Lika Liku di Saloka Theme Park

Saloka Theme Park, Semarang

5 Ulasan

Bagi orang-orang yang sudah memiliki anak, maka momen yang paling ditunggu adalah liburan bersama. Jika Kamu sedang mencari inspirasi tempat wisata yang family friendly, maka jawabannya adalah Saloka Theme Park Semarang.

Nah, penamaan dari tempat wisata ini diambil dari budaya lokal terkait dengan legenda Rawa Pening. Di mana ada sesesok naga yang bisa berbicara pada Baru Klinthing. Yang mana Baru Klinthing adalah putra dari Ki Hajar dan Nyai Salokantara.

Saloka Theme Park ini menjadi salah satu taman rekreasi yang paling besar di jawa Tengah. So, apa saja yang menarik dari tempat ini?

Hal Menarik

Saloka Theme Park adalah tempat yang menyajikan berbagai wahana menarik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Mulai dari permainan edukasi khusus anak hingga wahana adrenalin untuk orang dewasa. Ada 4 zona yang bisa Kamu eksplore di tempat ini yakni: zona laut, kingdom, jungle dan kartun.

Kincir Raksasa

Bianglala di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Pertama memasuki area ini Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pantai lengkap dengan dekorasi dan bangunannya. Salah satu wahana yang menarik perhatian ialah Cakrawala.

Sebuah kincir raksasa yang membawamu naik pada ketinggian 33 meter dalam durasi 15 menit. View dari Rawa Pening, area persawahan hingga gunung di Jawa Tengah bisa Kamu saksikan melalui wahana ini.

Pertunjukan Air Mancur

Air Mancur di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Objek menarik lainnya ialah sebuah kapal yang diberi nama Jenju. Disekitarnya terdapat air mancur yang menari-nari dan biasanya dimulai pukul 2 siang dan 5 sore. Jika hari libur, pertunjukan Baru Klinthing yang merupakan satu-satunya atraksi animasi laser di Indoesia juga bisa Kamu saksikan disini loh!

Science Center

Science Center di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Tak ketinggalan, Zona Pesisir juga menyajikan wahana edukasi yang terletak di Lumbung Ilmu Galileo. Anak-anak bisa menambah pengetahuan mengenai bumi, prasejarah, zaman es, flora dan fauna hingga antariksa.

Balalantar

Zona selanjutnya ini mengusung konsep hutan belantara. Di dalamnya terdapat area Mini Zoo yang memungkinkan anak-anak untuk belajar mengenai beragam jenis unggas, kelinci hingga kura-kura.

Bukan hanya hewan, ada juga area yang bernama Ijo Royo Royo. Dimana pada lokasi ini si kecil diajarkan beberapa pengetahuan terkait tanaman. Luas dari area ini sekitar 5.262 m2 dengan sebuah labirin kecil di dalamnya. Tertarik mencoba?

Kumbang Layang

Kumbang Layang di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Masih di Zona hutan, wahana yang seru untuk dinikmati yaitu Kumbang Layang. Kamu dapat mengendarai sebuah air bike yang dapat memutar 360 derajat dan dilengkapi dengan musik bluetooth. Panjang dari lintasan ini sekitar 500 meter dengan ketinggian 4 meter. Wahana ini cukup aman untuk anak-anak kok!

Kupu-Kupu

Kupu Kupu di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Wahana yang mengasikkan lainnya ialah sepeda gantung dengan durasi main 2 menit. Permainan ini dapat diisi dengan 2 orang yang bisa dikendarai bersama. Semakin mengayuh dengan kuat, sepeda akan melayang hingga 4 meter.

Paku Bumi

Paku Bumi di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Siapa bilang jika Saloka Park hanya untuk anak-anak? Tentu saja wisata ini juga dilengkapi dengan wahana yang menantang bagi orang dewasa. Salah satunya yaitu Paku Bumi.

Layaknya wahana Hysteria di Ancol, Paku Bumi juga tak kalah menegangkan. Kamu akan dibawa naik pada ketinggian 38 meter lalu dijatuhkan seketika dengan kecepatan tinggi. Setelah itu wahana kembali naik keatas dan berulang selama 2 menit.

Bengak Bengok

Bengak Bengok di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Keseruan seperti di BNS malang juga bakal Kamu temukan disini. Wahana Bengak Bengok akan membuatmu berputar maju dan mundur dengan posisi kemiringan hingga 90 derajat. Seperti namanya, semua pengunjung akan berteriak-teriak karena adrenaline nya.

Lika-Liku

Lika Liku di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Meski tak menegangkan seperti 2 wahana sebelumnya, tapi permainan ini tetap wajib Kamu coba. Bisa dibilang ini merupakan roller coaster mini dengan bentuk kereta dengan kapasitas 4 orang. Satu gerbong terdiri dari 6 kereta. Keseruan ini dapat Kamu nikmati selama 2 menit.

Rute & Cara Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka:Senin – Jumat (10.00 – 18.00 WIB)
Sabtu – Minggu / Hari Libur (10.00 – 20.00 WIB)
Akses Jalan:Mudah dijangkau
Petunjuk:Google Maps

Saloka Theme Park ada di mana? Pertanyaan itu kerap muncul di search engine Google. Untuk itu, rutemu akan menjawabnya secara lengkap. Saloka Park berlokasi di Jl. Fatmawati No.154, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Lokasi wisata ini sangat strategis karena hanya berjarak 40 km dari Salatiga. Beberapa orang bahkan menganggap bahwa Saloka Park ini berada di kota Salatiga. Nah, untuk rute menuju ke lokasi ini dapat  ditempuh dengan beberapa arah sebagai berikut.

Dari Arah Semarang

Jika Kamu mulai perjalanan dari Semarang, silakan masuk ke tol dengan jurusan arah Bawen dan keluar ke tol Bawen. Setelah itu, belok kiri ke Jalan Semarang – Surakarta. Kamu ikuti saja jalan sampai menemukan Saloka Theme Park pada kanan jalan setelah jembatan Tuntang.

Dari Arah Solo

Sedangkan jika Kamu mulai perjalanan dari Solo, silahkan menuju arah Semarang di Jalan Semarang – Surakarta sampai keluar ke Bundaran Jalan Pandanaran. Lurus saja ke Jalan Boyolali – Semarang, lalu belok kiri ke Jalan Lingkar Selatan Salatiga. Masuk lajur kiri lalu beloklah ke Jalan Fatmawati. Setelah itu, Kamu tinggal mengikuti jalan sampai ke lokasi.

Fasilitas

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, pihak Saloka memberikan fasilitas yang sangat lengkap sebagai berikut.

Fasilitas Umum:Area parkir, shuttle gratis, toilet umum & difabel, ATM center, mushola, klinik kesehatan, kuliner.
Sosial Media:Akun Instagram
No Telepon:(0298) 322266

Harga Tiket Masuk (HTM)

Berikut ini daftar estimasi biaya yang akan Kamu keluarkan selama berada di wisata ini. Tiket masuk yang berlaku menggunakan sistem terusan. Artinya Kamu bisa menikmati semua wahana tanpa mengeluarkan biaya lagi.

Hari Biasa:Rp. 120.000
Akhir pekan / hari libur:Rp. 150.000
Biaya Parkir:Rp. 5.000 / motor
Rp. 15.000 / mobil
Rp. 25.000 (VIP)
Sewa Scooter:Rp. 100.000 / jam
Sewa Sepeda Listrik:Rp. 25.000 / 15 menit

Selain itu ada juga peralatan yang bisa Kamu sewa untuk sekedar keliling area wisata. Salah satunya yaitu sepeda listrik yang bisa dimanfaatkan di area Ijo Royo-Royo dengan bonus minuman botol.

Sekian ulasan mengenai wisata Saloka Theme Park berserta review dari masing-masing wahana. Jadi, Kapan Kamu agendakan jadwal liburan ke taman wisata satu ini? Kami tunggu ya!

