Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Tumpak Sewu, Lumajang

17 Ulasan

Meskipun tidak sering disebut sebagai destinasi wisata unggulan, Lumajang bukan tidak memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Daerah di dekat Malang ini menyimpan ide wisata alam yang begitu menakjubkan. Salah satu destinasi wisata unggulan kabupaten ini adalah air terjun Tumpak Sewu. Nah, destinasi ini merupakan ide wisata alam yang begitu indah dan direkomendasikan.

Destinasi wisata ini adalah berupa air terjun. Kawasan Lumajang memang terbentuk dari beberapa bukit. Tumpak Sewu Lumajang ini merupakan air terjun dari salah satu bukit yang berbatasan dengan Malang. Oleh karena itu, tak jarang masyarakat juga menyebutnya Tumpak Sewu Malang. Lantas, apa yang menarik dari destinasi wisata ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Alamat, Rute & Jalan Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Jl. Raya Sidorenggo (Kampung Siji), Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374
Jam Buka:Setiap hari (7.00 – 18.00 WIB)
Akses Jalan:Mudah dituju dan jalan lebar
Petunjuk:Google Maps

Lokasi detail dari destinasi wisata Tumpak Sewu adalah di Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Nah, jika dilihat di peta, lokasi Tumpak Sewu ini berada di perbatasan antara Lumajang dan Malang.

Jika Kamu ingin pergi berwisata ke air terjun ini, Kamu bisa berangkat dari Kota Malang. Untuk rute yang bisa ditempuh dari Malang, segera saja berjalan menuju ke Dampit. Setelah itu, Kamu akan masuk ke wilayah Sidomulyo yang sudah berada di Kabupaten Lumajang. Di jalan utama, akan ada papan petunjuk lokasi yang besar dan Kamu cukup mengikutinya.

Nah, jika Kamu berangkat dari Kota Lumajang, rute yang bisa ditempuh adalah langsung menuju ke Kecamatan Pronojiwo. Ikuti jalan utama menuju ke arah Desa Sidomulyo. Nah, setelah itu, Kamu bisa langsung mengarahkan kendaraan ke destinasi wisata tersebut. Dari dua rute tersebut, kondisi jalan menuju Tumpak Sewu sudah sangat bagus dan halus.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Coban Sewu menjadi salah satu wisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan, tak jarang wisatawan dari manca negara bisa ditemukan di wisata ini. Lalu, apa saja yang menjadi daya tarik dari curug ini? Berikut ulasannya.

Niagara di Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
Foto by: @ali_olfat

Destinasi wisata ini memiliki nama lain dengan sebutan Coban Sewu dan disebut sebagai air terjun Niagara di Jawa Timur. Penyebutan Niagara untuk destinasi wisata ini bukan tanpa alasan. Ya, Tumpak Sewu Waterfall  memang sekilas mirip dengan Niagara yang ada di Brazil. Air terjun ini terletak di bukit yang cukup tinggi dan memiliki aliran air yang begitu deras.

Mitos Coban Sewu

Coban Sewu Lumajang
Foto by: @rudidzahin

Karena sebutannya tersebut, destinasi wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Selain keindahannya, adanya mitos Air Terjun Tumpak Sewu yang mengatakan siapa saja yang mandi di air terjun tersebut bisa awet muda, membuat wisatawan berbondong-bondong untuk datang. Meskipun, mitos tersebut belum tentu benar adanya.

Goa Tersembunyi

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Jawa Timur
Foto by: @paramobloss

Keindahan lain yang tersimpan dari destinasi wisata ini adalah adanya goa. Ya, air terjun ini sebenarnya berada di atas sebuah goa. Kamu bisa menyusuri jalan dan menuju ke goa tersebut. Meskipun melelahkan, ada pemandangan yang sangat menakjubkan yang akan Kamu lihat dan nikmati.

Spot Foto Terbaik

Tumpak Sewu Waterfall Lumajang
Foto by: @saltinourhair

Selain menikmati keindahan goa dan air terjun, tentu Kamu bisa mandi di kolam yang ada di sekitar air terjun. Kamu akan merasakan segarnya aliran air terjun yang sangat terkenal ini. Di sekitar air terjun juga terdapat cukup banyak spot foto alami yang sangat indah. Kamu yang suka berfoto dan ingin mengabadikan momen liburan, tentu akan mendapatkan momen foto yang tepat.

Fasilitas

Fasilitas Umum:Area parkir, mushola, toilet, tempat duduk.
No Telepon:

Pengelola destinasi wisata ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Meskipun ada di daerah perbukitan, kondisi jalan di sekitar lokasi wisata sudah cukup bagus. Selain itu, ada beberapa kantong parkir yang cukup luas dan tersedia.

Fasilitas lain yang disediakan adalah kamar mandi. Kamu yang mandi di kolam air terjun dan ingin bilas tentu tidak perlu bingung. Di sekitar kawasan wisata Coban Sewu ini juga tersedia cukup banyak warung yang menyediakan camilan dan makanan.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga Tiket Masuk:Rp. 10.000 / Orang
Biaya Parkir:Rp. 10.000 untuk Mobil
Rp. 5.000 untuk Motor
Lain – Lain:Rp. 10.000 untuk Ojek

Tips Saat Berkunjung

Seiring wisata ini berada di perbukitan, Kamu sebaiknya tidak berangkat jika cuaca sedang mendung ataupun hujan karena jalanan akan licin. Namun, meskipun demikian, waktu paling baik untuk pergi ke tempat ini adalah musim hujan di mana volume air terjun lebih besar.

Untuk jam kunjungan, Kamu sebaiknya datang ke tempat ini di atas jam 10.00 pagi. Selain matahari sudah tinggi, suhu di sekitar air terjun cenderung lebih stabil. Kamu juga akan mendapatkan pencahayaan yang bagus untuk berfoto di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu.

Nah, dengan kondisi alam yang menakjubkan, Air Terjun Tumpak Sewu bisa menjadi ide wisata yang begitu menyenangkan. Ajak keluarga dan buatlah jadwal liburan bersama!

17 Ulasan Pengunjung Tumpak Sewu, Lumajang

  1. Pemandangan sangat indah. Yang ada di jawa timur.. Dengan formasi air terjun seperti tirai.. View gunung semeru sangat memukau waktu pagi hari.. Jam terbaik untuk mendatangi tumpak sewu adalah jam 6-7 pagi untuk mendapatkan pencahayaan yang sempurna.

  2. Wooooowwww bgt..pikirx cm bs liat dr atas eh trxt ada jln turun yg bnr2 mengejutkan.seneng bgt.jalanx bnr2 bikin olahraga.tapi puasx mnt ampun.meski gbs mndi tapiiiii….buat yg g gmpg ngeluh cobain dah….. Tiket murah ya 10rb ajaaaa…ada warung ko.jd setelah ngos ngosan bs minum es klp muda.ada pecel cm 8rb.seperti biasa indomie.popmie dan sodara mie yg lain.kopi.air mineral.gorengan.. Tp yg pntg water fallx.. Klo sy ze suka naik turunx

  3. Pesona air terjun tumpak sewu, diambil dr perjalanan start dan dasarnya bisa dijangkau dengan menuruni anak tangga bambu yg cukup ekstrim. termasuk air terjun yg sangat bagus dari banyak air terjun yg pernah saya kunjungi di indonesia.

  4. Air terjunnya bagus banget, worth it banget. Jalannya agak jauh tapi gak rugi sih, wajib dateng !!

  5. Duplicate place tapi tidak bisa di merge. Air terjun yang sangat terkenal dan banyak difoto dengan sudut pengambilan yang sama. Mudah mudahan bisa terus bertahan dan tetap lestari serta tidak bernasib malang seperti tempat wisata lain setelah viral. Disini juga dapat ditemukan beberapa sampah plastik dan puntung rokok yang dibuang secara sembarangan

  6. Akses mudah dekat dengan jalan raya, untuk ke lokasi air terjun butuh berjalan santai sekitar 5-10 menit dari parkiran dan loket utama, tentu tidak akan kerasa karena suasana sejuk dan warga nya sangat ramah

  7. Aseli sih keren ini tempat . Landing malang pagi , siang cabut ke lumajang . Weekdays sepi .ajibbbbbbb

  8. i think it can be called as local Niagara’s(?) harus masuk ke gang pemukiman dulu baru bisa parkir dan beli tiket, setelah itu melewati jalan setapak (sudah di cor) pendek yg lumayan naik turun, baru sampai deh.. kesini waktu mendung jadi agak kurang worth it karna viewnya bakal lebih redup dan parno bakal keujanan tengah jalan wkwk, tempat buat memandangi air terjunnya menurutku cukup terbatas, ada 2 balkon saja yg beda tingginya, kalo pas rame susah buat ngechill

  9. Air terjun yang sangat cantik, persiapan menuju new normal,,

  10. Indah sekali pemandangannya, kalau stamina kuat bisa turun ke bawah karena medannya berat

  11. Tempatnya sejuk dan cukup menantang track nya…

  12. Keajaiban Jawa timur. Air terjun terindah yg pernah saya lihat

  13. Waw banget tempat nya….sejuk di mata….giliran tenang saat berada di sana……🤗🥰😘

  14. Destinasi wisata satu ini telah terdengar keindahannya hingga telinga mancanegara. Ribuan wisatawan domestik berlomba-lomba mengabadikan vibes di Tumpak Sewu dengan cara yang paling ciamik.. . Keindahan air terjun satu ini telah lama menghipnotis siapapun. Banyak juga yang mengatakan bahwa air terjun Tumpak Sewu memiliki daya magis yang luar biasa.. . Tak ayal, ketika Visiters datang ke sini untuk pertama kalinya, untuk masa-masa selanjutnya, Visiters bakal ketagihan dengan keanggunan tempat ini.. . Terletak di perbatasan Malang – Lumajang, hal ini semakin memperbesar peluang air terjun Tumpak Sewu untuk dijamah para petualang yang haus akan wahana ngetrip yang asik.. . Memiliki tipe aliran air Plunge, air terjun Tumpak Sewu nampak seperti tirai air yang mengagumkan. Keren banget untuk spot berfoto.

  15. Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekira 120 meter yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered. Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.. . Meski berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, namun wisata Air Terjun Tumpak Sewu umum dijangkau melalui Kabupaten Lumajang melalui jalan nasional rute lintas selatan Jawa Timur. Jika berangkat dari Malang, Anda bisa memilih rute perjalanan Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo – perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Jalan tersebut muat dua kendaraan saat berpapasan. Anda pun bisa langsung parkir di tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Air Terjun Tumpak Sewu sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus. Bus-bus dengan rute Lumajang – Malang atau sebaliknya biasanya beroperasi mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB.

  16. Superb. Pesona alam di sini MasyaAllah sungguh indah & menyejukkan mata.. Air terjun tumpak sewu bisa di akses dari 2 arah kota, lumajang & malang. Sy pilih lumajang krn dari lumajang, pintu aksesnya lebih mudah. Selain itu bisa mencakup ke tempat wisata lainnya yg gak kalah bagusnya seperti, goa bidadari, goa tetes, & air terjun telaga biru.. Waktu terbaik utk mengunjungi air terjun tumpak sewu adl saat musim panas sekitar bulan Juni-September. Kalau kesini disarankan pakai alas kaki anti selip krn kondisi jalan setapak yg cukup licin. Sebelum kesini, pastikan perut kamu sudah terisi yaa.. ndak perlu terlalu kenyang, asal kalorinya cukup utk perjalanan sekitar 4jam (mencakup 4 lokasi wisata) & pastikan jg kondisi badan mu fit. Buat yg belum pernah berkunjung ke sini sebelumnya, sangat direkomendasikan pakai jasa guide lokal, karena mereka mengenal medan & tahu spot foto2 mana yg bagus. Tentunya kamu jadi bisa lebih nyaman & tenang menikmati alam sekitar.. Menurut sy, disini kurang cocok utk anak dibawah 10thn, kecuali, anak tsb sudah terbiasa travelling ke tracking yg menguras tenaga.. Semoga bermanfaat 😊

  17. Sebagai tempat wisata di kabupsten lumajang, air terjun tumpak sewu menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Tanpa perlu turun ke bawah (sumber), para wisatawan sudah disuguhkan pemandangan yang menakjubkan nan elok. Ada sumber dan goa yang bisa dikunjungi dan bisa menjadi spot foto, akan tetapi harus turun ke bawah dan memakan waktu sekitar 20-30 menit (tergantung berapa lama anda mengambil waktu beristirahat). Perlu diketahui, harga tiket masuk utama (loket di depan) berbeda dengan tiket masuk ke goa dan sumber, jadi membayar lagi (rp 10.000, untuk masing” sumber dan goa). Tidak disarankan bagi orang tua atau yang memiliki penyakit jantung untuk turun ke bawah (ke sumber dan goa). Semoga informasi ini bermanfaat bagi wisatawan dan ayo majukan pariwisata indonesia khususnya di lumajang

Tinggalkan Balasan