Informasi Tentang Wisata Situ Gunung Cisaat Sukabumi
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat
Situs Resmi: situgunungbridge.com
Jam Operasional Setiap Hari (6.00 – 16.00 WIB)
Harga Tiket Masuk:
  • HTM Situ Gunung Rp. 18.500/orang
  • HTM Jembatan Gantung Rp. 50.000 Dewasa dan Rp. 25.000 Anak-Anak
  • Parkir Motor Rp.3.000
  • Parkir Mobil Rp.5.000
Telepon:

Rutemu – Liburan menjadi cara yang paling cocok bagi Kamu untuk melepas stres akibat pekerjaan ataupun rutinitas harian yang sangat menjenuhkan. Liburan pada dasarnya tidak harus mahal dan ke luar negeri kok. Pasalnya di sekitar Kamu saja ada banyak sekali tempat menarik yang menunggu untuk dijelajahi, salah satunya adalah Situ Gunung di Sukabumi.

Situ Gunung merupakan wisata alam dengan kawasan yang luas dan lengkap. Tidak hanya menyajikan danau yang cukup terkenal dan spot foto terbaik saja, namun di sini Kamu bisa menemukan banyak hal menarik dan bercengkrama dengan alam. Berikut ulasannya.

Apa Saja yang Ada di Situ Gunung?

Sejak pembangunan suspension bridge atau jembatan gantung di Situ Gunung yang paling panjang di Indonesia, Kini wisata tersebut menjadi ramai dalam perbincangan publik. Terutama bagi para pecinta fotografer dan pengguna akun sosial media Instagram. Bagaimana tidak jembatan satu ini benar-benar berhasil menyajikan pemandangan luar biasa.

Tidak membutuhkan waktu yang lama agar bisa menjadikan Situ Gunung sebagai destinasi wisata yang terkenal di kawasan Sukabumi. Selain jembatan itu Kamu juga bisa menikmati hal lainnya di sini, seperti di bawah ini.

Danau Situ Gunung

Danau di Situ Gunung Sukabumi
Foto by: @ramdanauthentic

Hal yang pertama kali Kamu temukan di kawasan wisata ini ialah danau. Disini Kamu dapat menikmati pemandangan yang indah berupa air yang jernih, hijaunya rumput dan pepohonan hingga Gunung Gede Pangrango yang terlihat dari kejauhan.

Danau Situ Gunung Sukabumi
Foto by: @ferochristi

Saat pertama kali menginjakkan kaki ke area wisata ini, seketika rasa penat dan stresmu akan hilang. Udara sejuk dan sunyi akan membuat perasaan Kamu lebih tenang dan adem. Selain itu, Kamu juga bisa jalan-jalan keliling tepi danau sembari mengambil foto.

Menaiki Rakit Keliling Danau

Rakit di Danau Situ Gunung Sukabumi
Foto by: @tonnysyiariel

Salah satu hal yang wajib Kamu coba di kawasan wisata ini ialah menaiki getek mengitari danau. Cukup mengeluarkan biaya sekitar 20 ribuan, Kamu sudah dapat menikmati pelayanan yang disediakan oleh warga setempat. Tentu hal ini akan memberikan pengalaman yang mengesankan saat berada di wisata ini.

Jembatan Gantung / Suspension Bridge

Jembatan Gantung di Situ Gunung Sukabumi
Foto by: @ramdanauthentic

Salah satu spot yang paling populer dikalangan pengunjung. Konon, jembatan gantung ini menjadi yang terpanjang dan terindah di Indonesia. Berkat kekuatan sosial media, wisata ini menjadi viral dan otomatis dibanjiri oleh wisatawan.

Suspension Bridge di Situ Gunung Sukabumi
Foto by: @nics_mindset

Tentu hal yang tidak boleh kamu lewatkan ialah berfoto di atas jembatan satu ini. Jika Kamu punya nyali lebih, Kamu bisa berjalan ke tengah hingga ujung jembatan. Pemandangan yang disajikan pastinya lebih indah berupa rindangnya pepohonan disekitar Situ Gunung hingga kabut yang menyeliputinya.

Curug Sawer

Curug Sawer di Situ Gunung Sukabumi
Foto by: @situgunungsuspensionbridge

Air terjun bernama Sawer ini juga turut menjadi pelengkap di kawasan wisata Situ Gunung. Kamu bisa menyusuri wisata ini dengan melewati jembatan yang disampingnya merupakan Curug Sawer. Panorama yang indah berupa pohon serta tumbuhan hijau yang menyeliputinya, akan membuatmu terkagum – kagum akan ciptaan Tuhan satu ini.

Curug Sawer di Situ Gunung Suka Bumi
Foto by: @baehakisyukrilah

Tak hanya itu, kucuran air yang jatuh ke dalam kolam di bawahnya menambah suasana alam menjadi lebih asri. Sayangnya air yang jernih dan aliran yang deras, membuat pengelola wisata tidak mengizinkan para pengunjung untuk bermain air di lokasi tersebut. Tapi, Kamu tetap diperbolehkan untuk mengabadikan momen sesukamu.

Camping Ground

Camping di Situ Gunung Sukabumi
Foto by: @situgunungsuspensionbridge

Apabila Kamu masih kurang puas dengan keindahan alam tersebut, Kamu masih bisa melakukan hal lainnya. Berkemah menjadi pilihan yang tepat untuk menjajal dinginnya malam Sukabumi dan menikmati gemerlapnya bintang bersama api unggun dengan keluarga maupun sahabat.

Amphitheater

Amphitheater di Situ Gunung Sukabumi
Foto by: @assap

Bukan hanya keindahan alam saja, di Situ Gunung Kamu juga dapat menemukan area pertunjukan terbuka. Ada sebuah panggung berukuran sedang yang terbuat dari kayu, biasanya dimanfaatkan untuk pertunjukan seni. Dilengkapi dengan bangku kayu yang mengitari panggung, selain digunakan wisatawan untuk menonton juga dimanfaatkan sebagai spot foto yang instagrambale.

De’ Balcone Resto

De Balcone Resto
Foto by: situgunungbridge.com

Tak lengkap rasanya jika sebuah wisata tanpa kuliner. Situ Gunung menyediakan tempat makan bernama De’ Balcone dengan sajian – sajian khas Sunda, seperti minuman hangat yakni Bandrek. Bukan hanya menu makanan yang lezat, Kamu tetap memperoleh fasilitas berupa tempat yang lagi – lagi sangat Instagrambale.

Rute & Cara Menuju ke Situ Gunung

Setelah membahas beberapa hal yang berkaitan dengan Situ Gunung rasanya kurang lengkap jika tidak membahas perjalanan yang bisa ditempuh dan rutenya. Hal paling mudah yang bisa dilakukan agar bisa sampai ke tempat wisata adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi sebab lokasi wisata belum didukung dengan transportasi umum. Berikut rute perjalanan lengkapnya.

Dari Jakarta

Bagi Kamu yang berasal dari kawasan Jakarta dan sekitarnya sebaiknya cari rute dengan tujuan ke Ciawi. Pada rute ini pada dasarnya sudah ada bus besar yang akan membawa Kamu langsung ke kawasan Cisaat hanya saja jalur yang ada terkenal macet. Jadi daripada memakan banyak waktu lebih baik pilih saja tujuan Ciawi.

Setelah sampai di kawasan Ciawi lanjutkan perjalanan dengan angkutan umum nomor 02 tujuan ke Cicurug dan turun tepat di Pasar Cicurug. Dari pasar lanjutkan perjalanan naik angkutan nomor 09 tujuan Cibadak dengan tujuan akhir di terminal atau pasar Cibadak.

Terakhir naik angkutan nomor 07 arah Cisaat dan turun Polsek Cisaat. Agar sampai di lokasi jembatan gantung Situ Gunung Kamu bisa membaca penjelasan selanjutnya.

Dari Jakarta dengan Kereta Api

Kereta api adalah pilihan transportasi yang paling baik dimana cepat dan anti macet. Kamu pun bisa menaikinya dan turun pada Stasiun Bogor. Setelah itu menyebrang jalan untuk ke Stasiun Paledang. Naik saja kereta tujuan Sukabumi dan turun di Stasiun Cisaat.

Kereta ini cukup ramai sebaiknya Kamu selalu pastikan jika sudah membeli tiket dari jauh-jauh hari. Apabila sudah sampai pada stasiun jalan kaki atau bisa naik Ojek ke menuju Polsek Cisaat yang berjarak 1 KM.

Sesampainya di Polsek Cisaat untuk melanjutkan perjalanan ke Situ Gunung Kamu harus menempuh perjalanan kisaran 10 kilometer. Karena terbatas angkutan umum yang belum tersedia maka Kamu bisa menggunakan jasa layanan ojek. Jika rombongan maka Kamu bisa menggunakan angkutan kosong agar mau mengantar sampai ke Situ Gunung.

Fasilitas yang Ada di Situ Gunung

Sebagai obyek wisata terpopuler di Sukabumi, tentu pengelola menyediakan fasilitas agar pengunjung merasa nyaman. Beberapa hal yang akan Kamu temukan diantaranya adalah tempat sholat, toilet, lahan parkir yang luas hingga warung makan.

Bagaimana menarik bukan? Tunggu apalagi? Segera buat rencana liburan bersama keluarga, rekan atau pasangan ke Situ Gunung Sukabumi. Jangan lupa lakukan persiapan dengan maksimal agar liburan semakin nyaman dan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here