Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Kawah Ijen

Blue Fire di Kawah Ijen Banyuwangi
Informasi Tentang Wisata Kawah Ijen Banyuwangi
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Taman Nasional Baluran, perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap hari
Harga Tiket Masuk:
  • Rp 5.000 untuk hari biasa / weekday
  • Rp 7.500 untuk akhir pekan / weekend
Telepon:

Rutemu – Jawa Timur menjadi salah satu provinsi primadona yang menyuguhkan pemandangan alam yang cantik dan tidak ada habisnya. Salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang akan memanjakan mata Kamu adalah Kawah Ijen Banyuwangi.

Kawah Ijen merupakan sebuah Kawah yang berada di gunung Ijen. Pemandangan Kawah ini sangat indah dan menyuguhkan ketenangan bagi para wisatawannya. Yang perlu Kamu tahu adalah, pemandangan indah di Kawah ini sangat berbeda, sehingga tidak akan mungkin ditemukan di gunung lainnya.

Apa Saja yang Ada di Kawah Ijen?

Bicara soal keindahannya, tidak ada kata yang pantas untuk menafsirkan keindahan yang dimiliki oleh Kawah ini. keindahan juga akan terpancar baik itu pada saat siang hari maupun malam hari. Lantas, apa saja keindahan yang bisa Kamu temukan? Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini.

Lainnya:  Pulau Merah

Blue Fire di Kawah Ijen

Blue Fire di Kawah Ijen Banyuwangi
Foto by: @belomkesini

Satu hal yang bisa Kamu lakukan ketika berada di Kawah ini adalah menyaksikan blue fire. Apa itu blue fire? Blue fire adalah api biru yang konon katanya hanya ada 2 saja di dunia. pemandangan Kawah Ijen malam hari seperti ini tidak akan bisa Kamu temukan di gunung Indonesia lainnya. Nah, untuk melihat indahnya blue fire, waktu yang paling tepat adalah malam hari.

Tak Kalah Indah dari Kawah Putih Bandung

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi
Foto by: @ibramnayhoan

Tidak hanya menawarkan blue fire, namun Kawah ini juga memiliki bentuk dan panorama yang mirip dengan Kawah Putih Ciwidey yang berada di Bandung. Air Kawah di sini memiliki warna tosca dengan tebing-tebing yang berwarna putih.

Berburu Sunrise dan Sunset

Sunrise di Kawah Ijen Banyuwangi
Foto by: @surya_kavy

Dengan ketinggian 2.443 mdpl, Kawah Ijen menawarkan pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Saat fajar menjelang, para wisatawan sekaligus pendaki akan berburu matahari terbit yang sangat eksotis.

Munculnya matahari terbit di Kawah ini sangat sayang untuk dilewatkan meskipun harus menahan suhu udara yang bisa mencapai 2 derajat celcius. Namun hal ini akan terbayar dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh tempat wisata ini.

Sunset di Kawah Ijen Banyuwangi
Foto by: @jakubsegen

Sunset di Kawah Ijen juga tak kalah memukau. Banyak para wisatawan yang memilih menikmati matahari terbenam dengan alasan tertentu. Moment ini sangat cocok bagi Kamu yang sudah berkunjung ke lokasi wisata lainnya dan menjadikan Kawah ini sebagai destinasi yang terakhir.

Keliling dengan Kuda

Berkuda di Kawah Ijen Banyuwangi
Foto by: @galeribromo

Hal paling menyenangkan bagi anak-anak saat berkunjung ke wisata ini ialah berkuda. Selain anak-anak, Kamu yang sudah dewasa pun diperbolehkan untuk menyewa hewan tunggangan ini. Kamu akan diajak keliling menikmati suasana disekitar Kawah Ijen tanpa khawatir capek dengan berjalan kaki.

Lainnya:  Bukit Watu Jengger

Rute & Cara Menuju ke Kawah Ijen

Lokasi Kawah Ijen berada di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Jika Kamu datang dari Banyuwangi, maka Kamu bisa melakukan perjalanan dengan menuju daerah Paltuding.

Rute pendakian di sini juga sangat mudah untuk dilihat karena hanya ada satu saja. untuk menuju ke puncak, Kamu membutuhkan waktu 3 jam dengan berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Kawah ijen

Bagi Kamu yang bertanya berapa harga tiket masuknya, tenang saja karena sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000 hingga Rp. 7.500 saja per orangnya. Jika membawa kamera untuk foto shot harus membayar biaya sebesar Rp. 10.000. Cukup murah bukan untuk sebuah view alam yang sangat memukau?

Fasilitas yang Ada di Kawah Ijen

Bicara soal fasilitas, meskipun Kawah Ijen adalah wilayah pendakian, ternyata fasilitas yang ditawarkan bisa dikatakan lengkap. Di sini Kamu bisa menemukan warung makan, toilet, tempat parkir yang luas, persewaan masker, jalur pendakian yang luas, melihat penambang belerang, oleh-oleh, souvenir dan masih banyak lainnya.

Tips Saat Berkunjung ke Kawah Ijen

Nah, bagi Kamu yang ingin mencoba membuktikan keindahan Kawasan wisata ini, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Hal ini bertujuan agar kunjungan Kamu tidak sia-sia dan bisa kembali dengan selamat. Adapun tipsnya seperti di bawah ini.

  1. Membawa baju hangat mengingat suhu di Kawah ini sangat dingin.
  2. Jangan menggunakan alas kaki yang merepotkan untuk mendaki.
  3. Membawa bekal seperti roti atau biskuit saat pendakian.
  4. Membawa bekal air putih.
  5. Menggunakan masker untuk mengurangi bau belerang.
Lainnya:  Pulau Bawean

Estimasi Paket Wisata di Kawah Ijen

Mengandalkan jasa tour and trip merupakan pilihan yang tepat jika Kamu ingin menikmati semua fasilitas dan panduan berwisata. Ada banyak sekali layanan yang menawarkan perjalanan menuju ke wisata Kawah Ijen.

Dengan estimasi biaya mulai dari Rp. 250.000 an Kamu akan menikmati layanan trip selama 10 jam dengan penjemputan di daerah Banyuwangi. Perjalanan dimulai dengan menuju ke Paltuding dan dilanjut dengan pendakian menuju Kawah Ijen. Disini Kamu akan dimanjakan dengan view Blue Fire dan aktivitas penambangan.

Setelah puas menikmati keindahan dan berkeliling di sekitar kawasan wisata, beberapa jasa open trip juga akan mengantar Kamu ke Air Terjun Jagir. Dengan biaya tersebut, Kamu memperoleh layanan seperti transportasi PP Banyuwangi – Kawah Ijen, tiket masuk, panduan, air mineral, sewa gas masker hingga asuransi.

Nah, apakah Kamu tertarik untuk mengunjungi Kawah Ijen Banyuwangi? Memang terkesan melelahkan, Namun rasa lelah yang Kamu rasakan akan terbayar dengan keindahan alam yang ditawarkan. Segera agendakan kunjungan Kamu ya!

  • Keindahan dan Panorama
  • Akses ke Lokasi
  • Fasilitas
  • Biaya
Overall
4.8
Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Taman Langit

Agung
3 min read

Pantai Papuma

Agung
2 min read

Pulau Bawean

Agung
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending