Wisata Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton, Bandung

21 Ulasan

Kota Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata yang bisa Kamu kunjungi adalah Tebing Keraton. Tebing ini cukup tinggi dan tampak spektakuler, terlebih dengan adanya embel-embel Keraton membuat tebing ini terdengar mistis.

Tebing ini memiliki ketinggian 1200 mdpl. Dengan ketinggian ini, Kamu bisa melihat pemandangan hutan nan jauh di mata dengan puas dan indahnya. Sudah penasaran dengan ke eksotisan tebing ini? simak informasinya di bawah ini.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Adapun cara ke tebing keraton juga cukup mudah, ada beberapa rute yang bisa ditempuh tergantung dari mana asal Kamu berangkat. Jika ingin menuju ke wisata ini, hal pertama yang harus ditemui adalah Taman Hutan Ir. H. Djuanda yang berada di Dago Pakar.

Dari sini jalan saja terus hingga Kamu menemukan sebuah plang dengan tulisan Dago Pakar atau bukit pakar dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan gapura Hutan raya yang berada di sebelah kiri. Untuk mencapai tebing, Kamu harus berjalan kurang lebih 3,5 km dengan jalan yang sedikit rusak. Jika Kamu masih bingung, buka saja google maps dengan koordinat -6.8351800, 107.6634118.

Informasi Tentang Wisata Tebing Keraton Bandung
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung Barat, Jawa Barat (kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda)
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional:Setiap hari
Harga Tiket Masuk:Rp. 11.000/orang
Telepon:

Fakta Menarik (Fun Facts)

Bicara soal pemandangan, tenang saja karena di tebing Keraton ini Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Selain itu, udaranya juga masih sangat sejuk dan pokoknya bakal cocok untuk Kamu. Adapun keindahan yang bisa Kamu saksikan di sini adalah sebagai berikut.

Hamparan Hutan Hijau

Wisata Tebing Keraton Lembang Bandung
Foto By: @ahmad.shyarief
Wisata Tebing Keraton Bandung
Foto by: @dikikhaerudin

Dari atas tebing Kamu bisa melihat dan menikmati hutan yang hijau dan luas di depan mata. Adapun panorama hutan ini adalah Hutan Ir. H. Junanda. Coba, bayangkan melihat hutan dari atas ketinggian, bukankah hal ini sangat mengasyikkan? Tentunya view alam ini akan membuat sesi berfoto Kamu semakin menarik.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunset di Wisata Tebing Keraton Bandung
Foto by: @sukiminthio

Selain bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah, di tebing Keraton ini Kamu bisa melihat Sunrise dan Sunset yang sangat indah. Dibalik hutan yang hijau, Kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit maupun tenggelam di tempat ini.

Camping

Camping di Tebing Keraton Bandung
Foto by: @irfanfathur_rohman

Bagi Kamu yang suka dengan alam bebas, maka lokasi ini sangat cocok untuk tempat camping. Dengan udara yang masih terjaga dan keindahan alam yang masih terjaga membuat siapa saja betah. Namun, di tempat ini Kamu harus tetap sopan mengingat sejarah tebing keraton yang cukup mistis.

Fasilitas

Meskipun tebing keraton hanyalah wisata camping, namun tempat ini sudah menyediakan beberapa fasilitas yang akan mendukung perjalanan Kamu. Beberapa fasilitas ini seperti saung, toilet, mushola, menara pemantau burung dua lantai, camping ground dan puncak tebing.

Tips Saat Berkunjung

Sekedar tips untuk Kamu yang ingin mengunjungi tebing keraton agar perjalanan lebih menyenangkan dan sesuai dengan suasana di sana. Jadi ada beberapa benda yang harus Kamu bawa diantaranya adalah sebagai berikut:

Membawa Jaket

Mengapa harus membawa jaket, karena suhu udara di wisata ini cukup dingin. Apalagi saat di malam hari, suhu udara sangat dingin dan akan membuat Kamu menggigil jika tidak membawa jaket.

Membawa Sepatu

Membawa sepatu juga sangat penting mengingat lokasi tebing keraton banyak terdapat pasir kercing yang licin. Safety tentunya lebih penting dibandingkan Kamu nekat pergi ke sini hanya dengan menggunakan sandal saja. Kamu bisa terpeleset kapan saja, apalagi pengamanannya juga masih sangat terbatas.

Jangan Membawa Anak-Anak

Karena lokasi wisata ini cukup ekstrim, maka dari itu tempat ini tidak cocok dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga. Jika keselamatan Kamu saja bisa terancam, apa jadinya jika membawa anak-anak.

Apakah nyali Kamu tertantang untuk menuju ke Tebing Keraton Bandung ini? Ingat, tetap waspada dan hati-hati saat berkunjung ke tempat ini. pastikan juga Kamu sopan meskipun tempat ini sudah sangat ramai didatangi wisatawan.

21 Ulasan Pengunjung Tebing Keraton, Bandung

  1. Sekedar info. Htm ke tebing keraton ini 15rb perorang. Itu juga bisa buat masuk ke TAhura. Hutannya ya seperti hutan wisata pd umumny. Cuma untuk mencapai kesini kita harus naik ojeg 50rb Pulang pergi. Karena memang jln menuju kesana cukup jauh dan nanjak bgt. Setelah mencapai kesana terobati…krn kita bisa lihat pemandangan dr atas. Dan anda harus coba foto di tebing nya itu loh. Mmg memacu adrenalin, tpi seru banget loh.

  2. Dingin banget klu di musim hujan, nyampe lokasi jam 5.30 kabut masih tebal jarak pandang kadang cuman 1-2 meter. Tapi liat hutan pinus dan tebing diselimuti kabut dan liat samar2 desa di atas bukit…👍kayak negeri diatas awan. Klu mau liat sunrise lebih baik di musim panas kesininya. &/ pas migrasi burung. Untuk tiket masuk hanya 15 rb katanya sih bisa dipakai untuk ke dago pakar sm lokasi sekitarnya(kyk tiket terusan gitu). Untuk parkir motor 5 rb. Mobil kayaknya gak bisa nyampe atas (kyknya berhenti di lembah kuring). Dari parkiran lembah kuring jarknya 2 km jadi ada ojeg kayknya sih.

  3. Dari bandung kota lebih kurang 20 menit kalau lancar, itu hitungan nya pake motor ya, biasanya kawasan padet di deket jajawai lumayan lama disitu. Dari situ lancar keatas. Jalan nya pas 2 mobil pemandangan menuju tempatnya pedesaan banyak lahan pertanian dan perkebunan. Tiketnya waktu saya kesana 15000 perorang. Belum parkir ya. Paling parkir 2000. Untuk jajanan masih standar, tidak jauh beda dengan yg diluaran. Pemandangan disana nya indah bgt cuy. Kaya diatas awan. Tp hati2 yg pobia ketinggian agar didampingi yoo. Hati2 jg banyak monyet dilepas disana.

