Informasi Tentang Pantai Drini Gunung Kidul
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Terletak di Desa Tanjung sari, Tepus, Wonosari, Yogyakarta atau sebelah Pantai Baron.
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap hari (7.00 – 19.00 WIB)
Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000 (belum termasuk biaya parkir & sewa gazebo)
Telepon:

Rutemu – Gunung Kidul menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang banyak dibahas akhir-akhir ini. Bukannya tanpa alasan, Gunung Kidul memang menyediakan cukup banyak pilihan wisata untuk dinikmati, terutama wisata pantai. Kabupaten di wilayah Yogyakarta ini memiliki banyak pantai untuk menjadi destinasi wisata menarik, salah satunya adalah Pantai Drini.

Pantai ini termasuk satu dari sekian banyak pantai terbaik yang ada di Gunung Kidul. Berbekal pasir putih yang memanjang dan lautan luas yang biru, pantai ini menawarkan pemandangan eksotis, terutama buat Kamu yang ingin bersantai dan berburu senja. Lantas, apa saja sisi menarik dari Pantai Drini Jogja ini? Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini.

Spot Foto Keren di Pantai Drini

Drini merupakan sebuah objek wisata pantai yang bisa dikatakan cukup baru untuk dikunjungi. Belum begitu banyak masyarakat yang mengetahui pantai ini dan berlibur dengan mengunjunginya. Hal ini mungkin dikarenakan adanya banyak pantai lain yang lebih dulu dikenal masyarakat sebelum mengetahui tentang Drini.

Wisata Pantai Drini Jogja
Foto by: @deajengcarolline

Oleh karena itu, banyak kalangan mengatakan bahwa Pantai Drini Jogja adalah sebuah virgin beach atau pantai yang masih perawan. Padahal, jika dilihat secara saksama, pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa. Drini terletak secara unik dengan diapit dua bukit di sisi barat dan timur. Adanya bukit ini membuat pemandangan di pantai lebih asri dan hijau.

Pantai Drini Jogja
Foto by: @irfa.senja

Selain itu, Drini merupakan terminal bagi para nelayan. Hampir setiap hari nelayan hilir mudik di pantai ini untuk melempar sauh dan mencari penghidupan. Kamu yang penasaran dengan aktivitas nelayan bisa mengetahuinya di pantai ini. Bahkan, nelayan disini tak segan memberikan ikan secara cuma-cuma jika Kamu membantu mereka.

Pantai Drini Yogyakarta
Foto by: @bayuwwibowo

Hal menarik lain yang ditawarkan oleh Pantai Drini Gunung Kidul adalah suasana yang eksotis. Di pinggiran pantai terdapat cukup banyak gazebo yang disediakan oleh pihak pengelola. Gazebo tersebut dapat digunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati senja di ufuk barat.

Pantai Drini Jogjakarta
Foto by: @ig_cicill

Tidak jauh dari bibir pantai, Drini juga menyimpan sebuah karang yang cukup besar. Pengelola sudah membangun tangga untuk memudahkan pengunjung naik di karang tersebut. Menurut cerita, sejarah Pantai Drini berawal dari karang tersebut yang dulunya dianggap sebagai sebuah pohon yang bertuah.

Pantai Drini Gunung Kidul
Foto by: @tarinaminusta

Rute & Cara Menuju ke Pantai Drini

Secara singkat, lokasi Pantai Drini terletak di sekitar pantai lainnya, seperti Pok Tunggal dan Baron, sehingga rute untuk menuju ke pantai ini sama dengan untuk ke pantai lainnya. Akses jalan menuju Pantai Drini juga tergolong cukup bagus dengan pembangunan berkala yang dilakukan oleh pihak pengelola.

Jika Kamu hendak berangkat menuju ke Pantai Drini dengan titik awal Kota Yogyakarta, maka Kamu bisa langsung menuju Jalan Wonosari. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju ke Piyungan hingga melewati Bukit Bintang. Dari Bukit Bintang, ikuti jalan lalu belok kanan menuju ke Sambipitu.

Dari tempat ini, ikuti jalan utama dan Kamu akan berturut-turut menemukan Logandeng serta Alun-alun Wonosari. Lurus terus dan belok kiri ketika sudah sampai di pertigaan arah Pantai Baron. Ikuti petunjuk arah, pantai ini tidak jauh dari pertigaan tersebut.

Fasilitas yang Ada di Pantai Drini

Mengenai fasilitas, pihak pengelola Pantai Drini Yogyakarta menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Di sekitar pantai, terdapat kantong parkir yang cukup luas dan aman. Selain itu, ketersediaan toilet serta mushola juga cukup sehingga kebutuhan pribadi Kamu bisa terpenuhi dengan baik.

Di sekitar pantai, Kamu juga akan menemukan cukup banyak penjual makanan. Di tempat ini, Kamu bahkan bisa menemukan beberapa makanan khas Gunung Kidul yang ekstrem, termasuk belalang goreng. Hanya saja, belum banyak tersedia penginapan di Pantai Drini.

Tips Saat Berkunjung ke Pantai Drini

Untuk berwisata ke pantai ini, pelajari lebih dulu rute menuju ke lokasi agar Kamu tidak kesasar ke pantai yang lain. Selain itu, bawalah pakaian ganti secukupnya karena air laut di pantai ini begitu menggoda.

Waktu terbaik ke pantai ini adalah sore hari di mana senja akan terlihat begitu mempesona. Jika ada waktu lebih panjang, Drini juga menjadi salah satu spot menarik untuk camping di tepi pantai.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai Pantai Drini Jogja. Meski harga tiket masuk yang tergolong murah yakni sebesar Rp.10.000, namun kamu tetap akan dimanjakan oleh pantai eksotis di Gunung kidul ini.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here