Sepeda Gantung di Curug Cilember

Curug Cilember, Bogor

12 Ulasan

Pesona yang dimiliki Jawa Barat memang tidak kalah dengan pesona dan kekayaan yang ada di daerah lainnya. Bahkan hampir setiap kota di Jawa Barat juga mempunyai keindahan alamnya masing – masing. Salah satu hal yang cukup terkenal dari Jawa Barat adalah wisata air terjun atau curug, contohnya saja Curug Cilember yang berada di kawasan Cisarua Bogor.

Ya, sebut saja Curug Cilember sebagai salah satu destinasi wisata paling favorit bagi para pelancong. Keberadaannya berada di ketinggian 800 hingga 900 mdpl. Sedikit berbeda dengan curug pada umumnya, curug ini menawarkan tujuh curug. Selain itu lokasi yang masih berada di sekitar hutan hujan tropis menjadikan sebuah daya tarik bagi para pengunjung.

Saat berada di sini Kamu harus siap – siap untuk beradaptasi dengan suhu. Sebab termperaturnya berkisar pada 18 hingga 23 derajat celcius. Luas wisata Curug Cilember Puncak ini bisa mencapai 5,9 hektar dengan dominasi tanaman pinus merkusii. Bikin penasaran bukan?

Alamat, Rute & Cara Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Jalan Raya Puncak, Dusun Megamendung, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat
Petunjuk:Google Maps
Jam Buka:Setiap hari (8.00 – 21.30 WIB)

Kamu bisa memilih rute perjalanan ke Curug Cilember dengan opsi pilihan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau juga transportasi umum. Jika memilih transportasi umum pastikan dulu jika kendaraan akan melintas di sekitaran kawasan wisata ini.

Apabila Kamu memakai kendaraan pribadi juga bisa menggunakan mobil ataupun motor. Dari kawasan Depok Kamu bisa lewat Jalan Raya Jakarta – Bogor hingga sampai pada kawasan Ciawai, Arahkan kendaraan ke Puncak. Setelah sampai di depan bangunan Hotel USSU Cisarua Kamu hanya perlu mengikuti papan dari petunjuk arah yang menuju ke Curug Cilember Bogor.

Ikuti saja terus petunjuk arah tersebut sampai Kamu bertemu dengan pertigaan dan arahkan kendaraan pribadimu ke kanan. Lurus terus sekitar 1, 5 kilo meter dan Kamu akan bertemu dengan pintu masuk wisata.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Dengan lahan yang cukup luas tersebut Kamu bisa bermain air di tujuh curug atau air terjun. Masing – masing curug tentunya memiliki pesona yang menakjubkan dan sangat mudah untuk diakses. Bukan hanya itu saja, ternyata ada hal lain yang dapat Kamu nikmati selama berada di sini, berikut diantaranya.

Tujuh Curug

Curug Cilember Bogor
Curug Cilember Bogor

Sesuatu yang menarik dari wisata ini ialah terdapat 7 air terjun yang berbeda. Curug 7 merupakan lokasi terdekat yang bisa diakses wisatawan dari area parkir. Semakin kecil urutan nomor curug, maka semakin jauh jarak yang harus ditempuh. Nah, tantangan buat kamu para anak muda, apakah kamu siap untuk menjajaki setiap curug yang ada?

Air Terjun Cilember
Air Terjun Cilember

Menariknya lagi, semakin jauh kamu berjalan maka semakin indah view yang akan kamu dapatkan. Hal ini tentu karena area yang jarang terjamah manusia, ke asrian-nya akan tetap terjaga. Curug 5 merupakan area yang tidak terlalu ramai dibanding curug 7.

Air Terjun Cilember Bogor
Air Terjun Cilember Bogor

Adrenaline serta ketahanan fisik akan terus diuji saat kamu menuju ke curug 4 dan seterusnya. Rute yang notabene terjal dan jauh akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Nah, apabila kamu ingin menikmati semua curug yang ada, tidak perlu khawatir. Sebab disini sudah ada pemandu yang siap mengantarkan ke tujuan. Selain itu, jika ingin trekking sendiri, kamu tetap dimudahkan oleh peta / palang petunjuk agar tidak tersesat.

Konservasi Kupu – Kupu

Konservasi Kupu Kupu di Curug Cilember
Konservasi Kupu Kupu di Curug Cilember

Curug Cilember juga menawarkan wisata edukatif, salah satunya melalui penangkaran kupu – kupu ini. Pada bangunan yang berbentuk kubah ini terdapat 12 jenis kupu yang berbeda. Selain itu, konservasi ini juga dilengkapi dengan lab dimana pada lab tersebut kita akan dijelaskan mengenai proses metamorfosis kupu – kupu.

