Connect with us

Ini Dia Rekomendasi Laptop Budget Mahasiswa Akhir Tahun

Pengetahuan

Ini Dia Rekomendasi Laptop Budget Mahasiswa Akhir Tahun

Ini Dia Rekomendasi Laptop Budget Mahasiswa Akhir Tahun

Bagi mahasiswa, laptop bagaikan teman yang menemani hari-hari mereka dari pagi hingga pagi lagi. Bagaimana tidak? Hampir semua tugas dan kegiatan mahasiswa harus dikerjakan menggunakan laptop. Biasanya, mahasiswa memerlukan laptop bagus dengan harga terjangkau.

Ada banyak sekali merek dan jenis laptop dengan spesifikasi atau kualitas dan harga yang berbeda-beda. Biasanya, orang memilih spesifikasi laptop sesuai dengan kegunaan laptop tersebut nantinya. Semakin berat aktivitasnya, maka spesifikasi yang dibutuhkan semakin tinggi.

Misalkan untuk para mahasiswa, maka keperluan mendasarnya adalah untuk komputasi ringan, seperti penggunaan Microsoft Office dan aplikasi untuk mengakses internet. Oleh karena itu, spesifikasi yang diperlukan sebenarnya tidak terlalu tinggi, berbeda dengan keperluan gaming atau editing.

Jika budget yang kamu miliki tidak terlalu banyak, maka belilah laptop standar untuk mengerjakan tugas. Namun jika memiliki budget yang lebih, kamu bisa memilih laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi, sehingga bisa leluasa digunakan untuk kegiatan lain, seperti editing.

Daftar Rekomendasi Laptop Budget Mahasiswa 2022!

Untuk membantu kebingungan kamu dalam memilih laptop yang tepat. Berikut adalah beberapa rekomendasi laptop dengan spesifikasi yang cukup bagus, namun harganya terjangkau dan sesuai dengan budget yang dimiliki oleh mahasiswa, apa sajakah itu?

1. HP 12S dq0508TU

Rekomendasi pertama datang dari produk Hewlett Packard Indonesia yang meluncurkan laptop keren dengan spesifikasi mumpuni namun harga aman di kantong mahasiswa. HP 12S dq0508TU agaknya memang didesain khusus untuk pelajar dan mahasiswa.

Hal itu diketahui dari spesifikasi, fitur yang disediakan, dan harganya yang masih cukup terjangkau. Disokong oleh prosesor Intel Celeron N4120 quad-core generasi Gemini Lake yang ditandemkan dengan RAM 4GB, laptop ini cukup lancar untuk komputasi sehari-hari.

Yang membuatnya semakin populer karena sudah otomatis dibekali dengan Microsoft Office Home & Student 2019 asli pre-installed secara gratis saat membeli laptop ini. Keberadaan program Microsoft tersebut sangat membantu aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa.

Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 10 Home Edition x64 + Microsoft Office Home & Student 2019 pre-installed, dan lagi-lagi sudah otomatis didapatkan saat membeli laptop. Selain itu, body laptop ini juga elegan dan kekinian dengan penggunaan bezel tipis Micro Edge.

2. Xiaomi RedmiBook 15

Laptop ini termasuk dalam jajaran laptop yang recommended untuk mahasiswa karena harganya yang terjangkau, namun spesifikasi cukup bagus dengan prosesor Core I3, RAM 8GB, SSD 256GB, sistem operasi Windows 10 Home, dan kapasitas baterai 46Wh.

Meskipun hanya memiliki satu pilihan warna, namun warna dan desainnya mengusung gaya minimalis yang kekinian dengan grey metallic yang menghadirkan kesan premium dan elegan. Ditambah lagi dengan framenya yang berbahan metal dan layarnya 15,6 inci.

Untuk keperluan mahasiswa, laptop ini sangat mendukung aplikasi office, video conference, dan akses pada berbagai aplikasi untuk keperluan browsing sehingga sangat mendukung kegiatan mahasiswa.

3. Lenovo Ideapad Slim 3

Beberapa orang mengira laptop ini adalah laptop gamingkarena spesifikasinya yang cukup tinggi. Padahal ini adalah jenis laptop biasa dengan harga terjangkau yang sangat recommended untuk menemani mahasiswa menghadapi gempuran tugas setiap harinya.

Laptop ini menyediakan tiga pilihan prosesor, yaitu Intel Pentium Gold 6405U, Intel Core i3-1005G1, dan Intel Core i5-1035G1. Ketiga prosesor ini sudah mendukung sistem operasi Windows 10 Pro.

Laptop ini juga sudah dibekali oleh RAM 4GB DDR4 dan masih bisa di upgrade jika memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi, misalkan untuk gaming dan editing. Storageyang digunakan yaitu 256GB SSD M.2 2242 NVME TLC dan 512GB SSD M.2 2242 NVME TLC.

Untuk desainnya mengusung gaya minimalis dengan dimensi 327.1 mm x 2411mm x 19,99 mm. Dilengkapi dengan bezel tipis yang membuat layarnya tampak semakin lebar, yang sebenarnya berukuran 14 inci.

4. Huawei Matebook D14

Rekomendasi laptop mahasiswa selanjutnya datang dari Huawei yang baru diluncurkan di Indonesia pada 27 Juli 2022 lalu. Laptop ini disokong oleh versi prosesor Intel Core generasi ke-11 Core i3-1115G4, dan diklaim memiliki harga yang cukup terjangkau.

Kelebihan laptop ini terutama untuk kegiatan video conference, karena sudah dibekali kamera dengan resolusi HD 720p. Untuk penyimpannya, sudah menggunakan RAM 8GB dan storage 512GB SSD. Sedangkan kapasitas baterainya mencapai 56 Wh.

Laptop ini semakin cocok untuk mahasiswa dengan kelengkapan fitur periferalnya. Mulai dari port HDMI, USB-C untuk transfer data dan pengisian daya, port USB 3.2 Gen1, USB-A 2.0, dan colokan audio jack 3.55mm.

Selain itu, desain dan pilihan warna Huawei Matebook D14 juga memberikan kesan elegan namun tetap minimalis dan kekinian, dengan warna Mystic Silver nya. Dengan spesifikasinya tersebut, Huawei Matebook D14 sangat mendukung berbagai aktivitas mahasiswa.

5. Asus Vivobook X441MA

Asus juga tidak ketinggalan untuk masuk pada segmen pasar mahasiswa dan pelajar, dengan laptop andalannya yaitu Asus Vivobook X441MA. Laptop ini memiliki memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni dalam kegiatan komputasi yang diperlukan oleh mahasiswa.

Asus Vivobook X441MA sudah dibekali dengan prosesor Intel® Celeron® N4000 Processor 1.1 GHz (4MB cache, up to 2.8 GHz) dan sistem operasi Windows 10 Home yang didapatkan secara gratis saat membeli laptop ini, sehingga tidak perlu membeli lisensi baru.

Dengan RAM 4GB, kamu sudah bisa menjalankan berbagai aplikasi sekaligus sehingga bisa melakukan kegiatan secara multitasking tanpa perlu takut laptop lemot atau lag. Selain itu, keunggulan yang selalu ditonjolkan laptop ini adalah memori internalnya yang mencapai 1TB atau 10000GB SATA HDD.

6. Acer Aspire 5 Ryzen

Acer tentu menjadi merek yang tidak boleh ketinggalan ketika merekomendasikan laptop yang cocok untuk mahasiswa. Kini dengan Acer Aspire 5 Ryzen yang sudah dibekali dengan prosesor AMD Ryzen seri 5000 sehingga performanya lebih tinggi dibanding versi sebelumnya.

Laptop ini cocok untuk berbagai kegiatan komputasi, mulai dari office, video conference, menonton film atau videopembelajaran, dan browsing. Dengan RAM 8GB DDR4-3200 yang masih bisa di upgrade hingga kapasitas 24GB.

Laptop ini juga dibekali dengan penyimpanan internal 512GB SSD M.2 PCIe NVMe dan masih bisa di upgrademenggunakan SSD maupun HDD 2.5 inci. Untuk desainnya, laptop ini sangat simple dengan bahan polikarbonat dan warna silver yang menarik.

Untuk fitur periferalnya, sudah tersedia audio dengan 2 stereo speaker, konektor di sisi kiri dan kanannya yang terdiri dari, DC-IN, Ethernet, port HDMI, 3 port USB 3.2 Gen 1, Type C 3.2 Gen 1, Audio Jack Combo 3.5mm, dan Kensington Lock.

Itulah beberapa rekomendasi laptop kekinian untuk budgetmahasiswa yang memiliki berbagai jenis kelebihan atau keunggulan dari segi spesifikasi maupun fitur pendukung untuk berbagai kegiatan mahasiswa, mulai dari penugasan, video conference, browsing, dan lainnya.

Continue Reading
Artikel lain yang mungkin Anda cari...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pengetahuan

To Top