Wisata Taman Sari Jogja

Taman Sari Yogyakarta, Kota Yogyakarta

22 Ulasan

Yogyakarta, selain dikenal sebagai Kota Gudeg dan Pelajar, juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik. Di kota yang kata Joko Pinurbo dibuat dengan rindu, pulang dan angkringan ini terdapat banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satu ide wisata yang bisa menjadi menu liburan yang menarik untuk mengisi liburan adalah Taman Sari Yogyakarta.

Destinasi wisata ini berada di sekitar pusat Kota Yogyakarta dan masih berada di lingkungan kraton. Tidak hanya itu, dulunya, Taman Sari adalah taman pemandian bagi para selir dan permaisuri Kraton Yogyakarta. Nah, tempat ini kini dibuka menjadi destinasi wisata sejarah dan menyediakan banyak spot menarik untuk berfoto. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Jl. Tamanan, Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta
Jam Buka:Setiap hari (9.00 – 15.00 WIB)
Akses Jalan:Mudah dijangkau dan ditemukan
Petunjuk:Google Maps

Alamat Taman Sari Yogyakarta terletak di Jalan Tamanan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta. Lokasi ini terletak tidak jauh dari Alun-Alun Selatan Jogja, tepatnya ada di sebelah barat alun-alun.

Untuk menuju ke tempat ini, Kamu bisa memulainya dari kawasan 0 kilometer. Nah, untuk menuju ke Taman Sari Yogyakarta, telusuri 0 kilometer ke arah selatan menuju ke arah selatan. Ambil jalan sebelah barat lalu lurus saja ke selatan. Nah, setelah sampai ke pertigaan Pasar Burung Lama, belok kiri. Sekitar 50 meter kemudian, belok kanan dan Taman Sari ada di sebelah kanan jalan.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Saat mengunjungi Taman Sari Jogja ini, Kamu akan menemukan beberapa hal yang menarik. Lalu apa saja yang ada disini? Berikut ulasannya.

Bangunan Bersejarah

Taman Sari Yogyakarta
Foto by: @leonard_c4me

Sebagaimana disinggung di awal, Taman Sari Jogja merupakan tempat wisata sejarah yang begitu menarik untuk dikunjungi. Saat Kamu berada di tempat ini, Kamu akan menemukan bangunan yang memiliki desain kuno namun masih berdiri dengan megah. Tidak hanya itu, bangunan ini juga dikelilingi dengan benteng besar khas bangunan kuno.

Bisa Jadi Spot Foto

Wisata Taman Sari Jogja
Foto by: @travelustbyus

Ketika masuk di kawasan Taman Sari, Kamu akan disuguhkan dengan beberapa keindahan yang begitu hakiki. Selain bangunan dengan desain yang unik dan kuno, ada beberapa kompleks wisata yang siap mewarnai liburan bersama rekan-rekan.

Nah, salah satu kompleks utama dari wisata Taman Sari adalah danau buatan yang ada di sebelah barat. Danau ini cukup besar dan memiliki air cukup bening. Hanya saja, pengunjung tidak diperkenankan mandi di danau tersebut.

Pemandian Permaisuri

Taman Sari Water Castle Jogja
Foto by: @steffani_ten

Selain danau, di sebelah selatan ada pemandian Umbul Binangun. Ini adalah pemandian yang dulu digunakan oleh selir dan permaisuri Kraton Yogyakarta. Meskipun demikian, kini umbul tersebut sudah tidak dipergunakan lagi. Lokasi ini sering menjadi spot foto yang menarik dengan latar belakang yang sangat elegan.

https://www.instagram.com/luludheaz/
Foto by: @luludheaz

Pulo Cemethi

Pulo Cemethi Taman Sari Yogyakarta
Foto by: @farahanastasia

Hal lain yang menarik dari Taman Sari Water Castle adalah Pulo Cemethi. Tempat ini terletak di sekitar bagian inti Taman Sari. Tempat ini dulunya merupakan lokasi penting yang digunakan sebagai tempat meditasi oleh Sultan. Nah, sekarang ini, Pulo Cemethi menjadi ikon wisata yang sering dikunjungi. Untuk menuju ke tempat ini, Kamu harus melewati lorong bawah tanah.

Mitos Taman Sari Jogja

Mitos Taman Sari Yogyakarta
Foto by: @wanderlustusblog

Selain berbagai spot foto menarik, mitos Taman Sari Yogyakarta juga membuat lokasi ini menjadi favorit pengunjung. Ada kasak-kusuk mengenai misteri Taman Sari Yogyakarta yang mengatakan bahwa pasangan akan awet hidup bersama jika mendatangi tempat ini. Hanya saja, kebenaran mitos tersebut masih tanda tanya.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola tergolong cukup lengkap. Selain gerbang tiket masuk Taman Sari Yogyakarta yang ada di depan bangunan, Kamu akan menemukan area parkir yang cukup luas di bagian depan bangunan. Ada beberapa pengelola parkir yang akan menata kendaraan dengan rapi.

Fasilitas lain seperti toilet, mushola dan tempat makan tersedia dengan rapi di sekitar lokasi. Bahkan, Kamu bisa menemukan makanan tradisional selama kunjungan berlangsung. Sangat menarik, bukan?

Harga Tiket Masuk (HTM)

Domestik:Rp. 5.000
Turis:Rp. 15.000
Biaya Parkir:Rp. 3.000 / Motor
Kamera Selain HP:Rp. 3.000
Guide:Sukarela

Seperti tabel diatas, retribusi yang diterapkan pada wisata ini sangatlah murah. Fasilitas dan pengalaman yang akan Kamu dapatkan juga begitu banyak. Jadi, tetap jaga kesopanan dan etika saat berada di taman sejarah ini ya.

Tips Saat Berkunjung

Sejarah Taman Sari Yogyakarta yang begitu memukau memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak jarang mereka memenuhi lokasi wisata ini terutama di akhir pekan. Nah, jika Kamu ingin pergi ke tempat ini, usahakan berangkat di pagi hari. Ya, jam buka Taman Sari Yogyakarta hanya tersedia mulai jam 9.00 hingga sekitar jam 15.00. Setelah itu, bangunan akan ditutup.

Selain itu, jangan lupa membawa kamera berkualitas untuk mengabadikan momen liburan dengan spesial. Tentu, akan lebih baik jika Kamu mengajak teman yang suka dunia fotografi untuk memaksimalkan hasil jepretan berlatar belakang bangunan yang bersejarah.

Nah, demikian beberapa ulasan singkat mengenai Taman Sari Yogyakarta. Yuk segera agendakan perjalanan liburan Kamu ke salah satu wisata favorit di Jogja ini. Happy holiday!

22 Ulasan Pengunjung Taman Sari Yogyakarta, Kota Yogyakarta

  1. Penjaga di pintu keluar setelah pemandian kebetulan di tanggal 27 Desember 2019 galak , memang bagus agar para pengunjung jadi lebih mengerti tapi tidak semua pengunjung juga bersifat keras kepala jadi tidak perlu di teriaki atau di bentak , karena di jalan itu bersifat one way saya hanya melongok dan secara spontan langsung dibentak , hooi hooi ga boleh kesini lagi , nada tinggi dan kasar saya dapati , saya tahu anda lelah , tapi tidak mungkin hanya dalam waktu buka dari jam 9 dan di jam set 10 anda sudah capek , betapa tak punya malu nya orang Jogja wkwk , mending Jakarta , karena kalo g ada jakarta , ga da yang namanya jogjakarta , holiday tahun 2019 ini saya sarankan untuk tidak berkunjung ke tempat yang kurang ramah pengunjung ini wkw

  2. Tempat bersejarah, harus diunjungi, saya sarankan bawa banyak teman, bisa sewa tourguide untuk informasi lengkap seputar taman sari dan masjid bawah tanah. . Taman sari berada di kawasan Keraton Yogyakarta. Untuk menjangkaunya bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau sepeda. Kalian juga bisa memanfaatkan angkutan umum yang ada disana, seperti delman dan becak. Bisa juga ditempuh dengan jalan kaki (sekalian olahraga tentunya ya soalnya lumayan jauh kalo jalan kaki dari keraton, tapi asalkan ada niat semua pasti tercapai hehehehehehehe). . . Untuk kawasannya lumayan sejuk di bagian pintu masuk. Pada halaman depan disuguhkan taman yang rapi dan bagus untuk fotografi.. . Setelah keluar dari area kolam, wisatawan akan diajak untuk melihat orang membuat batik dan ukiran pada wayang kulit. Jangan lupa sediakan beberapa rupiah sebagai imbalan untuk foto bersama.. . Selamat berwisata!!!

  3. Masa setelah Perjanjian Giyanti, Pangeran Mangkubumi membangun keraton sebagai pusat pemerintahan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I membangun keraton di tengah sumbu imajiner yang membentang di antara Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis. Titik yang menjadi acuan pembangunan keraton adalah sebuah umbul (mata air). Untuk menghormati jasa istri-istri Sultan karena telah membantu selama masa peperangan, beliau memerintahkan Demak Tegis seorang arsitek berkebangsaan Portugis dan Bupati Madiun sebagai mandor untuk membangun sebuah istana di umbul yang terletak 500 meter selatan keraton. Istana yang dikelilingi segaran (danau buatan) dengan wewangian dari bunga-bunga yang sengaja ditanam di pulau buatan di sekitarnya itu sekarang dikenal dengan nama Taman Sari.. .. .. .. 📷 @trenggalekeksis . . #landscape #amateur #photography #amateurphotography #story #art #likeforlikes #followforlikes #like4likes #lfl #fff #bukantraveller #garden #watercastle #tamansari #yogyakarta #indonesia #jogyakeren #instanusantara #viewnusantara

  4. Bekas pemandian sultan zaman dahulu kala yang viral krn banyak yg bisa foto foto instagramable disana pada kenyataan sangat zonk buat cari spot foto yg bersih dr krumunan org trutama saat weekend/libur nasional. . . Kalau boleh saran, ksanalah pagi2 bgt atau agak sorean, krn pas siang hari cuaca panas di Yogya panasnya bukan main. . . Kurang direkomendasikan utk ibu ibu membawa anak bayi/balita krn jalan naik turun,,Ditambah situs yang sgt minim informasi kecuali pakai guide yah dan ambil brosurnya kalau ada utk mnambah pengetahuan.

  5. Selain difungsikan sebagai tempat rekreasi, nampaknya Tamansari juga memiliki fungsi pertahanan dan fungsi religi. Fungsi pertahanan tampak pada tembok keliling yang tebal dan tinggi, gerbang yang dilengkapi tempat penjagaan, dan bastion atau tulak bala sebagai tempat menaruh persenjataan. Selain itu terdapat beberapa urung-urung atau jalan bawah tanah yang menghubungkan satu tempat ke tempat lain. Juga posisi bangunan Pulo Kenanga yang tinggi, diduga difungsikan sebagai tempat peninjauan apabila musuh datang.. . Fungsi religi ditunjukkan dari adanya bangunan Sumur Gumuling dan Pulo Panembung. Sumur Gumuling yang berbentuk melingkar difungsikan sebagai masjid, sedang Pulo Panembung digunakan oleh Sultan sebagai tempat untuk bermeditasi. Kedua bangunan ini berada di tengah kolam Segaran, tampak menyembul di tengah bentangan air yang luas.

  6. Selain difungsikan sebagai tempat rekreasi, nampaknya Tamansari juga memiliki fungsi pertahanan dan fungsi religi. Fungsi pertahanan tampak pada tembok keliling yang tebal dan tinggi, gerbang yang dilengkapi tempat penjagaan, dan bastion atau tulak bala sebagai tempat menaruh persenjataan. Selain itu terdapat beberapa urung-urung atau jalan bawah tanah yang menghubungkan satu tempat ke tempat lain. Juga posisi bangunan Pulo Kenanga yang tinggi, diduga difungsikan sebagai tempat peninjauan apabila musuh datang.. . Fungsi religi ditunjukkan dari adanya bangunan Sumur Gumuling dan Pulo Panembung. Sumur Gumuling yang berbentuk melingkar difungsikan sebagai masjid, sedang Pulo Panembung digunakan oleh Sultan sebagai tempat untuk bermeditasi. Kedua bangunan ini berada di tengah kolam Segaran, tampak menyembul di tengah bentangan air yang luas.

  7. Selain difungsikan sebagai tempat rekreasi, nampaknya Tamansari juga memiliki fungsi pertahanan dan fungsi religi. Fungsi pertahanan tampak pada tembok keliling yang tebal dan tinggi, gerbang yang dilengkapi tempat penjagaan, dan bastion atau tulak bala sebagai tempat menaruh persenjataan. Selain itu terdapat beberapa urung-urung atau jalan bawah tanah yang menghubungkan satu tempat ke tempat lain. Juga posisi bangunan Pulo Kenanga yang tinggi, diduga difungsikan sebagai tempat peninjauan apabila musuh datang.. . Fungsi religi ditunjukkan dari adanya bangunan Sumur Gumuling dan Pulo Panembung. Sumur Gumuling yang berbentuk melingkar difungsikan sebagai masjid, sedang Pulo Panembung digunakan oleh Sultan sebagai tempat untuk bermeditasi. Kedua bangunan ini berada di tengah kolam Segaran, tampak menyembul di tengah bentangan air yang luas.

  8. Selain difungsikan sebagai tempat rekreasi, nampaknya Tamansari juga memiliki fungsi pertahanan dan fungsi religi. Fungsi pertahanan tampak pada tembok keliling yang tebal dan tinggi, gerbang yang dilengkapi tempat penjagaan, dan bastion atau tulak bala sebagai tempat menaruh persenjataan. Selain itu terdapat beberapa urung-urung atau jalan bawah tanah yang menghubungkan satu tempat ke tempat lain. Juga posisi bangunan Pulo Kenanga yang tinggi, diduga difungsikan sebagai tempat peninjauan apabila musuh datang.. . Fungsi religi ditunjukkan dari adanya bangunan Sumur Gumuling dan Pulo Panembung. Sumur Gumuling yang berbentuk melingkar difungsikan sebagai masjid, sedang Pulo Panembung digunakan oleh Sultan sebagai tempat untuk bermeditasi. Kedua bangunan ini berada di tengah kolam Segaran, tampak menyembul di tengah bentangan air yang luas.

  9. Taman sari harga tiket masuknya terjangkau, tempatnya bagus, cuma jalan masuknya sedikit membingungkan untuk yg baru pernah kesana. Mungkin tempat membeli tiket masuknya bisa tepat sebelum pintu masuk, dan rute nya juga mungkin bisa diperbaiki agar semakin tertata. Kalo ke Jogja wajib ke Taman sari. Terima kasih

  10. Bagus… Pas kesini rame banget, pdhl bukan weekend, ber2 cm bayar 10rb.. kl bawa kamera nanti ada tambahan nya lagi

  11. Situs taman istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang pernah mendapat sebutan The Fragrant Garden dibangun pada 1758-1765. Kemegahan bangunan ini masih bisa di rasakan sampai sekarang. Dinding tinggi nan tebal menggambarkan betapa historical bangunan bersejarah ini. Pada hari libur banyak pengunjung yang datang kesini

  12. Hi Guys ,, beberapa waktu lalu aku main ke Taman Sari. Menurutku tempat ini tu cocok buat sumber informasi, mempelajari sejarah dan mengenang perjuangan dr pahlawan nasional kita,,di tempat ini kalian juga bisa berfoto-foto karena ada banyak spot foto yg bisa kalian coba,,untuk biaya masuknya cukup terbilang murah dan disini kalian bisa menyewa juru foto dan kalian jg bisa membawa kamera sendiri dgn tarif karcis berbeda,,disini kalian akan mendatangi beberapa lokasi dan untuk menuju ke spot berikutnya kalian akan melewati jalanan ditengah desa yg lumayan tp kl kalian sampe tempatnya gk bakalan kecewa kok,,karna tempat nya keren buat foto-foto walau agak terbilang rame dan kalian otomatis harus mengantri untuk bergilir foto,,,untuk akses masuknya otomatis mudah banget dong karna Taman Sari letaknya di bagian kota,,yg blm pernah kesini menutur aku sih wajib kesini,,apalagi yg suka foto² dan jago editing,,,the best lah. . IG : ahmadtaufiq182

  13. merupakan situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. . . Awalnya, taman ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja. . . Rekomendasi dikunjungi sepagi mungkin, agar tidak terlalu ramai dan airnya masih terlihat sangat jernih

  14. Kewrenn bgt deh seriuss wkwk. Waktu itu kayanya tiket masih 5k,sayang dateng pas jam rame2 🙁 ,yg mau dateng jgn diatas jm 10 pagi pas wekeend deh rame poll,pas foto banyak yg lewat ntar 😂. Ternyata luas bgtt,mau cari spot utama muter ga ketemu-temu tp seru sih :D. Saran buat yg berhijab jgn pake warna kuning/mustard karena matek,nanti di foto warnanya hampir sama temboknya wkwk✌

  15. aku pernah kesini, menurutku tempatnya bagus bangunan kokoh dan recomended untuk kalian yg suka foto2. htm juga murah sekitar 5rb waktu itu, taman sari ini menyatu sama kampung warga ya guys jadi terasa bgt kekeluargaannya orangnya disana juga ramah2 . tempat parkir luas dan pengen kesana lagi

  16. Taman sari itu adalah sebuah bangunan kuno milik keraton Yogyakarta yang berupa kolam pemandian. Ciri khas klasiknya masih dipertahankan. Tembok nya sangat indah cocok untuk Photography, biasanya dipakai untuk photo pre-wedding dan post wedding dan juga sekedar berfoto bersama teman dan keluarga.. Oh iya kolamnya sudah tidak boleh buat mandi loh ya… Heheheee..

