Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Posong

Wisata Alam Posong Temanggung
Informasi tentang Wisata Alam Posong Temanggung
Letak, lokasi dan alamat lengkap: Lereng G. Sindoro, Desa Tlahap, Kec. Kledung, Kab. Temanggung, Jawa Tengah
Situs resmi: Akun Instagram
Hari dan jam operasional: Senin – Minggu (4.00 – 17.00 WIB)
Harga tiket masuk: Rp 10.000
Telepon: 0816654907

Rutemu – Info menarik bagi kamu para pecinta wisata alam yang sejuk nan dingin. Salah satu tujuan wisata yang bisa kamu kunjungi ialah Posong. Tempat wisata yang terletak di kaki gunung Sindoro ini menawarkan view yang eksotis. Mulai dari golden sunrise hingga camping asik bersama keluarga.

Apa Saja yang Ada di Posong?

Tak kalah menarik dari dataran tinggi Dieng, Posong menjadi salah satu titik yang wajib kamu kunjungi. View alam yang disajikan di kawasan ini, sangat pas untuk kamu jadikan sebagai background foto. Lalu hal apa saja yang akan kamu temukan disini? Berikut ulasannya.

View Gunung Sumbing & Sindoro

View Sindoro dari Posong Temanggung
Foto by: @mahasiswa_dolan

Salah satu sumber keindahan yang dimiliki oleh tempat wisata ini adalah lokasinya yang berada di antara gunung Sumbing dan Sindoro. Hal inilah yang menyebabkan tempat ini sangat menarik dan menyenangkan untuk di kunjungi. Berkat view tersebut kamu bisa berfoto di mana saja dan mendapatkan hasil jepretan yang keren untuk diupload di sosial media kamu.

Lainnya:  Ayana Gedong Songo

Golden Sunrise

Wisata Alam Posong Temanggung
Foto by: @andhy182
Sunrise di Posong Temanggung
Foto by: @alif_nrizqi

Hal utama yang patut kamu tunggu saat berada di lokasi ini ialah Sunrisenya. Yaps, dibuka mulai pukul 4 pagi, kamu dipersilahkan untuk menanti matahari terbit di dataran tinggi ini. Beberapa wisatawan sengaja datang malam hari dan melakukan camping hanya untuk menikmati bersinarnya sang fajar dari ufuk timur.

Spot Foto Unik & Instagramable

Gardu Pandang di Posong Temanggung
Foto by: @Regran_ed

Selain pemandangan alam yang disajikan, pihak pengelola juga menambahkan beberapa spot foto yang unik dan jangan sampai kamu lewatkan. Mulai dari gardu pandang, panggung selfie, taman yang luas, teks bertulisan POSONG hingga gazebo yang bisa kamu pakai untuk duduk, bersantai & beristirahat.

Spot Foto di Posong Temanggung
Foto by: @titik_tianever

Di wisata alam Posong ini skill mu dalam berpose dan memotret harus dikeluarkan secara maksimal. Agar hasil jepretan tampak keren dan siap untuk show off di sosial media mu. Selain itu, Posong juga menjadi destinasi liburan yang romantis bersama pasangan, teman maupun keluarga.

Area Kemah

Kemah di Posong Temanggung
Foto by: @rikonugg

Hal yang paling mengasyikkan saat berada di dataran tinggi ialah camping. Dengan berkemah, kita akan merasakan kebersamaan dengan pasangan, teman maupun keluarga. Dinginnya malam diselimuti dengan kabut tebal menjadikan suasana lebih dekat dengan alam.

Bagi kamu yang ingin menyewa tenda camping, silahkan lakukan pemesanan terlebih dahulu dengan pihak pengelola, baik melalui akun IG atau nomor telepon diatas. Biaya yang perlu kamu siapkan ialah Rp. 60.000 permalam. Selain kemah, di sekitar taman wisata Posong juga terdapat penginapan yang biasa dipilih oleh wisatawan dari luar kota.

Lainnya:  Caping Park

Rute & Cara Menuju ke Posong

Lalu bagaimana jika kamu ingin ke tempat wisata ini? Kamu bisa berangkat dari pusat kota Temanggung. Jarak antara Posong dengan pusat kota ini tidak begitu jauh. Jaraknya hanya sekitar 26 km. Jika kamu mengendarai kendaraan pribadi maka kamu bisa sampai ke tempat wisata tersebut dalam waktu 45 menit hingga 1 jam.

Jika kamu berangkat dari Semarang, maka kamu bisa mengambil rute Sleman – Yogyakarta. Setelah itu ke arah kecamatan Bawen, lalu daerah Ambarawa dan yang terakhir adalah ke arah Secang dan akhirnya bisa mengikuti jalur ke Kota Temanggung. Baru dari Temanggung kamu melanjutkan perjalanan ke Posong.

Untuk kamu yang datang dari kota Yogyakarta, tentunya rute yang bisa kamu gunakan ke tempat wisata ini lebih pendek. Kamu bisa datang melalui Magelang, lalu ke Secang dan sampailah ke alun-alun kota Temanggung. Lebih mudah dan lebih cepat sampai ke Posong, Kledung.

Fasilitas yang Ada di Posong

Lalu bagaimana dengan fasilitas wisata alam Posong ini? Tentunya sudah sangat baik. Hal ini disebabkan karena tempat wisata ini mendapatkan perhatian yang sangat besar dari pihak pengelolanya. Mulai dari gazebo untuk bersantai & beristirahat, toilet umum, kantin untuk kuliner dan fasilitas lainnya.

Bagi kamu yang menyukai tantangan, di taman wisata Posong ini juga disediakan wahana yang menarik seperti Flying Fox. Permainan ini letaknya tidak jauh dengan area perkemahan. Apabila kamu ingin mencoba wahana ini, siapkan tiket sebesar Rp.10.000 ya.

Lainnya:  Balkondes Magelang

Tips Saat Berkunjung ke Posong

Jika ingin berkunjung, adakah hal yang perlu diperhatikan? Tentu saja ada. Ketika kamu berkunjung ke sini mungkin tempat ini merupakan salah satu tempat yang baru bagi kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu tahu hal apa yang harus disiapkan agar liburan nyaman dan menyenangkan.

Salah satu hal yang wajib kamu siapkan ketika berwisata ke taman wisata Posong adalah jaket tebal. Selain itu, bawa perlengkapan lainnya seperti penutup kepala, sarung tangan dan juga kaos kaki. Bukan itu saja, jika ingin datang dan kemah di Posong sebaiknya kamu melakukannya di musim kemarau karena area wisata akan sangat dingin dan basah ketika musim penghujan.

Itulah review kami terhadap wisata alam Posong yang terletak di Temanggung. Tentu, wisata ini patut kamu kunjungi saat berada di Jawa Tengah. Yuk agendakan sekarang juga bersama teman, pasangan maupun keluarga!

  • Keindahan dan Panorama
  • Akses ke Lokasi
  • Fasilitas
  • Biaya
Overall
4.8
Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Balkondes Magelang

Agung
2 min read

Tebing Keraton

Agung
2 min read

Umbul Sidomukti

Agung
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending