Wisata Taman Tebing Koja Tangerang Banten

Taman Tebing Koja (Kandang Godzilla), Tangerang

28 Ulasan

Wisata Taman Tebing Koja Solear Tangerang merupakan salah satu tempat wisata di Banten, yang sedang hits dan viral di media sosial. Tak ayal, dengan beredarnya foto-foto Tebing Koja membuat tempat wisata ini ramai dikunjungi. Hal tersebut memang karena Taman Tebing Koja menyajikan panorama yang sangat unik. Yakni berupa tebing-tebing yang terbentuk dari pertambangan yang saat ini sudah tidak aktif.

Dengan latar belakang tebing yang menjulang tinggi, serta dengan bentuknya yang unik. Maka jepretan foto yang dihasilkan di Tebing Koja yang mirip seperti Kandang Godzila ini sangat kekinian dan instagramable.

Selain itu, di bagian dasar dari tebing-tebing yang menjulang tinggi ini terdapat aliran air. Terbentuk dari air hujan, warna airnya kehijauan dan terlihat segar. Tak hanya itu saja, dilengkapi dengan pemandangan persawahan dan perkebunan, memberikan suasana yang semakin sejuk dan syahdu.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten
Jam Buka:Setiap hari (7.00 – 17.00 WIB)
Akses Jalan:Mudah dijangkau
Petunjuk:Google Maps

Alamat Taman Tebing Koja berada di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Tangerang. Sebenarnya, rute ke Taman Tebing Koja sama ketika Kamu akan mengunjungi danau Cisoka. Nah, untuk memulai perjalanan, jika Kamu berangkat dari Cawang, maka masuk tol dalam arah Grogol. Dari tol tersebut kemudian ambil tol merak dan keluarnya di gerbang Balaraja Barat.

Setelah keluar dari tol, maka ambil arah kiri, kemudian masuk ke Jl. Raya Serang. Sekitar 10 menit kemudian, maka Kamu akan menemukan plang “Cisoka”, maka beloklah ke arah kiri. Di Jl. Raya Cisoka ini terus ikuti jalan. Apabila Kamu menemukan perempatan, maka tetap lurus saja.

Setelah melewati Jl. Raya Cisoka sekitar 9,7 Km atau sekitar 20 menit, maka belok ke arah kanan. Memang disini tidak ada pertanda yang signifikan, namun sebagai patokan terdapat batu berwarna biru muda.

Susuri jalan terus menerus, hingga Kamu menemukan jalan dengan percabangan Y, maka ambil arah kanan. Dengan jalan berupa beton yang hanya muat untuk 1 mobil saja, maka Kamu nantinya akan menemukan lokasi Taman Tebing Koja.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Tercatat sebagai salah satu tempat wisata di Tangerang dengan harga tiket masuk yang cukup murah. Di Taman Tebing Koja ini kamu dapat melakukan dan menemukan beberapa hal, berikut diantaraya.

Tebing Mirip Kandang Godzilla

Wisata Taman Tebing Koja Tangerang Banten
Foto by: @stephanierewidya

Sebagian dari Kamu pasti akan bertanya mengapa wisata ini sering dikatakan sebagai Kandang Godzilla? Apakah disana ada Godzilla? Tentu tidak. Seperti yang telah dijelaskan tadi, tebing tinggi yang ada di Taman Tebing Koja terbentuk dari penambangan. Nah, salah satu tebing yang terbentuk tersebut, ternyata jika diamati mirip seperti Godzilla, sehingga orang yang berkunjung ke lokasi ini menyebutnya sebagai Kandang Godzilla.

Tebing Mirip Gerbang / Pintu Masuk

Tebing Koja Mirip Gapura Pintu Masuk
Foto by: @stephanierewidya

Di Taman Tebing Koja ini, Kamu bisa berfoto dalam beberapa spot berlatar belakang tebing. Selain berfoto dengan tebing yang menyerupai Godzilla, selanjutnya Kamu bisa berfoto pada tebing yang mirip seperti gapura pintu masuk.

Berfoto & Berteduh di Gubuk

Puas berfoto di atas, maka Kamu bisa melanjutkan ke bawah. Di bagian bawah terdapat area yang tidak berair, sehingga Kamu bisa take a picture disitu. Selain itu, di bagian bawah juga terdapat pondok atau gubuk yang bisa digunakan untuk berteduh.

Gubug di Tebing Koja
Foto by: @bhrdnn_

Menaiki Perahu & Berkeliling

Naik Perahu di Taman Tebing Koja
Foto by: @naana1704

Tak hanya itu saja, selain berfoto di Tebing Koja, Kamu juga bisa menaiki perahu. Ya, dengan adanya area perairan, maka Kamu bisa menggunakannya untuk menyusuri sungai. Hal ini tentunya juga bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan latar belakang perairan dan tebing yang menjulang tinggi.

Fasilitas

Fasilitas Umum:Area parkir, gazebo untuk istirahat.
Sosial Media:Instagram

Karena masih dikelola oleh perorangan, maka belum banyak fasilitas yang tersedia. Yang tersedia hanya lahan untuk parkir, gubuk untuk berteduh serta perahu yang bisa digunakan untuk mengelilingi danau.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga Tiket Masuk:Rp. 5.000 / Orang
Biaya Parkir:Rp. 2.000 untuk Motor
Rp. 5.000 untuk Mobil
Lain – Lain:Rp. 5.000 foto di gubuk

Tips Saat Berkunjung

Karena Taman Tebing Koja belum dikelola oleh pemerintah, maka keamanannya masih belum prima, sehingga jika Kamu akan berkunjung ke Taman Tebing Koja harus berhati-hati. Sebab untuk menaiki tebing belum ada pengamanan yang khusus. Bagi yang ingin ke toilet, disini juga belum tersedia. Jadi, jika ingin ke toilet maka bisa mengunjungi rumah warga.

Keunikan dari Kandang Godzilla inilah yang membuat tempat wisata di Tangerang ini ramai dikunjungi. Apalagi dengan perairannya yang indah, serta panoramanya yang sejuk, membuat suasana yang tercipta semakin memanjakan para pengunjung.

28 Ulasan Pengunjung Taman Tebing Koja (Kandang Godzilla), Tangerang

  1. Menuju ke tempat ini bisa naik kendaraan pribadi atau naik commuter line Tanah Abang-Rangkasbitung turun di Tigaraksa atau Maja. Saya sendiri turun di Stasiun Maja, lanjut naik ojek ke sungai dan menyeberang naik getek.. . Sebagai tempat refreshing alami dekat Jakarta, saya cukup rekomendasikan karena tempatnya menarik apalagi memahami angel yang tepat. Pengunjung bisa dapat spot foto bebatuan, danau, atau rumput-rumput hijau.. . Pengelolaan area ini agak kurang baik. Hampir sama jenis wisata alam yang pernah saya kunjungi di Pulau Jawa.. . Disana ada local guide yang dapat dimintai tolong mengambil foto yang pas. Isterinya juga membuka warung di dekat gerbang masuk.. . Disarankan menggunakan sunscreen, membawa topi, payung, dan air terlebih jika cuaca panas supaya tidak dehidrasi dan kulit terbakar.

  2. Perebutan lahan oleh warga sekitar,,,, pintu masuk menuju lokasi tebing beda2, & diambil alih oleh warga sekitar,. Retribusi bs berkali-kali, Hati2,. Lebih baik tdk usah ke sini lagi, karena tdk terawat dan sudah kotor. . #LennyBatubara. @d’Lubie band. . From Jakarta, 5Jan2020

  3. Tempat distinasi wisata yg lumayan bagus buat celphi2…..sayang di dalam tebingnya sudah dikapling2….klo dikelola masuknya satu pintu…..pengunjung bisa lbh enak dan nyaman. Ingat kenyamanan pengunjung dan kemudahan akses dan rasa aman pengunjung penting utk kedepan yg lbh baik 👍🙏

  4. Pungli merajalela. tiket tak resmi, harga tak masuk akal. rampok berkedok pengelola.. Prewed kemahalan. rampok pengunjung ratusan ribu,. petugasnya gak kaya kaya. SARAN…: JANGAN DATANG KE TEBING KOJA.

  5. Pungli merajalela. tiket tak resmi, harga tak masuk akal. rampok berkedok pengelola.. Prewed kemahalan. rampok pengunjung ratusan ribu,. petugasnya gak kaya kaya. SARAN…: JANGAN DATANG KE TEBING KOJA.

  6. Punglinya luar biasa…..buat Foto prewed kemahalan harga nya, tempt nya biasa ajh g istimewa…. Klu mo Foto prewed yg d situ cari ajh yg lain.

  7. Cocok buat Foto2 prewedd, cm hrs bnyk pembenahan jalan menuju lokasi terlalu sempit cukup utk 1 mobil saja

  8. Sayang bgt tidak ada petunjuk arah ke lokasinya,setelah sampai apa yg di lihat kurang puas,sayang bgt biaya masuknya kurang terjaganya.

  9. Tebing koja tuh i dah bagus tapi sayang banyak pembayaran dari mulai masuk kampung sampe tebig pasti banyak bayaran

  10. Banyak pungli dan tiketnya juga cuman fotokopian. Alasannya dari karang taruna setempat. Belum masuk ke lokasinya udah dimintai bayaran 5 kali. Pos 1 10k, pos 2 15k, pos 3 10k, pos 4 10 k, parkir bayar lagi 10k. . TIDAK RECOMMENDED BUAT WISATA. . . Kalo pengelolaannya begini, bikin . banyak wisatawan kecewa

  11. Instagramable banget . Sayang nya ada 2 pintu masuk skrg . Klo mau ke kedua tempat bayar lagi , hmmmmm.

  12. Tidak rekomend untuk ke sana, banyak pungli. Tempat tidak ada bagus2 nya. Tolong pemerintah kelola ini, supaya bandit2 di sana mampus.

