Informasi Tentang Wisata Gunung Telomoyo Magelang
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Desa Seloprojo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap Hari (6.00 – 18.00 WIB)
Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000 per orang
Biaya Parkir:
  • Rp. 5.000 (motor)
  • Rp. 10.000 (mobil)
Telepon:

Rutemu – Apakah kamu sedang merencanakan liburan di akhir minggu ini? Nah, jika kamu sedang berada di Magelang, maka kamu bisa pergi ke Gunung Telomoyo sebagai destinasi wisata kamu. Ya, gunung ini termasuk salah satu objek wisata yang cukup populer di daerah Magelang dan sekitarnya. Dengan kondisi alam yang masih asri, kesejukan akan kamu rasakan di tempat ini.

Gunung Telomoyo Magelang
Foto by: @mad_scape

Mendaki gunung ini tidak terlalu sulit. Gunung ini memang memiliki ketinggian sekitar 1,800 mdpl, namun sudah ada jalan yang bisa dilalui untuk sampai ke Puncak Telomoyo bahkan dengan menggunakan kendaraan!

Ya, sudah ada jalan setapak yang bisa dilalui untuk membantu pendakian. Namun, kendaraan yang digunakan tentu saja harus berada dalam kondisi prima seiring dengan kondisi jalan yang tidak terlalu rata dan cenderung rusak. Untuk kendaraan, kamu direkomendasikan menggunakan motor daripada menggunakan mobil.

Nah, dengan menggunakan motor, kamu bisa merasakan kesejukan Puncak Telomoyo Magelang selama perjalanan. Pendakian dengan menggunakan kendaraan ini hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja. Namun, jika kamu ingin mendaki dengan berjalan kaki, maka waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2 jam perjalanan.

Apa Saja yang Ada di Gunung Telomoyo?

Meski dapat ditempuh dengan cara yang mudah, namun keindahan alam yang ditawarkan masih tetap memukau. Lalu hal apa saja yang bisa Kamu temukan di puncak Gunung Telomoyo ini? Berikut diantaranya.

Sunrise dan Sunset Indah

Sunset di Gunung Telomoyo
Foto by: @mad_scape

Lokasi Telomoyo yang berada segaris dengan beberapa gunung lain membuat gunung ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan menakjubkan. Waktu terbaik untuk datang ke gunung ini adalah di pagi buta maupun di sore hari.

Di pagi buta, kamu bisa berburu sunrise Telomoyo yang tampak sangat indah dan memukau dengan suasana sejuk. Sedangkan di petang hari, kamu juga bisa menikmati lembayung senja yang begitu eksotis.

Paralayang

Di puncak gunung sendiri, ada landasan paralayang yang tersedia dan biasa disebut dengan landasan Gantole. Memang, Telomoyo juga menjadi salah satu tempat terbang paralayang favorite di Magelang.

Paralayang di Gunung Telomoyo
Foto by: @sahabatkatara

Spot Foto

Landasan Paralayang Gantole di Gunung Telomoyo
Foto by: @abbaqq

Jika landasan tersebut tidak digunakan, maka kamu bisa menggunakannya untuk tempat duduk. Menikmati keindahan matahari dari puncak gunung sambil duduk di landasan paralayang dan menikmati segelas kopi, tentu akan memberikan sensasi tersendiri bagi kamu.

Camping / Mendirikan Tenda

Camping dan Bermalam di Gunung Telomoyo
Foto by: @telomoyo_indonesia

Hal lain yang bisa kamu lakukan di gunung ini adalah camping. Ya, siapa yang tidak suka dengan camping di daerah pegunungan? Nah, di sekitar puncak dari gunung ini, ada area yang cukup terbuka dan lapang di dekat gardu pandang. Tempat tersebut bisa dijadikan spot untuk camping.

Namun, tanah lapang di puncak gunung ini tidak begitu luas. Kurang lebih, tanah lapang hanya bisa digunakan untuk membuat 7 buah tenda saja dengan kapasitas per tenda 4 orang. Oleh karena itu, jika kamu memang ingin camping di tempat ini, kamu harus datang ke puncak lebih awal agar mendapatkan spot mendirikan tenda.

Rute & Cara Menuju ke Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dari puncak gunung ini, pendaki bisa melihat keindahan alam yang begitu eksotis. Selain alamnya yang masih asri, gunung ini juga diapit oleh beberapa gunung lain yakni Gunung Ungaran, Gunung Sumbing dan Gunung Merbabu.

Untuk mencapai Gunung Telomoyo, pertama kamu harus menuju ke Desa Pandean, yang terletak di Kecamatan Ngablak, Magelang. Desa ini tidak sulit untuk ditemukan karena lokasinya masih searah dari Pasar Ngablak. Jika kamu sudah menemukan Desa Pandean tersebut, maka ada petunjuk arah besar terkait lokasi gunung ini.

Harga Tiket Masuk Gunung Telomoyo

Lalu, bagaimana dengan tarif tiket masuk untuk sampai ke destinasi wisata ini? Bisa dikatakan bahwa Telomoyo merupakan tempat wisata yang murah meriah. Ya, tiket masuk Gunung Telomoyo ini hanya Rp. 10.000 saja per orang.

Saat kamu memasuki wilayah Desa Pandean, kamu akan menemukan semacam tempat pembayaran tiket. Tempat tersebut dibuat swadaya oleh masyarakat setempat. Biasanya, uang penjualan tiket akan digunakan untuk perbaikan jalan atau menambah fasilitas objek wisata.

Nah, dengan uang Rp. 10.000 tersebut, kamu sudah mendapatkan akses wisata Telomoyo. Jika nanti ada tambahan biaya masuk, mungkin kamu hanya perlu menambahkan biaya untuk parkir saja.

Dengan segala keindahan yang disajikan, Gunung Telomoyo bisa menjadi alternatif tempat berlibur yang asyik dan murah meriah. Selain itu, alamat wisata yang mudah ditemukan juga tidak akan membuat kamu pusing berkeliling mencari lokasi. Siapkan waktu liburan kamu dan buat agenda liburan murah di Magelang. Semoga bermanfaat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here