Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok Gunung Kidul
Informasi Tentang Pantai Jungwok
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap Hari (6.00 – 18.00 WIB)
Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000 (Parkir Mobil Rp. 10.000, Parkir Motor Rp. 5.000)
Telepon:

Rutemu – Gunung Kidul adalah nama salah satu kabupaten di provinsi Yogyakarta. Terletak di bagian timur Yogyakarta, Gunung Kidul merupakan kabupaten yang memiliki sejumlah pantai yang sangat indah. Ada cukup banyak pantai yang menjadikan daerah ini menjadi destinasi wisata terkenal saat ini, salah satunya adalah Pantai Jungwok.

Ya, Pantai Jungwok hanyalah satu dari cukup banyak pantai indah di pesisir selatan Gunung Kidul. Pantai ini membentangkan pasir putih yang begitu bersih dan hamparan samudera biru yang cukup tenang. Keindahan pantai ini tidak diragukan lagi. Nah, akan dibahas beberapa hal menarik terkait Pantai Jungwok pada kesempatan ini. Selamat membaca.

Keindahan Pantai Jungwok

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup melengkung. Konon katanya, bentuk garis pantai yang melengkung inilah alasan kenapa pantai ini dinamakan Jungwok. Tentu, pantai dengan garis pantai yang melengkung cukup jarang ditemukan, khususnya di Gunung Kidul.

Lainnya:  Taman Bunga Matahari JJLS
Pantai Jungwok Yogyakarta
Foto by: @dhian_hardjodisastro

Nah, pantai ini memang tidak cukup luas. Namun, Jungwok memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan pantai ini masih cukup sepi. Dengan keindahannya, makanya Jungwok bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi di Gunung Kidul. Jika kamu pergi ke sana, tentu kamu bisa merasakan seolah berada di pantai pribadi karena kondisinya masih sepi.

Pantai Jungwok Gunung Kidul
Foto by: @atika_muth

Hal menarik lainnya dari Pantai Jungwok adalah sekeliling pantai ini terdapat bukit hijau. Bukit tersebut membentang dan seolah-olah menjadi perisai dari pantai ini. Nah, bukit ini bisa dijadikan latar belakang foto yang begitu indah untuk mengabadikan momen liburan kamu bersama dengan keluarga.

Bagi kamu yang suka berenang di pantai, Pantai Jungwok Gunung Kidul termasuk pantai yang cukup aman untuk bermain air. Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga kemungkinan terbawa ombak ke tengah lautan cukup kecil. Hanya saja kamu tetap harus berhati-hati dan waspada jika tiba-tiba ombak besar datang menyambar.

Pantai Jungwok Jogja
Foto by: @rhyasthan

Fasilitas yang Ada di Pantai Jungwok

Seiring pantai ini masih belum banyak terjamah, fasilitas pantai ini bisa dikatakan belum terlalu memadai. Namun, untuk toilet dan kamar mandi, pengelola setempat sudah membangun beberapa untuk dimanfaatkan. Hanya saja, warung makan masih cukup terbatas di pantai ini. Oleh karena itu sebaiknya kamu membawa bekal saat pergi ke sana.

Nah, banyak pengunjung yang pergi ke Pantai Jungwok untuk camping. Ada cukup banyak spot mendirikan tenda untuk digunakan. Dalam hal ini, warga setempat juga menyiapkan kayu bakar jika kamu ingin membuat api unggun. Ide liburan ini tentu bisa menjadi pilihan kamu.

Lainnya:  Seribu Batu Songgo Langit
Camping di Pantai Jungwok Yogyakarta
Foto by: @wilmansptr

Rute & Cara Menuju ke Pantai Jungwok

Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini terletak di sebelah timur kawasan Pantai Wediombo sekitar satu kilometer. Bila kamu berangkat dari Yogyakarta, kamu akan menempuh perjalanan sejauh 80 kilometer atau sekitar 2,5 jam perjalanan.

Rute terdekat yang bisa ditempuh untuk menuju ke Pantai Jungwok adalah Yogyakarta, menuju ke Piyungan, setelah itu masuk ke kawasan Patuk. Dari kawasan Patuk, langsung menuju ke Desa Jepitu dan akhirnya sampai di pantai ini. Perjalanan menuju ke kawasan pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi karena akses jalan cukup baik.

Meskipun perjalanan menuju ke pantai ini cukup jauh dan menguras tenaga, namun ketika kamu sampai di Pantai Jungwok, rasa lelah tersebut akan langsung terbayar. Ya, keindahan pantai ini begitu alami sehingga akan memberikan kesegaran lain bagi para pengunjung yang kelelahan.

Harga Tiket Masuk Pantai Jungwok

Tiket masuk ke pantai ini menjadi satu dengan Pantai Wediombo. Kamu hanya perlu membayar sekitar Rp. 5.000 saja per orang untuk tiket masuk. Selain itu, untuk biaya lainnya, kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan bermotor sekitar Rp. 3.000 untuk roda dua dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Pantai Jungwok Punya Misteri Angker?

Di balik keindahan Pantai Jungwok Jogja, ada mitos angker yang beredar di masyarakat setempat. Karena kondisi pantai yang masih sangat sepi, beberapa orang meyakini bahwa wilayah pantai masih angker. Tersebar cerita beberapa orang yang camping di pantai ini mengalami kejadian aneh dan samar-samar mendengar suara lolong anjing.

Lainnya:  The Lost World Castle

Terlepas dari mitos tersebut, Pantai Jungwok tetaplah pantai yang menawarkan keindahan alam yang masih asri di Yogyakarta. Nah, kamu bisa menjadikan Pantai Jungwok Yogyakarta sebagai destinasi wisata untuk liburan selanjutnya. Selamat berlibur!

  • Keindahan dan Panorama
  • Akses ke Lokasi
  • Fasilitas
  • Biaya
Overall
4.7
Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Taman Tebing Breksi

Agung
2 min read

Stonehenge

Agung
2 min read

Taman Bunga Matahari JJLS

Agung
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending