Puncak di Stone Garden

Stone Garden, Bandung

20 Ulasan

Menyoal tempat wisata di wilayah Jawa Barat, Bandung masih menjadi satu yang paling difavoritkan. Nah, belum lengkap rasanya kalau menyambangi Bandung tanpa mampir ke destinasi Stone Garden.

Tempat yang jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menggambarkan tentang kebun batu ini adalah hamparan fosil purba serta lempengan sepanjang area wisata.

Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang eksotis sehingga tak jarang ada pasangan yang melakukan prewedding di Stone Garden. Lantas, apa saja yang menarik dari tempat ini? Berikut ulasannya.

Alamat

Lokasi dan Alamat Lengkap:Kampung Grimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat.
Jam Buka:Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)
Akses Jalan:Mudah dijangkau, sering dilalui truk penambang
Petunjuk:Google Maps

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju ke Stone Garden Bandung, ada beberapa rute yang dapat kamu lewati, tergantung dari perjalanan dimulai. Berikut telah Kami rangkumkan secara lengkap:

Dari Jakarta

Tol Cipularang – Gerbang Tol Padalarang – Cianjur – Desa Ciburuy – Wisata Alam Stone Garden (Jika bertanya pada warga bisa menyebutkan Goa Pawon, sebab wisata tersebut lebih familiar).

Dari Bandung

Alun-Alun Bandung – menggunakan DAMRI – Alun-Alun Ciburuy – Menyebrang  – Naik angkutan umum (berwarna kuning) – Raja Mandala – Tanya Lokasi Goa Pawon – Naik Ojek (jika ingin berjalan maka jaraknya agak jauh).

Fakta Menarik (Fun Facts)

Berbagai aktivitas yang seru pastinya bisa Kamu nikmati di tempat ini. Pasalnya, tempat wisata yang kerap juga disebut dengan Stone Garden Geopark ini menyajikan pemandangan seru layaknya ada di zaman purba.

Berbagai jenis batu menjulang berbagai ukuran. Dilengkapi dengan adanya hamparan pemandangan hijau dari bukit di sekitarnya. Nah, aktivitas yang bisa kamu lalukan di Stone Garden Citatah diantaranya.

Pemandangan

Stone Garden di Bandung
Foto by: @parlanaditya

Area wisata ini memiliki luas sekitar 2,5 hektar di posisi ketinggian 900 mdpl. Jika sudah mencapai puncak, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan bebatuan kapur yang tersusun secara alami dan tidak beraturan. Selain itu, terdapat lembah yang mengitari lokasi batuan kapur ini berada.

Stone Garden di Padalarang
Foto by: @novi_jenia

Kombinasi tumbuhan berwarna hijau serta rerumputan kering berwarna cokelat, menambah kesan eksotis dari Stone Garden. Konon, lembah ini dulu merupakan perairan atau danau dengan bebatuan yang merupakan dasar danau tersebut.

Spot Foto

Puncak di Stone Garden
Foto by: @kakaryani_

Pengguna sosial media, khususnya instagram pasti suka banget hunting spot foto yang unik. Berkat panoramanya yang memukau, menjadikan Stone Garden mudah memperoleh trending di jejaring sosial. Banyak posting dengan gaya foto yang beragam. Bahkan, wisatawan luar kota pun rela jauh-jauh kesini hanya untuk berburu fotografi.

Foto Prewedding

Prewedding di Stone Garden
Foto by: @jagiewibawa

Bukan hanya untuk iseng-iseng sebagai bahan update akun sosmed, Stone Garden juga dimanfaatkan oleh para profesional. Banyak teman-teman yang menjadikan objek wisata ini sebagai latar belakang fotografi mereka. Hal ini bisa dijadikan sebagai ide foto prewedding yang anti mainstream.

Trekking Puncak

Stone Garden di Citatah
Foto by: @the_gombresss

Bisa disebut area wisata ini merupakan gunung kapur dimana untuk mencapai kepuncaknya kamu harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Maka dari itu, kamu harus menyiapkan tenaga serta stamina untuk melakukan hiking. Jangan lupa juga untuk berhati-hati karena beberapa lokasi memiliki jalur yang terjal.

Fasilitas

Meski tergolong wisata alam dengan aktivitas yang cukup menguras tenaga, namun fasilitas yang diberikan sudah cukup memadai.

Fasilitas Umum:Area parkir luas, toilet umum, mushola dan gazebo.
Sosial Media:
No Telepon:

Harga Tiket Masuk (HTM)

Berikut ini tabel biaya serta tarif retribusi yang perlu kamu siapkan. Beberapa aktivitas juga dikenakan biaya tambahan.

Tiket Masuk:Rp. 8.000
Biaya Parkir:Rp. 2.000
Camping:Rp. 40.000 / malam / orang
Foto Prewedding:Rp. 60.000

Sebagai catatan, apabila kamu masuk melalui Goa Pawon maka dikenakan tarif masuk dua kali lipatnya. Jarak tempuh yang harus dilalui oleh pengunjung dari parkiran menuju lokasi kurang lebih 1 km.

Sedangkan tingkat kemiringan dari lokasi adalah 45 derajat. Jalan setapak yang dilalui pun cukup menantang. Pastikan kamu melakukan persiapan secara matang untuk menuju ke tempat ini.

Itulah pembahasan mengenai tempat wisata Stone Garden di Bandung. Ingin mengunjungi tempat ini? Pastikan untuk menjaga kesehatan paling tidak seminggu sebelum berangkat. So, tunggu apa lagi, masukkan wisata Taman Batu ini dalam daftar wisata yang mesti dikunjungi di Jawa Barat.

20 Ulasan Pengunjung Stone Garden, Bandung

  1. Jalan akses masuk rusak parahh berbatu dan curam 😣, perjalanan menuju area ini sangat berdebu karena banyak truk pengangkut dan dekat dengan penambangan kapur.. . Masuk bayar tiket di portal. Parkir kendaraan bayar lagi harus langsung. Disini hanya terdapat warung penjual snack dan sejenis makanan/minuman ringan. Kalau anda ingin menu resto anda harus mampir di sepanjang jalan sebelum masuk kawasan ini. Disini ada mushola dan toilet tapi sedikit, diatas bukit tidak ada toilet hanya ada pondok berteduh dan tempat sampah.. . Tanjakan aman buat pemula, jika bawa anak mesti dengan pengawasan karena rentan tersandung bebatuan, diatas sangat panas usahakan diatas sore saja jika berkunjung, ada kawanan monyet ekor panjang, tapi jumlahnya sedikit dan cenderung pemalu (tidak agresif).. . Semoga kedepannya mendapat perhatian lagi untuk pengembangan, khususnya perbaikan jalan.

  2. cukup menarik spot ini. banyak bebatuan karst yang unik, bahkan nampak seperti tulang belulang yang berserakan. siapkan mental dan yang pasti alas kaki yang anti slip. karena jalanan yg terjal dan licin. setidak nya sekali pernah datang kesini sebagai wujud cinta wisata Indonesia. jangan sampai pernah keluar negri, tapi spot geowisata lokal tidak dikunjungi.

  3. Tempat yang indah di bandung. Kalau mau ketempat ini jangan pas mau ujan ya karena cukup bahaya kalau ada petir dan posisi kita berada diatas. Banyak warung-warung yang ada disana. Pas lagi disana jangan lupa cobain indomie kuah ditambah es kelapa dewegan wah itu sedep banget deh. Untuk yang tidak ada kendaraan itu bisa memanfaatkan ojek yang tersedia disana.

  4. Tempat rekreasi yang penuh sejarah. Untuk sampai ke temoat ini bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Banyak spot untuk foto bahkan bisa dijadikan tempat pre wedding yang menarik. Bisa dijadikan tempat liburan dengan keluarga karna terdapat beberapa saung. Ditempat ini juga terdapat warung-warung yang menyediakan makanan ringan serta gorengan bagi yang tidak sempat berbelanja. Harga tiket cukup murah hanya 8000 (feb 2020) sudah termasuk asuransi. Jika beruntung bisa dapat tour guide yang tahu spot foto.

  5. Akses jalan masuk Stone Garden sebelum gapura Gua Pawon arah dari Bandung sebrang rumah makan satuju utama atau dulu lebih dikenal dengan nama Rumah Makan Panuju ada mesjid, nah masuk situ akses masuk mobil, dari jalan raya lumayan jauh kedalam wisata nya melewati pemukiman warga, area pabrik kapur dan melewati area pertambangan batu jadi gak heran kalau sepanjang jalan berdebu, infrastruktur tidak baik masih jalan bebatuan tanah merah, sangat tidak disarankan kalau pas hujan kesini karena pasti becek dan licin tentunya

  6. Track kepuncaknya lumayan, apalagi sambil gendong sepeda hehe. Tp pas nyampe atas, Subhanalloh bagus banget pemandanganya….banyak spot2 keren buat selfie/wefie, htm 8rb/org, sepeda free….

  7. Tempat sedikit kurang Terawat, akses masuk jln sedikit jelek . Papan petunjuk kurang jelas dan kecil terlebih petunjuk lokasi berada tepat di tikungan. . FYI, ada 2 jalan masuk. lewat gua pawon atau langsung ke stone garden

  8. cocok bagi yang mau ketemu sama monyet liar.. jangan lupa bawa kacang dan pisang

  9. Pemandangn alam dngn berbagai batu karang yg yunik and alami

  10. Kira² kalau lagi kondisi kyk gini buka ga ya?

  11. Nostalgia januari 2020 lalu, meskipun namanya Stone Garden (taman batu), tapi nuansa disini lebih ke perbukitan karang👍. Berasa masuk ke Lautan versi daratan

  12. Jalannya jelek, tapi tempat wisatanya lumayan bagus, KAUBARAN LAH, bajetnya pas di kantong

  13. Lumayan nyaman u menghilangkan kepenatan sambil ber OR 🚲🚲🚲

  14. Wisata batu di kabupaten bandung barat. Batuan alami sungguh menakjubkan. Tiket masuk rp 8.000. Tiket parkir rp 5.000. Akses masuk ke lokasi masih jalan berbatu namun tidak terlalu membuat kesulitan yang berlebihan. Banyak penjual jadi tidak usah khawatir dengan makanan atau minuman

  15. takjub melihat kebesaran alam ciptaan allah. bebatuannya bagus dan terbayang bagaimana dulu terjadinya saat gunung api meletus dan membentuk bebatuan yg jadi taman ini. inilah geopark yg ada di padalarang bandung barat. bagus datang kesini jam 8 sd jam 10 an cukup agar tak kepanasan lalu akhiri dengan minum kelapa muda di sepanjang turunan pulang. tuk orang tua dan anak kecil lumayan berat juga naiknya.

  16. Jalan menuju lokasi Stone Garden dari jalan Utama Padalarang dari arah bandung ada Petunjuk sebelah kanan ke Gunung Masigit, nanti kita menyusuri jalan bebatuan kapur kira2 sejauh 400 meter bisa Pakai Mobil atau Motor, Hati2 banyak Mobil Truk Puso pengangkut Batu kapur suka keluar masuk Pabrik kapur. . . Pertama jalan 100 meter nanti ada Petugas Pintu dari Lingkungan hidup kita bayar Rp 5rb, kemudian nanti pintu ke dua baru Karcis masuk Area Stone garden bayar Rp 12rb. Kita bisa parkir di lahan cukup luas tapi masih sederhana dan terbuka di kaki bukit, tarif Parkir Rp 5rb. . . Menuju Lokasi Stone Garden cukup menanjak lumayan tapi tiap tanjakan di sediakan Gubuk atau Saung dari kayu dan bambu untuk beristirahat sambil lihat Pemandangan Alam dari Ketinggian, kita bisa Foto foto dengan View Pemandangan Alam dan Bebatuan kapur dan Cadas Putih yang kata Petugas bebatuan itu umurnya sudah ribuan Tahun 😮. . Di stone Garden juga terdapat Spesies Burung dan Monyet, Sewaktu waktu lewat di Bebatuan, tapi tidak mengganggu Pengunjung soalnya nanti ada Petugas yang memantau di area tersebut..👋👋

  17. Klo mau kesana pagi pagi, karena klo siang cuacanya terik/panas. Ada banyak warung² tuk sekedar melepas dahaga & cemal cemil. Bisa ngecamp juga di Indiana Camp. Kemarin ke sana sharecost 40rb/org, udah termasuk htm nge-camp, htm stone garden, patungan beli kayu bakar tuk api unggun dll. . . Sayangnya toiletnya lumayan jauh, klo untuk sholat bisa numpang di cafe Indiana lantai 2.

  18. Tempat yang pas untuk refreshing, fotografi, dan berwisata bersama keluarga, kawan, atau pasangan. Here is the review and some informations :. – Akses masuk masih jalan bebatuan. Sekitar 1km dari jalan raya. Pastikan kendaraan anda aman. . – Lebih baik tanya penduduk sekitar jika sudah sampai di daerah Citatah atau Gunung Masigit. Google Maps kali ini mengecewakan. . – Harga tiket masuk di hari Minggu sebesar Rp. 17.000. Sudah termasuk parkir. Free minuman kopi botol dan permen. Murah banget!. – Tersedia Gazebo gratis di lokasi (atas) dan tempat sampah. – Beberapa petugas berjaga di lokasi (atas) untuk memastikan keamanan pengunjung. – Menurut informasi yang ditempel, untuk foto prewed, kamar ganti prewed juga gratis. – Sepertinya buka 24 jam.

  19. Lain dari yg lain masih hijau udara segar hamparan batuan seperti film flinstone

  20. Wisata alam berupa Bebatuan yg tersusun sejak jaman purba. Panoramanya sangat mengagumkan karena dari ketinggian ini bisa melihat hamparan sawah dan gunung.

Tinggalkan Balasan