Rutemu – Lanskap pegunungan dengan hawa yang sejuk tampaknya menjadikan salah satu kabupaten di Jawa Barat ini begitu menarik untuk dikunjungi. Selain dengan lanskap yang begitu memukau, Kamu juga bisa menjumpai banyak jenis tempat wisata di Purwakarta lain. Budaya dan tradisi yang masih begitu kental juga menjadi daya tarik tersendiri dari kabupaten Purwakarta.

Seluruh objek wisata tersebut tentunya menawarkan keindahan serta keunikan tersendiri. Jadi bagi Kamu yang sedang berkunjung ke Purwakarta, jangan sampai lewatkan objek-objek wisata menarik berikut.

Wisata Hits di Purwakarta

Sejak beberapa tahun terakhir, kemajuan sektor pariwisata di Purwakarta mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini ditandai dengan banyaknya tempat wisata di Purwakarta terbaru yang banyak diburu sebagai spot foto ala media sosial. Nah berikut adalah beberapa tempat wisata yang lagi hits di Purwakarta.

Kampung Andir

Kampung Andir
Foto by: @Regrann

Di lokasi wisata ini Kamu bisa melihat 66 rumah adat Sunda yang berbentuk rumah panggung dengan atap ijuk dan dinding bilik bamboo. Meski sekilas bangunan yang berjajar rapi ini tampak sederhana, namun filosofi setiap rumah layak buat Kamu apresiasi.

Lokasi: Desa Cianting, Sukatani, Purwakarta
Harga Tiket Masuk:
Jam Operasional: Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:

Kampung Panenjoan

Kampung Panenjoan
Foto by: @yuditarahma

Buat Kamu yang hobi selfie, wajib banget nih datang ke kampung panenjoan. Hamparan perkebunan teh yang begitu luas dengan jembatan bamboo di atas perbukitan menjadi daya tarik yang tak akan buat mata Kamu beralih pandangan.

Lokasi: Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Bojang, Purwakarta
Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000
Jam Operasional: Setiap hari (8.00-17.00 WIB)
No. Telepon:

Taman Batu

Taman Batu
Foto by: @wildannq

Berada di pegunungan, tempat wisata di Purwakarta ini menawarkan hawa yang begitu sejuk dan menenangkan. Di tempat ini kami juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan lain seperti berenang dengan air yang super menyegarkan.

Lokasi: Desa Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta
Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000
Jam Operasional: Setiap hari (8.00 – 15.00 WIB)
No. Telepon:

Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri
Foto by: @muhammadyusupsaputra_

Bukit yang baru diresmikan sebagai tempat wisata pada 2018 kemarin ini juga menawarkan keindahan alam yang masih sangat asri. Yang menarik disini adalah, adanya gubug bamboo yang membuat Kamu bisa menikmati keindahan kota Purwakarta dari ketinggian secara luas.

Lokasi: Bukit Katumbiri, Pasir Kuda, Wanayasa, Purwakarta
Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000
Jam Operasional: Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:

Dari lokasi wisata di atas, Kamu bukan sekedar bisa berburu foto namun juga menikmati keindahan Purwakarta secara lebih mendalam dengan mempelajari filosofinya.

Wisata Alam di Purwakarta

Dengan lanskap pegunungan yang begitu menawan, sepertinya Kamu tak perlu lagi menanyakan keindahan alam yang ditawarkan kabupaten satu ini. Dengan panorama yang masih begitu asri, mata dan pikiranmu akan dimanjakan dengan suasana di sekitar Purwakarta.

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan
Foto by: @ncess_imel

Tak jauh berbeda dengan bukit Kitamburi, di lokasi wisata ini Kamu juga akan menemukan sebuah bagunan dari bamboo yang biasanya dijadikan spot foto. Dari atas bukit Panenjoan kami juga bisa menikmati alam Purwakarta secara luas karena lokasinya yang berada di tengah perbukitan.

Bukit Katumbiri

Bukit yang lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Purwakarta ini juga menawarkan keindahan alam yang masih sangat asri. Yang menarik disini adalah, adanya gubug bamboo yang membuat Kamu bisa menikmati keindahan kota Purwakarta dari ketinggian secara menyeluruh.

Lokasi Bukit Katumbiri, Pasir Kuda, Wanayasa, Purwakarta
Harga Tiket Masuk Rp. 5.000
Jam Operasional Setiap hari (8.00-17.00 WIB)
No. Telepon

Curug Cipurut

Curug Cipurut
Foto by: @kuproywarawiri

Selain sebagai salah satu sumber mata air terbaik, tempat wisata di Purwakarta satu ini juga menawarkan pengalaman wisata yang menarik untuk Kamu, seperti outbond. Untuk urusan keindahan alam pun tak perlu diragukan, dengan 3 bagian curug setinggi 25 meter menjadikannya semakin menawan.

