Wisata Stonehenge Yogyakarta

Stonehenge Jogja, Yogyakarta

10 Ulasan

Apakah Kamu pernah mendengar kata Stonehenge? Stonehenge adalah salah satu bangunan bersejarah pada zaman perunggu dan juga neolitikum di Amesburry, Wiltshire Inggris. Bangunan peninggalan sejarah terkenal ini berbentuk seperti sebuah lingkaran batu tegak yang tertancap kuat di atas tembok tanah.

Bangunan ini hingga sekarang masih cukup fenomenal dan membuat banyak orang mengunjungi kawasan wisata tersebut. Namun, jika kamu ingin melihat dari dekat monumen tersebut tidak perlu jauh-jauh datang ke Inggris. Cukup mengunjungi Yogyakarta, maka kamu akan menemukan Stonehenge Jogja. Atau dengan kata lain, kini Jogja sudah mempunyai replika yang dibuat sangat mirip dengan yang aslinya.

Alamat, Rute dan Cara Menuju

Menuju ke lokasi wisata ini tidak sulit untuk dicari, karena ada  di objek wisata The Lost World Castle atau lebih tepatnya di dusun Petung, desa Kepuharjo, kec Cangkringan, Sleman Yogyakarta.

Jika saat ini kamu berada di Jogja, maka arahkan kendaraan ke Jl. Kaliurang. Ikuti jalur yang ada dan lurus mengikut jalan hingga ke Kaliadem lalu cari rute menuju Bebeng. Dari lokasi tersebut, kamu dapat mengikuti petunjuk ke arah Stonehenge. Tidak perlu khawatir masalah kondisi jalan karena sudah cukup bagus. Namun demikian, kamu juga harus tetap waspada karena beberapa jalur ada yang sempit.

Informasi Tentang Wisata Stonehenge Jogja
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Trutan Kepuharjo, Cangkringan, Sleman – Yogyakarta
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional:Setiap hari (07.00 – 18.00 WIB)
Harga Tiket Masuk:Rp. 10.000
Telepon:

Fakta Menarik (Fun Facts)

Sejarah & Asal Usul

Wisata Stonehene Merapi
Foto by: @barli8js

Stonehenge merapi sendiri adalah sebuah replika yang sengaja dibuat untuk memfasilitasi para pengunjung yang ingin melihat lebih dekat tentang bangunan bersejarah ala Inggris tersebut. Jika dilihat berdasarkan sejarah, spot ini sengaja dibuat untuk menyempurnakan beberapa bangunan yang akan masuk ke dalam objek wisata dengan tema “The Lost World Castle”.

Stonehenge Merapi berada di ketinggian sekitar 850 – 900 MDPL. Hadirnya objek wisata ini, berawal dari keprihatinan pasca erupsi merapi pada tahun 2010 silam. Desa dimana wisata ini berada, menjadi salah satu dusun yang terkena muntahan lava gunung berapi. Karena bencana inilah seluruh penghuni dusun kehilangan mata pencahariannya. Untuk mengembalikan perekonomian warga, maka dibuatlah objek wisata dengan tema The Lost World Castle.

Spot Foto

Wisata Stonehenge Jogja
Foto by: @canro.simarmata

Perlu kamu ketahui, batuan yang digunakan untuk membuat Stonehenge bukan dari batu sembarangan. Batuan yang digunakan adalah batuan sisa hasil muntahan lava. Hal tersebutlah yang membuat batuan disini tampak semakin unik dan kokoh. Untuk desain, kawasan wisata ini dibuat semirip mungkin dengan Stonehenge asli di negara asalnya yaitu Inggris.

Wisata Stonehenge Yogyakarta
Foto by: @agusasp

Disini kamu dapat menikmati desain arsitektur yang keren dan megah serta menjadikan objek batu tersebut sebagai background foto. Ada beberapa ide foto yang dapat kamu pilih untuk kemudian diabadikan. Beberapa wisatawan juga menjadikan tempat ini sebagai lokasi pemotretan prewedding mereka. Alhasil foto mereka pun tampak unik dan mengesankan.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Meski menawarkan keindahan yang unik, harga tiket masuk wisata ini terbilang cukup murah. Kamu hanya memerlukan uang sekitar Rp. 10.000 untuk tiket masuk dan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 (untuk motor) atau Rp. 5.000 (untuk mobil). Sedangkan untuk melakukan sesi foto prewedding, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp. 150.000.

Fasilitas

Fasilitas wisata di lokasi ini, terbilang cukup lumayan, dengan adanya beberapa spot foto menarik untuk para pengunjung, tempat parkir yang luas dan juga toilet umum. Selain itu, disediakan beberapa stand kuliner dengan harga yang terjangkau.

Tips Saat Berkunjung

Beberapa hal yang perlu Kamu ketahui agar liburanmu tetap berkesan dan tidak membosankan, diantaranya adalah:

  1. Berkunjung di pagi hari/sore hari agar terhindar dari terik panas matahari.
  2. Usahakan datang selain hari libur atau weekend agar terhindar dari antrian panjang untuk berfoto.
  3. Siapkan kamera andalan agar hasil fotografi lebih maksimal.

Pastinya sangat menyenangkan jika kamu bisa berkunjung ke Stonehenge Jogja ini. Selain dapat mempelajari dan melihat lebih dekat tentang salah satu keajaiban arsitektur yang ada, walaupun cuma replika. Di Tempat ini, kamu juga dapat mengabadikan berbagai momen indah, sebagai kenangan, baik bersama pasangan atau bersama keluarga tercinta.

10 Ulasan Pengunjung Stonehenge Jogja, Yogyakarta

  1. Lokasi tidak jauh dari museum ullen sentalu. Bisa tiket terusan sampek ke wisata the lost world castle.. HTM Stonehenge 15rb aja, kalau tiket terusan 50rb/org. Bagus buat spot foto tapi sayangnya ya cuma 1 aja spot fotonya jadi kayak yaudah kalau kelar foto yaudah pulang, kelar.

  2. Para traveling harus kesini , spotnya keren utk foto kenang”an baren keluarga , temen, pacar , bahkan mantan atau selingkuhan sekalian

  3. Para traveling harus kesini , spotnya keren utk foto kenang”an baren keluarga , temen, pacar , bahkan mantan atau selingkuhan sekalian

  4. masuk daerah sini udah harus bayar retribusi, di area tempat wisatanya bayar buat masuk bayar lagi buat parkir. Waktu kesini panas bgt. Disarankan bawa payung. Jgn lupa bawa minum dari rumah.

  5. Temen2 emng yang mau buat foto2 model mungkin disini lumayan cocok. Deket juga sama kopi merapi

  6. beneran batu aja seperti gambar di review, buat koleksi foto2. . . bisa untuk mampir, tp jgn dijadikan tujuan utama hehehe. . . dari tempat masuk atau parkiran batunya sdh kelihatan, tiket masuk 15rb. . . jalan menuju lokasi agak susah kl naik motor.

  7. Ukuran dan posisi batu mirip aslinya, tapi ada dinding batu atau gua batu yg dicat biru, jadinya aneh dan mengganggu penampilan replika stonehenge secara umum.

  8. Tempatnya oke banget buat foto2 yang penting dijaga Aja..aksesnya masih kurang bagus krn dekat gunung merapi

  9. Tempat yg cocok buat refreshing di daerah Jogja. Kalian juga bisa explore tempat² di deket Stonehenge ini. Ada tempat kopi yg rame terus namanya kopi merapi. Nah kalian bisa nih abis jalan2 dr Stonehenge terus mampir ngopi di kopi merapi. Jalan menuju Stonehenge ini juga merupakan track Jeep Kaliurang, jadi jangan heran kalo banyak Jeep lewat di sini. Terakhir ke sini, jalan rusak parah dan bebatuan gitu ya macem jalan offroad lah, cocok buat track Jeep emang. Tapi ngga tau kalo sekarang.

  10. Tempatnya instagramable banget.. Sedia toilet dan kamar ganti.. . Cocok untuk foto prewedding atau couple tour.. Bisa juga rombongan pakai jasa tur, pas ke sininya pakai Jeep yg disewakan di bawah.. . Jalannya ke sini cukup terjal dan berbatu.. Daripada naik mobil city car, mending pakai motor saja.. Atau pakai mobil yg memang cocok untuk jalanan bebatuan.

Tinggalkan Balasan