  13. Lumayan buat spot poto. Maen maen lah kesini. Recomended, tiket masuk cuma Rp. 5000

  14. Saran aja sih kalo yg mau kesini.. . Kalau dimintain uang pas di depan jangan mau itu pungli.. . Dan kondisi sekarang ga begitu terawat, banyak sampahnya juga.. . . Lalu untuk spot foto udah tinggal sedikit karena sebagian wilayahnya diklaim sama orang pribadi jadi di kasih pembatas seng..

  15. Pemandangan Lumayan untuk wilayah Banten, sangat disayangkan tidak terawat, Hanya menang Retribusi Liar sangat banyak. bagi wisatawan siapkan uang utk retribusi sangat banyak yg minta2. tidak kebayar sama obyek wisatanya. pemda tolong di pantau

  16. Masya allah apik banget. Sayangnya masih ada pungli disekitar

  17. Cocok buat santai melepas penat setelah seminggu bekerja, semoga aja pemerintah setempat bisa mengfasilitas buat ke depanya

  18. Ada banyak gerbang masuk ke tempat ini karena pada satu tempat pemilik tanah nya berbeda beda. Jadi tiap wilayah spot punya pengelola berbeda (siap siap bayar masuk lagi). Bagi yang pertama kali ke tempat ini pasti akan dialihkan ke gerbang pertama (paling awal). Dan yang datang pada siang hari akan mendapati banyak pungli. Ada banyak warung di tiap spot dan pengelola tiap tiap spot terbilang sangat ramah dan jujur. Bagi kalian yang ingin berswafoto di tempat ini lebih baik bertanya pada pengelola untuk mendapatkan spot yang bagus.. . Tips: . – untuk menghindari pungli datanglah sebelum jam 7 atau 8 pagi.. – spot sunrise adalah di pintu masuk paling ujung.. – spot sunset adalah di pintu masuk paling awal.. – untuk kebutuhan syuting atau pre wedding ada harga khusus per grup.. – camera, drone diperbolehkan selain kebutuhan pre wedding kecuali sudah memiliki izin.. . Note: info didapat pada februari 2020, pada saat itu air sedang keruh karena sempat kebanjiran.

  19. Tempatnya bagus untuk foto2 ,, tp sangat disayangkan banyak pungli ,, blum masuk aja udah kena pungli , didlem kena pungli lagi cuma karena mau melewati lahannya saja ..

  20. Bagus tempatnya, bayar 15rb + parkir kalo di pintu resmi. Tiket ke dlm 5rb per kendaraan, tiket masuk 5rb per orang + parkir. Spot foto ada yg berbayar, tgl pinter2nya aja cr angle yg pas spy dpt spot berbayar tp gratis.

  21. indah dipandang mata, itulah kesan pertama kali ketika datang ke Taman Tebing Koja

  22. Cukup…. Masih perlu bnyk dibenahi…

  23. Cukup bagus namun di setiap pintu masuk di kenai biaya retribusi

  24. bgs utk tmpt berselfi, bnyk spot2 menarik

  25. Banyak pungli, gak profesinal sama sekali, bayar 3x, pertama uang masuk wilayah, kedua uang masuk saat parkir, ketiga uang parkir. Satu tempat tapi dikuasai beberapa warlok sehingga saat kita akan pindah area kita akan dikenakan biaya tambahan lagi walaupun masih di tempat wisata yang sama(jadi 4x). Mungkin pemerintah daerah kab Tangerang tidak bisa campur tangan karena mungkin tempat itu termasuk tanah milik warga, jadi ya dimaklumi kalau nanti bakal banyak pungli, walaupun hanya 5rb sekali pungli tapi itu terkesan tidak profesional, dan justru mencoreng kredibilitas serta harkat dan martabat warga setempat, jadi semestinya perangkat desa setempat yang lebih dekat dengan warga sekitar ikut turun tangan dan lebih merapikannya lagi dari segi fasilitas atupun alur masuk ke tempat wisata tsb, kan nantinya bisa jadi pemasukan untuk desa dan lebih mensejahterakan masyarakat setempat, sekian terima kasih…

  26. Tempat nya lumayaan adem , makanan nya juga murah ko tp banyak pungli 🙁 Mau masuk ke tebing koja per motor kena 5000 parkir 3000 tiket masuk 10,000/ orang . per wilayah 5000/orang . . Bikin repot si ngeluarin duid mlu buat bayar klo mau pindah lokasi ke lokasi , kenapa ga langsung bayar di depan aj biar g bayar2 lagi .

  27. Pemandangan nya Eksotik kita seperti berada di jaman Prasejarah,khusus Bagi pencinta Alam suatu tempat yg mengasyikkan kan 🤩

  28. View alam yg exotic….natural sprti di raja 4…😄beautiful.

Tinggalkan Balasan