Jawa TengahBandung

Tebing Keraton

Informasi Tentang Wisata Tebing Keraton Bandung
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung Barat, Jawa Barat (kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda)
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional:Setiap hari
Harga Tiket Masuk:Rp. 11.000/orang
Telepon:

Rutemu – Kota Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata yang bisa Kamu kunjungi adalah Tebing Keraton. Tebing ini cukup tinggi dan tampak spektakuler, terlebih dengan adanya embel-embel Keraton membuat tebing ini terdengar mistis.

Tebing ini memiliki ketinggian 1200 mdpl. Dengan ketinggian ini, Kamu bisa melihat pemandangan hutan nan jauh di mata dengan puas dan indahnya. Sudah penasaran dengan ke eksotisan tebing ini? simak informasinya di bawah ini.

Apa Saja yang Ada di Tebing Keraton?

Bicara soal pemandangan, tenang saja karena di tebing Keraton ini Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Selain itu, udaranya juga masih sangat sejuk dan pokoknya bakal cocok untuk Kamu. Adapun keindahan yang bisa Kamu saksikan di sini adalah sebagai berikut.

Hamparan Hutan Hijau

Wisata Tebing Keraton Lembang Bandung

Foto By: @ahmad.shyarief

Wisata Tebing Keraton Bandung

Foto by: @dikikhaerudin

Dari atas tebing Kamu bisa melihat dan menikmati hutan yang hijau dan luas di depan mata. Adapun panorama hutan ini adalah Hutan Ir. H. Junanda. Coba, bayangkan melihat hutan dari atas ketinggian, bukankah hal ini sangat mengasyikkan? Tentunya view alam ini akan membuat sesi berfoto Kamu semakin menarik.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunset di Wisata Tebing Keraton Bandung

Foto by: @sukiminthio

Selain bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah, di tebing Keraton ini Kamu bisa melihat Sunrise dan Sunset yang sangat indah. Dibalik hutan yang hijau, Kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit maupun tenggelam di tempat ini.

Camping

Camping di Tebing Keraton Bandung

Foto by: @irfanfathur_rohman

Bagi Kamu yang suka dengan alam bebas, maka lokasi ini sangat cocok untuk tempat camping. Dengan udara yang masih terjaga dan keindahan alam yang masih terjaga membuat siapa saja betah. Namun, di tempat ini Kamu harus tetap sopan mengingat sejarah tebing keraton yang cukup mistis.

Rute & Cara Menuju ke Tebing Keraton

Adapun cara ke tebing keraton juga cukup mudah, ada beberapa rute yang bisa ditempuh tergantung dari mana asal Kamu berangkat. Jika ingin menuju ke wisata ini, hal pertama yang harus ditemui adalah Taman Hutan Ir. H. Djuanda yang berada di Dago Pakar.

Dari sini jalan saja terus hingga Kamu menemukan sebuah plang dengan tulisan Dago Pakar atau bukit pakar dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan gapura Hutan raya yang berada di sebelah kiri. Untuk mencapai tebing, Kamu harus berjalan kurang lebih 3,5 km dengan jalan yang sedikit rusak. Jika Kamu masih bingung, buka saja google maps dengan koordinat -6.8351800, 107.6634118.

Fasilitas yang Ada di Tebing Keraton

Meskipun tebing keraton hanyalah wisata camping, namun tempat ini sudah menyediakan beberapa fasilitas yang akan mendukung perjalanan Kamu. Beberapa fasilitas ini seperti saung, toilet, mushola, menara pemantau burung dua lantai, camping ground dan puncak tebing.

Tips Saat Berkunjung ke Tebing Keraton

Sekedar tips untuk Kamu yang ingin mengunjungi tebing keraton agar perjalanan lebih menyenangkan dan sesuai dengan suasana di sana. Jadi ada beberapa benda yang harus Kamu bawa diantaranya adalah sebagai berikut:

Membawa Jaket

Mengapa harus membawa jaket, karena suhu udara di wisata ini cukup dingin. Apalagi saat di malam hari, suhu udara sangat dingin dan akan membuat Kamu menggigil jika tidak membawa jaket.

Membawa Sepatu

Membawa sepatu juga sangat penting mengingat lokasi tebing keraton banyak terdapat pasir kercing yang licin. Safety tentunya lebih penting dibandingkan Kamu nekat pergi ke sini hanya dengan menggunakan sandal saja. Kamu bisa terpeleset kapan saja, apalagi pengamanannya juga masih sangat terbatas.

Jangan Membawa Anak-Anak

Karena lokasi wisata ini cukup ekstrim, maka dari itu tempat ini tidak cocok dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga. Jika keselamatan Kamu saja bisa terancam, apa jadinya jika membawa anak-anak.

Apakah nyali Kamu tertantang untuk menuju ke Tebing Keraton ini? Ingat, tetap waspada dan hati-hati saat berkunjung ke tempat ini. pastikan juga Kamu sopan meskipun tempat ini sudah sangat ramai didatangi wisatawan.

0/5 (0 Reviews)
About author

Gemar menikmati panorama alam disela-sela kesibukannya menatap layar komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *