Tempat Wisata di Cirebon

Rutemu – Kota yang dijuluki sebagai Kota Petis, Kota Udang dan Kota Wali ini memiliki keunikan dan daya pikat yang begitu menawan lho. Terkenal sebagai salah satu kota tertua di pulau Jawa, Kamu bisa menemukan banyak tempat wisata di Cirebon dengan tema wisata sejarah hingga kuliner. Wisata alam dan modern/buatan di kota ini pun tak kalah menarik dan pastinya wajib masuk dalam list liburan Kamu nanti.

Keistimewaan yang dimiliki Cirebon dengan banyak objek wisata tersebut juga didukung dengan fasilitas yang memadai. Dengan begitu seluruh wisatawan akan lebih nyaman ketika menghabiskan waktu untuk datang ke objek wisata di Cirebon. Nah berikut adalah beberapa tempat wisata paling populer di Cirebon.

Wisata Kolam Renang / Air di Cirebon

Dengan cuaca yang bisa dikatakan sangat panas, tampaknya kolam renang bisa jadi destinasi wisata paling menarik untuk Kamu kunjungi bersama keluarga. Wisata kolam renang di Cirebon pun cukup banyak dan masing – masing tentunya menawarkan wahana – wahana seru yang harus Kamu coba.

Waterland Ade Irma Surayani

Foto by: @dwiwijayantie17
Waterland Ade Irma Surayani

Salah satu wisata yang sedang hits di Cirebon ini menawarkan 3 kolam renang utama dengan kedalaman berbeda. Fasilitasnya pun begitu lengkap, mulai dari perosotan, kolam anak, sewa ban hingga ember tumpah.

Waterland Ade Irma Suryani
Foto by: @java_boy08

Hal yang cukup menarik di wisata ini ialah konsepnya yang mengusung kelautan China. Disini terdapat bangunan berbentuk kapal besar bertuliskan Cheng Ho. Selain itu juga dilengkapi dengan rumah – rumah kecil di atas air layaknya sebuah dermaga.

Lokasi:Jalan Yos Sudarso No. 1 Lemahwungkuk, Cirebon
Harga Tiket Masuk:
  • Rp. 50.000 (weekday)
  • Rp. 60.000 (weekend)
Jam Operasional:Setiap hari (7.00 – 21.00 WIB)
No. Telepon:

Apita Waterboom

Apita Waterboom
Foto by: @sabanana.official

Menawarkan luas area hingga 10 ha, lokasi kolam renang ini dilengkapi dengan beragam fasilitas yang siap memanjakan Kamu. Menariknya, di Apita Waterboom Kamu bisa mencoba seluncuran dengan tinggi 15 meter yang akan bikin jantung Kamu berdebar kencang. Namun jangan salah, disini juga tetap disediakan kolam untuk anak – anak.

Lokasi:Jalan Tuparev, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat
Harga Tiket Masuk:
  • Rp. 10.000 (anak – anak)
  • Rp. 15.000 (dewasa)
Jam Operasional:Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:

Jempol Waterboom Cirebon

Jempol Waterboom Cirebon
Foto by: @suci_inailaikum20

Sesuai namanya, fasilitas yang ditawarkan oleh waterboom ini bisa dikatakan sangat jempolan. Berbagai wahana anak dan dewasa bisa Kamu nikmat di waterboom ini.

Keunikan wisata ini ialah adanya objek foto yang bisa Kamu jadikan sebagai background selfie. Misalnya miniatur rumah hobbit, menara eifel, lukisan 3D, susunan ban warna – warni hingga replika dinosaurus.

Lokasi:Jalan Merdeka Utara (Pintu keluar tol Kanci – Pejagan), Cileduk, Cirebon, Jawa Barat
Harga Tiket Masuk:Rp. 25.000
Jam Operasional:Setiap hari (8.00 – 16.30 WIB)
No. Telepon:

Taman Wisata Siwalk

Taman wisata satu ini merupakan tempat wisata komplit yang cocok buat Kamu kunjungi bareng pasangan, teman ataupun keluarga. Yaps, pemandian terbaru di Cirebon ini menawarkan fasilitas kolam renang, waterboom, villa, arena outbond, lapangan golf, camping ground, pondok wisata dan sebagainya.

Lokasi:Setu Patok, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat
Harga Tiket Masuk:Rp. 15.000
Jam Operasional:Setiap hari (8.00 – 18.00 WIB)
No. Telepon:

Untuk datang ke kolam renang di atas, Kamu bisa memilih waktu terbaik yaitu antara pagi sampai siang hari. Sedangkan untuk persiapan seperti pelampung bisa membawa sendiri maupun menyewa di setiap waterboom.

Tempat Wisata di Cirebon Kota

Tak mau jauh-jauh dari Kota? Tak perlu bingung, Cirebon juga menawarkan tempat wisata yang lokasinya tak jauh dari pusat kota. Kebanyakan dari objek wisata ini adalah wisata buatan atau wisata sejarah, jadi sangat cocok buat Kamu yang mau hunting foto.

Keraton Kanoman

Keraton Kanoman
Foto by: @cirebonbribin

Keraton yang dibangun pada tahun 1678 ini merupakan peninggalan Pangeran Muhammad Badridin atau yang lebih dikenal sebagai Sultan Anom I. Tempat dengan arsitektur kuno ini selain digunakan sebagai objek wisata juga digunakan sebagai tempat tinggal Sultan XII Raja Muhammad Emirusin.

Lokasi:Jl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat
Harga Tiket Masuk:Rp. 15.000
Jam Operasional:Setiap hari (9.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:

Keraton Kasepuhan

Keraton Kesepuhan
Foto by: @annisamalati

Dibangun sekitar 1 abad lebih dulu dibanding Keraton Kanoman, Keraton Kesepuhan memiliki arsitektur yang terkesan lebih kuno dan kejawen. Menariknya, keraton yang didirikan pada masa pemerintahan Pangeran Mas Mohammad Arifin ini juga dijadikan tempat penyimpanan benda bersejarah.

Lokasi:Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat
Harga Tiket Masuk:Rp. 15.000
Jam Operasional:Setiap hari (8.00 – 18.00 WIB)
No. Telepon:

Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi
Foto by: @dwiasysyafa

Selain terkenal dengan kerajinan tangan berupa patung, Cirebon juga banyak memproduksi batik, terutama di kawasan Kampung Batik Trusni. Di tempat ini Kamu bukan hanya bisa melihat-lihat batik dan berbelanja batik, namun juga belajar membatik.

Lokasi:Desa Weru Lor, Weru, Cirebon, Jawa Barat
Harga Tiket Masuk:
Jam Operasional:Setiap hari
No. Telepon:

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Foto by: @dewisetia.k

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika Cirebon juga disebut sebagai kota wali, sehingga tak heran jika banyak bangunan peninggalan Islam. Seperti Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang telah berdiri sejak tahun 1480 dengan arsitektur joglo tradisional ini.

Lokasi:Jl. Kasepuhan, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat
Harga Tiket Masuk:
Jam Operasional:Setiap hari
No. Telepon:

Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan
Foto by: @cirebonbribin

Satu lagi keraton yang wajib Kamu kunjungi saat berada di Cirebon, keraton Karicebonan. Paduan arsitektur joglo, China dan Belanda terlihat harmonis pada bangunan ini.

Lokasi:Jalan Pulasaren, Desa Pekalipan, Pulasaren, Cirebon, Jawa Tengah
Harga Tiket Masuk:Rp. 15.000
Jam Operasional:Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:

Telaga Remis

Telaga Remis
Foto by: @wira.depe

Telaga dengan suasana alam yang masih sangat terjaga ini juga banyak dijadikan sebagai spot foto. Suasana tenang juga sangat terasa disini, jadi cocok buat Kamu yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan ketenangan alam.

Lokasi:Desa Kaduela, Kuningan, Cirebon, Jawa Tengah
Harga Tiket Masuk:Rp. 10.000
Jam Operasional:Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)
No. Telepon:

Dari objek wisata Cirebon dekat kota tersebut Kamu juga bisa belajar tentang sejarah Cirebon serta melihat benda-benda peninggalan masa kesultanan.

Wisata Kuliner di Cirebon

Hobi berburu kuliner lezat? Kamu tak salah kota jika berkunjung ke Cirebon. Yups, berbagai sajian lezat bisa Kamu dapatkan di rekomendasi tempat wisata di cirebon berikut ini.

Restoran Kelapa Manis

Restoran Kelapa Manis
Foto by: @rmklapamanis

Buat Kamu yang mau makan malam romantis bareng pasangan, restoran ini bisa jadi tempat favorit buat kalian. Dengan dekorasi yang super romantis dan makanan lezatnya, dijamin dinner-mu akan lebih menyenangkan.

Lokasi:Jl. Raya Gronggong, Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat
Harga Menu:Rp. 5.000 – Rp. 450.000
Jam Operasional:Setiap hari (11.00-22.00 WIB)
No. Telepon:

Restoran Seafood Jumbo

Ke Cirebon pastinya belum lengkap dong kalau Kamu belum menikmati seafoodnya. Di Restoran Seafood Jumbo ini Kamu bisa menyantap berbagai olahan seafood segar dengan harga yang terjangkau.

Lokasi:Jl. Siliwangi No.191, Kejaksan, Cirebon, Jawa Barat
Harga Menu:Rp. 20.000 – Rp.60.000
Jam Operasional:Setiap hari (10.30-22.00 WIB)
No. Telepon:

Mie Koclok Jatimerta

Mie Koclok Jatimerta
Foto by: @jakartaculinary_

Mungkin Kamu pernah dengar nama sajian ini di Bandung. Ya sekilas memang mie koclok hampir sama dengan mie kocok Bandung, namun olahan ini dimasak dengan kuah santan yang menjadikan cita rasanya lebih legit.

Lokasi:Jalan Kartini, Kejaksan, Cirebon, Jawa Barat
Harga Menu:Rp. 13.000
Jam Operasional:Setiap hari (12.00-22.00 WIB)
No. Telepon:

La Oceana Seafood Resto

Cirebon memang dipenuhi dengan restoran seafood yang akan memanjakan perut Kamu, tapi La Oceana Seafood Resto adalah salah satu yang terbaik dan wajib Kamu kunjungi. Disini Kamu juga akan mendapatkan suasana resto yang tenang dan cozy.

Lokasi:Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo 178, Kesambi, Cirebon, Jawa Tengah
Harga Menu:Rp. 33.000/ons
Jam Operasional:Setiap hari (11.00-22.00 WIB)
No. Telepon:

Yuk, ajak teman, keluarga serta orang tersayang buat menikmati hidangan lezat di tempat makan recommended di atas.

Wisata Malam di Cirebon

Setelah lelah menikmati indah dan serunya suasana siang hari di Cirebon, bukan alasan buat Kamu kembali ke penginapan sesegera mungkin. Sebab di kota ini Kamu juga bisa menemukan banyak wisata malam yang sayang buat dilewatkan.

Bukit Gronggong

Spot foto dengan background eksotisme perbukitan memang sedang booming saat ini, dan Cirebon memiliki satu spot yang bisa jadi referensimu. Ya, Bukit Gronggong merupakan sebuah bukit yang akan membawamu menikmati kelap-kelip lampu di Cirebon dari ketinggian, suasana romantis dan syahdu pastinya sangat terasa di kawasan ini.

Lokasi:Jalan Patapan, Beber, Cirebon
Harga Tiket Masuk:
Jam Operasional:Setiap hari
No. Telepon:

Taman Sari Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi
Foto by: @gadistraveller

Taman dengan luas 15 ha ini juga menjadi spot terbaik buat Kamu yang sedang berburu sunset. Pesona perbukitan batu yang mengelilingi Taman sari Goa Sunyaragi tampak begitu sempurna berpadu dengan orangenya langit Cirebon di sore hari.

Lokasi:Sunyaragi, Kesambi, Cirebon
Harga Tiket Masuk:Rp. 10.000
Jam Operasional:Setiap hari (8.00 – 18.00 WIB)
No. Telepon:

Kebanyakan dari objek wisata malam Cirebon di atas menawarkan keindahan alam dan kelap-kelip lampu di kota Cirebon.

Tempat Nongkrong di Cirebon

Mau ngerasain gimana serunya jadi anak muda Cirebon? Kamu bisa datang ke tempat nongkrong nan hits di bawah ini.

Raja Dimsum

Sebenarnya konsep dari tempat nongkrong ini lebih ke resto, namun dengan tema yang lebih kekinian sehingga banyak anak muda yang datang ke tempat ini. Menu makanan yang ditawarkan pun cukup beragam serta murah pastinya.

Lokasi:Jalan Tuparev No 10 Sukapura, Kejaksan, Cirebon
Harga Menu:Mulai dari Rp. 12.000
Jam Operasional:Setiap hari (10.00 – 21.00 WIB)
No. Telepon:

Fresqa Bistro

Tempat nongkrong yang lokasinya berada di Hotel Butiqa ini bisa dikatakan sebagai tempat nongkrong paling hits di Cirebon. Dengan arsitektur modern, elegan dan menu super menggoda, dijamin Kamu akan betah berlama-lama di Fresqa Bistro.

Lokasi:Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi, Cirebon
Harga Menu:Rp. 7.000- Rp. 250.000
Jam Operasional:Setiap hari (06.00 – 23.00 WIB)
No. Telepon:

Olive Bistro

Olive Bistro
Foto by: @nanayusuf27

Café yang banyak menyajikan makanan western ini mengusung konsep bangunan modern yang menjadikannya terlihat begitu kekinian. Pastinya lokasi ini akan menjadi tempat berburu spot foto bagi anak muda.

Lokasi:Jalan Siliwangi No.80, Kejaksan, Cirebon
Harga Menu:
Jam Operasional:Setiap hari (11.00 – 22.00 WIB)
No. Telepon:

My Story Café, Bistro & Sosial House

Berada tidak jauh dari Alun-ALun Kesepuhan, tempat nongkrong cozy ini sangat mudah ditemukan. Dengan konsep modern, minimalis dan berpadu sedikit konsep classic, menjadikan tempat ini sangat asik buat kumpul-kumpul, terlebih lagi pilihan makanannya yang begitu beragam.

Lokasi:Jalan Pulasaren No. 46, Cirebon
Harga Menu:
Jam Operasional:Setiap hari (Tutup pukul 23.00 WIB)
No. Telepon:

Del Vente

Mengusung konsep semi outdoor, tempat ini sangat cocok buat Kamu kunjungi saat sore hingga malam hari. Lokasi Del Vente juga cukup luas sehingga dijamin Kamu akan merasa nyaman meski pengunjung yang datang begitu ramai.

Lokasi:Jalan Kesambi Raya No. 40, Cirebon
Harga Menu:
Jam Operasional:Tutup Permanen
No. Telepon:

Selain menawarkan makanan lezat dan tempat yang cozy, tempat nongkrong di Cirebon tersebut juga kebanyakan menawarkan fasilitas lebih seperti WiFi. Jadi dijamin Kamu bakal betah lama-lama nongkrong di Cirebon.

So, tempat wisata di Cirebon mana sajakah yang sudah masuk list liburan Kamu nanti? Pastikan Kamu tak melewatkan salah satunya ya!

Leave a Comment