Informasi Tentang Wisata Candi Ratu Boko
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Jalan Piyungan – Prambanan KM 2 Getak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Situs Resmi: www.borobudurpark.com
Hari dan Jam Operasional: Setiap hari (6.00 – 17.00 WIB)
Harga Tiket Masuk: Rp. 25.000,-
Telepon:

Rutemu – Bagi Kamu yang sedang berada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan ingin berwisata sejarah, maka Candi Ratu Boko adalah salah satu destinasi wisata paling tepat. Berdasarkan sejarah, tempat ini merupakan bangunan candi yang berasal dari reruntuhan kerajaan. Bahkan banyak orang menyebutnya sebagai Keraton Ratu Boko yakni kediaman dari Ratu Boko seorang raja ayahanda dari Roro Jonggrang.

Selain bisa berwisata sejarah, Kamu juga bisa menikmati sajian pemandangan yang indah. Apalagi jika tiba waktu sore, view matahari terbenam disini sangat menawan. Bagaimana semakin penasaran bukan? Nah di bawah ini adalah beberapa informasi lengkap dari destinasi wisata Candi Ratu Boko Jogja.

Apa Saja yang Ada di Candi Ratu Boko?

Meskipun hanya bangunan candi dari reruntuhan kerajaan, ada banyak hal yang bisa Kamu nikmati saat berada di sini. Bahkan bagi Kamu yang suka dengan dunia fotografi tempat ini akan menjadi jawaban yang tepat. Selain cocok untuk latar belakang foto, berikut ini adalah beberapa hal lain yang bisa Kamu nikmati dalam satu tempat wisata saja.

Gapura Paduraksa

Gapura di Candi Ratu Boko
Gapura di Candi Ratu Boko

Sebelum memasuki area utama, wisatawan akan melewati 2 buah gerbang. Gerbang pertama memiliki 2 gapura dengan bentuk kecil dan selanjutnya 5 gapura besar dan kokoh. Meski baru tampak depan, Kamu sudah bisa memanfaatkan gapura tersebut sebagai spot foto.

Taman

Taman di Candi Ratu Boko
Taman di Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko sejatinya terletak di ketinggian 2.000 mdpl. Sehingga suasana sejuk dan adem bisa Kamu rasakan di area ini. Di kawasan situs, terdapat rumput hijau nan bersih dan rapi. Biasaya para pengunjung duduk bersantai menikmati keindahan candi.

Sunset Eksotis

Sunset di Candi Ratu Boko
Sunset di Candi Ratu Boko

Keindahan utama yang ditawarkan di candi ini ialah pemandangan matahari terbenamnya. Yaps, matahari yang tenggelam di ufuk barat sejajar lurus dengan gapura yang ada di kawasan ini. Kamu bisa mengabadikan moment dengan foto siluet berlatar belakang cahaya orange bersama bangunan candi yang kokoh.

Bersantai

Candi Ratu Boko Jogja
Candi Ratu Boko Jogja

Tak ada salahnya jika Kamu berkunjung di sore hari. Sebelum menikmati sunset, Kamu dapat berjalan & menyusuri kawasan candi yang sejuk dan asri. Bahkan, di salah satu ujung area wisata ini Kamu bisa melihat luasnya sawah yang ada di bawah dan jalur kereta api.

Rute dan Cara Menuju ke Candi Ratu Boko

Lokasi yang strategis dan dekat dengan wisata Prambanan menjadikan Kamu dan wisatawan lainnya mudah untuk menemukan berbagai macam rute perjalanan dari berbagai tempat. Di bawah ini adalah rute perjalanan yang bisa Kamu tempuh:

Dari Bandara Adisucipto

Setelah turun dari pesawat di Bandara Adisucipto Kamu bisa menuju ke tempat wisata ini menggunakan jasa transportasi umum dari DIY yakni Trans Jogja dengan rute 1A tujuan halte pasar Prambanan. Dari pasar lanjutkan perjalanan dengan ojek atau pun taksi.

Dengan Kendaraan Pribadi

Selain dengan transportasi umum Kamu juga bisa datang langsung ke Kompleks Ratu Boko dengan kendaraan pribadi melalui Jalan Laksa Adisutjipto ataupun Jalan Raya Solo – Yogyakarta menuju arah timur.

Ketika menemukan persimpangan dari Pasar Prambanan segera ambil arah selatan yakni menuju Jalan Prambanan – Piyungan. Setelah berjalan sekitar tiga kilometer pada persimpangan akan ada petunjuk arah menuju Keraton Ratu Boko. Ikuti saja petunjuk tersebut.

Dari Stasiun Tugu

Jika Kamu datang ke Yogyakarta menggunakan transportasi kereta api dan turun di Stasiun Tugu maka langsung saja naik Trans Jogja jalur 1A. Kamu bisa naik bus tersebut dari Halte Mangku Bumi 1 dengan tujuan akhir Halte di Pasar Prambanan. Selanjutnya perjalanan ke Candi Ratu Boko bisa diteruskan dengan ojek ataupun taksi agar semakin mudah.

Fasilitas yang Ada Candi Ratu Boko

Sama halnya dengan beberapa wisata yang lainnya, Ratu Boko juga mengutamakan kepuasan dari para pengunjung yang datang. Dengan harga tiket yang murah, Kamu pun bisa menikmati berbagai macam fasilitas pendukung lainnya secara mudah.

Beberapa fasilitas pokok yang sudah tersedia antara lain mushola, tempat parkir yang luas, warung makan, toilet hingga tempat untuk membeli oleh – oleh. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan paket wisata edukasi bagi pengunjung rombongan.

Sangat menarik bukan? Selain berlibur, Kamu juga bisa mengetahu sejarah di Candi Ratu Boko Jogja ini. Jadi jangan lupa untuk mengagendakan berkunjung ke wisata ini ya saat berada di Yogyakarta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here