Lokasi: Cagar Alam Gunung Burangrang, Babakan, Wanayasa, Purwakarta
Harga Tiket Masuk: Rp. 3.000
Jam Operasional: Setiap hari (8.00 – 16.00 WIB)
No. Telepon:

Curug Suhada

Curug Suhada
Foto by: @tnj_01

Walaupun ketinggian tebing di curug Suhada tidak setinggi di curug Cipurut namun keindahan alamnya tetap terlihat begitu eksotis. Kamu juga bisa bermain air di kawasan curug Suhada karena safety dan fasilitasnya yang sudah cukup terjamin.

Lokasi: Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Sukatani, Purwakarta
Harga Tiket Masuk:
Jam Operasional: Setiap hari (8.00 – 16.00 WIB)
No. Telepon:

Ujung Aspal

Ujung Aspal
Foto by: @hery_mdpl2925

Meski terdengar sedikit aneh, namun ketika sampai di lokasi tempat wisata ini Kamu akan terkagum dengan keindahan hutan pinusnya. Buat Kamu yang hobi berkemah, objek wisata Ujung Aspal juga menawarkan sebuah spot kemah yang cukup luas dan indah.

Lokasi: Desa Pusaka Mulya, Kiara Pedes, Purwakarta
Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000
Jam Operasional: Setiap hari (7.00-17.00 WIB)
No. Telepon:

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur
Foto by: @yunyaadishh

Selain dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik, waduk Jatiluhur juga telah dimanfaatkan sebagai objek wisata. Keindahan alam di sekitar waduk pun begitu memukau lengkap dengan hamparan air waduk yang menawan.

Lokasi: Desa Panyindangan, Sukatami, Purwakarta
Harga Tiket Masuk:
Jam Operasional: Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:

Beberapa objek wisata di Purwakarta tersebut sangat cocok untuk Kamu kunjungi ketika ingin menghilangkan penat dari hiruk pikuk suasana perkotaan.

Wisata Kolam Renang / Air di Purwakarta

Meskipun bisa dikatakan jika letak geografis Purwakarta berada di dataran tinggi, namun di kota ini Kamu bisa banyak menjumpai wahana kolam renang. Bahkan kebanyakan lokasi objek wisata di Purwakarta ini berada di perbukitan atau area kaki bukit.

Sumber Air Panas Ciracas

Sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, sumber mata air panas Ciracas masih sangat dijaga hingga saat ini. Dari kawasan ini setidaknya ada 12 titik mata air, hanya saja baru 2 titik yang dimanfaatkan untuk umum.

Lokasi: Desa Ciracas, Kiarapede, Purwakarta
Harga Tiket Masuk: Sukarela
Jam Operasional: Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

Jatiluhur Waterworld

Jatiluhur Waterworld
Foto by: @ell_purnama

Buat Kamu yang ingin menikmati berbagai wahana seru di waterboom, Kamu bisa berkunjung ke Jatiluhur Waterworld ini. Adrenalinmu juga akan teruji dengan banyaknya seluncuran dari ketinggian 11 hingga 75 meter.

Lokasi: Kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta
Harga Tiket Masuk: Rp. 30.000 s/d Rp. 60.000
Jam Operasional: Setiap hari (8.00-16.00 WIB)
No. Telepon: 0264-2010087

Giri Tirta

Giri Tirta
Foto by: @mulkisalman

Kolam renang giri Tirta juga menawarkan wahana yang begitu seru dan sayang buat Kamu lewatkan. Luas area kolam renang Giri Tirta juga menjadikannya semakin menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Jalan Raya Wanayasa, Desa Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Purwakarta
Harga Tiket Masuk: Rp. 25.000 s/d Rp. 60.000
Jam Operasional: Setiap hari (8.00-17.00 WIB)
No. Telepon:

Cikao Park

Cikao Park
Foto by: @dzie_mizwar

Satu lagi objek wisata di Purwakarta yang menawarkan wahana air yang dapat menguji adrenalin. Sejak pertama dibuka pada 2018 lalu, Cikao Park sudah banyak dikunjungi lantaran fasilitasnya yang begitu bagus dan beragam spot menarik.

Lokasi: Jalan Raya Sukatani, Cisalada, Sukatani, Purwakarta
Harga Tiket Masuk: Rp. 15.000 s/d Rp. 20.000
Jam Operasional: Setiap hari (8.00 – 21.00 WIB)
No. Telepon:

Tentu sangat menyenangkan bisa menikmati liburan bersama keluarga ataupun teman dengan bermain air di objek wisata air di atas.

