Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Pantai Papuma

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma Jember
Informasi Tentang Wisata Pantai Papuma Jember
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap hari 24 Jam
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000 per orang (belum termasuk biaya lainnya)
Telepon:

RutemuPantai Papuma merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Jember. Meskipun pantai ini belum terlalu terkenal dan tenggelam di balik nama pantai-pantai besar di Indonesia, namun nyatanya pantai ini menyajikan pemandangan yang cukup eksotis untuk dilihat. Tentu, dengan keindahan alam yang membentang, Papuma bisa menjadi tujuan liburan Kamu.

Nah, pantai ini terletak di Jember dan dikelola oleh Perum Perhutani Jawa Timur. Nama Jember sebagai destinasi wisata pun belum terlalu terkenal. Hal ini dikarenakan Jember masih kalah dengan Malang ataupun Surabaya sebagai ikon wisata Jawa Timur. Namun, dengan pengelolaan yang baik, niscaya Papuma juga akan berkembang dan ramai di kemudian hari.

Apa Saja yang Ada di Pantai Papuma?

Wisata Pantai Papuma Jember
Foto by: @aidafitriatiindana

Sebagaimana dijelaskan di awal bahwa meskipun belum terlalu terkenal, Papuma menawarkan cukup banyak hal menarik untuk menemani liburan Kamu bersama keluarga tercinta. Lantas, apa saja pesona dan keindahan pantai ini sebagai alasan kunjungan? Simak ulasan di bawah ini.

Lainnya:  Pulau Bawean

Hutan Jati Rindang

Hutan Jati Rindang Pantai Papuma Jember
Foto by: @chaesarnisa

Pantai ini cukup unik karena sebelum sampai di bibir pantai, Kamu akan menemukan hutan jati yang cukup rindang. Hutan jati ini merupakan hutan lindung yang dikelola oleh perhutani. Selain menawarkan pemandangan yang indah, hutan jati ini juga bisa dijadikan tempat singgah.

Ya, Kamu bisa berjalan-jalan mengitari hutan jati dan merasakan kesejukan udara di dalamnya. Tidak hanya itu, pohon jati yang menjulang tinggi dan seolah berbaris, bisa menjadi background yang sangat menarik untuk berfoto ria.

Hal lain yang perlu Kamu ketahui adalah bahwa hutan jati di sekitar Papuma merupakan habitat dari beberapa satwa. Saat Kamu berada di hutan tersebut, bisa saja Kamu menemukan beberapa hewan. Oleh karena itu, perlu sikap waspada agar tidak terjadi sesuatu saat Kamu melintas.

Goa Jepang

Hal menarik lain yang terdapat di perjalanan menuju ke Pantai Papuma adalah adanya goa Jepang. Ini adalah goa purba yang dipercaya merupakan bekas Perang Dunia II. Goa ini masih cukup terjaga meskipun kondisinya sedikit kotor. Nah, singgah di goa ini untuk berfoto bisa menjadi opsi sebelum menikmati deburan ombak Pantai Papuma Jember.

Gardu Pandang

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma Jember
Foto by: @riskyhadining
Gardu Pandang Pantai Papuma Jember
Foto by: @nong_saja

Pantai ini unik karena memiliki luas yang begitu panjang dan dataran tinggi di sekelilingnya. Nah, pengelola pantai menyiapkan gardu pandang di sekitar pantai. Gardu pandang yang ada di Tanjung Papuma ini sangat menarik terutama untuk Kamu yang ingin berburu sunset.

Lainnya:  Kawah Ijen

Pasir Putih dan Samudera Biru

Pantai Papuma Jember
Foto by: @nandadesyy
Papuma Beach Jember
Foto by: @yuzsantoso

Papuma Beach menawarkan keindahan pantai yang begitu memukau. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu luas dan samudera biru yang cukup tenang. Kamu yang berkunjung bisa bermain pasir atau air dan duduk-duduk di tepi pantai untuk menunggu senja.

Rute & Cara Menuju ke Pantai Papuma

Lokasi tepat dari pantai ini adalah di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Nah, jarak pantai dari kota Jember ialah 45 km dan bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 2 jam.

Untuk jalan menuju ke Pantai Papuma, satu-satunya akses yang kini tersedia adalah melalui kecamatan Ambulu yang terletak sekitar 15 km dari pantai. Jika Kamu sudah sampai Ambulu, maka terus saja ke selatan menuju arah Desa Sumberejo dengan jarak sekitar 10 kilometer. Nah, Kamu akan menemukan papan penunjuk ke arah pantai di sebelah barat. Ikuti saja dan sekitar 10 menit Kamu akan sampai di gerbang pantai.

Fasilitas yang Ada di Pantai Papuma

Meskipun Pantai Papuma masih tergolong baru untuk wisata Jember, fasilitas yang diberikan cukup lengkap. Di sekitar pantai sudah terdapat mushola, tempat parkir, dan beberapa fasilitas standar. Bahkan, ada beberapa hotel di dekat Pantai Papuma untuk bermalam.

Tips Saat Berkunjung ke Pantai Papuma

Ide piknik Pantai Papuma Jember 2019 sangat menarik, terlebih dengan harga tiket masuk Pantai Papuma yang cukup terjangkau. Namun, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum keberangkatan.

Lainnya:  Taman Langit

Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan kondisi fisik yang prima karena Kamu akan berjalan kaki cukup jauh.
  2. Waktu terbaik kunjungan adalah sore hari menjelang senja.
  3. Hindari akhir pekan karena pantai cukup ramai dengan wisatawan.
  4. Persiapkan kendaraan pribadi sebelum menempuh jarak jauh.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai keindahan Pantai Papuma yang ada di Jember. Ide wisata pantai memang sangat cocok untuk tujuan liburan bersama orang terdekat maupun keluarga.

  • Keindahan dan Panorama
  • Akses ke Lokasi
  • Fasilitas
  • Biaya
Overall
4.7
Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Kawah Ijen

Agung
3 min read

Taman Langit

Agung
3 min read

Pulau Bawean

Agung
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending