Rutemu – Termasuk dalam salah satu kota teramai di Jawa Tengah, Purwokerto menjadi satu destinasi yang menarik untuk tujuan liburanmu nanti. Tempat wisata di Purwokerto yang begitu beragam menjadi daya tarik tersendiri. Mulai dari wisata Baturaden yang juga menjadi ikon dari Purwokerto hingga berbagai objek wisata menarik lainnya.

Nah jika Kamu datang ke kota ini tak perlu khawatir dengan masalah macet. Meskipun termasuk kota yang cukup ramai, namun kepadatan lalu lintas di Purwokerto masih terkendali sehingga dijamin perjalananmu akan lebih menyenangkan.

Wisata Alam di Purwokerto

Di Purwokerto kota mungkin Kamu akan sedikit merasa kepanasan, namun ketika Kamu pergi ke wilayah atas atau wilayah Baturaden hawa sejuk seketika bisa Kamu nikmati. Ya, kawasan yang berada di kaki Gunung Slamet ini tak hanya menawarkan hawa sejuk namun juga panorama alam yang begitu menawan.

1Wisata Baturraden

Wisata Baturraden
Foto by: @banyumas24jam

Wisata Baturaden sebenarnya terdiri dari begitu banyak objek, karena pada dasarnya tempat ini merupakan kawasan wisata. Nah disini Kamu bisa mengunjungi satu kebun raya yang memiliki hawa begitu sejuk dengan pepohonan dan tanaman hias indah pada setiap sisinya.

Lokasi: Jalan Pancuran Tujuh Wanawisata Baturden Kumutug Lor, Purwokerto
Harga Tiket Masuk: Mulai Rp. 10.000
Jam Operasional: Setiap hari (8.00 – 16.00 WIB)
No. Telepon:

2Caping Park

Jembatan Kaca Malam Hari di Caping Park Baturraden
Foto by: @rumahpotret.biz

Buat Kamu yang sedang berburu spot foto, Caping Park bisa jadi destinasi terbaik buat Kamu kunjungi. Disini Kamu akan menjumpai satu spot favorit yaitu sebuah papan kaca yang berada di tepi tebing, nah dari spot ini Kamu bisa berpose dengan background alam Purwokerto yang begitu indah.

Lokasi: Jalan Raya Baturaden Barat Km.30, Desa Kebumen, Baturaden, Banyumas
Harga Tiket Masuk: Rp. 25.000
Jam Operasional: Setiap hari (7.00 – 20.00 WIB)
No. Telepon:

3Buken

Buat Kamu yang ingin menikmati keindahan Purwokerto sembari bersantai dan bermain air di kolam renang penuh wahana, Kamu dan keluarga bisa langsung datang ke Buken. Beragam fasilitas menarik juga bisa Kamu jumpai disini, seperti naik bebek air, ember tumpah dan sebagainya.

Lokasi: Dusun II, Banjarsari Kulon, Sumbang, Banyumas
Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000
Jam Operasional: Setiap hari (6.00 – 18.00 WIB)
No. Telepon:

4Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturraden
Foto by: @herbanu_photography

Masih di sekitar Baturaden, kali ini Kamu bisa menikmati pemandangan dengan konsep sejarah serta fasilitas yang cukup lengkap, seperti wahana air, pemandian air panas, air terjun, goa dan lain-lain. Disini juga terdapat sebuah teater yang menyajikan simulasi pesawat terbang Forex 28, Garuda Indonesia.

Lokasi: Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas
Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp. 14.000
Jam Operasional: Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:

5Telaga Sunyi

Telaga Sunyi
Foto by: @arifdollbf

Sesuai namanya, tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Purwokerto yang sangat cocok buat Kamu yang ingin menikmati kesunyian. Sebenarnya wisata alam ini merupakan sebuah air terjun kecil dengan kolam di yang sangat bening dan menyejukkan.

Lokasi: Limpakuwus, Sumbang, Banyumas
Harga Tiket Masuk: Rp. 13.000
Jam Operasional: Setiap hari (7.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:

6Curug Bayan

Curug Bayan
Foto by: @patton_ony

Nama ini mungkin sudah tidak begitu asing di telinga para wisatawan Purwokerto. Ya meskipun lokasinya yang cukup sulit dijangkau, namun Curug Bayan banyak dikunjungi karena keindahan alamnya yang masih sangat terjaga.

Lokasi: Dusun II Ketenger, Purwokerto, Banyuman
Harga Tiket Masuk: Rp. 3.000
Jam Operasional: Setiap hari (6.00 – 18.00 WIB)
No. Telepon:

7Curug Gede

Curug Gede
Foto by: @galihn21

Di tempat ini Kamu bukan hanya bisa menikmati keindahan alam yang masih sangat terjaga, namun juga puas berenang di kolam yang berada tepat di bawah curug. Keberadaan objek wisata inipun belum begitu terekspose sehingga suasananya masih sangat sunyi.

Lokasi: Melung, Baturraden, Dusun II Ketenger, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas
Harga Tiket Masuk: *belum diketahun
Jam Operasional: Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

8Air Terjun Baturraden Ganda Tapa

Air Terjun Baturraden Ganda Tapa
Foto by: @tonnydope_

Masih di kawasan Batur Raden, kali ini Kamu bisa menyaksikan keindahan sebuah air terjun yang nantinya terbagi dalam aliran dua curug yakni Curug Ceheng dan curug Lawe. Pada bagian dasar air terjun pun terdapat kolam sedalam 2 meter dengan air yang begitu jernih dan segar.

Lokasi: Gandatapa I, Gandatapa, Sumbang, Kabupaten Banyumas
Harga Tiket Masuk: *belum diketahui
Jam Operasional: Setiap hari (7.00 – 18.00 WIB)
No. Telepon:

Sebagian besar dari tempat wisata alam di Purwokerto tersebut memang masih masuk dalam kawasan Baturraden, jadi hanya dengan mengunjungi satu kawasan Kamu sudah bisa mendapati berbagai objek wisata menarik. Selain itu ada beberapa yang lokasinya sedikit jauh, biasanya objek wisata ini belum banyak diekspos ke media.

Wisata Hits di Purwokerto

Setiap daerah pasti memiliki tempat wisata populernya masing – masing. Begitu juga di Purwokerto, ada beberapa lokasi yang wajib Kamu kunjungi dan menawarkan spot foto yang kekinian. Diantaranya juga sangat pas untuk wisata saat malam hari lho!

9Small World Purwokerto

Small World Purwokerto
Foto by: @nabilayu24

Siapa yang ingin merasakan sensasi keliling dunia dalam waktu yang begitu singkat? Yak di wisata Purwokerto satu ini Kamu bisa menjumpai berbagai ikonik dari berbagai negara seperti Menara Pisa dari Italia, kincir angin dari Belanda, patung singa dari Singapore dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Baturraden, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Baturraden, Purwokerto
Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000
Jam Operasional: Setiap hari (8.30 – 16.30 WIB)
No. Telepon:

10The Village Purwokerto

The Village Purwokerto
Foto by: @hanifah.15

Dari bagian luar saja, mungkin Kamu sudah bisa merasakan betapa indahnya bangunan di area dalam. Ya, tempat wisata di Purwokerto satu ini mengusung konsep bangunan kuno ala Eropa lengkap dengan sungai buatan serta berbagai fasilitas khusus anak, seperti kandang ternak.

Lokasi: Jalan Raya Baturaden KM.07, Rempoah, Baturraden, Kabupaten Banyumas
Harga Tiket Masuk:
  • Senin s/d Sabtu Rp 10.000
  • Minggu Rp. 18.000
Jam Operasional: Setiap hari (9.00 – 22.00 WIB) *Selasa tutup
No. Telepon:

11Bukit Bintang Baturraden

Bukit Bintang Baturraden
Foto by: @mafi99

Selain menawarkan keindahan alam, Baturraden juga menawarkan sebuah objek wisata malam yang sangat romantis. Dari ketinggian bukit Kamu bisa menikmati kelap – kelip lampu kota Purwokerto dan langit yang bertabur bintang.

Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Baturraden, Kabupaten Banyumas
Harga Tiket Masuk: _
Jam Operasional: Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

12Alun – Alun Purwokerto

Alun Alun Purwokerto
Foto by: @afid_ag

Tak sekedar bersantai menikmati suasana kota yang begitu syahdu, di alun – alun Purwokerto Kamu juga bisa menikmati pertunjukan air mancur yang begitu cantik. Di seberang alun – alun juga terdapat sebuah pusat perbelanjaan yang bisa Kamu kunjungi untuk shopping maupun berburu kuliner.

Lokasi: Jalan Jendral Sudirman, Purwokerto, Kab. Banyumas
Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

Kunjungi tempat wisata di Purwokerto tersebut saat cuaca cerah, sehingga view dan pengalaman sempurna akan Kamu dapatkan.

Wisata Kuliner di Purwokerto

Saat berada di kota yang masuk dalam kabupaten Banyumas ini Kamu akan disuguhi berbagai makanan khas yang lezat dan dijamin akan membuat Kamu selalu kangen dengan kota ini. Kuliner Purwokerto yang wajib Kamu coba sendiri sangat lengkap, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

13Soto Kecik Sokaraja

Salah satu kuliner khas Purwokerto tepatnya dari Sokaraja adalah soto. Sajian ini memiliki ciri khas penggunaan bumbu hitam dan kerupuk warna merah yang ikut diseduh oleh kuah soto.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.155, Dusun III, Sokaraja Kulon, Kabupaten Banyumas
Harga Menu:
Jam Operasional: Setiap hari 24 Jam
No. Telepon:

14Toko Oleh-Oleh Mendoan Mirasa

Siapa sih yang tak kenal dengan kuliner yang terbuat dari tempe dan digoreng dengan balutan tepung ini? Mendoan, ya makanan yang lezat disajikan saat hangat ini juga sangat populer di Purwokerto.