  17. Tempat wisata yang bagus. Bisa mengenal sejarah jawa, disana juga ada guide yang bisa mengantar kalian dan mengabadikan momen bersama keluarga, untuk tarif guide itu bayar seikhlasnya

  18. Kampung wisata Tamansari secara kewilayahan berada di kelurahan Patehan Kecamatahn Kraton. Secara toponim nama tamansari konon berasal dari nama Pesanggrahan tamansari. Kampung wisata Tamansasri sangat strategis karena lokasinya berada di kawasan Obyek Wisata Tamansari ( Water Castle ) dan berada dalam kawasan besar Kraton Kasultanan Yogyakarta, oleh karena itu kampung wisata tamansari keberadaanya memang memiliki fungsi sebagai penyangga kawasan Obyek Wisata Tamansari dan Kraton Yogyakarta.. . Kampung Tamansari sesuai data dan informasi yang bersumber baik dari pihak kraton maupun balai pelestarian bangunan dan cagar budaya konon merupakan danau yang cukup luas (segara anakan) yang dilengkapi dengan parit (sungaio buatan) dari Tamansari menuju ke bangunan pusat kraton melalui segaran. Tamansari sejatinya sebuah pesanggrahan yang konon dibangun 1758 M yang ditandai dengan candra sengkala catur naga rasa tunggal. Pada waktu itu pembangunannya dipimpin langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I dan sebagai penanggung jawab pelaksanaanyadipercayakan kepada Bupati Madiun Raden Rangga Prawirasentika, sedangkan konstruksinya oleh Bupati Kyai Tumenggung Mangoendipoero.. . Pesanggrahan Tamansari sejak awal dibangun untuk keperluan pertahanan dalam arti secara phisik namun secara filosofi pesanggrahan Tamansari ada dua nilai yang ingin digambarkan yaitu proses pencarian kesenangan duniawi yang disimbolkan adanya taman dan kolam yang indah namun disisi lain ada bangunan utama yang disebut sumur gemuling dan adanya Mighrab (tempat imam) yang biasa digunakan untuk memimpin sholat, jadi sumur gemuling yang menjadi bagian dari tamansari adalah ujian bagi seseorang terkait antara kesenangan duniawi dengan aturan aturan Illahi, semua gambaran itu ada didalam pesanggrahan Tamansari maupun pesanggrahan lain.. . Kampung wisata Tamansari berbasis pada potensi Budaya dan Heritage dan disuport dengan atraksi kerajinan batik pranting dan lukis batik serta adanya daya traik yang unik yaitu daanya wilayah yang disebut sebagai kampung cyber, dimana dalam satu wilayah RT warganya terkoneksi dengan jaringan internet sehingga pertemuan warga dapat dilakukan secara online.. . Dalam satu sisi lain kampung wisata Tamansari terdukung adanya gerakan yang dilakukan oleh warga dalam atta kelola lingkungan yang asri dan green and clean dengan melakukan pembuatan taman disudut sudut kampung serta menanam berbagai tanaman langka. Kampung wisata Tamansari menjadi semakin menarik untuk dikunjungi karena disana terdapat sebuah inetgral antara seni budaya, heritage, dan lingkungan serta tehnologi informasi.. . Adapun kreatifitas warga Tamansari tidak berhenti hanya disitu namun kini banyak warga yang bmenjadikan halaman dan rumahnya tempat rset area dan tempat minum kopi sambil menikmati suasana kampung dan rutinitas sosial masyarakat sehari hari sehingga menimbulkan seasana unik dan spesifik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Tamansari.. . Untuk meningkatkan atraksi daya tarik wisata, kampung wisata Tamansari menggelar kalender event tahunan dalam bentuk Festival Tamansari yang dilaksanakan di plaza halaman depan obyek tamansari. Berbagai atraksi budaya digelar muali dari siang sampai malam hari. Kegiatan festival tamansari dimulai dengan kenduri atau bancakan kemudian dilanjutkan kirab budaya dan malamnya menampilkan gelaran pentas seni dengan menampilkan kesenian rakyat antara lain, semni tari klasik, musimkeroncong, gejog lesung, sll. Kalender event tahunan tersebut sekaliogus menjadi ajang kreatifitas dan pem,belajaran tata kelola penyelenggraan kampung wisata bagi generasi muda yang tergabuhng dalam wadah “bala muda taman” sekaligus wadah untuk proses regenerasi dan sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat khususnya generasi muda di kampung Tamansari.. . sumber : Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta

  19. Bangunan yang efektif pada tahun 1765 – 1812 sudah tidak lagi utuh. Namun sisa – sisa bangunan istana air ini menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara. Letaknya yang strategis memudahkan akses wisatawan untuk datang ke tempat wisata ini.. . Harga Tiket masuk Taman Sari Yogyakarta. Untuk menikmati salah satu Cagar Budaya megah ini, pengunjung dikenakan tarif murah meriah. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp.15.000 untuk wisatawan mancanegara. Pengunjung yang akan berswafoto dan membawa kamera akan dikenakan tiket kamera sebesar Rp3.000.. Berada di kawasan cagar budaya ini pengunjung dapat menyusuri jejak-jejak reruntuhan dan sisa bangunan yang megah. Dahulu Taman Sari terdiri dari 57 bangunan yang berdiri diatas tanah seluas 10 hektar. Terdiri dari gedung, kolam pemandian, danau beserta pulau buatan, lorong bawah air, kanal air, jembatan gantung dan bangunan lainnya.. Istana air ini terdiri dari 4 bagian, namun hanya satu yang masih utuh yaitu pemandian umbul binangun. Sebagian wilayah Istana sudah menjadi pemukiman warga yang dulu merupakan abdi dalam keraton Yogyakarta.

  20. Objek wisata yang bagus untuk semua usia. Mulai dari anak-anak memang sebaiknya sudah mulai dikenalkan dengan objek wisata tradisional sehingga mereka bisa turut mencintai budayanya. Tiket masuk termasuk murah dan banyak spot foto. Tidak jauh dari sini, anda bisa berjalan kaki ke alun-alun selatan yang bisa anda nikmati untuk merasakan alun-alun yang Jogja Banget.

  21. Taman Sari Yogyakarta merupakan salah satu bangunan milik kesultanan Yogyakarta yang difungsikan sebagai destinasi wisata.Namun selain sebagai destinasi wisata,taman sari pada saat tertentu juga masih digunakan sebagai tempat ritual oleh keluarga raja.. . Dengan bentuk bangunan arsitektur ala Portugis jawa, bangunan di taman ini menjadi daya tarik utama.Meskipun sekarang kondisi bangunan tak lagi utuh seperti saat masih difungsikan sebagai taman kesultanan namun tetap saja aura keindahan terpancar kuat dari bangunan di taman ini.. . Taman sari Jogja kini telah menjadi landmark bagi daerah Istimewa Yogyakarta.konsep gaya arsitektur di taman sari berbeda dengan konsep arsitektur didalam keraton Jogja.Hal ini karena bangunan di taman sari lebih condong tematik dengan lebih mengutamakan bagian pemandian yang memiliki julukan “istana air Jogja”.. . Taman Sari Jogja ddibuka untuk kunjungan wisatawan mulai dari jam 8 pagi dan ditutup jam 2 siang.Tiket masuk taman sari dibedakan antara pengunjung domestik dan pengunjung manca negara.Untuk tamu domestik dikenakan tarif 5 ribu sedangkan wisatawan asing 7 ribu rupiah.Dan juga ada tiket masuk untuk kamera sebesar 2 ribu rupiah.Untuk wisatawan yang ingin menggunakan jasa tour guide dikenakan biaya tambahan 25 ribu.. . Fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung di taman sari sudah cukup lengkap.Pengelola menyediakan fasilitas berupa: tempat parkir, toilet, pemandu wisata, dan toko cenderamata.Sedangkan untuk penginapan dan tempat makan, pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan hal itu.Mengingat taman sari terletak di tengah kota Jogja jadi sangat mudah menemukan fasilitas makan dan menginap di sekitar lokasi ini.. . Zaman sekarang pesona taman sari masih bisa membuat hati pengunjung terlena dengan spot-spot artistik dan bangunan yang menonjolkan keunikan.diantaranya : kolam taman sari, gapura panggung, gapura agung, dan sumur gamuling.

  22. Yang suka liburan bgs untuk berkunjung kesini. Untuk menambah wawasan. . Buat foto2 jg bgs.. Ini foto lamaa pengen liburan kesini lagiii…♥♥♥♥

Tinggalkan Balasan