Orchid Forest Cikole Saat Malam Hari

Orchid Forest Cikole, Bandung

17 Ulasan

Orchid Forest Cikole saat ini tengah menjadi perbincangan di kalangan traveler. Bukan tanpa alasan, karena memang tempat wisata di Lembang ini menyediakan suasana yang tak dimiliki oleh wisata lainnya. Selain itu, digadang-gadang akan menjadi cikal bakal taman bunga anggrek terbesar di Indonesia, Orchid Forest Cikole ini sungguh menyajikan keindahan yang luar biasa.

Apa sih sebenarnya Orchid Forest Cikole Bandung itu? Orchid Forest Cikole merupakan taman anggrek terbesar di Indonesia yang memiliki luas mencapai 12 hektar. Tak hanya itu saja, bahkan disini juga telah terdapat lebih dari 157 jenis budidaya bunga anggrek. Sehingga tak heran jika Kamu bisa menemukan berbagai macam bunga anggrek yang ada di seluruh dunia seperti Amerika Serikat, Peru dan Venezuela.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Lokasi Orchid Forest Cikole yakni berada di Jl. Tangkuban Perahu KM 8, Cikole, Lembang, kabupaten Bandung. Lokasi ini sangat dekat dengan terminal wisata Grafika Cikole dan tangkuban perahu.

Nah, untuk mencapai lokasi ini, jika Kamu mulai perjalanan dari arah kota Bandung maka arahkan saja menuju Gunung Tangkuban Perahu. Selama perjalanan menuju Tangkuban Perahu, perhatian pinggir jalan hingga Kamu menemukan pintu gerbang Orchid Forest Cikole. Jika masih bingung, maka bisa membuka aplikasi petunjuk jalan.

Informasi Tentang Wisata Orchid Forest Cikole Bandung
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Jl. Tangkuban Perahu Km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Situs Resmi:Akun Instagram
Hari dan Jam Operasional:
  • 09.00-18.00 WIB (Weekdays)
  • 08.00-19.00 WIB (Weekend)
Harga Tiket Masuk:Rp. 30.000 / orang dan biaya parkir sebesar Rp. 3000
Telepon

Fakta Menarik (Fun Facts)

Nama Orchid dalam tempat wisata ini sendiri mengambil dari nama bunga anggrek. Ya, bunga anggrek memiliki nama latin Orcchidaceae. Diambil langsung dari seluruh dunia, bunga anggrek di Orchid Forest Cikole ini tumbuh dengan subur. Hal ini karena memang suhu di Bandung cukup sejuk. Sehingga pertumbuhan bunga anggrek sangat baik.

Orchid Forest Cikole Lembang Bandung
Foto by: @mjkp94__

Bunga anggrek yang disajikan di Orchid Forest Cikole tentunya sangat langka. Bahkan Kamu tidak pasti akan menemukannya di tempat lain jika bukan di negara asalnya. Nah, beberapa jenis bunga anggrek yang langka disini yakni anggrek hitam atau Coelogy pandurata, kandung semar atau Paphopedilum, dan Paraphalaenopsis layocky.

Menariknya lagi, jika Kamu menyukai salah satu bunga anggrek disini, maka Kamu bisa membelinya. Namun jangan kaget dengan harganya, sebab memang harganya bisa sangat mahal. Apalagi untuk jenis yang langka, bahkan harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Atau mungkin bagi Kamu yang memiliki bunga anggrek sendiri di rumah. disini Kamu juga bisa konsultasi bagaimana cara merawat bunga anggrek yang baik. Atau jika bunga anggrek yang Kamu miliki terkena penyakit, maka Kamu bisa konsultasi bagaimana cara mengobatinya.

Taman Bunga Anggrek di Orchid Forest Cikole
Foto by: @orchidforestcikole

Keindahan yang dimiliki oleh Orchid Forest Cikole ini memang sangat menakjubkan. Apalagi jika Kamu mengunjunginya di sore hari. Maka sinar-sinar senja yang masuk melalui celah pohon akan memberikan nuansa yang sangat indah, syahdu dan menakjubkan. Selain itu, suasana Orchid Forest Cikole malam hari juga tak kalah menarik. Akan ada lampu kerlap kerlip yang akan menemani malam Kamu.

