya sudah termasuk biaya menginap di beberapa penginapan yang tersedia.

Penginapan di Pulau Banyak Aceh
Foto by: @adinovri08

Rute & Cara Menuju ke Pulau Banyak

Kamu bisa datang berkunjung ke sebuah Kepulauan yang cantik dengan beberapa jenis opsi rute atau pilihan jalur. Pilih saja salah satu yang paling cocok dan sesuai.

Secara administrasi pulau ini masuk di kawasan Kabupaten Singkil, Aceh. Meskipun begitu, sangat cepat dan mudah dijangkau dengan rute perjalanan dari arah Medan dibandingkan dari Banda Aceh sendiri. Berikut beberapa opsi yang bisa Kamu pilih.

Dari Medan

Rute penerbangan ke Pulau Banyak satu ini benar-benar akan memberikan keuntungan yang cukup besar buat Kamu. Pasalnya ada banyak sekali maskapai penerbangan yang telah membuka jalur menuju kota Medan dibandingkan dengan tujuan Aceh. Jadi tidak heran lagi jika pilihan ini menjadi solusi yang paling baik ketika berkunjung ke pulau ini.

Sesampainya di Medan Kamu bisa langsung mencari tiket untuk terbang ke Bandara Kuala Namu. Hal ini khusus jika Kamu adalah orang dengan domisili Kota Medan. Setelah di bandara, langsung ke arah Kabupaten Singkil dengan bantuan transportasi Bus, Travel, Taxi, Damri dan lainnya agar sampai ke wisata ini.

Langsung ke Bandara Hamzah Fansuri Singkil

Perjalanan ke Pulau Banyak kedua ini bertujuan agar bisa menghemat waktu, Kamu pun bisa mencari tiket penerbangan ke Bandara Hamzah Fansuri Singkil, Aceh. Perjalanan tidak menggunakan pesawat besar ya, melainkan dengan pesawat kecil yang biayanya tergolong cukup murah bahkan sama jika Kamu menggunakan jalur darat.

Via Jalur Darat

Bagi Kamu yang mengambil jalur darat, setelah sampai di kota Medan, Kamu diwajibkan untuk mencari mobil travel dengan tujuan rute ke Singkil, Aceh. Umumnya mereka akan menawarkan jasa dengan biaya kisaran Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 500.000-an saja.

Perjalanan dapat ditempuh sekitar 7 hingga 8 jam. Tips penting adalah berangkat dari medan di malam hari sehingga pagi hari Kamu sudah sampai di Pulau Banyak. Alternatif ketiga sangat cocok untuk menekan biaya menginap.

Fasilitas yang Ada di Pulau Banyak

Tentu selain wisata alam yang ditawarkan, Pulau Banyak memiliki beberapa fasilitas untuk membuat nyaman para pengunjung. Mulai dari kemudahan akses menuju lokasi, tempat istirahat, kuliner, tempat ibadah dan kamar mandi hingga peralatan untuk menunjang aktivitas selama berada di pantai.

Harga Paket Wisata Pulau Banyak

Agar perjalanan wisata Kamu makin menyenangkan, alangkah lebih baik untuk menggunakan jasa open trip. Dimana penyedia memberikan pelayanan yang lengkap mulai dari transportasi, makan, homestay, pemandu wisata hingga perlengkapan lainnya. Disini Kami akan memberikan estimasi atau kisaran harga yang perlu Kamu keluarkan untuk berlibur di Pulau Banyak ini.

Durasi Meeting Point Harga
2 Hari 1 Malam Medan Rp. 900.000 / Orang
3 Hari 2 Malam Medan Rp. 1.150.000 / Orang
3 Hari 2 Malam Singkil Rp. 800.000 / Orang
3 Hari 2 Malam Banda Aceh Rp. 1.350.000 / Orang

Itulah beberapa ulasan kami terkait dengan wisata Pulau Banyak Aceh Singkil. Yuk, mulai sekarang agendakan untuk mengisi waktu liburan Kamu ke tempat nan indah ini. Tak harus sendirian, karena pasti makin asyik apabila berlibur dengan keluarga, pasangan maupun kerabat. See you!

  • Keindahan dan Panorama
  • Akses ke Lokasi
  • Fasilitas
  • Biaya
Overall
4.7
Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending