Tempat Wisata di Solo

Tempat Wisata di Solo

Sebagai salah satu kota budaya, Solo memiliki daya tarik yang begitu memikat dalam sektor pariwisata. Dimana begitu banyak tempat wisata di Solo yang menawarkan keindahan luar biasa. Tempat wisata di kota kesultanan ini pun terdiri dari berbagai jenis, mulai dari wisata alam, sejarah hingga wisata buatan/modern.

Sebut saja keraton Solo yang menjadi salah stau objek wisata bersejarah paling menarik di kota ini. Ada pula kekayaan alam dengan panorama alam yang memilkat sehingga dijadikan sebagai objek wisata yang patut untuk kamu kunjungi.

Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents

    Tempat Wisata di Solo Kota

    Tak mau pergi jauh-jauh dari kawasan kota, tak perlu khawatir karena di Solo juga banyak tempat wisata yang lokasinya masih di sekitaran kota. Jenis tempat wisata di Solo kota pun cukup beragam, namun yang paling popular ialah wisata sejarahnya.

    Benteng Vastenburg

    Benteng Vastenburg di Solo
    Foto by: @ifayana

    Sebuah peninggalan bersejarah yang didirikan oleh bangsa Belanda. Benteng Vastenburg ini mulai dibangun sejak tahun 1774 hingga 1779. Meski gerbang benteng dibuka setiap ada event, namun Kamu tetap bisa transit sejenak meski hanya untuk berselfie.

    Lokasi:Desa Kedung Lumbu, Kec. Pasarkliwon, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:*Gratis
    Jam Buka:Setiap ada event

    Gedung Joeang ’45

    Gedung Joeang 45 di Solo
    Foto by: @@bangjad_

    Tujuan wisata yang baru saja dibuka bulan Juli 2019 ini tidak jauh dari kawasan Benteng Vastenburg. Gedung Joeang ’45 memberikan nuansa bangunan khas Eropa. Kamu bisa leluasa berfoto di seluruh area wisata ini.

    Lokasi:Jalan Mayor Sunaryo, Kec. Pasar Kliwon, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:*Gratis – ijin dengan petugas
    Jam Buka:*Belum diresmikan

    Museum Batik Danar Hadi

    Museum Batik Danar Hadi
    Foto by: @danarhadi_id

    Salah satu kerajinan tangan khas Solo yang sudah mendunia ialah batik. Nah di Museum Batik Danar Hadi ini Anda bisa menyaksikan batik dengan berbagai corak, tak hanya baik dari Solo namun dari seluruh Indonesia. Menariknya, disini terdapat 10.000 potongan batik yang langka dan bersejarah serta 1.500 diantaranya berasal dari abad ke-19.

    Lokasi:Jalan Brigjend Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Kec. Laweyangan, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:
    • Umum: Rp. 35.000
    • Pelajar / mahasiswa: Rp. 15.000
    Jam Operasional:Setiap hari (9.00 – 17.00 WIB)
    No. Telepon:

    Kampung Batik Kauman

    Kampung Batik Kauman
    Foto by: @retno.sophie

    Masih seputar batik, namun kali ini Anda bisa menjelajah sebuah perkampungan yang menjadi pusat pembuatan batik di Solo. Lokasi ini juga bisa menjadi tempat hunting foto yang cocok di Solo, karena menawarkan bangunan tua dengan arsitektur unik sebagai showroom batik.

    Lokasi:Kelurahan Kauman, Kec. Pasar Kliwon, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:*Gratis
    Jam Operasional:Setiap hari (7.00-20.00 WIB)
    No. Telepon:

    Pura Mangkunegara

    Pura Mangkunegara
    Foto by: @_febrian

    Dari tempat wisata di Solo satu ini, kamu akan menyaksikan berbagai keoleksi benda bersejarah dan benda seni dari jaman kerajaan dulu. Arsitektur Pura Mangkunegara pun cukup unik, yaitu dengan memadukan konsep Eropa dan tradisional Indonesia.

    Lokasi:Jalan Ronggowarsito, Desa Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:
    • Domestik Rp. 10.000
    • Turis Rp. 20.000
    Jam Operasional:
    • Senin-Jumat 08.30-14.00
    • Minggu 08.30-13.00
    No. Telepon:

    Nah, tempat-tempat wisata dekat kota tersebut paling cocok kamu kunjungi saat siang atau pagi hari. Meski di dominasi wisata sejarah, namun masih tetap cocok bagi kaum muda yang ingin mencari spot foto untuk sosial media.

    Wisata di Solo Dekat dengan Stasiun

    Jika berkunjung ke Solo menggunakan kereta api, kamu bisa mampir ke beberapa tempat wisata yang berlokasi tak jauh dari stasiun ini. Beberapa diantaranya sangat pas untuk wisata keluarga.

    Heritage Palace

    Heritage Palace
    Foto by: @wonderfulsoloraya

    Tempat wisata di Solo terbaru ini baru buka pada tahun 2018 lalu dan masih sangat ramai diburu oleh wisatawan. Konsep bangunan ala Eropa yang disuguhkan di Haritage Palace ini semakin menarik dengan banyaknya mobil antic yang berjajar di halaman bangunan. Jadi, tidak usah jauh-jauh ke Museum Angkut yang ada di Malang kan?

    Lokasi:Jl. Permata Raya, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo
    Harga Tiket Masuk:Rp. 55.000
    Jam Operasional:
    • Senin s/d Kamis (10.00-18.00 WIB)
    • Jmuat s/d Minggu (9.00-21.00 WIB)
    No. Telepon:

    Taman Satwa Taru Jurug

    Taman Satwa Taru Jurug
    Foto by: @rzazainul

    Biasa dikenal dengan nama Jurug Zoo menawarkan wisata konservasi sekaligus edukasi kepada pengunjung. Di kebun binatang ini, kamu akan menemukan 63 spesies hewan yang ada di Indonesia. Selain berfoto dengan hewan, pengunjung bisa berkeliling taman dengan menaiki unta maupun gajah. Lokasinya mudah dijangkau, yakni sekitar 11 menit dari stasiun Solo Balapan.

    Lokasi:Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Jebres, kota Solo
    Harga Tiket Masuk:Rp. 20.000
    Jam Operasional:Setiap hari (17.30 – 17.00 WIB)
    No. Telepon:(0271) 636279

    Fun World Solo Square

    Fun World Solo Square
    Foto by: traveloka.com

    Liburan dengan sikecil memang pas pergi ke gudangnya wahana permainan. Salah satu yang menyediakan wisata tersebut ialah Fun World yang berada di Solo Square. Wahana paling populer disini adalah Roller Coaster serta Bazooka Drop Zone Tower. Bukan hanya wahana menantang, permainan kecil juga banyak tersedia disini.

    Lokasi:Jl. Slamet Riyadi No.451 (Solo Square), Pajang, Laweyan, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:Rp. 95.000 – Rp. 195.000
    Jam Operasional:Setiap hari (9.00 – 21.00 WIB)
    No. Telepon:(0271) 636279

    Monumen Pers Nasional

    Monumen Pers Nasional
    Foto by: @rul.f_

    Monumen Pers Nasional yang didirikan pada tahun 1978 kini menjadi destinasi wisata yang cukup ramai. Faktanya ada lebih dari 18 ribu wisatawan yang berkunjung kesini setiap tahunnya. Beberapa hal menarik yang akan ditemukan disini ialah benda-benda keperluan pers yang ada sejak jaman dulu. Ada telepon, mesin ketik milik tokoh pers nasional Bakrie Soeriaatmadja hingga kamera wartawan Udin yang terbunuh secara misterius.

    Selain itu, terdapat pula koleksi benda-benda kertas seperti koran hingga naskah dan dokumen mengenai sejarah pers nasional dan perjuangan bangsa Indonesia.

    Lokasi:Jl. Gajahmada No.76, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk: Gratis
    Jam Operasional:Setiap hari (8.00 – 16.00 WIB)

    Tugu Lilin

    Tugu Lilin Solo
    Foto by: @sewamobilsoloandalanjaya

    Apabila kamu berada di pusat kota Solo, sempatkan untuk mampir ke ikon satu ini. Tugu Lilin ini dibangun untuk memperingati hari Kebangkitan Nasional ke 25 pada tahun 1934. Bangunan seperti lilin yang menyala ini memiliki filosofi penerangan dan harapan para pejuang masa lalu kepada masyarakat yang telah merdeka.

    Lokasi:Jalan Dr. Wahidin no. 33,Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan
    Harga Tiket Masuk: Gratis
    Jam Operasional:Setiap hari 24 Jam

    Lokasi di atas termasuk destinasi wisata dekat kota Solo paling recommended buat kamu yang ingin berburu foto dan menikmati kebersamaan dengan keluarga/teman dekat.

    Wisata Hits di Solo

    Ingin merasakan sensasi jadi anak muda Solo? Kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata hits berikut ini. 

    Taman Balekambang

    Taman Balekambang
    Foto by: @habiib.w

    Salah satu taman yang menjadi tempat nongkrong dan kumpul paling asyik adalah Taman Balekambang. Disini Kamu akan menemukan binatang Rusa berkeliaran secara bebas. Selain itu, Kamu juga diperkenankan untuk berfoto dan memegang Rusa tersebut. Paduan pohon hijau nan rindang juga menjadi salah satu daya tarik dari wisata ini.

    Lokasi:Jalan Balekambang No. 1 Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:Gratis
    Jam Operasional:Setiap hari (6.00-17.00 WIB)
    No. Telepon:0271-736227

    Taman Sriwedari

    Taman Sriwedari
    Foto by: @am_ralf

    Dari lokasi taman yang lokasi tak berada jauh dari kawasan kota ini, Kamu juga bisa menikmati berbagai atraksi kesenian dan budaya. Salah satu pertunjukan rutin yang diselenggaran di Taman Sriwedari ialah Malam Selikuran, dimana menjadi hiburan bagi masyarakat Surakarta.

    Lokasi:Jalan Slamet Riyadi, No 275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:Gratis
    Jam Operasional:Setiap hari
    No. Telepon:

    Tenggir Park

    Tenggir Park di Karanganyar
    Foto by: @ernadewi_18

    Apabila masih kurang puas dengan pesona Tahura, Kamu bisa beralih ke wisata ini. Letaknya berdekatan dengan Taman Hutan Rakyat, maka tetap menyajikan suasana alam yang masih asri dan sejuk.

    Karpet Terbang di Tenggir Park
    Foto by: @rosekampoong

    Hal menarik di Tenggir Park adalah banyaknya selfie corner yang bisa Kamu nikmati. Yaps, Tenggir Park merupakan wisata kekinian yang sangat cocok untuk rekreasi anak muda maupun keluarga. Wahana yang populer disini adalah karpet terbang, perahu, rumah burung hingga replika balon udara.

    Lokasi:Sukuh, Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
    Harga Tiket Masuk:Rp. 10.000
    Jam Buka:Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)

    Di tempat wisata hits inilah biasanya anak-anak muda Solo berkumpul dan menunjukkan aksinya. Sehingga tak heran jika tempat-tempat ini juga bisa dikatakan sebagai tempat pertunjukan bakat muda-mudi Solo.

    Wisata Air di Solo

    Bosan dengan wisata yang menawarkan keindahan arsitektur saja? Kamu bisa datang ke beberapa wisata air di Solo yang pastinya sangat menyenangkan. Wisata air dibawah ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu alam dan modern.

    Telaga Madirda

    Telaga Madirda
    Foto by: @zaqyiqbl_

    Dengan kawasan yang masih begitu hijau dan tenang, tempat wisata ini bisa jadi referensi wisata air paling menarik di Solo. Terlebih lagi lokasi tempat wisata di Solo satu ini berdekatan dengan Candi Sukuh. Selain menikmati keindahan disekitar telaga, tak sedikit wisatawan yang berkemah di lokasi ini.

    Lokasi:Dusun Tlogo, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar
    Harga Tiket Masuk:Gratis
    Jam Operasional:Setiap hari 24 jam
    No. Telepon:

    Pandawa Water World

    Pandawa Water World
    Foto by: @wisatajateng

    Objek wisata air dengan wahana yang cukup lengkap seperti Easter Shower, Bima Slide, Selucuran, Ombak Buatan dan pastinya fasilitas menarik ini tak boleh kami lewatkan. Lokasi ini merupakan pilihan tepat bagi Kamu yang ingin melepas lelah maupun membuat ceria si kecil.

    Lokasi:Kompleks Pandawa Jalan Cemara Raya, Solo Baru, Sukoharjo
    Harga Tiket Masuk:
    • Weekday Rp. 80.000
    • Weekend Rp. 100.000
    Jam Operasional:
    • Weekday (10.00.18.00 WIB)
    • Weekend (8.00-18.00 WIB)
    No. Telepon:0271-626955

    Royal Water Adventure

    royal water adventure
    Foto by: @atasanmei

    Bisa dibilang ini merupakan wahana air yang cukup terjangkau. Meski begitu, permainan yang ditawarkan tetap asik & menarik. Wisata ini sangat cocok bagi Kamu yang berlibur di sekitar Surakarta dengan sikecil. Sebab tema yang diusung ialah keceriaan bermain seperti di pantai. Terdapat wahana berupa water slider, kolam arus, kolam untuk anak hingga kolam olimpiade mini.

    Lokasi:Jl. Raya Telukan KM 08, Telukan, Grogol, Sukoharjo
    Harga Tiket Masuk:
    • Weekday Rp. 20.000
    • Weekend Rp. 30.000
    Jam Operasional:8.00 – 18.00 WIB
    No. Telepon:0271-626743

    Umbul Kapilaler

    Umbul Kapilaler
    Foto by: @ariesieas

    Wisata alam ini berjarak sekitar 24km atau 40 menit dari kota Solo menuju Klaten. Layaknya beberapa umbul lainnya seperti Umbul Manten, Umbul Nila dan Umbul Cokro, disini juga menawarkan pesona yang begitu indah. Kamu akan menemukan kolam sumber mata air dengan ukuran yang tidak begitu besar. Namun, airnya sangat jernih sehingga bebatuan yang ada di dasar kolam ini bisa terlihat. Diatas umbul terdapat pohon beringin yang cukup rindang dan menambah suasana asri di tempat ini.

    Kamu bisa puas berenang dan bermain air pada kolam dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter. Harus diperhatikan bagi wisatawan yang mengajak orang yang belum bisa berenang untuk terus didampingi atau membawa pelampung. Puas bermain air, kamu bisa santai diatas gammock sembari menikmati jajanan yang ditawarkan di tempat ini.

    Lokasi:Dk, Umbulsari, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten
    Harga Tiket Masuk:

    Rp. 5.000

    Jam Operasional:7.00 – 17.00 WIB
    No. Telepon:

    Saat berkunjung ke wisata air ini, ada baiknya kamu membawa baju ganti apabila ingin bermain air. Bekal makanan juga sebaiknya persiapkan karena lokasi objek wisata yang tidak dekat.

    Kamu bisa mengunjungi tempat rekreasi di Solo ini bersama keluarga ataupun sahabat, guna mendapatkan quality time yang sempurna.

    Wisata Alam di Solo

    Setelah lelah melakukan aktivitas di weekdays, kini saatnya kamu memanjakan pikiran dan ragamu dengan berkunjung ke tempat wisata alam berikut ini.

    Grojokan Sewu

    Grojokan Sewu
    Foto by: @ajiie_nugroho

    Tempat wisata alam di Solo paling populer salah satunya adalah Grojokan Sewu. Dengan ketinggan tebing 81 meter dan luas area mencapai 20 ha, objek wisata yang berada 37 km dari pusat kota ini sangat menarik untuk dikunjungi.

    Lokasi:Jalan Lawu, Desa Sepanjang, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar
    Harga Tiket Masuk:Rp. 15.000
    Jam Operasional:Setiap hari (7.00-17.00 WIB)
    No. Telepon:0271-697051

    Air Terjun Jumog

    Air Terjun Jumog
    Foto by: @a.budi.r

    Selian Grojokan Sewu, air terun Jumog juga cukup mencuri perhatian. Kawasan hutan tropis yang masih terjaga dengan restoran serta cottage di kawasan air terjun Jumog menjadikannya semakin memikat.

     
    Lokasi:Desa Berho, Kec. Ngarjoyoso, Kab. Karanganyar
    Harga Tiket Masuk:Rp. 5.000
    Jam Operasional:Setiap hari (9.00-17.00 WIB)
    No. Telepon:0271-5818082

    Dung Grujug

    Dung Grujug
    Foto by: @awaludin1510_

    Meski sedikit jauh apabila ditempuh dari kota Solo, tapi wisata alam satu ini tetap worth it untuk dikunjungi. Dung Grujug sebenarnya sedikit berbeda dengan air terjun lainnya. Dia merupakan aliran sungai Kedung Kancil yang bermuara di Waduk Kedung Ombo. Jadi, apabila saat musim kemarau, kamu bisa melintas diatas grujugan air setinggi 5 meter. Hal yang paling menarik disini ialah, air terjun yang dikelilingi batu karang disamping kanan dan kirinya.

    Lokasi:Pungkruk, Doyong, Kec. Miri, Kabupaten Sragen
    Harga Tiket Masuk:
    • *Gratis
    • Parkir di rumah warga (sukarela)
    Jam Operasional:Setiap hari 24 jam
    Jarak dari Solo:28 km (50 menit)

    Bukit Sekipan

    Rumah Suku Dayak di Bukit Sekipan
    Foto by: @ilham_kurnia_p

    Wisata yang dibuka pada 2015 lalu ini menawarkan keindahan alam sekaligus berbagai wahana menarik, mulai dari flying fox, outbond, waterpark, wahana anak, kampung 3D hingga spot selfie.

    Lokasi:Jalan Sekipan, Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar
    Harga Tiket Masuk:Rp. 5.000
    Jam Operasional:Setiap hari (8.00-18.00 WIB)
    No. Telepon:0271-696036

    Taman Hutan Rakyat (Tahura)

    Taman Hutan Rakyat di Karanganyar
    Foto by: @ilyasika_putri

    Meski berada agak jauh dari pusat kota Solo, namun wisata ini sangat tepat untuk dikunjungi. Membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Solo, Tahura ini terletak di kabupaten Karanganyar. Pada perjalanan menuju ke Taman Hutan Rakyat, Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang rindang.

    Wisata alam di sekitar Solo ini dikelola dengan baik. Kamu bisa menikmati beberapa wahana buatan seperti rumah pohon, gardu pandang hingga melakukan kegiatan camping disini. Bagi Kamu yang suka kegiatan trekking, bisa mencoba berjalan menuju ke air terjun atau sendang.

    Lokasi:Sukuh, Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
    Harga Tiket Masuk:
    • Rp. 5.000
    • Rp. 10.000 (camping)
    Jam Buka:Setiap hari (8.00 – 18.00 WIB)

    Candi Sukuh

    Candi Sukuh di Karanganyar
    Foto by: @claudiusmaxipics

    Masi berada di kawasan yang sama dengan Taman Hutan Rakyat dan Tenggir Park. Candi ini pertama ditemukan pada tahun 1815.

    Jika melihat sekilas, tampak bangunan bersejarah ini mirip dengan Piramida Chichen Itza yang digunakan oleh Suku Maya. Perlu diingat, relief dari Candi Sukuh menampilkan bentuk-bentuk erotis. Tapi disini Kamu dilarang berpikir negatif ya.

    Lokasi:Sukuh, Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
    Harga Tiket Masuk:Rp. 15.000
    Jam Buka:Setiap hari (8.00 – 17.00 WIB)

    Dari beberapa list tempat wisata alam diatas, memang berasal dari kabupaten Karanganyar. Tapi jangan khawatir, karena lokasinya tidak cukup jauh dari kota Surakarta itu sendiri.

    Wisata Malam di Solo

    Ketika kamu berada di Solo, jangan sampai lewatkan wisata malam disini. Bukan hanya wisata kuliner lezat yang siap memanjakan lidahmu saja, namun juga begitu banyak tempat nongkrong yang siap kamu sambangi. Berikut adalah beberapa contoh tempat wisata malam di Solo.

    Ngarsopuro Night Market

    Ngarsopuro Night Market
    Foto by: @night_market_ngarsopuro

    Tempat wisata malam ini ialah salah satu objek yang sangat recommended untuk kamu yang mau berburu kuliner dan belanja pernak-pernik khas Solo. Penataan di kawasan Ngarsopuro Night Market pun begitu rapi dan unik, bahkan banyak yang menyebutnya sebagai Orchied Road-nya Solo.

    Lokasi:Jalan Diponegoro Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:
    Jam Operasional:Setiap Sabtu (16.00.23.00 WIB)
    No. Telepon:

    Galabo Solo

    Galabo Solo
    Galabo Solo

    Galabo atau Gladak Langen Bagon merupakan pusat kuliner sekaligus tempat nongkrong di Solo terbaik. Selain bisa menikmati berbagai jenis makanan lezat, disini kamu juga menikmati indahnya langit malam Solo, karena konsep lokasinya semi outdoor.

    Lokasi:Jalan Mayor Sunaryo, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:
    Jam Operasional:Setiap hari (17.00-00.00 WIB)
    No. Telepon:

    Jadi kebanyakan tempat wisata malam di Solo tersebut merupakan paduan wisata kuliner dengan tempat nongkrong dan belanja.

    Wisata Kuliner di Solo

    Perjalanan wisata tampaknya tak pernah lengkap tanpa jelajah kuliner. Solo pun menawarkan berbagai tempat kuliner yang dijamin mengungah selera dan dilengkapi dengan tempat super cozy.

    Markobar Solo

    Markobar Solo
    Foto by: @icha_awangsyah

    Bagi pecinta martabak, kamu wajib banget datang ke Markobar Solo. Di tempat ini kamu bisa mencicipi martabak dengan berbagai kreasi rasa, pastinya harga makanan disini murah meriah.

    Lokasi:Jalan Dokter Moewardi, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:
    Jam Operasional:Setiap hari (17.00-23.00 WIB)
    No. Telepon:0823-24913789

    Café Tiga Tjeret

    Wedang Café Tiga Tjeret
    Foto by: @wandachacha

    Memadukan konsep angkringan dengan café modern, menjadikan tempat ini sangat diburu oleh para muda-mudi Solo. Terlebih lagi Wedang Café Tiga Tjeret juga menawarkan menu makanan yang beragam dengan harga terjangkau.

    Lokasi:Jalan Ronggowarsito No. 37, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:
    Jam Operasional:Setiap hari (11.00-24.00 WIB)
    No. Telepon:0271-630078

    New Es Krim Tentrem

    New Es Krim Tenrem
    Foto by: @broadcastkkk

    Berdiri sejak tahun 1952, kedai eskrim ini mengusung konsep bangunan yang cukup unik. Tak hanya itu, resep ala Belanda juga masih bisa Anda jumpai disini, sehingga untuk urusan rasa tak perlu dipertanyakan lagi ya.