Outbond

Memanah di Curug Cilember
Memanah di Curug Cilember

Aktivitas menarik yang perlu Kamu lakukan disini adalah menikmati beberapa wahana/permainan yang disediakan. Memanah merupakan salah satu yang jangan sampai Kamu lewatkan. Ketangkasan dan kekuatanmu akan diuji saat melakukan olahraga ini.

Sepeda Gantung di Curug Cilember
Sepeda Gantung di Curug Cilember

Jika olahraga memanah kurang Kamu minati, Kamu bisa mencoba sepeda gantung. Meski menegangkan, keamanannya sudah terjamin kok. Kamu akan dibawa dari ujung ke ujung dan bebas berekspresi sembari difoto dengan background air terjun.

Wahana Anak di Curug Cilember
Wahana Anak di Curug Cilember

Bukan hanya orang dewasa, anak – anak pun akan dimanjakan oleh berbagai permainan outbound mini bagi mereka. Yaps, Curug Cilember memang sangat direkomendasikan sebagai destinasi liburan bagi para keluarga bersama si kecil.

Camping Ground

Camping Ground di Curug Cilember
Camping Ground di Curug Cilember

Curug Cilember memang cocok menjadi tujuan berlibur bagi semua kalangan. Pengelola juga memahami para kaum muda yang ingin menikmati alam lebih lama. Maka, disediakan area khusus camping bagi mereka yang ingin merasakan sejuknya suasana malam di Puncak, Bogor.

Spot Foto

Spot Foto di Curug Cilember
Spot Foto di Curug Cilember

Last but not least, pastinya diseluruh penjuru wisata ini bisa dibilang sebagai spot instagramable.  Keindahan alam yang dipadukan dengan tata kelola yang pas sangat cocok bagi kamu yang suka berburu foto. Dijamin deh, sepulang dari sini pasti galeri fotomu penuh dengan potret keren.

Fasilitas

Meskipun sebagai wisata alam tampaknya pihak pengelola benar – benar memberikan pengalaman wisata yang luar biasa. Ada banyak sekali fasilitas yang akan mendukung perjalanan liburan Kamu dan pelancong lainnya. kira – kira apa saja ya fasilitas terbaik yang ada? Berikut adalah daftarnya.

Fasilitas Umum:Mushola, ruang ganti, lahan parkir luas, area outbound, warung makan.
No Telepon:

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga Tiket Masuk:Rp. 6.000 / Orang
Biaya Parkir:
  • Rp. 5.000 (Sepeda Motor)
  • Rp. 10.000 (Mobil)
Lain – Lain:
  • Rp. 30.000 (Camping)
  • Rp. 5.000 (Konservasi Kupu – Kupu)

Kini Kamu tidak perlu berlibur jauh – jauh, hanya dengan satu tempat wisata saja Kamu bisa menikmati liburan serasa di beberapa tempat. Pasalnya Curug Cilember bukan hanya menyajikan satu air terjun, namun juga dipadukan dengan berbagai wahana layaknya outbound dan camping.

Penginapan

Bagi Kamu wisatawan luar daerah, tidak usah khawatir untuk masalah penginapan. Disekitar curug ini sudah terdapat beberapa villa yang memenuhi kebutuhanmu. Berikut adalah rekomendasi dan fasilitas umum yang dimiliki.

Villa Kampung Air

  • Lokasinya dekat dengan pintu masuk Curug Cilember.
  • Terdapat 4 villla dimana 1 villa terdiri dari 3 kamar.
  • Kapasitas 15 – 20 orang.
  • Terdapat 1 kolam renang dengan air alami.
  • View alam yang indah dan bangunan unik.
  • Disediakan extra bed.
  • Kamar mandi termasuk air hangat.
  • Termasuk makan malam dan sarapan.
  • Terdapat peralatan dapur / masak.
  • Estimasi biaya Rp. 2.000.000 / villa.

Villa Bumi Ayah

  • Tidak jauh dari Curug Cilember.
  • 2 lantai dan 7 kamar tidur.
  • Ada kolam renang yang cukup besar.
  • Termasuk catering.
  • Free WiFi.
  • Parkir luas.

Itulah informasi terkait dengan air terjun atau Curug Cilember yang ada di Bogor. Yuk, segera agendakan momen liburanmu kesini bersama kerabat, pasangan maupun keluarga. Enjoy!

12 Ulasan Pengunjung Curug Cilember, Bogor

  1. Lokasi cukup mudah dijangkau, sejuk bersih dan nyaman. Parkir motor luas tarif 10rb+titip helm. Banyak touris arab banyak yg jualan. Ada beberapa spot foto. Tiket cukup terjangkau. Curug yg dibawah ramai. Diatas agak sepi, karna trek naik sekitar 15 menit. Curug bersih terjaga, toilet/kamar mandi ada berbayar. Rindang dengan pepohonan. Cocok untuk refreshing dan mencari ketenangan.

  2. Tempat yang terkelola dengan cukup baik. Jalan untuk naik ke curug 7. juga aman dan nyaman. Masih terdapat beberapa curug lagi di atas, yang jalannya cukup terjal. . . Tersedia penyewaan tikar dan tenda. Anda dapat piknik bersama keluarga dengan membawa bekal. Ada juga penjual makanan dan minuman untuk sekedar melepas haus dan menunda lapar.. . Didalam terdapat beberapa lokasi / wahana permainan, seperti panahan, rumah hobbit, pengkaran kupu2, dll. . . Jalan untuk sampai ke lokasi ini dapat diakses dengan mobil dan tersedia kantong parkir yang tidak jauh dari pintu masuk curug.

  3. Tempat yang cocok dikunjungi saat musim panas, pastikan membawa sendal jepit dan memakai sepatu saat naik ke atas karena jalanannya berbatu dan sedikit licin. Di dalam tidak begitu banyak ada tukang makanan, namun saran saya bisa jika ingin berhemat bisa membawa makanan dan minuman sendiri. Ada tempat penyewaan tenda didalam, ada taman kelinci juga, ada toko souvernir didalam dan ada beberapa arena bermain yang berbayar.

  4. Air terjung (dalam bahasa sunda disebut curug) cilember ini merupakan suatu kawasan dengan 7 buah air terjun. Mulai dari air yterjun kecil hingga besar dan tinggi. Kawasan masih tergolong asri meski ada beberapa gubahan. Ada lokalisasi pedagang dan penginapan, kolam renang maupun camping spot. Lokasi menyenangkan untuk hiking. Untum tiket sayangnya tergolong mahal, dengan biaya Rp 25.000 per orang. Sebaiknya angka tersebut diikuti perbaikan dan pemeliharaan yang baik mengingat pengunjung yang datang banyak.

  5. pengalaman yg menyenangkan. memang sih bayar masuk nya agak mahal, 25rb perorangnya. tapi setelah masuk gak akan rugi, karna banyak spot untuk foto nya. ada permainan untuk anak dan edukasi nya juga loh. kalo mau ke air terjun ga perlu jalan jauh, cukup 5-10 menit udah sampe. lebih enak nya lagi kita bisa menginap disana, disediakan pondokan dan penyewaan tenda. kalian harus cobain kesana ya.. pasti seru banget

  6. Wisata alam yang sangat sangat recommended. Buat orang yang Instagramable wajib banget nyobain foto di setiap spot di tempat ini. Bagus banget. Cuma saran aja buat para pengunjung lebih baik datang pagi biar puas sampai sore. Kalau kesorean disini rasanya lumayan horror juga.

  7. Suka… dulu ksni gw waktu jadi pramuka tahun 2003 silam..kmren dtg lagi bareng anak + suami🥰,,udah banyak yg berubah n jarang ada yg benar2 kemah,,mungkin skrg jadi lebih ramai pengunjung wisata

  8. air terjun yg oke punya ..menuju air terjun nya jg engga terlalu jauh jg ko sampai air terjun kita akan terpana dengan melihat air terjun nya…ini air terjun yg ditempuh kedalam engga terlalu jauh…banyak jg yg foto2 buat wedding . ga nyesel deh

  9. Enak buat refreshing.. ada bnyk curug.. di bawah sama kita harus naek ke atas lg kira2 15 menit.. tapi pas udah sampe di atas seger bgt.. air terjunnya suasananya asri.. ada bbrp monyet liar juga di sini..

  10. Tolong donk kalo waktunya jam tutup dibilangin di maps atau sediakan nmr tlp untuk tau lebih infonya

  11. Enak buat nyantai sama keluarga tmn bisa jg buat camping foto²biaya masuk hari biasa 25/org

  12. Hoax, masih belum buka anjinggg! Covid overhype tai

Tinggalkan Balasan