Informasi Tentang Air Terjun Tumpak Sewu (Coban Sewu) Lumajang
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374 (Perbatasan Lumajang dan Malang).
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap Hari (7.00 – 18.00)
Harga Tiket Masuk:
  • Tiket Masuk Rp 5.000
  • Parkir Motor Rp.5.000
  • Parkir Mobil Rp.10.000
Telepon:

Rutemu – Meskipun tidak sering disebut sebagai destinasi wisata unggulan, Lumajang bukan tidak memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Daerah di dekat Malang ini menyimpan ide wisata alam yang begitu menakjubkan. Salah satu destinasi wisata unggulan kabupaten ini adalah air terjun Tumpak Sewu. Nah, destinasi ini merupakan ide wisata alam yang begitu indah dan direkomendasikan.

Destinasi wisata ini adalah berupa air terjun. Kawasan Lumajang memang terbentuk dari beberapa bukit. Tumpak Sewu Lumajang ini merupakan air terjun dari salah satu bukit yang berbatasan dengan Malang. Oleh karena itu, tak jarang masyarakat juga menyebutnya Tumpak Sewu Malang. Lantas, apa yang menarik dari destinasi wisata ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa Saja yang Ada di Air Terjun Tumpak Sewu?

Coban Sewu menjadi salah satu wisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan, tak jarang wisatawan dari manca negara bisa ditemukan di wisata ini. Lalu, apa saja yang menjadi daya tarik dari curug ini? Berikut ulasannya.

Niagara di Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
Foto by: @ali_olfat

Destinasi wisata ini memiliki nama lain dengan sebutan Coban Sewu dan disebut sebagai air terjun Niagara di Jawa Timur. Penyebutan Niagara untuk destinasi wisata ini bukan tanpa alasan. Ya, Tumpak Sewu Waterfall memang sekilas mirip dengan Niagara yang ada di Brazil. Air terjun ini terletak di bukit yang cukup tinggi dan memiliki aliran air yang begitu deras.

Mitos Coban Sewu

Coban Sewu Lumajang
Foto by: @rudidzahin

Karena sebutannya tersebut, destinasi wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Selain keindahannya, adanya mitos Air Terjun Tumpak Sewu yang mengatakan siapa saja yang mandi di air terjun tersebut bisa awet muda, membuat wisatawan berbondong-bondong untuk datang. Meskipun, mitos tersebut belum tentu benar adanya.

Goa Tersembunyi

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Jawa Timur
Foto by: @paramobloss

Keindahan lain yang tersimpan dari destinasi wisata ini adalah adanya goa. Ya, air terjun ini sebenarnya berada di atas sebuah goa. Kamu bisa menyusuri jalan dan menuju ke goa tersebut. Meskipun melelahkan, ada pemandangan yang sangat menakjubkan yang akan Kamu lihat dan nikmati.

Spot Foto Terbaik

Tumpak Sewu Waterfall Lumajang
Foto by: @saltinourhair

Selain menikmati keindahan goa dan air terjun, tentu Kamu bisa mandi di kolam yang ada di sekitar air terjun. Kamu akan merasakan segarnya aliran air terjun yang sangat terkenal ini. Di sekitar air terjun juga terdapat cukup banyak spot foto alami yang sangat indah. Kamu yang suka berfoto dan ingin mengabadikan momen liburan, tentu akan mendapatkan momen foto yang tepat.

Rute & Jalan Menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi detail dari destinasi wisata Tumpak Sewu adalah di Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Nah, jika dilihat di peta, lokasi Tumpak Sewu ini berada di perbatasan antara Lumajang dan Malang.

Jika Kamu ingin pergi berwisata ke air terjun ini, Kamu bisa berangkat dari Kota Malang. Untuk rute yang bisa ditempuh dari Malang, segera saja berjalan menuju ke Dampit. Setelah itu, Kamu akan masuk ke wilayah Sidomulyo yang sudah berada di Kabupaten Lumajang. Di jalan utama, akan ada papan petunjuk lokasi yang besar dan Kamu cukup mengikutinya.

Nah, jika Kamu berangkat dari Kota Lumajang, rute yang bisa ditempuh adalah langsung menuju ke Kecamatan Pronojiwo. Ikuti jalan utama menuju ke arah Desa Sidomulyo. Nah, setelah itu, Kamu bisa langsung mengarahkan kendaraan ke destinasi wisata tersebut. Dari dua rute tersebut, kondisi jalan menuju Tumpak Sewu sudah sangat bagus dan halus.

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Tumpak Sewu

Pengelola destinasi wisata ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Meskipun ada di daerah perbukitan, kondisi jalan di sekitar lokasi wisata sudah cukup bagus. Selain itu, ada beberapa kantong parkir yang cukup luas dan tersedia.

Fasilitas lain yang disediakan adalah kamar mandi. Kamu yang mandi di kolam air terjun dan ingin bilas tentu tidak perlu bingung. Di sekitar kawasan wisata Coban Sewu ini juga tersedia cukup banyak warung yang menyediakan camilan dan makanan.

Tips Saat Berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu

Seiring wisata ini berada di perbukitan, Kamu sebaiknya tidak berangkat jika cuaca sedang mendung ataupun hujan karena jalanan akan licin. Namun, meskipun demikian, waktu paling baik untuk pergi ke tempat ini adalah musim hujan di mana volume air terjun lebih besar.

Untuk jam kunjungan, Kamu sebaiknya datang ke tempat ini di atas jam 10.00 pagi. Selain matahari sudah tinggi, suhu di sekitar air terjun cenderung lebih stabil. Kamu juga akan mendapatkan pencahayaan yang bagus untuk berfoto di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu.

Nah, dengan kondisi alam yang menakjubkan, Air Terjun Tumpak Sewu bisa menjadi ide wisata yang begitu menyenangkan. Ajak keluarga dan buatlah jadwal liburan bersama!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here