Wisata Malam di Purwakarta

Menikmati suasana malam di Purwakarta tampaknya tidak akan terlepas dari keindahan gemerlap lampu dan kulinernya. Taman merupakan spot favorit untuk bersantai dan ngobrol bersama kerabat.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga
Foto by: @rizkoktav

Beroperasi sejak 2 tahun lalu, eksistensi taman air mancur terbesar di Asia Tenggara ini tak pernah surut. Dengan luas 4 ha dan air mancur setinggi 6 meter, suasana disini semakin nyaman dan indah.

Lokasi: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta
Harga Tiket Masuk: *Gratis
Jam Operasional: Setiap hari (17.30 – 21.00 WIB)
No. Telepon:

Taman Pancawarna

Bunga-bunga yang ditanam rapi di sekeliling taman menjadikan pemandangan disini begitu manis. Terlebih lagi dengan air mancur yang terlihat apik di sudut taman.

Lokasi: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta
Harga Tiket Masuk: *Gratis
Jam Operasional: Setiap hari (15.00-18.00 WIB)
No. Telepon

Wisata malam Purwakarta di atas tentunya akan menyajikan keindahan dan keunikan yang tak akan Kamu jumpai di tempat lain. sebut saja pertunjukan air terjun nan epic yang hanya bisa Kamu jumpai disini.

Tempat Nongkrong di Purwakarta

Sensasi terakhir yang tak kalah seru untuk kamu nikmati selama di Purwakarta adalah menjajal berbagai tempat nongkrong yang cozy. Makanan lezat nan beragam juga bisa Kamu dapatkan disini, tentunya dengan harga murah.

#Hastag Café Purwakarta

Hashtag Cafe Purwakarta
Foto by: @hashtag.cafe.purwakarta

Dibuka pada 2016 lalu, café ini langsung rame diserbu pada pecinta kuliner. Bukan hanya makanan yang lezat, namun café ini juga menawarkan menu jumbo dengan harga super murah.

Lokasi: Jalan Ibrahim Singadilage, Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta
Harga Menu Rp. 15.000 s/d Rp. 45.000
Jam Operasional Setiap hari (09.00-23.00 WIB)
No. Telepon

Stasiun Kopi

Stasiun Cafe
Foto by: @arin.mf

Mengusung konsep klasik dari bangunannya, café ini termasuk salah satu yang terbaik di Purwakarta, terbukti dengan pengunjung yang membludak pada malam minggu. Makanan yang ditawarkan pun cukup beragam dan murah.

Lokasi: Jl. K.K Singawinata No. 15, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta
Harga Menu
Jam Operasional Setiap hari (10.00 – 23.59 WIB)
No. Telepon

The Garden Café & Resto

Mau nongkrong dengan suasana asri penuh pepohonan dan tanaman hias, langsung aja datang ke The Garden Café & Resto. Meskipun menawarkan bangunan tradisional, tapi disini Kamu bisa menikmati makanan western dengan harga murah lho.

Lokasi: Jalan Taman Pahlawan No. 148, Kab. Purwakarta
Harga Menu
Jam Operasional Setiap hari
No. Telepon 08221855888

The Sunday Cakeshop

Ingin foto di spot serba minimalis, ini tempat nongkrong yang pas buat Kamu kunjungi. Untuk menunya sendiri pasti mengutamakan cake sesuai namanya, seperti cheese cake, chocolat Sunday dan lain sebagainya.

Lokasi: Jalan Jendral Sudirman No. 124 Purwakarta
Harga Menu:
Jam Operasional: Setiap hari (11.00-23.00 WIB)
No. Telepon: 0264-8301564

Quenna Cake Corner

Quenna Cake Corner
Foto by: @queenacakecorner

Buat pecinta cake, tempat nongkrong dengan konsep ala-ala kerajaan ini juga bisa jadi pilihan yang menarik. Ya walaupun tempatnya sendiri nggak terlalu luas, namun untuk urusan menu Quenna Cake Corner jempolan deh.

Lokasi: Jalan Veteran No 342A, Purwakarta
Harga Menu:
Jam Operasional: Setiap hari (7.00 – 22.00 WIB)
No. Telepon: 081546515511

Ajak teman atau keluarga Kamu buat datang ke tempat nongkrong yang cozy di atas. Jangan lupa untuk pilih menu-menu favorit di tempat tersebut ya.

Kamu bisa membuat lias daftar tempat wisata di Purwakarta yang akan dikunjungi liburan nanti, sehingga tak ada satupun objek wisata yang Kamu lewatkan. Jangan lupa ajak orang-orang terdekat Kamu untuk liburan ke objek-objek wisata di atas.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here