5 Komentar Untuk Saloka Theme Park, Semarang

  1. Hai hai haaaiii…. . Kali ini bahagia sekali mau review tempat yang udah kita rencanakan mau kesana waktu liburan. Dan beneran dong awal liburan ini kita datang ke Saloka 😍😍. . Awalnya hari Sabtu ada temen update story’ di WhatsApp, beliau adalah karyawan BRI, dan kebetulan banget beliau menawarkan berbagai promo Discount dengan pembayaran menggunakan kartu Debit/Kredit BRI, dan berlaku cuma hari Senin, tanggal 16 Desember 2019, nah salah satunya Saloka ini, antar percaya dan tidak aq tanya dong ke beliau, dan ternyata bener, tapi untuk 50 pengunjung pertama doang daann tiket yang hanya seharga 12.400 💃💃 Kan rejeki emak solehah bener yaaa… . . Baiklaaahh… Hari Senin kota siap-siap berangkat pagi, dan jam 08.00 udah sampai Saloka. It’s okeee nunggu loketnya buka jam 09.00, yang penting bisa main sepuasnya dengan harga 12.400 🤭🤭. . Akhirnya loket dibuka dan melakukan pembayaran dengan 1 ATM 1 tiket, rasanya duuuhh bener-bener masih ga percayaaa 😂😂. . Jam 08.30 pengunjung mulai banyak dong, dari rombongan keluarga sampai rombongan anak-anak sekolah. . . Begitu masuk di arena bermain, masih ga percaya jugaaa… Dan kita happy bangeeettt… Ga henti-hentinya bilang Terimakasih BRIiiiiiiiii 😅😅 Terimakasih juga Saloka yang udah menerima kita dengan baik meskipun kita masuk dengan harga promo 🙏🙏. . Bertambah happy lagi saat masuk arena bermain, ternyata banyaaakk sekali wahananya, dan anak lanang saya antusias sekali untuk main semua wahana, dari Disco, Roller Coaster, Paku Bumi, Adu Nyali, Halilintar, Arung Jeram, Motor Mabur, Senggal Senggol alias BomBomCar dan bisa lihat pertunjukan Jejogedan alias Dancing Fountain, kali ini emaknya yang happy dan dalam hati mengucap terus, terimakasih BRIiiiiii dan Salokaaa 💃💃. . Saya menilai wahana bermain di Saloka bener-bener aman, untuk permainan yang Extreme pun safety, ramah anak, dan lingkungannya pun bersih, ga ada sampah berkeliaran, karena sudah di fasilitasi dengan banyaknya tempat sampah.. . Lapar??? Disana ada cafe yang menyediakan berbagai macam minuman dan makanan maupun cemilan, es krim juga ada dengan harga yang ramah dikantong anak-anak maupun orang dewasa 😍😍. . Ini tuh rasanya kayak Kado Liburan buat kami 😍😍. . O iya, untuk harga tiket normalnya,. Weekdays 120.000. Weekend 150.000. Holiday 150.000. . Infonya tiap hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah, ada pertunjukan Baru Klinting jam 19.00.. . Yuk buruan ke Saloka mumpung liburan 💃💃

  2. Ke sini tanggal 2 Januari kemarin. Sempat ketar-ketir kalau ternyata terlalu ramai dan bakalan antri panjang seperti review-review sebelumnya. Alhamdulillaah, sampai sana ternyata tidak bejubel. Tidak perlu antri lama untuk memainkan setiap wahana yang ada. Tempat luas dan terawat. Parkirnya bisa pilih yang VIP (depan loket) atau biasa. Ada ATM center. Tiket di hari libur 150k/person bisa main sepuasnya di semua wahana. Sayangnya, tidak semua permainan bisa dimainkan oleh anak-anak seusia TK seperti anak bungsu saya. Meskipun begitu, ada Polah Bocah yang khusus untuk anak usia 6y ke bawah (jangan lupa bawa atau beli kaos kaki dulu). Ada permainan Semprat-Semprot yang seru. Mungkin bisa pakai jas hujan jika tidak ingin ganti baju. Dan, bagi yang gampang pusing atau mual, jangan naik permainan Teko, karena itu benar-benar membuat semakin pusing. Harga makanan dan minuman di dalam menurut saya masih standar harga di tempat wisata yang tentu saja akan lebih tinggi dari harga toko biasa. Tapi menurut saya, cukup sebanding dengan biaya perawatan agar tempat wisata ini tetap bersih. Saran saya kepada pengelola, mungkin bisa menggunakan tempat makan dan minum yang lebih ramah lingkungan.

  3. Kemarin liburan awal tahun 2020 ke saloka, cukup mengesankan, asik buat family time sm ank2,, instagramable jga buat yg suka foto2, . Saloka bukq mulai jam 10 pagi, dr brgkt di parkiran nnti dijmput kndraan shuttle menuju k loket,, hrga tiket masuk dikenakan buat anak diatas 2 tahun, weekday 120 weekend 150rb, ada 25 wahana yg bsa dinikmati, cm ada bbrp yg mengharuskan tinggi min anak 120 jd dsygkan bgt buat yg pnya anak balita blm bsa ikutan naik bbrp wahana tsb, ada wahana yg basah2 jga, siapin aj baju gantinya klo mau main, trus g prlu bwa mknan sm tongsis krn mmg atranny g blh, dsana udh ada stand mknan yg bsa dibeli dan dipilih ssuai keinginan… Tmpatnya ckup luas, jd klo males jln kaki bsa jg sewa skuter sehrga 100k per 2 jam, klo pas weekend bsa jg menikmati film legenda saloka yg ditampilkan cantik bgt brsma air trjun… Fasilitasnya dr mck dan mushola jg bagus, hrga mkanan jg trjangkau, es teh 10k, friedchkn 25k, roti /pisang bkar hrga maks 25 rbu, buat pecinta rice bowl dsana jg ada segrha 30k… Q saranin klo mau kesana pas jm buka biar bsa cb semua wahana, dsana jg msti sbar mengantri… Buat keluarga2 kcil pas bgt ksana

  4. Amusement park terfavorit saya so far!. . Saya berkunjung ke sini hari Minggu, tiketnya seharga Rp150.000,00 untuk weekend dan Rp125.000,00 untuk weekdays. Saloka buka pukul 10 pagi dan tutup pukul 8 malam setiap weekend, untuk weekdays tutup pukul 5 sore. Dan serunya lagi, tidak ada batasan waktunya! Mau datang jam 10 dan pulang jam 8 pun nggak masalah.. . Terdapat loket informasi, restoran, foodtruck, mushola, toilet, toilet difabel, ATM center, loker, ruang laktasi, klinik kesehatan, area merokok, penyewaan skuter (karena tempat ini sangat luas) dan berbagai fasilitas lainnya. Lahan parkirnya juga sangat luas, sehingga disediakan mobil untuk mengangkut pengunjung dari parkiran ke Saloka atau dari Saloka ke parkiran karena jaraknya yang lumayan jauh kalau berjalan.. . Wahana yang saya rekomendasikan untuk dicoba adalah Cakrawala, Kumbang Layang, Gonjang Ganjing (siap-siap basah kalau ini), Paku Bumi, Lika Liku, Obat Abit, Bengak Bengok, dan Senggal Senggol. Saya menaiki hampir semua wahana tetapi saya paling suka 8 wahana ini. Untuk antre, ya lumayan panjang tapi nggak lama-lama amat, kok. Saran saya kalau nggak mau mengantre terlalu lama, datangnya sore saja, sekitar jam 4-an pengunjung sudah mulai berkurang. Untungnya, waktu saya berkunjung, hawanya enak banget! Cerah dan sejuk, nggak panas-panas banget dan nggak dingin-dingin banget.. . Setahu saya ada pertunjukan musik disini tetapi sewaktu saya berkunjung saya nggak sempat menonton.. . Pokoknya Saloka worth banget untuk kalian yang pengen rekreasi! Yang lagi banyak pikiran, berkunjunglah kesini dan naik wahana yang serem-serem, teriak-teriak sepuasnya. Dijamin plong😜

  5. Suka banget sih kesini, tempatnya di Semarang atas.lokasinya mudah ditemukan. Kl mnrtku ini spt Dufan mini. Ada krg lbh 25 wahana yg hanya dg tiket masuk seharga 150rb qta dpt nikmati semua wahana tsb tanpa tambahan biaya lg, kenapa ak sebut Dufan mini? Krn durasi permainan nya lbh pendek,kl Pgn naik lg hrs turun dl lalu antri lg.spt umumnya tempat wisata ya ga boleh bw masuk makanan krn didlm bs beli makanan, harga ya wajar utk tempat wisata lah.mushola n toilet bersih ada dimana2,kl km ga kuat jalan bs sewa sepeda listrik,ak krg paham tarif brp krn ak ga sewa.o iya Saloka buka sampe jam 8 mlm.ada fasilitas kereta(semacam bus kecil) utk mengangkut pengunjung dr dan atau pintu msk ke parkiran.utk wahana km kl prnh ke Dufan ya mirip2 itulah :). Ayo segera kunjungi Saloka utk bertemu naga Loka sbg ikon Saloka theme park.

Tinggalkan Balasan