Informasi Tentang Taman Sari Yogyakarta
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Jl. Tamanan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133 (Kawasan Kraton Yogyakarta)
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap hari (8.00 – 15.00)
Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000 (belum termasuk biaya parkir)
Telepon:

Rutemu – Yogyakarta, selain dikenal sebagai Kota Gudeg dan Pelajar, juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik. Di kota yang kata Joko Pinurbo dibuat dengan rindu, pulang dan angkringan ini terdapat banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satu ide wisata yang bisa menjadi menu liburan yang menarik untuk mengisi liburan adalah Taman Sari Yogyakarta.

Destinasi wisata ini berada di sekitar pusat Kota Yogyakarta dan masih berada di lingkungan kraton. Tidak hanya itu, dulunya, Taman Sari adalah taman pemandian bagi para selir dan permaisuri Kraton Yogyakarta. Nah, tempat ini kini dibuka menjadi destinasi wisata sejarah dan menyediakan banyak spot menarik untuk berfoto. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Spot Foto Terkeren di Taman Sari Yogyakarta

Sebagaimana disinggung di awal, Taman Sari Jogja merupakan tempat wisata sejarah yang begitu menarik untuk dikunjungi. Saat Kamu berada di tempat ini, Kamu akan menemukan bangunan yang memiliki desain kuno namun masih berdiri dengan megah. Tidak hanya itu, bangunan ini juga dikelilingi dengan benteng besar khas bangunan kuno.

Taman Sari Yogyakarta
Foto by: @leonard_c4me

Ketika masuk di kawasan Taman Sari, Kamu akan disuguhkan dengan beberapa keindahan yang begitu hakiki. Selain bangunan dengan desain yang unik dan kuno, ada beberapa kompleks wisata yang siap mewarnai liburan bersama rekan-rekan.

Wisata Taman Sari Jogja
Foto by: @travelustbyus

Nah, salah satu kompleks utama dari wisata Taman Sari adalah danau buatan yang ada di sebelah barat. Danau ini cukup besar dan memiliki air cukup bening. Hanya saja, pengunjung tidak diperkenankan mandi di danau tersebut.

Selain danau, di sebelah selatan ada pemandian Umbul Binangun. Ini adalah pemandian yang dulu digunakan oleh selir dan permaisuri Kraton Yogyakarta. Meskipun demikian, kini umbul tersebut sudah tidak dipergunakan lagi. Lokasi ini sering menjadi spot foto yang menarik dengan latar belakang yang sangat elegan.

Taman Sari Water Castle Jogja
Foto by: @steffani_ten
https://www.instagram.com/luludheaz/
Foto by: @luludheaz

Hal lain yang menarik dari Taman Sari Water Castle adalah Pulo Cemethi. Tempat ini terletak di sekitar bagian inti Taman Sari. Tempat ini dulunya merupakan lokasi penting yang digunakan sebagai tempat meditasi oleh Sultan. Nah, sekarang ini, Pulo Cemethi menjadi ikon wisata yang sering dikunjungi. Untuk menuju ke tempat ini, Kamu harus melewati lorong bawah tanah.

Pulo Cemethi Taman Sari Yogyakarta
Foto by: @farahanastasia

Selain berbagai spot foto menarik, mitos Taman Sari Yogyakarta juga membuat lokasi ini menjadi favorite pengunjung. Ada kasak-kusuk mengenai misteri Taman Sari Yogyakarta yang mengatakan bahwa pasangan akan awet hidup bersama jika mendatangi tempat ini. Hanya saja, kebenaran mitos tersebut masih tanda tanya.

Mitos Taman Sari Yogyakarta
Foto by: @wanderlustusblog

Rute & Cara Menuju ke Taman Sari Yogyakarta

Alamat Taman Sari Yogyakarta terletak di Jalan Tamanan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta. Lokasi ini terletak tidak jauh dari Alun-Alun Selatan Jogja, tepatnya ada di sebelah barat alun-alun.

Untuk menuju ke tempat ini, Kamu bisa memulainya dari kawasan 0 kilometer. Nah, untuk menuju ke Taman Sari Yogyakarta, telusuri 0 kilometer ke arah selatan menuju ke arah selatan. Ambil jalan sebelah barat lalu lurus saja ke selatan. Nah, setelah sampai ke pertigaan Pasar Burung Lama, belok kiri. Sekitar 50 meter kemudian, belok kanan dan Taman Sari ada di sebelah kanan jalan.

Fasilitas yang Ada di Taman Sari Yogyakarta

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola tergolong cukup lengkap. Selain gerbang tiket masuk Taman Sari Yogyakarta yang ada di depan bangunan, Kamu akan menemukan area parkir yang cukup luas di bagian depan bangunan. Ada beberapa pengelola parkir yang akan menata kendaraan dengan rapi.

Fasilitas lain seperti toilet, mushola dan tempat makan tersedia dengan rapi di sekitar lokasi. Bahkan, Kamu bisa menemukan makanan tradisional selama kunjungan berlangsung. Sangat menarik, bukan?

Tips Saat Berkunjung ke Taman Sari Yogyakarta

Sejarah Taman Sari Yogyakarta yang begitu memukau memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak jarang mereka memenuhi lokasi wisata ini terutama di akhir pekan. Nah, jika Kamu ingin pergi ke tempat ini, usahakan berangkat di pagi hari. Ya, jam buka Taman Sari Yogyakarta hanya tersedia mulai jam 08.00 hingga sekitar jam 15.00. Setelah itu, bangunan akan ditutup.

Selain itu, jangan lupa membawa kamera berkualitas untuk mengabadikan momen liburan dengan spesial. Tentu, akan lebih baik jika Kamu mengajak teman yang suka dunia fotografi untuk memaksimalkan hasil jepretan berlatar belakang bangunan yang bersejarah.

Nah, demikian beberapa ulasan singkat mengenai Taman Sari Yogyakarta. Untuk masuk ke tempat ini, Kamu cuma perlu membayar Rp 10.000 saja. Murah, bukan?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here