Tempat Wisata di Jawa Timur

Jawa Timur adalah sebuah provinsi yang dikenal memiliki banyak sekali destinasi wisata. Baik itu destinasi wisata untuk anak-anak, keluarga, orang dewasa dan segala usia. Ada banyak tempat wisata di Jawa Timur yang bisa Kamu jelajahi dan Kamu tidak akan kehabisan tujuan. Jadi penasaran ada wisata apa saja yang terletak di provinis Jawa Timur?

Destinasi Wisata di Jawa Timur Terbaru

Bagi Kamu yang mencari tempat wisata di Jawa Timur terbaru 2020, yuk cari tahu apa saja destinasi wisata yang bisa Kamu jelajahi di provinsi ini.

Gunung Bromo

Foto by : @safratour

Tempat wisata di Jawa Timur yang perlu Kamu kunjungi pertama adalah Gunung Bromo. Siapa yang tidak mengenal Gunung Bromo dengan keindahannya yang begitu megah dan mempesona? Terletak di Batu, Malang, Kamu akan menemukan sejuta keindahan di gunung ini.

Kamu bisa mendaki, bermain di gurun pasir, off road dengan jeep atau menunggang kuda. Ada banyak aktivitas wisata yang bisa Kamu lakukan di tempat ini.

Kawah Ijen

kawah ijen
Foto By: @maulanagraphy

Kawah Ijen yang letaknya berada di Banyuwangi ini juga tidak kalah terkenalnya dengan Bromo. Sesuai dengan namanya, wisata ini mengeluarkan sebuah kawah sehingga wisatawan yang datang berkunjung harus menggunakan masker. Dengan melakukan sedikit pendakian, Kamu bisa menyaksikan sebuah fenomena alam yang membuat Kamu merinding.

Jatim Park

Jatim Park
Foto BY: @nichdina

Kalau sudah berbicara tentang wisata keluarga, sudah dipastikan Jawa Timur Park atau biasa disebut Jatim Park ini adalah pilihan wajib bagi banyak keluarga. Jatim Park memiliki tiga pilihan wisata yakni 1, 2 dan 3. Untuk Jatim Park 1 dan 2 menawarkan banyak wahana permainan yang mengasyikkan. Sementara untuk Jatim Park 3 menawarkan sensasi bertemu dinosaurus.

Museum Angkut

museum angkut
Foto by: @maz_itom

Tempat wisata di Jawa Timur selanjutnya yang masih berada di kawasan Malang adalah Museum Angkut. Museum Angkut adalah museum transportasi modern dan tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Malang.

Museum yang memegang konsep luar biasa ini tidak hanya menjunjung tinggi dunia otomotif, tetapi pengunjung akan menemukan beberapa zona dengan tema suasana turis asing yang terkenal mulai dari Amerika Serikat, Italia dan sebagainya.

Pantai Klayar

pantai klayar
Foto by: @haikalahmad_70

Pantai Klayar adalah salah satu pantai di Jawa Timur yang sangat indah. Popularitasnya belum setenar pantai Kuta di Bali atau pantai Pangandaran di Jawa Barat. Namun secara umum, pantai ini telah terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur sebagai salah satu tujuan wisata pantai yang menarik. Pesona pantai Klayar ini layak untuk Kamu masukkan dalam rencana perjalanan Anda di Jawa Timur.

Baca Juga :  Coban Talun

Gili Labak

gili labak
Foro by: @_meizda

Wisata Jawa Timur selanjutnya yang patut untuk dikunjungi bagi Kamu yang suka snorkeling adalah Gili Labak. Gilik Labak adalah sebuah pulau kecil di Madura yang hanya dihuni beberapa anggota keluarga saja.

Pulau yang terbilang masih kecil ini memiliki sejuta pesona yang membuat siapa saja yang datang ke Gili Labak terpukau. Untuk bisa sampai ke Gili Labak, wisatawan harus menyeberangi pulau. Setelah sampai di Gili Labak ini, Kamu bisa snorkeling atau berenang.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
Foto By: @mbolangjatim

Banyak orang yang tidak tahu tahu bahwa Jawa Timur memiliki sebuah sabana yang indah selayaknya Benua Afrika atau Timur Tengah. Keindahan sabana itu berada di Taman Nasional Baluran yang berada di  Kabupaten Situbondo.

Taman nasional ini memiliki sabana alami yang sangat unik sehingga mendapat julukan dengan istilah”Little Africa van Java”. Jika Kamu beruntung, Kamu dapat melihat burung merak, elang jawa, patrige, rusa, monyet,

Candi Penataran

candi penataran
Foto by: zenvonte

Candi Penataran berada di kabupaten Blitar dan candi ini menawarkan sejumlah monumen yang berbeda-beda. Penataran memiliki 4 candi utama, sejumlah pangkalan paviliun, dan beberapa potong patung yang berdiri bebas.

