Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Gumuk Pasir

Sandboarding di Gumuk Pasir Jogja
Informasi Tentang Wisata Gumuk Pasir Jogja
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, 55772
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional: Setiap hari (06.00 – 19.00 WIB)
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000 per orang
Telepon: 089674317515

RutemuGumuk Pasir merupakan destinasi wisata yang unik dan bisa Kamu kunjungi. Ketika mendengar kata pasir, memang imajinasi kita akan menuju ke daerah Timur Tengah atau Afrika yang banyak terdapat gurun pasir. Namun, ternyata, di Yogyakarta juga memiliki sebuah padang pasir yang cukup luas, tepatnya di bagian selatan Kabupaten Bantul.

Destinasi wisata ini cukup unik karena pasir yang ada di pelataran yang luas adalah pasir yang bersumber dari aktivitas vulkanik. Nah, terbentuknya gumuk memerlukan waktu yang begitu lama. Selain itu, dalam penelitian yang dilakukan, gumuk yang terdapat di Yogyakarta ini adalah gumuk vulkanik nomor dua di dunia dan di dunia hanya ada dua gumuk. Sangat spesial, bukan?

Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Gumuk Pasir

Rute ke Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Foto by: @andromedanoholo

Tidak hanya unik karena prosesnya, Gumuk Pasir Parangkusumo juga indah dengan segala pesona yang dimiliki. Nah, di destinasi wisata ini, ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengisi liburan yang sangat menyenangkan. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan di lokasi ini adalah sebagai berikut:

Lainnya:  Taman Sari Yogyakarta

Sandboarding di Gumuk Pasir

Sandboarding di Gumuk Pasir Jogja
Foto by: @muntasiriqbal

Pernahkah Kamu membayangkan berseluncur di atas permukaan pasir? Tentu, bagi banyak orang, ini adalah hal yang unik. Ya, memang unik dan langka. Namun, Kamu bisa melakukannya di Gumuk Pasir ini!

Di gumuk ini, Kamu bisa menggunakan sandboarding untuk berseluncur dan menguji adrenalin. Tinggi gundukan pasir yang bisa digunakan untuk pos berseluncur adalah sekitar 5 hingga 15 meter dan memanjang sekitar 200 meter. Nah, untuk alat sandboarding, Kamu bisa menyewa di lokasi persewaan di sekitar gumuk.

Spot Foto Keren & Unik

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Foto by: anggaaaaar
Taman Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Foto by: @retjoo
Foto Pre Wedding di Gumuk Pasir Jogja
Foto by: @je.mch

Pengelola Gumuk Pasir Jogja menyiapkan beberapa spot foto menarik di lokasi ini. Jika Kamu suka berfoto ria, maka lokasi ini bisa menjadi tempat berfoto yang mengagumkan. Ada spot foto di taman Gumuk Pasir yang biasanya menjadi tempat fotografi baik itu untuk keperluan posting di sosial media hingga pre wedding.

Menikmati Sunset

Sunset di Gumuk Pasir Jogja
Foto by: @canro.simarmata

Lokasi Gumuk Pasir Parangtritis yang terletak di dekat pantai membuat destinasi ini memiliki landscape luas, terutama untuk menikmati sunset. Ya, gumuk ini juga termasuk salah satu spot terbaik menikmati sunset di Yogyakarta. Kamu bisa mendapatkan banyak spot dan mengabadikan senja di Gumuk Pasir yang begitu merona.

Rute & Cara Menuju ke Gumuk Pasir

Lokasi tepat dari destinasi wisata ini adalah di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja jika Kamu memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta.

Lainnya:  The Lost World Castle

Sedangkan untuk rute Gumuk Pasir, maka Kamu bisa memulai perjalanan dari kota Yogyakarta menuju ke Jalan Parangtritis. Lurus saja ke selatan hingga berpuluh kilometer. Ketika sampai di loket masuk pantai Parangtritis, belok kanan ke arah Pantai Depok. Nah, lurus serta ikuti jalan. Ketika hampir masuk ke loket Depok, belok kiri menuju ke area gumuk.

Perjalanan ini cukup menghibur karena ada cukup banyak pohon cemara yang menyambut. Tidak hanya itu, di tepian jalan, Kamu juga bisa melihat adanya cukup banyak pasir-pasir.

Tips Saat Berkunjung ke Gumuk Pasir

Jika Kamu hendak berwisata ke Gumuk Pasir, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Ya, beberapa tips wisata pantai Gumuk Pasir ini menjadi penting agar liburan yang Kamu rencanakan bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Adapun beberapa tips wisata ke destinasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Jika Kamu datang di siang hari, maka gunakan alas kaki yang tebal dan topi. Hal ini dikarenakan udara dan cuaca di tempat ini terkadang bisa sangat panas.
  2. Secara umum, gunakan masker dan kacamata jika perlu. Hal ini adalah langkah preventif untuk melindungi wajah dari paparan pasir yang beterbangan.
  3. Waktu yang paling baik untuk berkunjung sebenarnya adalah sore hari di kala cuaca tak terlalu panas dan dekat dengan senja.
  4. Hindari berkunjung di akhir pekan karena biasanya kawasan wisata penuh dengan pengunjung.
Lainnya:  Pantai Drini

Nah, demikian ulasan singkat mengenai Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta. Jika Kamu berminat, segera saja ajak keluarga atau kerabat untuk menikmati keindahan langka di kawasan wisata ini!

  • Keindahan dan Panorama
  • Akses ke Lokasi
  • Fasilitas
  • Biaya
Overall
4.4
Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Taman Bunga Matahari JJLS

Agung
2 min read

The Lost World Castle

Agung
3 min read

Pantai Drini

Agung
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending