Saloka Theme Park

Bagi orang-orang yang sudah memiliki anak, maka momen yang paling ditunggu adalah liburan bersama. Jika Kamu sedang mencari inspirasi tempat wisata yang family friendly, maka jawabannya adalah Saloka Theme Park Semarang.

Nah, penamaan dari tempat wisata ini diambil dari budaya lokal terkait dengan legenda Rawa Pening. Di mana ada sesesok naga yang bisa berbicara pada Baru Klinthing. Yang mana Baru Klinthing adalah putra dari Ki Hajar dan Nyai Salokantara.

Saloka Theme Park ini menjadi salah satu taman rekreasi yang paling besar di jawa Tengah. So, apa saja yang menarik dari tempat ini?

Hal Menarik di Saloka Theme Park

Saloka Theme Park adalah tempat yang menyajikan berbagai wahana menarik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Mulai dari permainan edukasi khusus anak hingga wahana adrenalin untuk orang dewasa. Ada 4 zona yang bisa Kamu eksplore di tempat ini yakni: zona laut, kingdom, jungle dan kartun.

Kincir Raksasa

Bianglala di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Pertama memasuki area ini Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pantai lengkap dengan dekorasi dan bangunannya. Salah satu wahana yang menarik perhatian ialah Cakrawala.

Sebuah kincir raksasa yang membawamu naik pada ketinggian 33 meter dalam durasi 15 menit. View dari Rawa Pening, area persawahan hingga gunung di Jawa Tengah bisa Kamu saksikan melalui wahana ini.

Pertunjukan Air Mancur

Air Mancur di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Objek menarik lainnya ialah sebuah kapal yang diberi nama Jenju. Disekitarnya terdapat air mancur yang menari-nari dan biasanya dimulai pukul 2 siang dan 5 sore. Jika hari libur, pertunjukan Baru Klinthing yang merupakan satu-satunya atraksi animasi laser di Indoesia juga bisa Kamu saksikan disini loh!

Science Center

Science Center di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Tak ketinggalan, Zona Pesisir juga menyajikan wahana edukasi yang terletak di Lumbung Ilmu Galileo. Anak-anak bisa menambah pengetahuan mengenai bumi, prasejarah, zaman es, flora dan fauna hingga antariksa.

Balalantar

Zona selanjutnya ini mengusung konsep hutan belantara. Di dalamnya terdapat area Mini Zoo yang memungkinkan anak-anak untuk belajar mengenai beragam jenis unggas, kelinci hingga kura-kura.

Bukan hanya hewan, ada juga area yang bernama Ijo Royo Royo. Dimana pada lokasi ini si kecil diajarkan beberapa pengetahuan terkait tanaman. Luas dari area ini sekitar 5.262 m2 dengan sebuah labirin kecil di dalamnya. Tertarik mencoba?

Kumbang Layang

Kumbang Layang di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Masih di Zona hutan, wahana yang seru untuk dinikmati yaitu Kumbang Layang. Kamu dapat mengendarai sebuah air bike yang dapat memutar 360 derajat dan dilengkapi dengan musik bluetooth. Panjang dari lintasan ini sekitar 500 meter dengan ketinggian 4 meter. Wahana ini cukup aman untuk anak-anak kok!

Kupu-Kupu

Kupu Kupu di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Wahana yang mengasikkan lainnya ialah sepeda gantung dengan durasi main 2 menit. Permainan ini dapat diisi dengan 2 orang yang bisa dikendarai bersama. Semakin mengayuh dengan kuat, sepeda akan melayang hingga 4 meter.

Paku Bumi

Paku Bumi di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Siapa bilang jika Saloka Park hanya untuk anak-anak? Tentu saja wisata ini juga dilengkapi dengan wahana yang menantang bagi orang dewasa. Salah satunya yaitu Paku Bumi.

Layaknya wahana Hysteria di Ancol, Paku Bumi juga tak kalah menegangkan. Kamu akan dibawa naik pada ketinggian 38 meter lalu dijatuhkan seketika dengan kecepatan tinggi. Setelah itu wahana kembali naik keatas dan berulang selama 2 menit.

Bengak Bengok

Bengak Bengok di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Keseruan seperti di BNS malang juga bakal Kamu temukan disini. Wahana Bengak Bengok akan membuatmu berputar maju dan mundur dengan posisi kemiringan hingga 90 derajat. Seperti namanya, semua pengunjung akan berteriak-teriak karena adrenaline nya.

Lika-Liku

Lika Liku di Saloka Theme Park
Foto by: @salokapark

Meski tak menegangkan seperti 2 wahana sebelumnya, tapi permainan ini tetap wajib Kamu coba. Bisa dibilang ini merupakan roller coaster mini dengan bentuk kereta dengan kapasitas 4 orang. Satu gerbong terdiri dari 6 kereta. Keseruan ini dapat Kamu nikmati selama 2 menit.

Rute & Cara Menuju ke Saloka Theme Park

Lokasi dan Alamat Lengkap:Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka:Senin – Jumat (10.00 – 18.00 WIB)
Sabtu – Minggu / Hari Libur (10.00 – 20.00 WIB)
Akses Jalan:Mudah dijangkau
Petunjuk:Google Maps

Saloka Theme Park ada di mana? Pertanyaan itu kerap muncul di search engine Google. Untuk itu, rutemu akan menjawabnya secara lengkap. Saloka Park berlokasi di Jl. Fatmawati No.154, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Lokasi wisata ini sangat strategis karena hanya berjarak 40 km dari Salatiga. Beberapa orang bahkan menganggap bahwa Saloka Park ini berada di kota Salatiga. Nah, untuk rute menuju ke lokasi ini dapat  ditempuh dengan beberapa arah sebagai berikut.

Dari Arah Semarang

Jika Kamu mulai perjalanan dari Semarang, silakan masuk ke tol dengan jurusan arah Bawen dan keluar ke tol Bawen. Setelah itu, belok kiri ke Jalan Semarang – Surakarta. Kamu ikuti saja jalan sampai menemukan Saloka Theme Park pada kanan jalan setelah jembatan Tuntang.

Dari Arah Solo

Sedangkan jika Kamu mulai perjalanan dari Solo, silahkan menuju arah Semarang di Jalan Semarang – Surakarta sampai keluar ke Bundaran Jalan Pandanaran. Lurus saja ke Jalan Boyolali – Semarang, lalu belok kiri ke Jalan Lingkar Selatan Salatiga. Masuk lajur kiri lalu beloklah ke Jalan Fatmawati. Setelah itu, Kamu tinggal mengikuti jalan sampai ke lokasi.

Fasilitas yang Ada di Saloka Theme Park

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, pihak Saloka memberikan fasilitas yang sangat lengkap sebagai berikut.

Fasilitas Umum:Area parkir, shuttle gratis, toilet umum & difabel, ATM center, mushola, klinik kesehatan, kuliner.
Sosial Media:Akun Instagram
No Telepon:(0298) 322266

Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park

Berikut ini daftar estimasi biaya yang akan Kamu keluarkan selama berada di wisata ini. Tiket masuk yang berlaku menggunakan sistem terusan. Artinya Kamu bisa menikmati semua wahana tanpa mengeluarkan biaya lagi.

Hari Biasa:Rp. 120.000
Akhir pekan / hari libur:Rp. 150.000
Biaya Parkir:Rp. 5.000 / motor
Rp. 15.000 / mobil
Rp. 25.000 (VIP)
Sewa Scooter:Rp. 100.000 / jam
Sewa Sepeda Listrik:Rp. 25.000 / 15 menit

Selain itu ada juga peralatan yang bisa Kamu sewa untuk sekedar keliling area wisata. Salah satunya yaitu sepeda listrik yang bisa dimanfaatkan di area Ijo Royo-Royo dengan bonus minuman botol.

Sekian ulasan mengenai wisata Saloka Theme Park berserta review dari masing-masing wahana. Jadi, Kapan Kamu agendakan jadwal liburan ke taman wisata satu ini? Kami tunggu ya!

5/5 (1 Review)

Leave a Comment