Spot Foto

Bukan hanya menawarkan bunga anggrek, tempat wisata ini juga dikelilingi oleh hutan pohon pinus yang berumur ratusan tahun. Ada lebih dari 7 tempat foto asik yang ada di Orchid Forest Cikole, berikut daftarnya.

Wooden Bridge

Wooden Bridge di Orchid Forest Cikole
Foto by: @orchidforestcikole

Satu dari beberapa spot yang sangat menyita perhatian pengunjung ialah jembatan gantung dari kayu. Trek dari jembatan yang memiliki panjang 150 meter ini jangan sampai Kamu lewatkan! Selain bisa bergoyang-goyang dan menghubungkan pohon satu dengan yang lainnya, jembatan ini juga dapat menyala di malam hari.

Catur Raksasa Berbentuk Cepot

Catur Raksasa Berbentuk Cepot di Orchid Forest Cikole
Foto by: @orchidforestcikole

Tak kalah menarik dari wooden bridge, catur raksasa unik dengan bidak berbentuk cepot ini juga diminati oleh para pengunjung. Bagi Kamu yang sudah pernah berkunjung ke OFC dan tidak menemukan spot ini, berarti spot ini belum ada. Karena spot ini baru saja ditambahkan oleh pengelola pada bulan September lalu.

Rabbit Forest

Rabbit Forest di Orchid Forest Cikole
Foto by: @orchidforestcikole

Rabbit Forest merupakan spot yang memang disediakan dengan konsep kids friendly. Jika pengunjung yang berlibur dengan keluarga dan anak-anak, Rabbit Forest merupakan bagian yang tidak boleh terlewatkan. Oh iya, disini tidak bayar loh, alias gratis.

Wahana Outbond

Wahana Outbond di Orchid Forest Cikole
Foto by: @orchidforestcikole

Bosan dengan spot-spot foto yang kurang menantang? Kamu bisa mencoba wahana yang satu ini. Menyebrang dari pohon satu ke pohon lainnya dengan kayu setapak merupakan aktivitas menantang yang perlu Kamu coba.

Amphitheater

Amphitheater di Orchid Forest Cikole
Foto by: @orchidforestcikole

Tak jarang di Orchid Forest Cikole diselenggarakan pertunjukan hiburan atau pentas seni di Amphitheater ini. Para pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan di alam bebas dengan duduk diatas kursi kayu atau hanya sekedar untuk berselfie.

Orchid Forest Cikole Malam Hari

Orchid Forest Cikole Saat Malam Hari
Foto by: @orchidforestcikole
Orchid Forest Cikole Pada Saat Malam Hari
Foto by: @orchidforestcikole
Garden of Light di Orchid Forest Cikole
Foto by: @orchidforestcikole

Satu hal yang paling menarik dari OFC ialah suasana ketika senja berganti malam. Hutan pinus yang sudah tidak disinari oleh matahari, tergantikan dengan gemerlapnya lampu modern nan epic di seluruh penjuru kawasan ini. Bukan sekedar menyala, tetapi semua pencahayaan ditata sedemikian rupa agar menghasilkan background foto yang istimewa dan romantis.

Fasilitas

Fasilitas di Orchid Forest Cikole sudah cukup lengkap. Disini sudah tersedia area parkir yang luas, toilet dan mushola. Bagi Kamu yang ingin membeli bunga anggrek, disini juga terdapat banyak toko bunga. Dan bagi Kamu yang ingin menikmati sajian kuliner maka sudah ada banyak tempat makan yang tersedia. Bahkan juga sudah terdapat kafe, yang bisa Kamu gunakan untuk bersantai sambil melihat keindahan Orchid Forest Cikole.

Tips Saat Berkunjung

Bagi Kamu yang ingin berwisata ke Orchid Forest Cikole maka sebaiknya bawa jaket. Karena memang suhu udara disini cukup dingin. Selain itu, karena suasana hutan, maka Kamu bisa menggunakan lotion anti nyamuk agar tetap nyaman.

Dengan harga tiket masuk Orchid Forest Cikole yang memang cukup mahal, tentu sebanding dengan keindahan yang tersedia. Sebab, selain melihat panoramanya yang indah Kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang bunga anggrek.

17 Ulasan Pengunjung Orchid Forest Cikole, Bandung

  1. Jum’at 27 desember 19 aku kesinii!!!!!. . Tiket masuknya per org 40rb jadi 2 orang total 80rb (katanya udh termasuk tiket parkir motor) . . Tapi pas di tempat parkir pun ada yg jaga… Dan tetep dimintain tapi ga maksa sama abang2nya sedikasihnya ajaaa…. . Ngasih 2rb boleh 5rb boleh 10rb apalagi… . . Lebih enak sih Parkirnya di Parkiran A paling atas bisa menyisir wahana dari atas kebawah… . . Ada tempat penitipan helm/barang 5rb. . Untuk toilet gratis, . Kalo untuk toilet di tengah2 orchid forest toiletnya lumayan bersihh… Tapi kalo toilet sebelum pintu masuk itu agak kurang yaaa karena lebih sering dipaake orang mungkin.. . Sempet melipir ke food court buat mengganjal perut wkwk harga sbb barangkali berguna wkwk: . Milk shake strawberry 25rb. Kentang dan sosis 35rb. Mie goreng 25rb. Nasi goreng 25rb. (kalo rasanya sih B aja menurut akuu) . . Dan akhirnya pulang dari sini punyaa banyak koleksi fotooo wkwk. Happy holiday gaissssss

  2. Tempat wisata yang bikin fresh mata, paru2, jantung dan otak.. Letaknya ditengah kawasan hutan Cikole, pas masuk area hutan Cikole kita bayar tiket masuk kendaraan n orang klo tdk salah mobil 10.000 n orang 5.000. Pas masuk parkiran mobil Orchid Forest kelihatan biasa saja dan sempit parkirannya, kalau tdk muat lagi kita bisa parkir dipinggir jalan sepanjang depan area parkir. Pas masuk menuju gerbang loket, masuknya bayar 30.000 per orang, dari sini baru terlihat areanya luas, besar n keren.. Bagi yg g mau masuk, diarea sekitar pintu masuk juga bisa buat foto2 keren n duduk2 menikmati suasana hutan sambil makan beralas tikar (ada yg sewakan tikar juga). Didalam area Orchid Forest koleksi tanaman n anggrek bulannya cantik2, bunga2nya cakep2.. Ada spot foto2 yg cakep2, wahana outbound anak’ n dewasa, jembatan gantung, flaying fox biasa n flying fox yg extreme, main sama kelinci, area kumpul dgn tim hore n banyak lagi. Kalau sudah sampai ujung area wisata n kita sdh capek utk balik jalan kaki ke pintu masuk, tenang saja di pintu keluar belakang disediakan angkutan mobil wisata n angkot gratis utk membawa kita kembali ke atas ke parkiran mobil serta motor dan kembali ke bawah ke parkiran bus bagi yg rombongan wisata.

  3. Akhirnya bisa datang juga kesini. . Kami berdua sengaja datang ke Orchid Forest pada hari biasa untuk menghindari macet di jalan. . Akses kesini bisa lewat dago atau lembang. Tiketnya terbilang murah. Rp. 30.000 per orang. Karna saya datang berdua jadi 60k ditambah 15k mungkin utk asuransi atau mungkin karena saya naik gocar untuk masuk ke lokasi. . Tempat ini luas, sangat luas. Dan benar saja, keputusan untuk berkunjung di hari biasa sangat tepat. Suasana hutan yang asri, ditambah kebetulan pas kami datang pas gerimis, belum banyak juga pengunjung, membuat kunjungan kami ke tempat ini sangat nyaman sekali. Kami berdua dengan bebasnya bisa mencicipi berbagai tempat spot foto yang semuanya sangat indah. . Wood Bridge + Flying fox, Garden of light, Orchid garden, dll. Semua tempat sangat memberikan kesan indah buat kami berdua. Fasilitas yang diberikan oleh pengelola juga sangat baik. Untuk ke tempat parkir atau gerbang bawah, disediakan mobil untuk membawa kita jadi kita gak cape jalan balik lagi keatas atau kebawah. . Terima kasih untuk semuanya. Kami berdua juga sudah saling berjanji untuk mengunjungi tempat ini kemudian hari. . Tingkatkan lagi ya pelayanan nya

  4. Ini tuh semacam Cloud Forest buatannya Gardens by the bay di Singapore, tapi versi ORIGINAL cloud forest. Duuuh cantik bangeeeet Anggrek2nya, masuk deh ke rumah kaca anggreknya! Cantik banget berbagai macam anggrek dan ada spot foto plus air terjunnya. Jangan hawatir, ada yg bantuin foto dr pihak orchid forest, jadi teratur smua kebagian foto dan gak berlama2 fotonya. Di sini banyak jenis bunga2 dan pepohonan rindang yg menjulang tinggi, ada spot2 instagramable, kids friendly bisa bawa stroller ada jalur khusus stroller dan ada tempat main bersama kelincinya GRATIS !!! udaranya sejuuuk, asriii hijau di mana2. Ada spot2 instagramable juga. Ada jembatan gantung yg puanjaaaaaaang bgt. Kalo malem kayaknya cantik deh lampu2annya. Deket pintu keluar juga bisa naik kuda.. Oiya 1 lagi, menelusuri orshid forest kan jalanannya agak menurun -/+ 1KM lah. Nah utk kembali ke tempat parkir yg posisinya di atas jangan sedih saaaaay capek nanjak2 lagi😆 disediakan mobil/shuttle gitu di pintu keluar buat naik ke tempat parkir lagi.

  5. Tempat yang sangat asyik untuk menenangkan diri sekaligus berelaksasi. Dengan nuansa hutan pinus yang tenteram serta udara yang sejuk membuat saya nyaman dan betah selama berada disini. Terlebih lagi sore hari saat kabut mulai turun menyelimuti kawasan, membuat udara semakin sejuk dan asyik!. . Sangat direkomendasikan untuk berlibur disini. Liburan keluarga, bersama pasangan, kerabat atau teman bisa banget! Karena banyak banget spot tempat yang instagramable untuk diabadikan bersama orang terdekat.. . Kritik: Akses jalan menuju tempat wisata rusak parah. Untuk mobil sejenis ‘City Car’ harus berhati-hati karena groundnya yang rendah (pendek) bisa membuat tergores, dan lebih parahnya lagi takut bisa nyangkut.. . Pesan: Untuk akses tempat wisata harap diperbaiki. Mengingat karena tempat ini selalu ramai di kunjungi wisatawan di tiap akhir pekannya.

  6. Tempat yang sangat asyik untuk menenangkan diri sekaligus berelaksasi. Dengan nuansa hutan pinus yang tenteram serta udara yang sejuk membuat saya nyaman dan betah selama berada disini. Terlebih lagi sore hari saat kabut mulai turun menyelimuti kawasan, membuat udara semakin sejuk dan asyik!. . Sangat direkomendasikan untuk berlibur disini. Liburan keluarga, bersama pasangan, kerabat atau teman bisa banget! Karena banyak banget spot tempat yang instagramable untuk diabadikan bersama orang terdekat.. . Kritik: Akses jalan menuju tempat wisata rusak parah. Untuk mobil sejenis ‘City Car’ harus berhati-hati karena groundnya yang rendah (pendek) bisa membuat tergores, dan lebih parahnya lagi takut bisa nyangkut.. . Pesan: Untuk akses tempat wisata harap diperbaiki. Mengingat karena tempat ini selalu ramai di kunjungi wisatawan di tiap akhir pekannya.

  7. Tempatnya Bagus banget… . Suasanya nyaman, adem banget daerah pegunungan, hutan hutan pinus, syukaaa banget ♡. Tempat yg cocok utk refreshing dari kegiatan perkotaan sehari hari. . Udaranya seger banget. . Banyak sekali spot spot foto bagus disana… Foto dengan latar alam itu memang luar biasa, Indah…. Lebih bagus kalau datang kesini sore menjelang malam karna lampu lampu nya nyala jadi makin indah.. Selain itu utk sarana umum seperti tempat makan, mushola dan toilet pun ada juga bersih tempatnya.. Tapi sayang, jalan menuju sana dari gerbang awal tiket menuju tempat parkir itu jalanannya masih jelek banget, dan utk yang mau jalan malam kayanya harus lebih berhati-hati lagi karna penerangan jalan nya pun kurang, aga bahaya kalau yg blm paham jalan disana. Semoga bisa diperbaiki lagi akses jalannya, lebih bagus lebih nyaman lagi

  8. Orchid Forest Cikole gak jauh dari tangkuban perahu.. Tiket masuknya 30rb.. Jalannya lumayan dari gerbang masuk cikole menuju pintu masuk orchid forest nya.. Disana terdapat banyak pohon pinus yg membuat sangat sejuk.. Tempatnya sangatt luasss.. Ada taman bunga anggrek, wood bridge, flyingfox, rumah kelinci. Sangat menyenangkan ketika kesini, tapi cukup menguras tenaga 😅. Disana klo mau naik woodbrige bayar lagi 20rb/org nanti free flying fox.. Krn kmrn kesana pas siang jam 11an, jd gak ada lampu2 yg bikin foto2 jadi menarik.

