Curug Leuwi Hejo

Rutemu – Kota Bogor atau yang juga sering disebut dengan nama Kota Hujan memang memiliki iklim yang sejuk, jadi jangan heran jika banyak orang yang datang kesini untuk berlibur. Selain itu, tempat wisata di Bogor juga tidak sedikit. Salah satu yang masih menjadi primadona adalah Puncak. Namun meskipun begitu, Puncak bukan satu-satunya tempat wisata yang wajib Kamu kunjungi. Beberapa air terjun atau curug juga sebaiknya Kamu masukkan dalam list tujuan wisatamu, khususnya Curug Leuwi Hejo.

Curug di Bogor ini sedang ngehits-ngehitsnya, sehingga banyak sekali anak muda terlebih pengguna aktif Instagram yang datang kesini. Pasalnya, Curug Leuwi Hejo memiliki keindahan alami yang memanjakan mata, dan juga memiliki cerita misteri dibaliknya, sehingga menjadikan wisatawan semakin penasaran untuk datang kesini. Mulai penasaran? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Asal Usul & Misteri Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo Bogor
Foto by: @uglio_odio

Curug Leuwi Hejo, Bogor baru dibuka pada tahun 2014 oleh sebuah Lembaga yang disebut LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan). Organisasi kemasyarakatan tersebut didampingi oleh pihak Dinas Perhutani mendapatkan izin untuk mengelola wisata Curug Leuwi Hejo dan sekitarnya dengan luas sekitar 4,5 hektar.

Wisata Curug Leuwi Hejo berasal dari dua kata dalam Bahasa Sunda, yaitu Leuwi dan Hejo. Leuwi yang diartikan sebagai tempat yang digunakan sebagai tempat pemandian dengan aliran air yang tenang, dan Hejo artinya hijau. Hijau yang dimaksud adalah jernihnya air yang menimbulkan gradasi biru karena dari pantulan cahaya matahari.

Nama Curug Leuwi Hejo dahulu lebih dikenal dengan sebutan Curug Bengkok, karena aliran sungai dan air terjun Curug Leuwi Hejo ini tidak lurus atau bengkok. Curug ini mulai ramai dibicarakan setelah banyaknya pengunjung yang mempublish ceritanya pada akun sosial media.

Yap, ada cerita mistis yang diyakini penduduk dan beberapa pengunjung disini. Konon katanya ada tokoh yang menjaga tempat ini, dan bagi siapa saja yang berkunjung dengan niatan jelek atau melakukan hal-hal yang tidak sopan seperti berbicara kotor, melakukan hal di luar norma, dan membuang sampah sembarangan akan mendapatkan nasib buruk.

Karena cerita tadi, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa Curug Leuwi Hejo angker, padahal hingga saat ini masih belum ada orang yang bisa menjamin 100% cerita tadi, sehingga masih meninggalkan misteri. Namun kabar baiknya, misteri tadi juga membuat setiap pengunjung lebih berhati-hati dan lebih sadar untuk menjaga ucapan serta perbuatannya.

Hal Menarik di Curug Leuwi Hejo

Lalu hal apa saja yang akan kamu temukan di curug ini dan apa saja yang dapat kamu lakukan? Berikut ulasannya dibawah ini.

Air Jernih & Segar

Curug Leuwi Hejo Bogor
Foto by: @hadjukemal

Keluar dari cerita mitos di atas, air terjun Leuwi Hejo memang memiliki keindahan yang luar biasa, air yang jernih berwarna tosca karena pantulan cahaya matahari serta rimbunnya tumbuhan hijau membuat wisatawan enggan meninggalkan tempat tersebut.

Berenang & Main Air

Curug Leuwi Hejo Sentul
Foto by: @explorerbunny

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga diperbolehkan untuk berenang menikmati jernihnya air disini. Kamu yang ingin mencapai lokasi Curug Leuwi Hejo ini tidak perlu khawatir, selain tempatnya cukup mudah dijangkau, jaraknya dari tempat parkir juga tidak terlalu jauh, sehingga Kamu tidak perlu berjalan terlalu lama.

Selain itu, curug yang memiliki ketinggian sekitar 2 meter ini juga menyediakan banyak spot foto menarik. Hampir seluruhnya masih alami, sehingga Kamu bisa mendapatkan hasil foto yang benar-benar natural.

Bonus 3 Curug

Curug Barong di Bogor
Foto by: @ilhambnf

Bagi Kamu yang hobi menjelajah alam, setelah berkunjung di Leuwi Hejo ini Kamu bisa meneruskan ke 3 curug lain. Curug tersebut diantaranya adalah Curug Barong, Curug Cepet & Curug Leuwi Lieuk. Kamu dapat melakukan trekking menuju lokasi terdekat yakni Curug Barong. Tentu untuk mencapai tujuan Kamu harus jalan kaki dengan jalur yang menanjak dan terjal.

Rute & Cara Menuju ke Curug Leuwi Hejo

Lokasi dan Alamat Lengkap:Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor
Akses Jalan:Jalan kecil dan terjal
Jam Buka:Setiap hari (7.00 – 17.00 WIB)
Petunjuk:Google Maps

Lokasi Curug Leuwi Hejo berada di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Kamu cukup menempuh perjalanan dengan jarak 10 km dari kota Bogor atau sekitar 30 – 45 menit saja.

Jika Kamu menempuh perjalanan dari Jakarta, maka Kamu harus melewati Tol Jagorawi dan masuk ke Tol Sentul City, kemudian belok ke kiri menuju Sentul City dan Polsek Babakan Madang, setelah itu jalan lurus dan lokasi Curug Leuwi Hejo berada di sebelah kanan Kamu.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

Harga Tiket Masuk:Rp. 20.000 (Dewasa)
Rp. 10.000 (Anak – anak)
Biaya Parkir:Rp. 5.000
Lain – Lain:Rp. 20.000 (Ojek dari Parkiran ke Lokasi)
Rp. 3.000 (Toilet)

Fasilitas yang Ada di Curug Leuwi Hejo

Fasilitas Umum:Area parkir, kamar mandi dan saung.
No Telepon:

0857-7055-2260

Menikmati view alam dan keindahan curug, Kamu hanya memerlukan budget yang bisa dibilang cukup murah. Kamu juga akan dimudahkan dengan beberapa fasilitas penunjang seperti tempat parkir yang luas, toilet, gazebo untuk bersantai, dan beberapa warung makan agar Kamu tidak kelaparan saat berkunjung ke curug.

Jika Kamu berasal dari luar Kota Bogor, di sekitar objek wisata ada beberapa penginapan seperti hotel dan homestay dengan harga yang tidak terlalu mahal, hanya sekitaran 300 ribuan – 1 juta rupiah saja.

Tips Saat Berkunjung ke Curug Leuwi Hejo

Karena objek wisata ini berupa curug, disarankan Kamu membawa baju ganti untuk berjaga-jaga jika nantinya terkena air, baik hanya terkena percikan saja maupun karena Kamu ingin berenang. Untuk berhemat, Kamu juga disarankan membawa bekal makan sendiri, meskipun di lokasi sudah terdapat beberapa warung makan.

Objek wisata Curug Leuwi Hejo ini sangat cocok bagi Kamu yang sedang merasa stress, karena pemandangan yang disajikan mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang. Tidak hanya itu, berkunjung bersama teman atau keluarga juga akan membuat liburan Kamu lebih menyenangkan.

5/5 (4 Reviews)

Leave a Comment