  4. arrggh…. cakep sih tapi tempatnya terlalu kecil dan manusianya terlalu banyak . bawa mobil dicegat di parkiran dibawah. gojek akan nawarkan 50rb per orang untuk sampai keatas. maaahaallll banget . tapi serius deh kalau jalan kaki itu kejauhan dan menanjak banget. ga rekomen jalan kaki kalau ga nanjak extereem sih gak apa2 ini banyak tanjakan extreem, kalau bawa anak2 atau wanita yang biasa jalan kaki better naik motor….. tapi ini tricknya naik motor. jual mahal aja dulu sambil jalan keatas pelan2 nanti mereka ngikutin tuh pada nawarin terus, udah agak kira 100-200 meter jalan nah mulai tawar aja. pas kesana kemarin berdua akhirnya 30rb satu motor. trus pas turunnya satu motor bawa 2 orang cuma bayar 25rb per motor, jadi lebih murah. jangan deal dari bawah karena pasti kena 50rb/orang dan gojeknya banyak banget mereka gak boleh turunin harga kalau banyak temen2nya. Baliknya sih enak gpp jalan kaki harusnya… oh iya balik ke tebing kerantonnya sendiri , yah gitu lah coba yah saya kasih review. + pemandangannya memang bagus banyak awan seperti negeri diatas awan, tapi sunrisenya kemarin kurang bagus ketutup awan. + tempatnya bersih aman . – akses keatas sulit. – terlalu kecil dan terlalu banyak manusia, mau foto spot harus ganti2an ribet jg, . – gak bisa ngapa2in lagi diatas sana selain foto2 sebentar trus pulang , kurang worthed sih kalau melihat jauh2 kesana plus mahalnya ongkos gojek. . tapi kalau gak coba sendiri mana berasa…. hayoo berangkatlah

  5. Akesesnya cukup mudah,harga tiketnya juga sangat murah yaitu Rp.15.000 untuk satu orang, setelah itu pengunjung akan mendapatkan gelang sebagai tanda masuk. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda empat, mereka bisa meletakan kendaraannya di bawah, kemudian mereka harus mendaki untuk sampai ke tebing keraton, tapi bagi anda yang tidak ingin membuang-buang waktu, di sana tersedia jasa ojek yang akan mengantarkan anda sampai ke tebing keraton, untuk tarif perorangnya adalah Rp.50.000 ( bisa di tawar asal tau caranya ). Tapi bagi anda yang sudah terbiasa berjalan kaki, pengalaman mendaki tebing keraton bukan hal yang sulit, terlebih jalanannya sudah menggunakan aspal. Sepanjang perjalan anda akan di suguhkan dengan panorama alam yang tentunya tidak akan anda dapatkan di kota besar seperti Jakarta.

  6. Sebaiknya ke sini saat subuh atau saat senja. Transportasi terbaik ke sini adalah sepeda motor. Jika naik mobil atau Gojek/grab, kita harus turun di pintu terakhir parkir. Jalan kaki masih sangat jauh, naik ojek cukup mahal, sekitar 30ribu.. . Tapi kalau naik motor pribadi bisa sampai loket tiket. Untuk ke sini tidak harus fisik prima, karena tidak perlu jalan jauh sudah sampai spot. Harga tiket masuk 15 per orang, parkir motor 5ribu.

  7. Indah sekali sunrisenya. Untuk naik keatas gak bisa pake mobil, jadi mobil diparkir diparkiran terus naek ojek keatasnya. Lumayan bayarnya 50000 perorang bisa ditawar kalo 1 ojek dinarkin 2 penumpang. Kalo mau ngejar sunrise mendingan pake ojek, tapi kalo nyantai dan sekaligus olahraga, bisa sekalian joging dari tahura.

  8. Tempat yg indah buat kalian para kaum muda untuk bersantai menikmati indahnya alam dengan secangkir kopi panas yg di seduh kedalam cangkir dengan dibalut gula hingga terasa manis yg membuat harimu saat mengunjungi tempat ini berasa lebih bernuansa alam. Tempat ini menyediakan tempat duduk dan warung agar para wisatawan dapat menikmati angin sejuk yg berhembus dari segala arah. di tempat ini juga banyak pohon rindang yg dapat membuat siapapun yg mengunjunginya terasa lebih nikmat dan kembali segar

  9. Kalo lagi musim kaya gini tempat nya kira kira masih dibuka apa ngga yahh?

  10. Kalo keadaan sekarang kira” masih buka GK yah tempat wisata atau tutup?

  11. Di aplikasi Maps nya “Buka Sekarang” nyatanya ditutup (Lockdown)

  12. Udaranya sejuk, cocok bwat rekreasi smbil olahraga pagi.

  13. Tempat nya asik, sejuk pemandangan nya Indah, apalagi klo kita datang di pagi hari, saat kabut beranjak naik… Bisa juga cuna hiking ajah,melewati kebun sayuran

  14. Pemandangan yang bagus dan sejuk, perjalanan yang menanjak jadi ga terasa..

  15. Rekomended banget..view nya bagus.masih asri,indah dan sejuk.tidak jauh dari kota bandung.akses jalan nya sudah bagus…mantap lah poko na mah

  16. Klo mau nyari kabut disini harus pagi” bgt datengnya

  17. Well, tebing keraton jadi salah satu destinasi di bandung untuk spot foto yang instagram-able! Sedikit tips : dateng ke sini pagi atau menjelang sore karena biar dapet kabutnya. Tapi kalau ga ada kabutnya pun, pemandangannya masih bagus banget! Kalau kalian dateng kesini naik mobil, you have to rent motorcycle to reach tebing keraton. Harganya 30-50k untuk 1 motor. Karena waktu itu lagi holiday on budget, akhirnya memutuskan jalan kaki dari parkiran mobil. It takes 35 minutes dengan jalan yang lumayan nanjak. Karena sekarang lagi pandemic, harus pake ktp bandung ya. Semoga covid ini cepet selesai agar bisa balik lagi kesini. Totally worthy!

  18. Biaya masuk 25k saran bawa minum sama makanan sendiri terus mending naik motor aja daripada mobil karna mobil tidak bisa sampai ke tujuan musti jalan lagi

  19. Tempat wisata dimana kita bisa melihat landscape kota bandung dari ketinggian… Viewnya dari atas bagus banget dan instagramable, cocok untuk selfie/foto-foto… . Jalur nya sama kaya ke tahura, tapi kalo tebing keraton lokasinya lebih atas lagi… Kalo naik motor atau mobil, ga bisa langsung ke atas, parkir nya harus dibawah, karna mereka pikir nanti ojek nya takut ga laku lagi 😛. Kalo saya parkir motor nya di depan cafe warban, karna lumayan lama jadi saya kasih 5 ribu utk bapa parkir nya… FYI, tukang ojek nya cenderung maksa kalo di sini, jadi jangan perlihatkan raut muka cape, harus terlihat semangat ya..😅. . Menuju ke atas, kita bisa jalan kaki/hiking atau ya itu tadi, naik ojek seharga 20 ribu, relatif mahal padahal cuma makan waktu 10 menit kalo naik motor… Sedangkan kalo jalan kaki makan waktu sekitar 45 menit kalo jalannya santai… . Oiya, kalo masih pagi di sepanjang jalan akan kalian temui banyak monyet, tapi tenang aja, mereka relatif jinak karna sudah terbiasa dengan manusia… Kalo masih khawatir, pegang aja batu kecil untuk berjaga-jaga, dilempar kerikil juga biasanya mereka langsung lari 🙊. . Tiket masuk tebing kraton seharga 15 ribu per orang, sudah dapat souvenir gelang… Di masa pandemi ini, harus reservasi online dulu kalo mau ke sini, website dan cara daftarnya silahkan googling..

  20. Kalau mau berkunjung harus reservasi online dulu, karena semenjak covid-19 pengunjung tebing keraton jd di batasi, agar menghindari kerumunan.

  21. Overall View Amazing, banyak yang pakai sepeda ke area ini, sebenarnya mobil bisa masuk sampai dekat pintu masuk area ini tapi kalau area sepi, kalau ramai sekali harus parkir cukup jauh dibawah sepertinya, saya kurang tahu pasti, kalau harus parkir di area parkiran bawah, harus jalan cukup jauh sekali ke area ini.. . Lebih nyaman pakai sepeda motor saran saya.

Tinggalkan Balasan