Jatim Park

Jatim Park adalah destinasi wisata yang sangat terkenal di Kota Batu yang letaknya berada di 800 mpdl dengan suhu dingin sekitar 17-25,6 derajat celcius. Suasana dingin di Kota Batu sendiri terjadi dikarenakan daerah di Jawa Timur ini sudah dikelilingi oleh pegunungan. Secara geografis, Batu adalah daerah tropis sehingga banyak produk pertanian seperti buah-buahan dan sayuran.

Jatim Park atau singkatan dari Jawa Timur Park adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur terfavorit yang ada di Batu dan ada 3 jenis Jawa Timur Park yang telah terbesar. Masing-masing destinasi wisata memiliki keunggulan dan fasilitasnya masing-masing yang membuat pengunjung tertarik untuk berwisata ke Jawa Timur Park .

Hal Menarik dari Jatim Park

Apa saja sih yang membuat Jawa Timur Park itu merupakan wisata yang wajib untuk dikunjungi? Berikut adalah keunggulan masing-masing destinasi wisata.

Jawa Timur Park I,  Menawarkan taman edukasi

Jatim Park 1
Foto by: @@chalistatia

Jatim Park 1 merupakan sebuah taman dengan banyak hal yang menarik untuk ditawarkan. Di Jawa Timur Park I ini, Kamu bisa menemukan beberapa area untuk mengedukasi anak sekaligus menjadi wahana permainan. Apa sajakah itu?

  • Area pembelajaran mulai dari bidang sains, matematika, fisika, kimia, biologi
  • Wilayah etnis Indonesia (rumah dan pakaian dari semua etnis Indonesia)
  • Kebun binatang yang berisi area mamalia, reptil, taman burung, taman ikan, kebun binatang bayi, dan museum fosil)
  • Taman air untuk wisata anak-anak dan orang dewasa

Jawa Timur Park I adalah taman yang  penuh dengan ruang-ruang yang mengedukasi karena ada cukup banyak untuk dilihat dan dilakukan.

Untuk Kamu yang ingin mengenalkan sang anak kepada hewan-hewan, ada kebun binatang yang berisi banyak tipe hewan, Untuk yang ingin belajar sains, fisika, kimia, ada satu tempat yang bisa

Jawa Timur Park II, Menawarkan 50 wahana edukatif

Jatim Park2
Foto by: @@vitha.ps

Dibangun bersebelahan dengan Jawa Timur Park I, Jawa Timur Park II ini terkenal dengan 50 wahana edukatifnya. Nah, di Jatim Park 2 ini setidaknya terdapat beberapa koleksi wahana edukatif seperti :

  • Koleksi etnis yang berisi berbagai kostum tradisional nusantara
  • Museum hewan
  • Miniatur candi
  • Taman belajar
  • Bioskop 3D
  • Kolam renang
Baca Juga :  Coban Talun

Bangunan utama Jawa Timur Park II menyerupai Istana Negara. Area taman berisi kebun binatang dan museum. Jatim Park II dilengkapi dengan 21 area khusus anak-anak dan lebih dari 50 wahana edukatif. Selain itu ada 80 diorama hewan dari dalam dan luar Indonesia yang memberikan tampilan nyata pada kehidupan hewan di habitatnya.

Sementara untuk Museum Taman Jatim adalah museum margasatwa terbesar dan terlengkap dengan koleksi ratusan diorama serangga, badak, Singa Putih, Harimau, rusa Afrika, berbagai burung dan reptil yang indah.

Jawa Timur Park III memiliki zona dinosaurus yang mengasyikkan

Untuk Kamu yang memiliki anak kecil dan ingin merasakan sensasi menegangkan layaknya film di Jurassic Park, sepertinya Kamu perlu mengunjungi Jatim Park 3. Di Jawa Timur Park III ini, Kamu bisa menikmati hari yang menyenangkan bersama keluarga dan teman-teman tercinta untuk menjelajahi aktivitas menyenangkan yang tak ada habisnya.

Di Jawa Timur Park III ini Kamu bisa menjelajahi 3 zona seperti :

  • Dino Park
Jatim Park
Foto BY: @nichdina

Di Dinosaurus Park ini, wisatawan akan diajak kembali lagi ke zaman dinosaurus. Kamu dan wisatawan lainnya akan merasa kembali ke masa prasejarah dan bisa bertemu dinosaurus yang punah di Dino Park. Kapan lagi bisa menyaksikan dinosaurus selain di Dino Park ini?

  • The Legend Star
Foto by: widyamalasari

Siapa sih yang tidak suka berpose dengan selebriti favoritnya? Di zona ini, Kamu bisa berswa foto dengan orang-orang terkenal dari seluruh dunia. Ya, hanya di The Legend Star, Kamu bisa bertemu dengan pemain bintang sepak bola terkenal seperti Zinedin Zidane hingga Cristiano Ronaldo. Kamu juga bisa berfoto dengan  penyanyi internasional seperti Beyonce dan bahkan bisa foto dengan presiden, Jokowi.

  • Museum Musik Dunia
museum musik jatim park 3
Foto by: nurlailamalia

Di zona ini, Kamu bisa menjelajahi sejarah musik, dan mencoba permainan teknologi tinggi yang menarik dalam satu tempat. Kamu yang menyukasi musik, pasti akan sangat menikmati zona ini.

  • Fun Tech Plaza
Fun Tech Plasa
Foto by: @gista_putri

Kemudian cobalah merasakan asyiknya bermain dengan games-games yang seru karena sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru. Ya, hanya di zona Fun Tech Plaza, Kamu bisa merasakan asyiknya bermain game virtual. Wah, sangat menyenangkan sekali bukan?

Alamat, Rute dan Cara Menuju ke Jatim Park

Alamat dan jam buka Jawa Timur Park IJalan Kartika nomor 2, Kecamatan Batu, Malang08.30 – 16.30
Alamat dan jam buka Jawa Timur Park IIDesa Oro-oro Ombo nomor 9, Kecamatan Batu, Malang08.30 – 16.30
Alamat dan jam buka Jawa Timur Park IIIJl. Ir. Soekarno nomor 144 kelurahan Beji, Kota Batu, Malang12.00 – 21.00
Baca Juga :  Air Terjun Coban Rondo

 Rute Menuju Jawa Timur Park I dari Malang

Untuk Kamu yang ingin pergi ke Jatim Park I dari kota Malang, maka Kamu harus menuju ke Jalan Sukarno melalui Jatimulyo. Setelah sampai Jalan Sukarno pergilah menuju ke Jalan Dewi Sartika.

Kamu hanya perlu naik ke atas sampai Kamu menemukan Jawa Timur Park I. Perjalanan menuju ke destinasi wisata ini hanya memerlukan waktu 46 menit atau sekitar 18,4 km.

Rute Menuju Jawa Timur Park II dari Malang

Jawa Timur Park II adalah taman rekreasi dan tempat wisata edukasi yang berdiri di atas lahan seluas 14 hektar. Kamu yang ingin pergi ke Jawa Timur Park III bisa mengarahkan kendaraan menuju ke ke arah tenggara di Jl. J.A. Suprapto 1.

Setelah itu ikuti Jl. Brigjend Slamet Riadi hingga sampai ke Jl. Ijen di Oro-oro Dowo. Setelah itu ambil Jl. Raya Tlogomas dan kuti Jl. Gondorejo hingga Kamu menemukan Jl. Oro-Oro Ombo di Oro-Oro Ombo dan tujuan Kamu sudah dekat.

Rute Menuju Jawa Timur Park III dari Malang

Adapun Jawa Timur Park III adalah wisata yang paling dekat dengan Malang dan hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 37 menit saja atau hanya 14,4 km. Adapun rute yang bisa Kamu lalui adalah mengambil Jl. Sarangan dan Jl. Melati untuk menuju ke Jl. Kalpataru di Jatimulyo.

Setelah sampai di Jatimulyo, maka Kamu perlu mengemudi dari Jl. MT. Haryono menuju ke Beji dengan melalui Jl. Ir. Soekarno. Setelah sampai ke Beji, Kamu hanya perlu naik saja dan tujuan Kamu berada di sebelah kiri.

Fasilitas yang Ada di Jatim Park

Fasilitas umum di Jawa Timur ParkKamar mandi, mushola, parker luas, tempat makan
Telepon(0341) 5025777

Harga Tiket Masuk Jatim Park

 

Jawa Timur Park I

Harga weekdays

 

 

Rp. 70.000

Harga weekendRp 100.000
 

Jawa Timur Park II

Harga weekdays

 

Rp. 95.000

 

Harga weekendRp. 125.000
 

Jawa Timur Park III

 

Harga weekdays

 

Rp. 170.000
Harga weekendRp. 200.000

Untuk Kamu yang bingung menghabiskan liburan keluarga ke mana, maka Kamu bisa mengunjungi wisata Jatim Park. Baik Kamu ingin merasakan wahana edukasi, melihat kebun binatang yang luas atau bertemu dengan dinosaurus, Jawa Timur Park bisa menjadi solusi liburan Kamu.

Leave a Comment