Tempat Wisata di Pacitan

Rutemu – Sebagai daerah dengan sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan kapur, Pacitan memiliki berbagai objek wisata indah. Tempat wisata di Pacitan sendiri kebanyakan terdiri dari wisata pantai dengan terumbu karang maupun pantai dengan ombak besar. Buat Kamu yang ingin berwisata ke area perbukitan pun tak perlu khawatir karena disini Kamu bisa dengan mudah menjumpai perbukitan cantik.

Buat Kamu yang sedang berencana untuk datang ke Pacitan, berikut ini adalah referensi destinasi wisata yang wajib Kamu kunjungi.

Wisata Alam di Pacitan

Goa Gong

Goa Gong di Pacitan
Foto by: @gepemoto

Salah satu tempat wisata di Pacitan yang paling terkenal ialah Goa Gong. Di gua ini Kamu bisa melihat indahnya batuan granit dengan berbagai paduan alam yang berjejer rapi di seluruh bagian goa.

Lokasi:Dusun Pule, Desa Bromo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 5.000 / Orang
Jam Operasional:Setiap hari
No. Telepon:

Sungai Maron

Sungai Maron di Pacitan
Foto by: @_marcel_b7_

Buat Kamu yang ingin merasakan serunya river tubing dengan panorama alam yang indah di sepanjang aliran sungai, cukup datang ke Sungai Maron. Di sini Kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti mengikuti atau menonton lomba dayung.

Lokasi:Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan
Biaya Sewa Perahu:Rp. 100.000 – Rp. 200.000
Jam Operasional:Setiap hari (6.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:0853-3137-7611

Goa Tabuhan

Goa Tabuhan di Pacitan
Foto by: @emanueledany89

Selain keindahan batuan stalakmit dan stalaktit, di Goa Tabuhan Kamu juga akan disuguhi bunyian berirama yang dihasilkan dari dinding goa. Tak lengkap rasanya jika Kamu berlibur ke Pacitan tanpa menginjakkan kaki di lokasi ini.

Lokasi:Desa Wereng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 100.000 (Paket Lengkap)
Jam Operasional:Setiap hari
No. Telepon:

Goa Luweng Jaran

Goa Luweng Jaran di Pacitan
Foto by: @metalafebums

Goa bawah tanah lain yang tak kalah memikat ialah Goa Luweng Jaran. Di sini Kamu bisa menyaksikan keindahan batuan dengan warna putih berpadu kekuningan yang menambah eksotisme suasana goa. Hal menarik daripada goa lainnya ialah, Kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menelusuri goa ini. Goa Luweng Jaran sangat cocok untuk Kamu yang berjiwa petualang.

Lokasi:Dusun Kasri, Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:*Belum diketahui
Jam Operasional:Setiap hari (8.00 – 18.00 WIB)
No. Telepon:

Selain menikmati keindahan alam Pacitan, Kamu juga bisa belajar kebudayaan serta sejarah dari kabupaten Pacitan. Jadi, silahkan pilih rekomendasi wisata alam yang disebutkan diatas.

Wisata Pantai di Pacitan

Sebagian besar orang yang datang ke Kabupaten ini mungkin bertujuan untuk menikmati keindahan pantainya. Karena itulah list tempat wisata di Pacitan berikut ini di dominasi oleh pantai. Nah, beberapa pantai populer & terfavorit ini siap memanjakan mata Kamu.

Pantai Klayar

Pantai Klayar Sebagai Tempat Wisata di Pacitan
Foto by: @ryanf_jr

Sebagai salah satu pantai paling terkenal di Pacitan, sudah tak perlu ditanyakan lagi bagaimana keindahan alam di lokasi ini. Air laut terlihat begitu biru berpadu dengan pasir putih dan hijaunya tumbuhan yang tumbuh asri di sekitar pantai. Fasilitas di Pantai Klayar pun bisa dikatakan sudah begitu lengkap.

Lokasi:Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 5.000 / Orang
Jam Operasional:Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo di Pacitan
Foto by: @rrchmnt

Secara sekilas mungkin lanskap pantai Banyu Tibo hampir menyerupai keindahan salah satu pantai di Jogja. Dimana Kamu bisa menikmati indahnya pasir putih berpadu dengan birunya air laut, serta sebuah air terjun air tawar di sisi pantai.

Lokasi:Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 2.000 / Orang
Jam Operasional:Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

Pantai Kasap

Pantai Kasap di Pacitan
Foto by: @adisyah_reza

Di pantai ini Kamu bukan hanya bisa menikmati indahnya laut dan hamparan pasir, tapi juga megahnya pulau karang yang tersebar di beberapa bagian Pantai Kasap. Ombak di pantai ini juga cukup kecil jadi cocok buat sekedar santai bermain air.

Lokasi:Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 7.000 / Orang
Jam Operasional:Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

Pantai Srau

Pantai Srau di Pacitan
Foto by: @yaka_nt

Dengan suasana yang masih cukup sepi, pantai Srau bisa jadi pilihan yang tepat buat Kamu yang ingin terhindar dari hiruk pikuk pantai – pantai terkenal di Pacitan. Untuk urusan keindahan alam, tak perlu diragukan lagi, keindahan lanskap dengan perbukitan di sekitar pantai menjadikan Pantai Srau tak kalah menawan dengan pantai Klayar. Jajaran pohon kelapa juga sangat keren jika Kamu manfaatkan sebagai background foto.

Lokasi:Dusun Srau, Des Candi, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 5.000
Jam Operasional:Setiap hari
No. Telepon:

Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karang
Foto by: @elltekarshi

Nah khusus buat Kamu yang hobi olahraga air, bisa coba datang ke Pantai Watu Karung. Di pantai ini bukan hanya keindahan terumbu karang yang berdiri megah namun juga mencoba berbagai olahraga air, terutama surfing.

Lokasi:Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 5.000 / Orang
Jam Operasional:Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

Pantai Pidakan

Pantai Pindakan di Pacitan
Foto by: @diahhermanto

Sedikit berbeda dengan wisata pantai di Pacitan lainnya, dimana Kamu bisa menjumpai hamparan batu kerikil di sepanjang garis pantai Pidakan. Pada sisi pantai Kamu juga bisa menikmati indahnya perbukitan dengan rimbunnya tumbuhan hijau.

Lokasi:Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 5.000 / Orang
Jam Operasional:Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

Pantai Soge

Pantai Soge di Pacitan
Foto by: @sandha.sakti

Jika umumnya pantai berada di daerah yang cukup sulit dijangkau, namun tidak dengan lokasi Pantai Soge. Dimana pantai ini berada tepat di pinggir Jalan Raya Jalur Lintas Selatan. Pantai Soge pun termasuk pantai dengan area yang cukup luas.

Lokasi:Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 15.000 / Orang
Jam Operasional:Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

Teleng Ria

Pantai Teleng Ria di Pacitan
Foto by: @ririsanatasya28

Mengapa Kamu harus pergi ke pantai lagi? Ya sebab disinilah Kamu bisa menikmati indahnya langit sore Pacitan dengan sempurna. Suasana yang masih cukup sepi dan deretan beberapa perahu nelayan menjadikan suasana Teleng Ria semakin menyenangkan.

Lokasi:Desa Balong, Sidoharjo, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 2.000 / Orang
Jam Operasional:Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

Kamu bisa pilih pantai mana yang ingin dikunjungi, tentunya setiap pantai menawarkan eksotisme dan suasana yang berbeda.

Wisata Hits di Pacitan

Berburu foto instagramable di Pacitan namun bosan dengan background pasir putih? Kamu bisa datang ke beberapa tempat wisata di Pacitan berikut ini.

Mandi Angin Pacitan

Mandi Angin Pacitan Jawa Timur
Foto by: @mandianginescape

Wisata bukit di Pacitan ini menawarkan keindahan alam Pacitan secara luas. Semilir angin yang berhembus menjadikan perjuangan Kamu mendaki bukit Mandi Angin Pacitan ini terbayar lunas. Di bukit ini Kamu bisa mendirikan tenda dan menikmati view sunrise di ufuk barat.

Lokasi:Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:*Belum diketahui
Jam Operasional:Setiap hari (5.00 – 18.00 WIB)
No. Telepon:

Bukit Watu Karang

Bukit Watu Karang di Pacitan
Foto by: @moefendi_

Tak kalah menawan dari wisata Mandi Angin Pacitan, di objek wisata Pacitan ini Kamu juga akan disuguhi lanskap alam yang begitu menawan. Dari atas sini Kamu juga bisa melihat ombak yang saling bertabrakan dengan terumbu karang, mengingat lokasi Bukit Watukarang memang berada di atas pantai.

Lokasi:Desa Watukarang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Rp. 5.000 / Orang
Jam Operasional:Setiap hari
No. Telepon:

Grojogan Dhuwur

Grojogan Dhuwur di Pacitan
Foto by: @awikbaidawi

Tempat wisata di Pacitan selanjutnya diisi oleh Grojogan Dhuwr. Paduan antara sungai dan air terjun tampak sempurna di Grojogan Dhuwur ini. Dengan suasana asri yang masih terjaga dan jauh dari hiruk pikuk, tempat ini cocok buat Kamu yang ingin bersantai ria.

Lokasi:Dusun Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:
Jam Operasional:Setiap hari
No. Telepon:

Bukit Pakis Pacitan

Bukit Pakis di Pacitan
Foto by: @anggit_krisdian

Di atas bukit Pakis Pacitan Kamu juga bisa menikmati keindahan Pacitan. Namun disini yang Kamu saksikan bukan hanya indahnya matahari terbenam, akan tetapi juga kelap-kelip lampu Pacitan.

