Informasi Tentang Hutan Pinus Mangunan
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Jalan Hutan Pinus Ngajir, Mangunan, Bantul, Yogyakarta
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap Hari (7.00 – 18.00 WIB)
Harga Tiket Masuk:
  • Gratis (hanya biaya parkir)
  • Motor Rp 3.000
  • Mobil Rp 10.000
  • Bus Rp 20.000
Telepon: 0878 3902 6441 (Suratman)

Rutemu – Yogyakarta memang menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia. Ada cukup banyak ide wisata yang terdapat di Kota Gudeg ini yang bisa digunakan untuk mengisi liburan bersama keluarga. Salah satu ide wisata bertema alam di Yogyakarta yang cocok untuk dikunjungi adalah Hutan Pinus Mangunan yang terletak di Kabupaten Bantul.

Seperti namanya, destinasi wisata di Bantul ini merupakan kawasan hutan. Ada ribuan pohon pinus yang tumbuh menjulang di tempat ini. Tentu, Kamu akan merasakan kesejukan yang luar biasa saat berada di tempat ini. Tidak hanya itu, kawasan hutan ini juga cukup indah dengan penataan yang dilakukan pengelola. Penasaran dengan Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta? Simak ulasan berikut.

Hal yang Bisa Kamu Temukan di Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan Jogja
Foto by: @indra.saputraaaa

Kawasan wisata ini boleh jadi merupakan kawasan wisata yang tergolong baru. Ya, hal ini dikarenakan Hutan Pinus Jogja baru secara resmi dibuka sebagai destinasi wisata sekitar tahun 2015 yang lalu. Namun, meskipun terbilang masih baru, sudah ribuan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dan menikmati keindahan alam yang diberikan.

Hutan Pinus Mangunan Bantul
Foto by: @roh_kyt

Menurut catatan, sejarah Hutan Pinus Mangunan dulunya merupakan hutan lindung yang dimiliki oleh Perhutani. Nah, saat industri wisata di Yogyakarta mulai menggeliat, kawasan tersebut akhirnya diubah menjadi tempat wisata yang cukup sederhana.

Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta
Foto by: @dek_ohim

Di Hutan Pinus Mangunan Dlingo, selain merasakan kesejukan udaranya, Kamu juga bisa menikmati keindahan lainnya. Ada cukup banyak spot foto yang sangat menarik di sekitar hutan pinus. Bahkan, kawasan ini menjadi salah satu tempat yang cukup sering dijadikan tempat foto pre-wedding.

Prewedding di Hutan Pinus Mangunan Jogja
Foto by: @ourisa_deviana

Selain berfoto, pengelolaan Hutan Pinus Mangunan bisa dikatakan sangat baik. Hal ini dikarenakan adanya panggung pertunjukan di tengah hutan yang diatur seperti teater di Yunani. Panggung alam ini cukup sering menjadi tempat berlangsungnya pertunjukan seni tradisional dari Yogyakarta.

Panggung di Hutan Pinus Mangunan Jogja
Foto by: @deddy_argo

Nah, seniman-seniman dan pihak pengelola cukup sering mengadakan pertunjukan di tempat tersebut. Tentu, Kamu akan beruntung ketika berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan dan bisa menikmati pertunjukan tersebut secara gratis.

Rute & Cara Menuju ke Hutan Pinus Mangunan

Alamat lengkap dari Hutan Pinus Mangunan Bantul ini adalah Jalan Hutan Pinus Ngajir, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Letaknya berada di sebelah selatan Yogyakarta dan cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Jarak yang ditempuh ketika Kamu hendak berangkat dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 45-an kilometer.

Rute perjalanan yang akan ditempuh tergolong mudah. Kamu hanya perlu menuju ke Terminal Giwangan dan melanjutkan perjalanan ke arah Jalan Imogiri Timur. Setelah itu, lurus saja ke selatan menuju ke arah Mangunan. Ada papan nama yang menunjukkan letak destinasi wisata ini.

Jalan menuju ke destinasi wisata ini bisa dikatakan sudah cukup bagus. Hanya saja, belum ada kendaraan umum yang menyediakan trayek. Oleh karena itu, kendaraan yang sebaiknya digunakan adalah kendaraan pribadi atau sewaan.

Fasilitas yang Ada di Hutan Pinus Mangunan

Ada cukup banyak fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Hutan Pinus Mangunan Jogja yang bisa dinikmati. Salah satu fasilitas yang cukup penting adalah parkir. Di kawasan ini terdapat area parkir yang cukup luas di beberapa tempat. Untuk biaya parkir, Kamu cukup membayar Rp 3.000 untuk motor, Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 20.000 untuk bus.

Fasilitas lain yang disediakan adalah kamar mandi dan mushola. Terdapat cukup banyak kamar mandi umum yang ada di sekitar lokasi wisata. Tentu, Kamu tidak perlu repot jika ingin sekadar cuci kaki saat hendak pulang.

Hal lain yang menarik dari wisata ini adalah adanya paket photo session yang disediakan oleh pihak pengelola. Kamu bisa mendapatkan akses ini untuk mengabadikan momen liburan. Biaya photo session ini berkisar mulai dari Rp 50.000.

Tips Saat Berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan

Bagi Kamu hendak berkunjung ke Hutan Pinus, hindari berkunjung saat musim hujan karena kawasan hutan cenderung becek jika tergenang air. Selain itu, hindari pula berkunjung ke tempat ini saat akhir pekan karena akan sangat penuh dengan wisatawan.

Waktu berkunjung ke tempat ini adalah menjelang siang. Nah, Kamu bisa mengadakan trip dengan mengunjungi Kebun Buah Mangunan di pagi hari lalu melanjutkan perjalanan ke Hutan Pinus ini. Harga tiket masuk Hutan Pinus Mangunan yang gratis tentu akan membuat pengeluaran budget liburan menjadi lebih hemat.

Demikian beberapa review Hutan Pinus Mangunan yang bisa dikunjungi. Adanya wisata hutan pinus ini membuat ide wisata di Yogyakarta menjadi semakin beragam. Selamat berlibur!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here