Jawa BaratSukabumi

Ujung Genteng

Informasi Tentang Wisata Ujung Genteng Sukabumi
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Kecamatan Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional:Setiap hari (24 Jam)
Harga Tiket Masuk:Sekitar Rp. 10.000 / orang
Telepon:

Rutemu – Wisata Ujung Genteng adalah rekreasi alam yang berada di daerah selatan Kabupaten Sukabumi. Obyek wisata ini menjadi salah satu destinasi paling favorit bagi sebagian besar pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Pasalnya sajian yang ada disini begitu bersih dan masih terlihat sangat alami.

Bukan hanya itu saja, ada banyak sekali keunikan yang bisa Kamu temukan saat berada di sana. Bagaimana semakin penasaran bukan dengan tempat ini? Langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja yang Ada di Ujung Genteng?

Sebagai wisata alam terbaik, Ujung Genteng akan memberikan berbagai hal terbaik bagi para wisatawan yang datang. Kamu benar – benar akan merasakan suasana yang masih asri dan bercengkrama bersama alam. Di bawah ini adalah beberapa hal unik dari wisata yang terkenal dengan pantainya ini.

Pantai Ujung Genteng

Around Pantai Ujung Genteng

Foto by: @hens4m

Lokasi Sukabumi yang berada paling selatan di pulau Jawa, menjadikan kabupaten ini kaya akan wisata bahari nya. Salah satu yang menjadi favorit para wisatawan ialah Pantai Ujung Genteng. Banyak keindahan dan keseruan yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Pantai Ujung Genteng

Foto by: @wulan2925

Pastinya, mulai dari perjalanan menuju ke lokasi hingga tiba, dijamin Kamu akan disuguhkan dengan panorama yang menakjubkan. Aktivitas yang dapat Kamu lalukan pun tidak dibatasi, bahkan nelayan setempat tidak keberatan jika para wisatawan ikut berburu ikan maupun lobster.

Pantai Pangumbahan

Bukan hanya sekadar pantai yang indah dan asri, Kamu juga bisa melakukan kegiatan air yang tidak kalah asyiknya seperti surfing. Ya, orang yang sudah datang kesini akan setuju bahwa ombak di pantai ini sangat cocok untuk surfing. Jadi, Kamu yang suka dengan kegiatan satu ini tidak boleh melewatkannya.

Pantai Pangumbahan

Foto by: @ariefinns

Selain itu, ada juga penangkaran penyu yang sangat menarik. Tipsnya, Kamu bisa berkunjung kesini sebelum matahari terbit (dini hari) untuk melihat para petugas melepaskan ratusan penyu ke lautan.

Sunset di Pantai Pangumbahan

Foto by: @dimas.dp

Terlepas dari kedua hal tadi, ada lagi kegiatan lain yang tidak boleh Kamu lewatkan, yakni menyaksikan sunrise ataupun sunset. Itu artinya, tempat ini sangat cocok untuk Kamu datangi bersama orang tersayang.

Penangkaran Penyu Hijau

Penangkaran Penyu di Pantai Pangumbahan

Foto by: @ilovesukabumi

Ya, melihat penyu – penyu yang cantik dan lucu tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan Kamu lupakan. Beberapa hal paling menarik yang bisa Kamu saksikan di sini adalah melihat langsung para penyu naik ke daratan, mengintip bagaimana proses  mereka bertelur, hingga melihat dan mencoba melepaskan tukik – tukik penyu tersebut ke laut lepas.

Pantai Cipanarikan

Berbeda dengan 2 pantai sebelumnya, Cipanarikan ini tergolong jarang dijamah oleh wisatawan. Tak heran jika Kamu berkunjung kesini masih cukup sepi layaknya private beach. Setelah menaruh kendaraan di area parkir, Kamu harus berjalan selama 5 menit dan melewati hutan lindung untuk sampai ke area pantai.

Pantai Cipanarikan Ujung Genteng

Foto by: @@empaow

Ketika menapakkan kaki di pantai ini, otomatis kejenuhan yang ada langsung hilang dan tergantikan oleh pemandangan alam. Tumpukan pasir putih nan halus, deburan ombak yang tergolong kecil menjadikan suasana lebih syahdu.

Selain itu, Kamu akan melihat aliran air sungai yang bertemu dengan pantai. So, jangan habiskan waktu cepat – cepat disini ya, karena sunset nya begitu memukau. Jangan pulang sebelum mendapatkan potret foto indah dengan latar belakang pantai Cipanarikan.

Pantai Lain yang Tidak Kalah Cantik

Selain Pantai Ujung Genten, Pantai Pengumbahan dan Pantai Cipanarikan, di sekitar sini juga masih ada beberapa pantai lain yang harus Kamu kunjungi dan tidak kalah menarik, sebut saja Pantai Ombak Tujuh, Pantai Amanda Baru, Pantai Cingangsa, Pantai Minajaya dan juga Pantai Tenda Biru.

Rute Perjalanan Menuju Wisata Ujung Genteng

Pada dasarnya Ujung Genteng dapat Kamu capai hanya dengan waktu perjalanan darat selama 8 jam dari kawasan Jakarta. Namun jika Kamu dari arah Bandung maka akan menghabiskan waktu sekitar 10 jam. Kondisi jalan ke Ujung Genteng bisa Kamu tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum lainnya seperti bus, elf dan lainnya. Berikut rute perjalanan lengkapnya.

Dari Arah Jakarta

Jakarta – Ciawi – Cicurug – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cikembar – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng, dengan waktu tempuh sekitar 6 hingga 8 jam.

Dari Arah Bandung

Bandung – Cianjur – Sukabumi – Jampang Tengah – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng dengan jarak tempuh berkisar 230 kilometer yakni selama  4 jam.

Beberapa hal yang perlu diingat, jam operasional angkutan umum pukul 5 pagi hingga menjelang magrib. Pemberhentian paling angkutan berada di pelelangan ikan (TPI) dari Ujung Genteng. Tarif sewa dibanderol Rp. 100.000. Sedangkan tarif ojek sekitar Rp. 35.000 – Rp. 40.000.

Fasilitas yang Ada di Ujung Genteng

Sama halnya dengan wisata alam lainya, Ujung Genteng juga menawarkan berbagai macam fasilitas untuk menunjang kenyamanan para wisatawan saat berada di sana. Beberapa fasilitas tersebut di antaranya adalah:

  • Lahan parkir luas.
  • Warung.
  • Mushola.
  • Kamar ganti.
  • Kamar mandi yang bersih.

Tips Saat Berkunjung ke Ujung Genteng

Selain beberapa hal di atas, ada juga tips berlibur yang aman. Tips ini juga bisa Kamu terapkan saat berlibur bersama pasangan, keluarga maupun kerabat lainnya. Simak tipsnya berikut ini.

  • Pilih jenis transportasi yang memadai dan memberikan kenyamanan.
  • Lakukan persiapan sejak jauh – jauh hari.
  • Buat anggaran.
  • Siapkan obat – obatan.
  • Bawa perlengkapan secukupnya.
  • Booking hotel / penginapan bila datang dari luar kota.

Apakah Kamu tertarik untuk berlibur ke wisata Ujung Genteng Sukabumi ini? Jika iya maka segera masukan tujuan tersebut ke dalam rencana liburan dan lakukan beberapa tips di atas agar liburan semakin aman serta nyaman. Happy Holiday!

5/5 (1 Review)
About author

Gemar menikmati panorama alam disela-sela kesibukannya menatap layar komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *