Ayunan Langit di Gumuk Reco

Gumuk Reco, Semarang

28 Ulasan

Semarang merupakan daerah yang berada di Jawa Tengah dengan daftar wisata yang cukup banyak. beberapa wisata tersebut akan sangat sayang jika Kamu lewatkan begitu saja terutama untuk wisata alamnya. Sebagian wisata alam di Semarang menyajikan keindahan yang begitu nyata dengan spot foto yang kekinian. Hal tersebut bisa Kamu temukan di Gumuk Reco yang berada di Sepakung.

Wisata ini adalah wisata yang terbilang sudah lama karena dibuka pada 15 Oktober 2017 lalu. Namun, pengelola selalu melakukan pembaruan agar wisata tersebut tetap di idolakan oleh pengunjung. Bagi Kamu yang suka dengan kegiatan alam dan punya hobi petualangan tempat ini akan jadi pilihan liburan yang terbaik.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Pada dasarnya rute Gumuk Reco cukup mudah, Kamu hanya perlu melewati Semarang kota dengan jalur Ambarawa. Sesampainya di Pertigaan Bawen arahkan kendaraan ke kanan menuju Jalan Lingkar Ambarawa. Ikuti jalan tersebut sampai Kamu bertemu lampu merah dan belok ke kiri.

Lurus saja terus sampai pada pertigaan yang berdekatan dengan Pasar Legi. Selanjutnya arahkan kendaraan ke arah kiri. Selang beberapa saat Kamu akan sampai di lokasi wisata ini. Agar Lebih jelasnya berikut ada beberapa rute yang bisa dilalui dari beberapa kawasan.

Kota Semarang

Arahkan kendaraan ke Ungaran lalu ikuti jalan menuju arah Salatiga. Melalui rute ini, Kamu akan menemukan wisata Cimory, namun tetap lurus hingga melewati SPBU Bawen dan terus lurus. Setelah itu Kamu akan bertemu pertigaan, lalu belok kanan yakni arah Magelang dan Yogyakarta.

Lurus saja sampai bertemu dengan pertigaan dan belok kiri menuju ke arah RSUD Ambarawa. Ikuti jalur utama dan jangan belok – belok sampai Kamu menemukan perempatan di Gedung IPHI dan belok kiri.

Lurus di Pasar Gilang dan SDN 2 Tegaron belok kiri. Lurus sampai bertemu SDN Kebumen, ada gang kecil masuk dan tidak jauh lagi Kamu akan sampai di lokasi Gumuk Reco.

Kawasan Purwodadi

Bagi Kamu yang berasal dari daerah Purwodadi dan sekitarnya ada rute perjalanan yang cukup cepat yang lewat jalur Purwodadi – Godong – Gubug – Kedungjati – Tuntang – Bawen. Setelah sampai pada pertigaan Tuntang ambil kanan ke arah Bawen atau Semarang Kota.

Sesampainya di pertigaan Bawen atau pertigaan setelah Terminal Bawen arahkan kendaran ke kiri. Selanjutnya sama seperti sebelumnya ikuti rute perjalanan yang ada di atas.

Kawasan Salatiga dan Sekitarnya

Dari Salatiga dan sekitarnya Kamu bisa lewat Jalan Raya Semarang – Surakarta. Terus saja ikuti utama sampai Kamu menemukan Pertigaan Bawen. Agar bisa sampai di lokasi Gumuk Reco Banyubiru ikuti saja petunjuk arah yang ada. Mudah kok!

Informasi Tentang Wisata Gumuk Reco Sepakung
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Jl. Kenongo, Kepil, Sepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah
Situs Resmi:gosepakung.com
Hari dan Jam Operasional:Buka setiap hari dari jam
Harga Tiket Masuk:
  • Rp. 5.000
  • Rp. 3.000 (parkir motor)
Telepon

Fakta Menarik (Fun Facts)

Ada banyak hal dan juga spot menarik yang bisa Kamu temukan saat berada disini. Bahkan beberapa spot yang ada sudah menjadi favorit bagi para wisatawan. Pasalnya Gumuk Reco Semarang memang berhasil menyajikan wisata lain dari yang lain. Daripada penasaran, berikut ini adalah beberapa hal menarik yang bisa Kamu lakukan di sini.

Ayunan Langit

Ayunan Langit di Gumuk Reco
Foto by: @dwieyyanti

Bisa dibilang Gumuk Reco merupakan tempat mengasyikkan untuk menguji adrenaline. Salah satunya yaitu wahana Ayunan Langit ini. Kamu akan menikmati bagaimana rasanya berayun dari ketinggian 800 meter dan melihat keindahan alam yang luas. Pastinya, pengelola sudah menjamin keamaan dengan peralatan yang memadahi.

Jalan Menyusuri Tebing

Tebing di Gumuk Reco
Foto by: @adam9aluh

Bukan hanya ayunan, ada 1 lagi wahana yang cukup ekstrim dan wajib Kamu coba. Pada wahana ini, Kamu dapat menyusuri pinggiran tebing dengan jalan setapak dari kayu. Tapi tenang saja, selain ada pembatas, Kamu juga diberikan alat pengaman seperti helm dan tali yang dikaitkan pada badan.

Spot Foto Instagramble

Gardu Pandang Gumuk Reco
Foto by: @davidylnt
Sarang Burung di Gumuk Reco
Foto by: @rinawull

Setelah menikmati senam jantung dari wahana adrenaline, saatnya menikmati pemandangan dan mengabadikan moment di spot yang instagenic. Yaps, beberapa objek yang jangan sampai Kamu lewatkan diantaranya dalah gardu pandang, sarang burung di ujung jurang dan lainnya.

Fasilitas

Agar bisa memberikan kenyamanan bagi Kamu dan para wisatawan lainnya, pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam fasilitas menarik. Beberapa diantaranya seperti welcome drink, tempat parkir yang memadai, warung, toko souvenir, local guide hingga paket wisata menarik.

Bagaimana sudah tidak sabar bukan ke Gumuk Reco Semarang ini? Jika memang begitu segera persiapkan dengan baik dan buat rencana liburan bersama keluarga maupun kerabat dekat agar bisa merasakan kenyamanan yang luar biasa. Selamat berlibur semoga menyenangkan!

28 Ulasan Pengunjung Gumuk Reco, Semarang

  1. Untuk menuju lokasi wisata alam gumuk reco ada 2 jalur yang bisa anda pilih. Jalur 1 via pertigaan pasar gilang, dibeberapa bagian jalannya sempit sekali, tidak cukup untuk simpangan mobil, tapi tanjakannya cenderung landai, untuk pemotor bebek yang boncengan saya sarankan lewat jalur ini.. Jalur 2 via pertigaan pasar kebumen, lebih dekat & jalannya lebih lebar, cukup untuk simpangan 2 mobil, tapi 1,5 kilometer terakhir tanjakannya sangat terjal & berkelok-kelok, jadi pastikan kendaraan anda sangat prima dengan sopir yang mumpuni jika melewati jalur ini.. Wisata alam yang diresmikan tahun 2017 ini menawarkan pemandangan alam yang instagramable, dengan harga tiket sangat murah Rp.7000 (Rp.5000 u/ tiket masuk, Rp.2000 u/ voucher wifi 2jam) plus Rp.1000 parkir motor.. Spot berbayar seperti ayunan langit, jembatan langit dan flying fox tiketnya Rp.10.000 per orang per spot.

  2. Sebelum kesini baca² review sempet ragu mau ksini karna pake motor matic, tp keesokan harinya modal nekat aja bismillah banyak berdoa..perjalanan dr semarang kota +- 1,5jam naik motor matic vario 125cc ke arah terminal bawen ketemu lampu merah belok kiri ke arah desa sepakung..pas sudah masuk gang menuju wisata jalanan hanya muat semobil,jika yg membawa mobil parkir di rumah penduduk, penduduk sekitar ramah², ada ojek menuju k tempat wisata naik ke atas 15k PP 30k, tp ojek tidak byk & gk selalu stanby dipos, tp tunggu aja pasti bakal nongol dr atas..pas naik menuju wisata luar biasa jalannya sudah aspal tp beberapa jalan berbatu, nanjak terus sampai tempat wisata tingkat kemiringan 45 drjat berbelok. Disarankan motor harus fix apalagi rem..mesti punya skil yg tidak biasa pd saat turun, wajib bawa air dr atas utk beberapa kali disiram rem agar rem tidak blong..penuh perjuangan klo yg tidak biasa melewati medan pengunungan..banyak peringatan yg dipanjang utk pengendara agar berhati²…. Pada saat sampai disana viewnya bagus, sejuk tp tidak terlalu luas hanya ada beberapa spot poto, yg paling memacu adrenalin tempat favorit disana ayunan sm tebing👍(bayar 10k)..sudah tersedia toilet & mushola(banyune adem rek😁)…*selamat menikmati perjalanan*

  3. 27 Desember 2019,. Tiket masuk dewasa 8rb,anak 5rb, parkir motor 2rb. Jalan menuju Gumuk Reco perlu kehati-hatian ekstra,karena meski jalannya sudah muluss banyak tikungan tajamnya. . Sampai disana kita dapat menikmati pemandangan hamparan sawah yang hijau dan udara segar pegunungan.. Terdapat permainan flying fox, ayunan langit, dan Ondo langit (bayar tiket sendiri).. Ayo segera kesini, buktikan keindahannya langsung!

