Gunung Bromo Probolinggo

Gunung Bromo, Probolinggo

17 Ulasan

Gunung Bromo adalah sebuah gunung di Jawa Timur yang memiliki pemandangan menakjubkan dan terdapat aktivitas kawah yang begitu indah. Bromo sangat terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang membuat banyak wisatawan selalu ingin menunggu dan menyaksikan. Penasaran apa saja yang menarik dari Bromo dan bagaimana rute menuju ke tempat wisata di Jawa Timur tersebut?

Alamat

Sebagai salah satu tempat wisata paling populer di seluruh Indonesia, gunung setinggi lebih dari 2000 meter ini benar-benar situs spektakuler yang dikelilingi oleh pemandangan dramatis. Meskipun statusnya adalah gunung berapi, namun wisata ini tetap menarik wisatawan karena aksesibilitasnya.

Bromo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang meliputi area seluas sekitar 800 kilometer persegi.

Lokasi dan Alamat LengkapJl. Bromo Km. 3, Kota Probolinggo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur
Jam buka24 jam

Rute Menuju Lokasi

Dari Kawasan Surabaya

Ada beberapa cara berbeda untuk menuju ke Bromo. Tapi salah satu cara terbaik adalah terbang ke Surabaya. Kamu dapat dengan mudah memesan penerbangan ke Surabaya dan mengatur transportasi ke wilayah Gunung Bromo. Salah satu cara yang sangat mudah dan tidak repot adalah dengan memesan tur di agen perjalanan di Bandara Juanda.

Tur akan mencakup transportasi ke dan dari Bromo, dengan perjalanan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Sebagian besar wisatawan berangkat dari kota sekitar tengah malam untuk mencapai lokasi pada waktu matahari terbit.

Sementara untuk Kamu yang tidak ingin menyewa agen travel, Kamu bisa naik bus shuttle Damri atau taksi dari Bandara Internasional Juanda ke terminal bus Bungurasih (Purabaya) di Surabaya.

Dari terminal bus, naik bis Patas ekspres menuju Probolinggo. Kamu memiliki pilihan untuk memilih bus ber-AC atau yang lebih murah. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2-3 jam dari Surabata ke Probolinggo

Dari Kawasan Probolinggo

Ketika Kamu sudah sampai Probolinggo, Kamu bisa naik bus mini hijau ke daerah Cemoro Lawang, yang merupakan kota kecil di samping Bromo. Mini-bus biasanya parkir di luar terminal dan bus akan berangkat ketika sudah penuh.

Jika tidak ada cukup penumpang, yang biasanya terjadi setelah jam 4 sore, Kamu mungkin harus menunggu beberapa jam sebelum pergi, kecuali Kamu bersedia membayar sebesar Rp 250.000 untuk tetap berangkat

Sopir akan mengantar Kamu ke bukit di dekat Gunung Bromo untuk menyaksikan matahari terbit tetapi ini tidak akan menjadi pengalaman yang intim karena akan ada kerumunan wisatawan yang berharap untuk menyaksikan matahari terbit yang megah.

Dari Kawasan Malang

Untuk Kamu yang datang dari Malang, rute yang bisa Kamu lalui adalah dengan menuju ke kawasan Tumpang. Setelah itu Kamu haru menuju ke daerah Jemplang dengan melewati area Gubugklakah hingga Ngadas.

Nah, perjalanan melalui rute ini memang bisa dikatakan cukup ekstrim karena ada banyak sekali jalan-jalan curam dan menakutkan. Pastikan Kamu menuju ke daerah bawah sehingga Kamu dapat mendaki ke Bromo saat matahari terbit.

Namun mendapatkan tempat yang bagus sebelum matahari terbit tidak menjamin pemandangan yang luar biasa. Akan ada hari yang buruk di mana Kamu bahkan tidak akan bisa melihat Bromo yang perkasa atau puncak gunung berapi lainnya di wilayah tersebut.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Wisata Gunung Bromo adalah wisata yang menakjubkan dengan dilengkapi pemandangan kawah gunung berapi yang sangat jarang untuk dilihat di gunung-gunung pada umumnya. Bromo sendiri masih merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Beberapa di bawah ini akan menjelaskan tentang hal menarik dari Gunung Bromo

Matahari Terbit

gunung bromo
Foto by: @malthezimakoff

Menyaksikan sunrise atau matahari terbit dari Bromo adalah hal yang paling menarik dari wisata ini. Mengapa itu salah satu hal terbaik di Bromo? Bromo adalah tempat teratas di kawasan Malang yang tidak hanya untuk orang asing tetapi juga untuk penduduk setempat.

Kawasan atas Bromo ini menjadi tempat yang hebat untuk teman dan keluarga yang ingin menghabiskan suasana tenang sambal menyelami keindahan Tuhan dari atas Bromo. Menyaksikan matahari terbit di Bromo menjadi suatu kewajiban bagi wisatawan yang datang. Kamu yang ingin berwisata ke Bromo, jadi pastikan untuk menunggu pemandangan sunrisenya, ya!

Suasana Alami

Lebih dari dua ribu meter di atas permukaan laut, Kamu akan merasakan suasana dingin yang menyelimuti wisata Bromo. Cuacanya yang dingin inilah yang membuat banyak wisatawan disarankan untuk membawa pakaian tebal. Dengan ditemani suasana yang dingin dan syahdu, Kamu bisa melihat pemandangan dari atas Bromo.

Di wisata ini pula, Kamu bisa menyaksikan pemandangan Gunung Semeru. Tidak cukup hanya itu saja, Kamu juga bisa melihat keindahan kombinasi warna di langit, merah muda cerah dan oranye menyala di cakrawala. Semua orang akan merasa terpukau saat menyaksikan matahari terbit di Bromo, menandai bahwa hari baru telah dimulai.

Naik Jeep

Foto by: @riska12692

Untuk Kamu yang suka berpetualang, rasanya akan sangat menyenangkan jika Kamu mencoba untuk naik jeep mengelilingi wisata Gunung Bromo. Kamu bisa melihat awan, debu dan kabut yang menyatu. Semuanya berkolaborasi menemani petualangan Kamu menuju ke puncak.

Meski perjalanan Kamu nantinya akan terhalang kabut, tenang saja! Pengemudi jeep yang menyewakan mobilnya tidak akan kesulitan menemani perjalanan Kamu menuju puncak.  Meski ditemani dengan kabut dan debu, justru itulah itulah petualangannya. Perjalanan Kamu akan dipompa oleh sensasi petualangan yang menguji adrenalin dan tentu saja itu salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Bromo!

Naik Kuda

Naik kuda di bromo
Foro by: @raneswu

Selain naik mobil jeep, Kamu juga bisa lho menunggang kuda di gurun Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kamu yang tidak bisa menunggangi kuda, tenang saja, karena pengalaman naik kuda Kamu akan tetap dipandu oleh pemiliknya. Bersama-sama, Kamu akan melakukan perjalanan ke lautan luas Tengger, nama lokal Laut Pasir.

Perjalanan ini tentunya sangat berdebu jadi pastikan Kamu mengenakan masker. Pengalaman menunggang kuda ini akan mengambil jalur berpasir vulkanik yang curam dan naik ke kawah. Sungguh itu adalah hal terbaik dan momen yang luar biasa! Itulah sebabnya menunggang kuda di gurun Tengger adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Bromo.

Fasilitas

Adapun fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata Gunung Bromo sendiri adalah :

Fasilitas umumKamar mandi, mushola, parker luas, tempat makan
Telepon

Harga Tiket Masuk (HTM)

Wisatawan domestikHarga weekdays

 

 

Rp. 27.500

Harga weekendRp 32.500
Wisatawan mancanegaraHarga weekdays

 

Rp. 217.500

 

Harga weekendRp 312.500

Merupakan hal yang sangat menyenangkan bisa berwisata di kawasan Gunung Bromo. Jadi siapkan mental Kamu dan tentunya siapkan badan agar sehat saat melakukan pendakian.

17 Ulasan Pengunjung Gunung Bromo, Probolinggo

  1. Saat menikmati keadaan yang menyejukkan hati dengan keindahan alam Gunung Bromo..

  2. Deket bgtt sama kampung jadi bisa bolak-balik😂

  3. Salah satu destinasi wisata yg sangat bagus,,

  4. Maaf mau tanya masuk Kawasan Bromo bayar nggk yaa??

  5. Udah 5x main kesini. Tapi Tidak bosen”

  6. Bromo sangat mengesankan dengan view yang luar biasa untuk menikmat sunrise

  7. Pengalaman Tak terlupakan, kece, keren

  8. Bagus buat orang yg suka traveling ni!

  9. Pernah buat shooting film “pasir berbisik”. Pertama datang.. “DINGIN”. Tapi bikin kangen😘😘😘

  10. Bagus banget dan keren pemandangannya…

  11. Kesini kena badai pasir. But tetep Keren .

  12. Hati2 bila naik ke kawah…bau belerangnya sngat menyengat

  13. Aku setiap hari libur ke bromo

  14. Kenangan yg tak terlupakan thn 2000 wisata kesini

  15. Indah mantap idaman semua orang berlibur. Buktikan saja

  16. Pengalaman menanjak bikin kepala pening karena kedinginan ..😂

  17. Gunung Bromo, indah sekali tak bisa berkata kata. Pelayanan ramah dan sangat aman.

Tinggalkan Balasan