Informasi Tentang Wisata Rawa Gede Bogor
Letak, Tempat dan Alamat Lengkap Desa Sirna Jaya, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Bogor Jawa Barat
Situs Resmi
Hari dan Jam Operasional Setiap Hari (9.00 s.d 22.00 WIB)
Harga Tiket Masuk Rp. 15.000
Telepon

Rutemu – Bosan dengan rutinitas dan pekerjaan setiap hari? Jika iya, mungkin Kamu butuh rileksasi dengan berlibur ke wisata alam seperti Rawa Gede yang ada di kawasan Bogor. Destinasi wisata ini memang belum dikenal oleh banyak orang. Namun keindahannya benar-benar akan membuat Kamu takjub. Dalam satu tempat saja, Kamu bisa menikmati alam berupa sawah, bukit dan curug atau air terjun yang masih asri.

Sama-sama berada di kabupaten Bogor, Rawa Gede Bogor memiliki suasana yang sejuk sangat mirip dengan suasana di kawasan Puncak. Bagaimana menarik bukan untuk kunjungan di sela-sela liburan Kamu? Langsung saja yuk simak beberapa ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja yang Ada di Rawa Gede?

Meskipun Rawa Gede saat ini masih berada dalam proses pembangunan, tampaknya Kamu dan wisatawan lainnya masih bisa merasakan berbagai macam hal seru. Kira-kira apa saja yang bisa Kamu dapat ya? Berikut ulasan lengkapnya.

Hunting Foto Instagramable

Wisata Rawa Gede Bogor
Foto by: @abie_bette
Situ Rawa Gede Bogor
Foto by: @bobohphoto

Telaga atau situ Rawa Gede merupakan lokasi favorit di kawasan wisata ini. Selain menikmati pemandangan danau yang indah, Kamu juga bisa memanfaatkan view tersebut sebagai spot foto. Background yang paling menarik dan jangan sampai Kamu lewatkan ialah jembatan di tengah danau serta spot foto yang instagramable.

Area Pre Wedding

Danau Rawa Gede Bogor
Foto by: @sadewa.rg
Pre Wedding di Rawa Gede Bogor
Foto by: @sadewa.rg

Bukan hanya untuk memenuhi postingan sosial media, disini Kamu juga bisa melakukan hal yang lebih. Banyak wisatawan yang menggunakan area danau untuk background sesi foto pre wedding mereka. Keindahan alam yang asri serta keahlian fotografer yang mumpuni menciptakan dokumentasi yang sangat memukau. Apakah Kamu tertarik untuk mencoba?

Keliling Danau dengan Sampan

Telaga Rawa Gede Bogor
Foto by: @marrissa_valina

Jika kurang puas hanya dengan berfoto, Kamu masih bisa melakukan hal lainnya. Termasuk berkeliling danau atau telaga Rawa Gede dengan perahu. Agar bisa menikmati fasilitas ini, kamu perlu merogoh kocek lagi sekitar 10rb – 20rb per sesi.

Harga tersebut tentu sebanding dengan pengalaman yang akan Kamu dapatkan. Menikmati view situ Rawa Gede dari berbagai sisi serta merasakan hawa sejuk daerah Bogor melalui sampan.

Camping di Sekitar Telaga

Camping di Situ Rawa Gede Bogor
Foto by: @sukamakmur_

Hal yang tak kalah seru dan paling mengasyikkan di Rawa Gede ialah berkemah. Yaps, disini Kamu di izinkan untuk mendirikan tenda dan bermalam di tepi danau. Selain menikmati sunset, Kamu juga dapat mengisi aktivitas dengan memancing ikan hingga bakar-bakar. Sebagai catatan, jaga kebersihan ya!

Curug Cidulang

Curug Cidulang di Wisata Rawa Gede Bogor
Foto by: @aldybaihaqi

Last but not least, air terjun ini dapat Kamu tempuh dalam waktu 15 menit dari situ Rawa Gede. Selain itu, Kamu tidak dipungut harga tiket masuk karena sudah dihitung dalam area wisata Rawa Gede.

Tentunya disini Kamu akan disuguhkan panorama yang indah dari Curug Cidulang ini. Kamu bisa selfie sesuka hati, jalan-jalan di sekitar sungai, atau bahkan bermain air jika Kamu tahan dingin.

Rute & Cara Menuju ke Rawa Gede

Dibandingkan dengan wisata yang lainnya, bisa dibilang rute perjalanan Rawa Gede Sukamakmur cukup sulit. Meskipun begitu tampaknya Kamu akan merasakan pengalaman perjalanan liburan yang menyenangkan dan berkesan dari kawasan Bogor. Nah, di bawah ini adalah beberapa rute perjalanan yang bisa Kamu lalui dari berbagai arah.

Dari Jakarta dengan Roda Empat

Jika Kamu adalah salah satu wisatawan dari Jakarta maka Rawa Gede bisa dijangkau selama dua jam lewat jalur tol Jagorawi menggunakan kendaraan roda empat atau mobil.

Setelah keluar dari tol langsung saja masuk ke kawasan Citereup menuju Kecamatan Suka Makmur. Sesampainya di kantor kecamatan, lanjutkan perjalanan dengan menanjaki perbukitan sebelum sampai pada kawasan wisata ini.

Dari Jakarta dengan Motor

Bagi Kamu yang menggunakan motor maka bisa langsung menuju wisata dari arah Cibubur dan Jonggol. Setelah itu, masuk saja ke jalan alternatif ke kawasan Cipanas Puncak. Selang beberapa waktu Kamu akan sampai desa Sirna Jaya Bogor.

Dari Bogor

Dari kawasan daerah Bogor Kamu bisa mengambil arah ke Sentul ataupun Jonggol. Para pengguna sepeda motor bisa juga mengambil arah ke Cihampar. Sebelum Kamu sampai pada Citereup ambil jalan menuju ke arah Suka Makmur untuk ke Wisata Rawa Gede.

Dari Cianjur

Selain beberapa akses ke Situ Rawa Gede di atas Kamu juga bisa pergi dari kawasan Cianjur. Rute perjalanan ini menjadi rute yang paling dekat menuju Cipanas Puncak. Dari kawasan ini Kamu bisa langsung mengambil jalan alternatif arah ke Jonggol atau Jakarta.

Sepanjang jalan yang ada Kamu akan melewati kecamatan Suka Makmur. Setelah itu langsung masuk ke kawasan Desa Sirna Jaya. Desa tersebut adalah daerah sebelum Kamu bisa sampai ke destinasi wisata Rawa Gede.

Fasilitas yang Ada di Rawa Gede

Tidak mau kalah dengan wisata modern saat ini, destinasi wisata ini juga menyajikan berbagai macam fasilitas yang mana akan mendukung kenyamanan Kamu selama berlibur di kawasan wisata Rawa Gede. Di bawah ini adalah beberapa fasilitas pendukung tersebut dalam satu harga tiket masuk.

  1. Mushola.
  2. Area parkir yang luas.
  3. Kamar kecil atau MCK.
  4. Ruang ganti.
  5. Kuliner khas daerah asal.
  6. Gazebo.
  7. Tempat Istirahat.

Kini Kamu tidak perlu merasa galau lagi ketika aktivitas kerja dan sehari-hari sudah membuat penat. Langsung saja buat rencana liburan ke beberapa wisata alam seperti Rawa Gede Bogor ini. Setelah dari kawasan ini Kamu  bisa merencanakan untuk berlibur ke tempat lainnya di daerah Bogor. Jangan lupa ajak keluarga atau pun kerabat terdekat agar liburan terasa lebih menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here