Lokasi: Jalan Sutoyo No. 19, Suwangan, Purwokerto
Harga Menu:
Jam Operasional: Setiap hari (5.30 – 18.00 WIB)
No. Telepon:

15Cahaya Mas Purwokerto

Salah satu restoran masakan China yang paling populer di Purwokerto karena tak hanya menawarkan menu lezat namun juga dekorasi tempat yang begitu menyenangkan. Harga makanan di Cahaya Mas jugas masih bisa dibilang standar.

Lokasi: Jl. Overste Isdiman No.10, Cigrobak, Purwokerto Lor, Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas
Harga Menu:
Jam Operasional:
  • Senin s/d sabtu (9.00 – 14.00 WIB)
  • Minggu (9.00 – 21.00 WIB)
No. Telepon:

16Table Nine Kitchen

Dari resto ini Kamu bisa menyaksikan pemandangan sawah yang sangat indah pada musim tanam. Ya, sembari menikmati makanan yang lezat, Table Nine Kitchen juga menyajikan panorama alam yang indah serta dekorasi ruang yang nyaman.

Lokasi: Jl. H. R, Bunyamin, Pabuaran, Purwokerto
Harga Menu:
Jam Operasional: Setiap hari (11.00 – 22.00 WIB)
No. Telepon:

17D’Java Steak

D Java Steak
Foto by: @djavasteak

Ingin menikmati steak di tempat dengan konsep kejawen atau Jawa? Kamu bisa datang ke D’Java Steak Purwokerto, disini Kamu juga bisa menyantap hidangan spesial berupa kentang tumbuk dan sayur yang dicampur dengan bumbu kental nan legit.

Lokasi: Jl. Kranji No. 28, Sokanegara, Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas
Harga Menu:
Jam Operasional: Setiap hari (12.00 – 22.00 WIB)
No. Telepon:

18Mang Engking Purwokerto

Mang Engking Purwokerto
Foto by: @ikadiana494

Mang Engking merupakan tempat makan yang memadukan antara konsep tradisional dengan bangunan gubuk dan konsep homy. Makanan yang disajikan di Mang Engking pun begitu lengkap dan pastinya lezat.

Lokasi: Jl. HR. Boenyamin, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas
Harga Menu:
Jam Operasional: Setiap hari (10.00 – 21.00 WIB)
No. Telepon:

19Umaeh Inyong

Umaeh Inyong
Foto by: @kuliner.inyong

Masih dengan konsep tradisional, Umah Inyong juga menawarkan makanan dengan sajian yang unik yaitu menggunakan alas daun pisang. Menariknya, disini Kamu juga bisa menikmati wedang yang dibuat dari berbagai rempah khas Indonesia yang pastinya berkhasiat untuk kesehatan.

Lokasi: Jl. A. Yani No.47, Karanganjing, Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas
Harga Menu:
Jam Operasional: Setiap hari (9.30 – 23.00 WIB)
No. Telepon:

20Djago Jowo

Djago Jowo
Foto by: @warung_djagojowo

Tampaknya Purwokerto tak pernah kehabisan rumah makan dengan konsep tradisional Jawa, termasuk Djogo Jowo ini. Menu spesial dan andalan disini ialah ayam goreng yang diolah dengan berbagai rempah sehingga rasanya dijamin maknyuuzz.

Lokasi: Jl. Gelora Indah I, Mangunjaya, Purwokerto, Kabupaten Banyumas
Harga Menu:
Jam Operasional: Setiap hari (9.00 – 22.00 WIB)
No. Telepon:

21Kedai Om Jul

Buat Kamu yang ingin menikmati nasi lemak dan nasi ayam betutu, Kedai Om Jul menawarkan rasa yang begitu lezat untuk kedua sajian ini. Tempat makan yang juga mengusung konsep industrial minimalis ini pun menyajikan berbagai makanan lezat dan minuman segar lain.

Lokasi: Glempang, Bancarkembar, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas
Harga Menu:
Jam Operasional: Setiap hari (11.00 – 22.00 WIB)
No. Telepon:

Beberapa tempat makan sekaligus tempat nongkrong di Purwokerto tersebut pastinya dilengkapi dengan fasilitas tambahan lain yang akan membuatmu semakin betah.

Yuk ajak keluarga, sahabat atau pasangan Kamu buat datang dan menikmati keindahan serta keseruan di berbagai tempat wisata di Purwokerto tersebut. Sesuaikan objek wisata tersebut berdasarkan keinginan kalian ya!

TINJAUAN IKHTISAR
Keindahan dan Panorama
Akses ke Lokasi
Fasilitas
Biaya
Berita sebelumyaUjung Genteng
Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here