  4. Tempat bagus tiap wahana bayar 10rb kecuali jembatan tebing per org 25k kesana pas hari libur panjang tapi weekday bukan di weekend. Jalan untuk ke gumuk reco bener2 deg2an jalanan nya jelek trus ada 4 kali belokan dengan medan yg miring sekali dan langsung nanjak. Untuk pas turun mending matiin motor daripada pas motor nyala tapi rem blong.

  5. Akses menuju kesana penuh lika liku, tanjakan tajam dan tikungan terjal. Hati2 yg bawa pacar kalo kena tikung 😂. Disarankan jangan naik mobil dan jangan menggunakan motor matic. Kendaraan yg dipakai harus dalam keadaan baik.. HTM 5rb per orang.. Parkir motor 2rb.. Harga sewaktu” bisa berubah sesuai ketentuan yg ada.

  6. nature gumuk reco berada di kawasan desa sepakung, salatiga. wisata ini masih bernuansa alam yang sangat kental, pengunjungnya juga cukup terbilang sepi karena destinasi ini masih baru. track untuk menuju ke gumuk reco ini sangat terjal dan menanjak dan hanya dapat diakses 1 jalur, sehingga jika ada mobil papasan pun tidak akan bisa lewat. infrastruktur jalannya masih belum dirapikan sehingga banyak jalan yang berlubang dan berkerikil. tiket masuk wisata murah sekitar 5 ribu rupiah per orang. ada beberapa spot yang dapat dijadikan latar untuk berpose, juga ada wahana ayunan langit yang menantang

  7. Wisata alam yang masih alami, akses jalan cukup baik, namun banyak jalan yang rusak dan sempit, naik-turun, berkelak-kelok. Ada parkir untuk mobil. Harga tiket masuk 5 ribu, parkir 2 ribu, untuk menikmati wahana yang ada harus beli tiket lagi

  8. Bagus pemandangannya. Akses jalan harus diperbaikk demi keamanan dan keselamatan pengunjung dan masyarakat. Tempat sampah kurang tersebar, meski digunung ada fasilitas WIFI jangan takut susah sinyal 🤭

  9. Adem benerrrrr…..

  10. Tempatnya bagus dan menyatu dengan alam. Cocok untuk refreshing bersama teman, pacar atau keluarga. Spot foto banyak. Tapi HTM nya tumpuk² ada tiket perhutani sendiri, tiket wisata sendiri, sama WiFi yg berlaku 4jam, total 13rb/orang. Jika nanti menaiki wahana atau berfoto si spot foto yang memacu adrenalin, akan dikenakan biaya lagi. Jadi kalau mau paket lengkap siapkan saja kurang lebih uang 50rb/orang. Lokasinya adem, sejuk, seger, fresh pokoknya di hati, pikiran, jiwa raga, tapi kalo uangnya habis nanti stress lagi juga ahahaha. Terdapat banyak hutan Pinus. Bisa dilalui mobil, kalau sopirnya berani hihi. So far, bagus lah. Harus dicoba!!! Happy holiday, jangan lupa bersenang-senang dan menyatu dengan alam. Karena sejatinya, kita sama sama berada di alam semesta ✨

  11. View keren…

  12. Pemandangannya bagus, ayunan nya mantap…

  13. Wisata alam keluarga, tiket masuk murah, ada beberapa wahana seperti flying fox, ayunan, jembatan dan ondo langit. Beberapa spot wahana tadi berbayar kisaran 10rb. Menyajikan pemandangan lereng gunung di bagian atas dan pematang sawah di bagian bawahnya.

  14. Pemandangan nya bagus .jalan menuju kesana tanjakan extrimm .harus pakai sepeda motor yg sehat dan kuat . Mobil ada jalurnya sendiri yg jalan nya agak lebar .

