Goa Gong

Pacitan adalah sebuah kota di Jawa Timur yang terletak di bagian barat daya provinsi, menghadap Samudera Hindia yang indah. Perbatasan Kabupaten Pacitan sendiri adalah Kabupaten Wonogiri yang sudah masuk ke wilayah Jawa Tengah dan kabupaten ini berada di sebelah barat Paicitan. Nah, Pacitan sendiri memiliki salah satu goa yang begitu indah, namanya Goa Gong.

Di wisata goa ini wisatawan tidak hanya bisa merasakan keindahan dalam goanya namun juga bisa menyaksika pantai terpencil yang indah dan pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan. Jadi penasaran seperti apa keindahan yang bisa Anda temukan di wisata goa Pacitan ini?

Hal-hal Menarik dari Goa Gong

Goa Gong terletak sekitar 30 km di sebelah barat Pacitan. Memasuki bagian pertama dari goa, Anda akan melihat bahwa ia dibagi menjadi jalur masuk dan keluar. Melewati celah sempit, Anda akan menemukan situs kedua.  Apa saja sih hal menarik yang dimiliki oleh goa ini sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya?

Goa terindah di Asia Tengara

Goa Gong Pacitan

Gong adalah salah satu goa yang bisa dikatakan paling fenomenal di Pacitan. Ada yang mengatakan bahwa Goa Gong adalah salah satu yang paling indah di kawasan Asia Tenggara.

Goa terindah ini memiliki panjang sekitar 256 meter. Jadi jika Kamu sedang berada di Pacitan, Kamu harus mengunjungi goa yang diklaim paling indah se-Asia Tenggara ini, ya!

Memiliki stalaktit dan stalagmitnya yang menakjubkan

Stalagmit
Foto by: @giar.da

Goa Gong Pacitan ini populer karena stalaktit dan stalagmitnya yang menakjubkan. Menjelajahi goa yang luas ini, Kamu akan diajak melihat formasi batu kapur yang indah. Nah, batu kapur ini terbuat dari air mineral yang mengandung sedimen dan batuan ini  terbentuk ribuan tahun yang lalu.

Sementara untuk stalaktit dan stalagmitnya yang indah ini dibentuk oleh sejumlah kelereng, kristal, dan karst secara alami. Dibutuhkan ribuan tahun untuk tetesan air dari langit-langit goa untuk membentuk stalaktit dan stalagmit yang indah.

Terdapat tujuh ruangan

Foto by: @jeky_caniago

Goa ini terdiri dari 7 goa atau ruangan yang bisa wisatawan eksplor. Ruang yang pertama adalah Sendang Bidadari dan ruang ini bisa Kamu jelajahi pertama kali karena berada di mulut gua. Sendang bidadari ini seperti namanya, memiliki sebuah kolam kecil sebagai sendang yang dahulunya digunakan untuk mandi para bidadari.

Baca Juga :  Tempat Wisata di Pacitan

Ruangan yang selanjutnya adalah ruang bidadari, kristal, marmer dan ruang terbesar dari yang lainnya yakni Sendang Kamulyaan. Di ruang tersebutlah, sering dijadikan tempat untuk melakukan pertunjukan kesenian. Setelah Sendang Kamulyan, ruang selanjutnya adalah pertapaan dan terakhir adalah ruang  Ruang Batu Gong.

Di ruang terakhir ini Kamu bisa menemukan dua kolam yakni sendang panguripan dan cambirobo. Di ruang terakhir ini Kamu tidak hanya menyaksikan dua sendang saja, namun bisa melihat batu yang sangat besar dan apabila dipukul akan bersuara layaknya sebuah alat gamelan gong.

Pengalaman menjelajahi goa yang dijamin seru

Foto by: wahid_abdol09

Menjelajahi goa ini dengan formasi batu kapur yang indah adalah pengalaman yang tak terlupakan untuk wisatawan. Jika Kamu menelusuri goa ini, maka Kamu seolah-olah diajak ke dimensi lain. Flowstone di goa ini terlihat seperti tirai dapat dilihat di beberapa sudut, menghiasi goa ini dengan bentuknya yang indah.

Selesai menjelajahi goa, Kamu apat menemukan banyak pedagang yang menjual kerajinan yang terbuat dari kelereng dan perhiasan.  Ada juga banyak tempat makan di luar goa yang menjual banyak masakan tradisional dari Pacitan.

Alamat, Rute dan Cara Menuju ke Goa Gong

Lokasi dan alamat lengkapDusun Salam, Desa Bomo, kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Jam buka07.00 – 16.00

 

Lalu bagaimana rute untuk bisa sampai ke Goa Gong? Ada 3 rute yang bisa Kamu lalui, di antaranya adalah :

Melalui Kawasan Pacitan

Jika Kamu berasal dari pusat kota Pacitan, Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 38 menit saja karena jaraknya hanya sekitar 22,1 km. Adapun rutenya adalah arahkan kendaraan Kamu menuju ke Jl. Kolonel Sugiono dan lurus saja hingga sampai ke Jl. A. Insp Sasuit Tubun.

Dari Jl. A. Insp Sasuit Tubun belok kanan ke Jl. Sumatra kemudian belok kiri di perempatan pertama menuju ke Jl. Kusuma Admaja. Nah, dari Jl. Kusuma Admaja, belok kanan ke Jl. Nasional III dan ambil ambil Jl. Punung-Goa Gong kemudian lurus saja sampai bertemu dengan Jl. Gua Gong di Salam lalu belok kiri ke Jl. Gua Gong dan tujuan Kamu sudah ditemukan.

Melalui Kawasan Yogyakarta

Jika Kamu datang dari arah Yogyakarta, Kamu akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam 37 menit atau sekitar 105 km. Dari pusat kota Yogyakarta ambil arah ke Jl. Brigjen Katamso kemudian pergilah menuju ke Jl. Sisingamangaraja. Sesampainya di Jl. Sisingamangaraja, ambil arah menuju ke Jl. Imogiri Barat lalu ke Jl. Nasional III yang berada di Sewon.

Baca Juga :  Pantai Klayar

Setelah sampai di Sewon, Kamu perlu mengambil arah menuju ke Jl. Pleret – Pathuk. Naik saja ke atas hingga Kamu menemukan Jl. Patuk – Dlingo dan ambil arah  Jl. Playen Dlingo. Sesampainya di Playen, Kamu perlu mengambil Jl. Manthous menuju ke Jl. Nasional III di Siyono Kidul.

Dari Siyono Kidul, lurus saja sampai Kamu menemukan bundaran. Dari bundaran, Kamu perlu mengambil jalan keluar ke-3 menuju Jl. Nasional III. Dari Jl. Nasional III belok kiri ke Jl. Raya Pracimantoro-Pacitan kemudian ambil Jl. Punung-Goa Gong ke Jl. Gua Gong di Salam dan tujuan Kamu berada di sebelah kiri jalan.

Melalui Kawasan Solo

Sementara untuk Kamu yang datang dari arah kota Solo, Kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam 27 menit atau sekitar 99,8 km. Adapun rute yang bisa Kamu lalui adalah ambil Jl. Reksoniten, kemudian lurus saja hingga sampai di Jl. Padmonegoro. Setelah itu Kamu perlu mengambil arah menuju ke Jl. Brigjen Sudiarto di Danukusuman.

Nah, setelah sampai di Danukusuman maka ambil arah Jl. Wonogiri – Sukoharjo dan lurus sampai bertemu dengan Jl. Raya Wonogiri-Ponorogo dan sampailah Kamu ke Jl. Wonogiri – Pacitan. Dari Jl. Wonogiri – Pacitan, Kamu perlu mengambil Jl. Raya Solo – Pacitan dan Belok kanan ke Jl. Raya Giritontro – Baturetno kemudian belok kiri ke Jl. Punung-Goa Gong.Dari ke Jl. Punung-Goa Gong belok kiri ke ke Jl. Gua Gong dan tujuan Kamu berada di sebelah kiri jalan.

Fasilitas yang ada di Goa Gong

Fasilitas umumKamar mandi, kantin, mushola, parkir
Telepon

Harga Tiket Masuk Goa Gong

Harga weekdaysRp 10.000
Harga weekendRp 15.000

Walaupun perlu sekitar 2,5 jam perjalanan dari Solo atau Jogja, keduanya adalah kota terbesar di dekatnya dan jalannya juga cukup mudah dijangkau. Jika Kamu mengunjungi Goa Gong, Kamu juga bisa menyaksikan keindahan Pantai Klayar karena keduanya berdekatan.

 

Leave a Comment