Informasi Tentang Gunung Parang Purwakarta
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Kampung Cirangking, Desa Pasanggrahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Tengah.
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap hari mulai jam 7.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Tiket masuk gratis. Biaya paket pendakian lengkap dengan pemandu mulai Rp 500.000 via Ferrata.
Telepon:

Rutemu – Apakah Kamu termasuk seseorang yang suka dengan hal-hal yang memacu adrenalin dan keberanian? Jika ya, berwisata ke Gunung Parang adalah salah satu hal yang harus Kamu coba selagi masih muda! Wisata ini menawarkan sebuah gunung yang cukup terjal untuk didaki. Kamu akan mendapatkan pengalaman berharga saat berada di puncak gunung ini.

Ya, tidak hanya menyediakan gunung yang cukup terjal dan menantang untuk didaki, wisata Gunung Parang juga memberikan keindahan pemandangan yang begitu elok. Kamu akan berkesempatan melihat lembah yang ditumbuhi dengan banyak pepohonan hijau. Nah, penasaran dengan beragam keindahan dari destinasi ini? Simak ulasan berikut.

Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Gunung Parang

Ada banyak hal yang menjadi pesona dan keindahan dari gunung yang memiliki ketinggian sekitar 930 Mdpl ini. Salah satu keindahan yang bisa dinikmati adalah adanya gunung batu yang menjulang. Kamu bisa mengawali liburan di tempat ini dengan berfoto bersama di bagian bawah gunung. Ada beberapa spot menarik yang sebaiknya dimanfaatkan.

Spot Foto Gunung Parang Purwakarta
Foto by: @andrimashadi

Selain itu, tentu, Kamu bisa melakukan pendakian pada gunung ini. Pendakian via Ferrata Gunung Parang sangat terkenal hingga ke luar negeri dan termasuk tertinggi kedua di Asia dengan jalur pendakian hingga 700 meter.

Via Ferrata Gunung Parang Purwakarta
Foto by: @widakania
Wisata Gunung Parang Purwakarta
Foto by: @jalan2terus

Nah, apa yang menarik dari pendakian ini adalah Kamu akan mendaki gunung dengan meniti jalur besi yang dipasang di tepian tebing yang cukup curam. Ya, jalur pendakian Gunung Parang ini adalah jalur yang sangat menantang karena Kamu akan mendaki tebing dengan berpijak pada besi atau pasak tersebut.

Jalur Pendakian Gunung Parang Purwakarta
Foto by: @william_wangsadireja
Badega Gunung Parang Purwakarta
Foto by: @jalan2terus

Uniknya, ketika mendaki gunung ini, Kamu akan menemukan adanya skylodge atau hotel gantung di ketinggian sekitar 500 meter. Kamu bisa beristirahat di tempat ini sambil menyantap beberapa makanan.

Skylodge Gunung Parang Purwakarta
Foto by: @al_bunyani
Hotel Gantung di Gunung Parang Purwakarta
Foto by: @an881t

Meskipun menegangkan dan melelahkan, semua hal yang Kamu rasakan akan terbayar dengan tuntas saat berada di puncak gunung. Dari puncak gunung, Kamu bisa menikmati keindahan pemandangan waduk Jati Luhur, pemukiman warga ataupun gunung batu andesit yang mempesona.

Selain itu, di puncak gunung ini juga terdapat sebuah ayunan yang bisa kamu manfaatkan sebagai spot foto menarik. Beberapa pengunjung juga diperbolehkan untuk mendirikan tenda di puncak Gunung Parang.

Puncak Gunung Parang Purwakarta
Foto by: @gunungparang_badega
Camping di Puncak Gunung Parang Purwakarta
Foto by: @gunungparang_badega

Rute & Cara Menuju ke Wisata Gunung Parang

Lokasi Gunung Parang berada di Kampung Cirangking, Desa Pasanggrahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Tengah. Lokasi ini berada cukup jauh dari pusat kota Purwakarta. Namun, akses jalan menuju basecamp dari wisata ini cukup mudah dengan kondisi jalan yang begitu halus.

Nah, untuk menuju ke Gunung Parang PWK, Kamu bisa memulai perjalanan dari Tol Jatiluhur. Dari pintu tol, masuk ke jalur arteri Sulatani. Setelah itu, Kamu akan masuk ke kawasan Cilalawi dan kemudian masuk ke Desa Tajur Sindang. Dari situ, ada papan petunjuk yang akan mengarahkan Kamu untuk sampai di basecamp Gunung Parang.

Fasilitas yang Ada di Gunung Parang

Fasilitas yang disediakan pengelola Badega Gunung Parang sudah cukup memadai dan lengkap. Di sekitar basecamp, Kamu akan menemukan lokasi parkir yang luas, toilet umum yang nyaman dan cukup banyak warung kecil yang menyediakan minuman ataupun camilan.

Selain itu, untuk Kamu yang perlu alat outdoor, ada beberapa jasa yang menawarkan persewaan. Kamu bisa bebas menyewa alat apapun untuk memenuhi kebutuhan guna memanjat tebing. Tidak hanya alat, Kamu juga bisa mendapatkan jasa pemandu!

Fasilitas lain yang sangat menarik di tempat ini adalah Hotel Gantung atau yang bisa disebut skylodge. Ya, hotel di Gunung Parang ini menggantung di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Kamu bisa menikmati udara bersih dan beristirahat sejenak di hotel gantung tersebut.

Tips Saat Berkunjung ke Gunung Parang

Untuk berwisata ke tempat ini, pastikan Kamu memiliki keberanian yang cukup dan kondisi fisik yang kuat. Tidak dipungkiri, Kamu akan mendapatkan tantangan yang begitu berat dan pendakian akan dilakukan cukup lama. Selain itu, mendaki di waktu siang hari adalah waktu terbaik untuk dipilih.

Selain itu, bawalah uang yang lebih dari cukup. Perlu diketahui, biaya ke Gunung Parang bisa dikatakan cukup mahal. Meskipun tiket masuk Gunung Parang gratis, namun Kamu harus membayar paket pendakian dengan biaya sekitar Rp 500.000 hingga Rp 750.000 tergantung jenis paket yang Kamu pilih.

Biaya yang Diperlukan untuk Menikmati Gunung Parang

Agar dapat menikmati wisata Gunung Parang secara lengkap dan aman, kamu memerlukan jasa dari pengelola setempat. Pendakian via ferrata sendiri berkisar antara 100ribu hingga 150ribu jika kamu ingin turun melalui jalur yang berbeda.

Selain itu, untuk merasakan campground kamu harus mengeluarkan biaya tambahan sekitar 15rb. Sedangkan untuk saung atau penginapan, dikenakan biaya sekitar 50-150ribu. Apabila kamu ingin memilih paket lengkap, mulai dari jalur pendakian via ferrata, menginap, sarapan dan makan kamu harus menyiapkan biaya paling sedikit 250ribu per orang.

Nah, demikian beberapa ulasan terkait wisata Gunung Parang yang ada di Purwakarta. Jika Kamu tertarik dengan ide wisata adrenalin, maka datangilah gunung ini!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here