    Lokasi:Jalan Slamtet Riyadi No. 132, Keprabon, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:
    Jam Operasional:Setiap hari (8.30-21.00 WIB)
    No. Telepon:0271-7890425

    Serabi Notosuman

    Serabi Notosuman
    Foto by: @carikulinersolo

    Satu lagi tempat wisata kuliner di Solo yang wajib kamu kunjungi, Serabi Notosuman. Disini kamu bisa menikmati serabi dengan cita rasa manis, halus dan tipis, harga serabi disini pun sangat terjangkau lho.

    Lokasi:Jalan Mohammad Yamin No. 28 Serengan, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:
    Jam Operasional:Setiap hari (4.30-16.00 WIB)
    No. Telepon:0271-634433

    Wedang Pak Wir

    Tempat nongkrong ini juga sedang begitu viral di Solo. Dari tempat wisata kuliner ini kamu bisa menikmati berbagai makanan tradisional dan minuman hangat atau wedang dengan resep khusus.

    Lokasi:Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Solo
    Harga Tiket Masuk:
    Jam Operasional:Setiap hari (17.00-24.00 WIB)
    No. Telepon:0857-2871700

    Selain menikmati di tempat, kamu juga bisa membawa beberapa kuliner lezat di atas sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

    Wisata di Sekitar Solo

    Sebagai tambahan, Kami rekomendasikan beberapa destinasi yang layak Kamu kunjungi di beberapa daerah sekitar Solo. Berikut ini daftar yang bisa Kamu catat.

    Museum Fosil Sangiran

    Museum Fosil Sangiran
    Foto by: @erwan.setiabudi

    Berada 17 km dari kota Solo, museum ini bisa masuk rekomendasi buat Kamu. Museum Fosil yang terletak di kabupaten Sragen ini memiliki berbagai fosil mulai dari manusia hingga hewan. Disini Kamu akan memperoleh wawasan terkait masa pra sejarah.

    Lokasi:Kebayanan II, Desa Krikilan, Kec. Kalijambe, Kabupaten Sragen
    Harga Tiket Masuk:Rp. 8.000 / orang
    Jam Buka:Selasa – Minggu (8.00 – 16.00 WIB)

    Agrowisata Sondokoro

    Museum Giling Sondokoro
    Foto by: @rifslo

    Dulunya lokasi wisata ini merupakan sebuah pabrik gula tebu, namun telah direnovasi sehingga menjadi tempat wisata yang sejuk dan rindang dengan banyaknya pepohonan.

    Agrowisata Sondokoro
    Foto by: @anggar_photograph

    Disini kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan menyenangkan seperti berfoto di gerbong pengangkut tebu, monument giling dan sebagainya.

    Lokasi:Jalan Mangkunegara, Bojonegara, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar
    Harga Tiket Masuk:Rp. 5.000
    Jam Operasional:Setiap hari (8.00-17.00 WIB)
    No. Telepon:0271-495562

    De' Tjolomadoe

    De' Tjolomadoe​
    Foto by: @irman.sujono

    Dulunya merupakan sebuah pabrik gula yang kemudian berhenti beroperasi pada 20 tahun yang lalu. Kini area tersebut disulap menjadi tujuan wisata yang sangat menarik. Mesin-mesin bekas produksi yang kini telah usang berkarat dibiarkan masih utuh sebagai bukti sejarah. Selain museum, kamu akan menemukan area F&B, concert hall, art & craft dan lainnya.

    Lokasi:Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar
    Harga Tiket Masuk:Rp. 25.000
    Jam Operasional:Selasa – Minggu (10.00 – 21.00 WIB)
    Jarak dari Solo:11,5 km (27 menit)

    Beberapa tempat wisata di Solo tersebut bisa kamu jadikan list untuk referensi lokasi yang wajib dikunjungi saat liburan nanti. Jangan sampai lewatkan satu pun ya kalau kamu gak mau kehilangan momen menyenangkan di objek-objek wisata di atas. So, happy weekend!