Connect with us

Ide Bisnis Bagi Kaum Milenial Tahun 2023

Bisnis & Keuangan

Ide Bisnis Bagi Kaum Milenial Tahun 2023

Ide Bisnis Bagi Kaum Milenial Tahun 2023

Generasi milenial digadang-gadang memiliki karakter yang unik, apakah kamu termasuk salah satunya? Milenial adalah generasi yang lahir dari tahun 1980 hingga 2000 dan sekarang yang memiliki populasi terbesar di dunia.

Ada beberapa karakteristik yang dimiliki generasi ini seperti mudah beradaptasi, melek teknologi dan berpikiran terbuka. Kamu yang memiliki karakter ini perlu memanfaatkannya untuk bisa mencapai merdeka finansial dengan berbisnis.

Meskipun saat ini sudah memiliki pekerjaan tetap tidak ada salahnya untuk memiliki penghasilan tambahan bukan. Seperti apa ide bisnis yang cocok untuk karaktermu tersebut? Simak idenya hingga akhir.

10 Ide Bisnis Cocok dan Mudah untuk Milenial

Mulai dari ide bisnis berskala kecil hingga besar, banyak pilihan yang sesuai bagi generasi milenial. Apalagi jika melihat sifat generasi milenial yang tidak suka menetap dan suka dengan hal menantang.

Beberapa ide berikut ini patut jadi pilihan yang tepat bagi kamu generasi milenial yang ingin memulai usaha.

1.     Agen Wisata

Apakah kamu tinggal di provinsi atau kota wisata? Bisnis sebagai agen wisata sangat cocok untuk ditekuni. Pasalnya tidak akan ada hal yang membosankan ketika menjalankan bisnis ini.

Agen wisata bekerja dengan membuat paket wisata dan mengatur perjalanan wisata individu maupun kelompok. Banyak yang harus diorganisir dan selalu ada spot wisata menarik baik lama maupun baru untuk dikunjungi.

Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Urusan transportasi kamu bisa bekerja sama dengan jasa persewaan kendaraan. Kamu bahkan bisa terlibat sebagai tour guide agar tidak bosan mengelola usaha.

2.     Bisnis Jasa Titip

Kamu kaum milenial yang hobi belanja di mall? Manfaatkan hobi kamu ini untuk bisa membuka bisnis sampingan jasa titip. Sekarang semakin banyak orang yang sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu luang untuk berbelanja langsung.

Tugas kamu di sini adalah menawarkan jasa pembelian barang dengan keuntungan yang lumayan. Apalagi jika kamu kerap menawarkan barang branded, sudah pasti untungnya juga lebih banyak.

Supaya bisnis ini makin lancar, penting untuk memanfaatkan sosial media untuk menawarkan jasamu. Selain itu kamu juga harus pandai dalam memilih barang yang paling banyak diincar.

3.     Jasa Pembuatan Website

Generasi milenial tergolong melek teknologi, hal ini bisa kamu manfaatkan juga untuk berbisnis. Seperti jasa pembuatan website yang kini makin dibutuhkan oleh berbagai macam pemilik bisnis.

Kamu yang memiliki ketertarikan di bidang IT tentu akan lebih untung. Tinggal belajar bagaimana web building dan memperkenalkan jasamu ke masyarakat. Saat ini jasa pembuatan website cukup memberikan keuntungan yang tinggi.

Bahkan kamu bisa melakukan penawaran-penawaran ke perusahaan besar karena pembuatan website ini sifatnya berkesinambungan. Bukan termasuk jasa yang hanya sekali pakai. Perlunya perawatan dan pengembangan website membuat kamu bisa mendapatkan kontrak kerja sama dalam waktu yang lama.

4.     Thrifting Shop

Belanja baju bekas kini juga sedang menjadi tren, inilah kesempatan kamu untuk membuat bisnis yang sukses. Thrifting shop atau menjual baju bekas ini memiliki kunci keberhasilan yaitu bisa menampilkan pakaian yang berkualitas dan bermerk.

Selama kamu mendapatkan supplier yang bagus maka keuntungan penjualan satu pakaian bisa 100% bahkan lebih. Kamu bisa memilih untuk menjual pakaian bekas dari Korea Selatan, Jepang atau negara yang kerap menjadi fashion icon.

Bisa juga mencari supplier dari pabrik ekspor sehingga kamu hanya menjual pakaian baru hanya saja memiliki beberapa cacat kecil yang membuatnya di reject untuk ekspor. Tentu saja penawaran harga murah menjadi keunggulan dalam bisnis ini.

5.     Social Media Management

Ada juga ide bisnis mengelola sosial media sebuah bisnis. Kamu bisa mencari klien yang merupakan pebisnis namun tidak memiliki keahlian untuk memasarkan produknya melalui sosial media.

Baik itu karena keterbatasan karyawan maupun modal, biasanya bisnis UMKM kerap membutuhkan kerja sama dengan social media management. Lagi-lagi usaha ini melibatkan kamu generasi milenial yang sangat melek teknologi.

Perlu untuk diperhatikan bahwa dalam bisnis ini kamu harus terus mengikuti perkembangan sosial media. Membangun portofolio yang sukses dalam mengelola media sosial berbagai bisnis bisa menjadi daya tarik yang dibanggakan untuk mendapatkan lebih banyak klien.

6.     Layanan Foto Produk

Bisnis foto sekarang sudah merambah ke konten juga lho. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membangun bisnis foto produk. Apalagi jika kamu memiliki keahlian fotografi. Jadi bukan hanya model tetapi foto produk bisa mendatangkan cuan.

Sama seperti ide bisnis sebelumnya, untuk bisa membangun bisnis ini kamu harus memiliki keterampilan fotografi dan setidaknya portofolio. Sudah banyak pemilik usaha yang menggunakan jasa foto produk untuk membuat tampilannya menarik.

Satu foto produk seringkali dihargai cukup tinggi sehingga keuntungannya cukup menjanjikan. Kamu pun bisa terus menyalurkan ide kreatif untuk membuat semua jenis produk memiliki tampilan menarik.

7.     Event Organizer

Bisnis jasa yang satu ini sekarang juga kerap dipilih karena keuntungannya yang cukup tinggi. Kamu sebagai pemilik bisnis hanya perlu kreatif dalam merancang acara baik itu untuk kantoran maupun pribadi.

Tidak jauh berbeda juga dengan agen wisata, hanya saja kamu perlu membuat rencana acara sesuai kebutuhan klien. Misalnya untuk acara ulang tahun perusahaan atau acara baby shower.

Sudah pasti kreativitas dibutuhkan dalam bisnis bidang ini dan kamu generasi milenial memilikinya. Kamu bisa mengatur jadwal acara, dekorasi, sampai dengan apa yang diinginkan oleh klien.

8.     Jasa Dekorasi

Dulunya bisnis ini dianggap membutuhkan modal sampai ratusan juta rupiah. Kini tidak lagi karena modal yang dibutuhkan tidak sampai jumlah yang besar. Sudah banyak jasa dekorasi yang dimulai dari bisnis rumahan.

Kamu bisa menyediakan layanan dekorasi untuk acara tunangan, ulang tahun sampai pernikahan. Mengingat saat ini lebih banyak orang yang lebih suka dengan dekorasi sederhana kamu bisa menyasar target tersebut.

Tinggal menyediakan bunga artificial, rancangan dekorasi bongkar pasang yang simpel, karpet dan lainnya. Tinggal bagaimana kamu bisa menyalurkan ide untuk membuat dekorasi yang murah namun tampak berkelas.

9.     Jasa Housekeeping

Sama seperti berbelanja, banyak orang yang tidak bisa meluangkan waktunya untuk membersihkan rumah. Kesempatan ini harus kamu ambil untuk bisa membuka bisnis di bidang housekeeping.

Jasa bersih-bersih rumah ada yang sistemnya dibayar per jam namun ada juga per paket. Tergantung bagaimana kamu akan merancang model bisnisnya. Selain itu modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar hanya peralatan untuk membersihkan rumah saja.

10.  Jasa Menghias Mahar

Buat kamu yang tidak memiliki modal besar untuk membuka jasa dekorasi, bisa memulainya dengan membuka jasa menghias mahar. Modalnya hanya kotak-kotak mahar saja yang nantinya bisa disewakan.

Kamu juga bisa berkreasi untuk menghias supaya klien merasa senang akan mahar mereka di hari pernikahan atau tunangan. Tidak membutuhkan banyak waktu juga untuk mengawali bisnis ini.

Semakin banyak bisnis yang unik dengan modal kecil yang bisa dimulai oleh generasi milenial. Bagaimana nantinya bisnis ini bisa sukses tergantung kamu yang menjalankannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Bisnis & Keuangan

To Top