Candi-candi ini membentuk kesan yang agak acak, hal ini mungkin karena candi ini tidak pernah dianggap sebagai ansambel arsitektur tunggal; kompleks candi ditambahkan ke dan dibangun kembali selama hampir dua setengah abad.

Goa Gong

Goa gong
Foto by: @pacitan_paradise

Goa Gong adalah salah satu objek wisata alam yang paling indah dan keindahannya mengalahkan berbagai jenis goa yang terletak di Asia Tenggara. Goa dengan panjang sekitar 250 meter ini dilengkapi dengan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Di Goa, Kamu bisa  melihat keindahan stalaktit dan stalagmit hasil dari peristiwa alam beberapa ratus tahun yang lalu. Di dalam gua ini Kamu juga bisa melihat berbagai macam punggungan batu yang sangat menarik dan terjadinya proses alami..

Pantai Sukamade

pantai sukamade
Foto by: @pantaisukamade

Pantai Sukamade berada di sebelah tenggara Jawad an pantai ini terkenal dengan aktivitas penyunya. Pada malam hari, penyu-penyu akan berjalan menuju pantai untuk bertelur. Musim kawin adalah antara Oktober dan Maret. Jadi, jika Kamu ingin memaksimalkan peluang menyaksikan kura-kura bertelur di malam hari, rencanakan kunjungan Kamu di bulan-bulan tersebut.

Baca Juga :  Coban Talun

Air Terjun Coban Rondo

air terjun coban rondo
Foto by: @fn_muzakki

Ingin mencari tempat wisata di Jawa Timur yang segar? Coba saja datang ke air terjun Coban Rondo. Air yang mengalir di destinasi wisata ini begitu menyegarkan dan sangat cocok untuk aktivitas berenang. Selain berenang, tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang menarik. Mitos yang berlaku di Coban Rondo ini adalah airnya bisa membuat wisatawan awet muda, lho.

Wisata Bahari Lamongan

wahana bahari lamongan
Foto by: @very_oi

Wisata Bahari Lamongan atau kerap disingkat WBL ini merupakan destinasi wisata keluarga yang menawarkan banyak sekali wahana permainan yang pastinya membuat Kamu dan keluarga puas. Dengan harga tiket Rp 100.000 saja Kamu bisa menikmati wahana permainan bahari dan daratnya yang menantang adrenalin Kamu. Kamu yang berada di Lamongan, jangan lewatkan WBL ini, ya!

Pantai Plengkung (G-Land)

pantai plengkung G-Land
Foto By: @glandjoyos_camp

Pantai Plengkung atau terkenal dengan nama G-Land terletak di sebelah tenggara provinsi Jawa Timur atau terletak di Banyuwangi. Berada di perairan Samudra Hindia membuat Banyuwangi Jawa Timur memiliki tempat wisata ombak yang cukup besar dan tinggi, salah satunya adalah pantai Plengkung.

Di pantai ini tidak hanya wisatawan domestik saja yang datang, turis asing dari berbagai negara juga datang ke tempat ini untuk berselancar. Di antara para peselancar, Pantai Plengkung termasuk tempat berselancar yang sangat mengasyikkan.

Situs Purbakala Trowulan

Situs Purbakala Trowulan
Foto by: @wira_

Trowulan Archeological Site adalah sebuah situs bersejarah Kerajaan Majapahit kuno yang didirikan sekitar 725 tahun yang lalu. Situs Arkeologi Trowulan ini adalah salah satu tempat favorit banyak orang terutama warga Mojokerto, Jawa Timur. Ada banyak peninggalan budaya kuno, patung dan pahatan yang diletakkan di area terbukan sehingga Kamu bisa menelusurinya.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Foto by: @vicaris_ar

Air terjun Madakaripura adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa Indonesia dan merupakan yang kedua setelah Air Terjun Gura-Gura ketika berada dalam lingkup nasional. Lokasnya  berada di Probolinggo.

Ketinggian Air Terjun Madakaripura mencapai hingga 200 meter dan airnya mengalir terus menerus, bahkan saat musim kemarau. Tidak heran, penduduk setempat menyebutnya air terjun abadi karena aliran airnya yang tak terhentikan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Jawa Timur memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang tersebar baik itu di Malang, Banyuwangi, Batu dan sebagainya. Jadi bagi Kamu yang bingung mencari tempat wisata di Jawa Timur, ulasan di atas tentu bisa membantu.

 

Leave a Comment