  15. Recommended untuk pengelolaan wisata nya, sudah tersedia gazebo, warung2 makan dan toilet, pemandangan nya juga asri, untuk tiket masuk terjangkau @10k dan masing2 wahana bervariasi contohnya ayunan @10k per orang, warga sekitar juga ramah2, kemaren kesini dan ternyata terlalu sore tapi masih tetap dilayani naik ayunannya (bapaknya baik banget, ramah juga) cukup membantu menghilangkan penat tempatnya. Cuma sedikit lebih ekstra untuk jalannya (lebih disarankan menggunakan motor yang sehat) karena jalan terjal dan berkelok tajam bonus nggak rata (bopal2). Tapi overall sangat layak di datangi

  16. Wisata alam yg sangat menarik. Akses jalanya naik turun memacu adrenalin. Pemandangan Kanan kirenya pemandangan yg indah. Perlu di perhatikan kusus mobil kecil aja.. yg bisa lewat dan yg harus exra fiittt mobil nya.. pokok nya tidak akan nyesal datang ke sini

  17. Recommended banget.. jalan masuk kesini dari jalan utama aspal tapi setelah itu jalannya terjal. Hati-hati ja yang mau kesini. Karena pemandangan indah itu butuh perjuangan

  18. Pemandangan yang luar biasa, ada spot baru… Selain itu wahana lama masih tetap bisa dinikmati.. Untuk jalan sudah ada yang ditambal

  19. Tempat wisata yg anti mainstream. Untuk menuju kesana melewati jalan yg hanya dapat dilalui oleh satu mobil saja. Jalan yg super ekstrem walaupun sudah beraspal. Banyak kelokan naik turun lebih dr 45 derajat. pemandangannya bikin lupa kalau ternyata yg dilewati dekat dengan jurang. Tidak disarankan membawa mobil atau motor matic krn sangat berbahaya. Apalagi kalau belum berpengalaman. Setelah sampai ditempat wisata disuguhi pemandangan yg luar biasa. Pengunjung dapat berayun persis dibibir jurang. Ada juga jembatan kaca. Cenderung masih sepi. Untuk fasilitas sdh ada warung sederhana untuk sekedar istirahat. Toilet juga ada

  20. Tempat yang indah untuk menikmati pemandangan dari kaki gunung telomoyo. Dari sini bisa melihat rawa pening juga. Pengelola menyediakan tempat swat foto yang cantik dan berlatat belakang indah banget. Yang jadi favorit tentunya di ondo langit.. Mantappppppppppp

  21. Bagi pecinta wisata alam, di lokasi ini sangat cocok untuk dikunjungi dan dinikmati keindahan alamnya dan juga spot foto2nya. Perlu diperhatikan sebelum ke lokasi untuk mengetahui medan perjalanan ke lokasi. Driver yang kurang handal dimohon untuk hati2 karena medannya cukup extrim.

  22. Kedua kalinya ke Gumuk Reco. Lewat jalur yg berbeda. Just info jalur yg lewat belokan paling dekat kurang rekomended utk mobil krn sempit & curam. Utk mobil lbh baik lewat pertigaan yg agak atas di jln ke sepakung. Ada tempat spot foto baru diatas kaca. Over all tempatnya sejuk, keren..menantang.

  23. Pemandangan, suasana dan suhu udara sangat menyegarkan .. namun sarana jalan yg agak sulit bagi pengendara mobil… dan menantang… butuh skill dan kondisi mobil yg fit…

  24. Rute ke sana yg nyaman dengan roda 2, kalau dgn roda 4, hrs extra hati2 krn jalur sempit dan lumayan extreem, jika papasan harus gantian. Sempat kesasar2.dan blm sampai di tujuan kuran 1km, kembali krn jalur sempit untuk roda 4. krm salah ambil jalur yg kiri.

  25. Tempatnya sejuk buat nyantaii 😇 kalo mau fto minta di fotoin aja biar hasilnya oke 😄 minum teh anget habis hujan sambil lihat pegunungan bayangin ajaa 😇

  26. Hai hai hai… sobat yg suka travling ada yg menantang nih di pinggiram kota salatiga, tepatnya di gumuk reco. Keren guys bagi yg suka tantangan extrim. Selamat mencoba… ..

  27. B aja. Cukup bagus. Tapi cuma datang 1x aja dan gak balik lagi. Tipikal wisata yang masuk sekali tapi bayar berkali-kali di dalamnya

  28. Tempatnya bagus buat foto2 dan bersantai. Hanya saja akses jalannya agak susah kalau buat mobil. Semoga ada pelebaran jalan agar lebih rame lagi

Tinggalkan Balasan