  9. Lokasi di cikole. Sebelum tangkuban perahu bila dari arah bandung. Tempatnya nyaman untuk berwisata dan swafoto. Tiket masuk Rp 37.500 kita bisa menikmati tempat yg nyaman dengan udara yg sejuk. Bila merasa lapar dan haus tidak perlu khawatir karena disana tersedia beberapa cafe dan resto. Juga tersedia mushola dan toiletpun mudah didapat. Ada taman anggrek dengan berbagai macam spesiesnya. Juga tersedia bazzar anggrek dimana kita bisa membeli berbagai macam bunga anggrek dsn kaktus. Setelah puas berjalan jalan mengelilingi berbagai macam wahana dan spot foto baik yg berbayar maupun free kita bisa kembali ke tempat parkir menggunakan shuttle yg disediakan free untuk pengunjung

  10. Orchid Forest Cikole Lembang baru dibuka sekitar Agustus tahun 2017. Tempat ini merupakan taman anggrek terluas di Indonesia. Berada di tengah kawasan hutan lindung dan terbentang seluas 12 hektar. Tidak kurang ada 157 jenis bunga anggrek beraneka macam dikembangkan.. . Jembatan yang bergoyang-goyang ini dibuat dari kayu dan tali tambang berwarna putih. Jembatan ini memanjang kurang lebih sepanjang 50 meter. Ketika malam hari, otomatis lampu-lampu di tempat ini akan menyala karena telah dipasangi sensor cahaya. Seketika suasana menjadi kian romantis di tempat ini.. . #diaryimas #orchidforestlembang #explorebandung #wisatabandung #wisataalambandung #wisatalembangbandung @ Orchid Forest Cikole

  11. Khas Bandung Atas.. sejuk. Sayang tumbuhannya kurang banyak jenisnya. Dengan nama orchidnya saja jenis orchidnya kurang lengkap. . Wahana lainnya cukup menarik. Apalagi kalau malam ke pagi.. krn banyak wahana yg bermain dg lampu. Jd cocok malam hari. . Tp karena dkelilingi pepohonan siang hari pun ga masalah.

  12. Kira” tnggl 14 bulan juni 2020 buka ga ea . Tlong imfny

  13. Udah 5 kali kesini karena tiap ada temen yang dateng dari luar kota pasti minta ditemenin kesini hehe. Tempatnya bagus buat foto-foto dan dingin sih jadi saran pake baju yang tebel atau jaket biar ga masuk angin lol. Harga tiket masuknya masih terjangkau dan banyak tempat makan pinggiran gitu di sekitar parkiran.

  14. Di masa new normal ini udah buka. Sebelum masuk ada pengecekan suhu, disuruh cuci tangan, dan diberi masker kain scuba gratis. Sebelum masuk pengunjung juga harus melewati desinfectant chamber dulu. Beberapa wahana seperti flying fox, wood bridge, dan orchid castle sudah dibuka. Untuk sanitasi nya seperti toilet selalu bersih. Tempat duduk nya dan shuttle car nya selalu rutin disemprot desinfectant.

  15. Untuk spot fotonya bagus tersebar di banyak tempat yang berdekatan, protokol kesehatan juga oke karena pas masuk dkasih masker cuman untuk akses ke parkiran perlu di perbaiki kasian mobil bagus kalo lewat sana… Sepanjang jalan banyak berlubang nya padahal biaya masuk kan lumayan RP 50rb untuk weekend…,

  16. Wisata alam yg nyaman dan menyejukan..dapat masker di gerbang masuk..tiket masuk 40.000 + 7.500 tambah mobil 10.000..utk week day…ada flying fox, rumah anggrek, dan disediakan shuttle car utk balik ke parkiran…

  17. Tempatnya luuaaasss banget. Instagramable, bersih, indah pokoknya. Cuma sayangnya Wood bridge itu jam 5 udah ditutup :((( new normal di kasih masker gratis. Tiket lumayan mahal sih ya hehe

Tinggalkan Balasan