LokasiWonogondo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket MasukRp. 2.000 / orang
Jam OperasionalSetiap hari
No. Telepon

Tempat wisata hits di atas selain cocok buat bersantai juga sangat recommended untuk dijadikan spot foto kebutuhan sosial media. Beberapa diantaranya memang masih termasuk dalam kategori wisata alam.

WIsata Religi di Pacitan

Tak lengkap rasanya apabila daftar tempat wisata di Pacitan tidak diisi oleh wisata religius. Di daerah ini Kamu juga bisa merasakan betapa kentalnya kehidupan religi. Untuk lebih mengenal tentang kuatnya kehidupan religi di Pacitan serta sejarahnya, Kamu bisa mengunjungi daftar berikut.

Masjid Agung Pacitan

Masjid Agung Pacitan
Foto dari: mengeksplorkotapacitan

Selain untuk beribadah, di bangunan ini Kamu juga bisa melihat betapa indahnya arsitektur. Halaman yang ditumbuhi berbagai tanaman hias juga menjadikan Masjid Agung Pacitan semakin menawan.

Lokasi:Jl. T. Imam Bonjol, Krajan, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan
Harga Tiket Masuk:Gratis
Jam Operasional:Setiap hari 24 jam
No. Telepon:

Wisata Kuliner di Pacitan

Kondisi geografis yang kebanyakan merupakan daerah pesisir, menjadikan seafood sebagai salah satu komoditas terbaik di Pacitan. Meski demikian, namun Kamu juga bisa menemukan banyak menu lezat lain di Pacitan.

Mekar Jaya Seafood

Mekar Jaya Seafood
Foto by: @eatpartner_

Resto 2 lantai ini merupakan resto spesialis seafood. Menggunakan makanan laut yang segar dan pengolahan menggunakan rempah – rempah nan lezat, sudah terbayang bukan bagaimana nikmatnya makan di Mekar Jaya Seafood.

Lokasi:Jl. Letjen R. Suprapto No.43, Barean, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan
Harga Menu:*belum diketahui
Jam Operasional:Setiap hari  (09.00-22.00 WIB)
No. Telepon:

Mbok Resak

Warung Mbok Resak di Pacitan
Foto by: @awikbaidawi

Nah buat Kamu yang sedang berada di area kota, bisa langsung datang ke Mbok Resak, sebuah rumah makan yang memadukan konsep tradisional modern. Bukan hanya dari desain bangunan, namun juga dari menu mulai dari Pizza hingga olahan ayam semua tersedia lengkap.

Lokasi:Jl. Letjend MT. Haryono No.43, Caruban, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan
Harga Menu:*belum diketahui
Jam Operasional:Setiap hari  (9.00 – 21.00 WIB)
No. Telepon:

Waroeng Alam

Sesuai namanya, lokasi tempat makan ini berada di alam atau tepatnya berada di area persawahan. Suasana yang sejuk dengan makanan tradisional yang lezat dijamin akan membuatmu betah berlama-lama di Waroeng Alam.

Lokasi:Jalur Lintas Selatan, Barehan, Ngampel, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan
Harga Menu:*belum diketahui
Jam Operasional:Setiap hari  (9.00 – 22.00 WIB)
No. Telepon:

Lesehan Bukit Indah

Di tempat makan dengan konsep lesehan vintage ini Kamu bisa menikmati menu andalan Sayur Urap dan ayam serta ikan goreng. Harga makanan di Lesehan Bukit Indah pun sangat terjangkau.

Lokasi:Jl. Pacitan-Pringkuku, Kembang Kidul, Sedeng, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan
Harga Menu:*belum diketahui
Jam Operasional:Setiap hari  (8.00 – 21.00 WIB)
No. Telepon:

Bu Gandos

Jika Kamu bertanya pada masyarakat Pacitan tentang tempat makan yang recommended, mungkin sebagian besar akan menjawab rumah makan Bu Gandos. selain menawarkan suasana yang homy, tempat makan ini juga menawarkan menu seafood segar dan berbagai olahan sayur.

Lokasi:Jl. Raya Solo – Pacitan No.Km5, Bagak, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan
Harga Menu:*belum diketahui
Jam Operasional:Setiap hari  (6.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:

Kamu bakal rugi besar jika tak menikmati kelezatan makanan Pacitan di beberapa tempat makan paling recommended di atas.

Wisata Malam di Pacitan

Lelah menikmati keindahan alam Pacitan pasti tak menyurutkan semangatmu untuk terus menjelajah kota ini. Seperti wisata malam di Pacitan ini yang akan buat Kamu kehilangan lelah.

Begitu banyaknya Tempat Wisata di Pacitan tentu sangat sayang jika Kamu lewatkan begitu saja. Yuk buat list destinasi liburanmu di Pacitan dan temukan rute wisata Pacitan untuk eksekusi liburanmu.
[penci_review]

Leave a Comment