Sandboarding di Gumuk Pasir Jogja

Gumuk Pasir, BantulYogyakarta

8 Ulasan

Gumuk Pasir merupakan destinasi wisata yang unik dan bisa Kamu kunjungi. Ketika mendengar kata pasir, memang imajinasi kita akan menuju ke daerah Timur Tengah atau Afrika yang banyak terdapat gurun pasir. Namun, ternyata, di Yogyakarta juga memiliki sebuah padang pasir yang cukup luas, tepatnya di bagian selatan Kabupaten Bantul.

Destinasi wisata ini cukup unik karena pasir yang ada di pelataran yang luas adalah pasir yang bersumber dari aktivitas vulkanik. Nah, terbentuknya gumuk memerlukan waktu yang begitu lama. Selain itu, dalam penelitian yang dilakukan, gumuk yang terdapat di Yogyakarta ini adalah gumuk vulkanik nomor dua di dunia dan di dunia hanya ada dua gumuk. Sangat spesial, bukan?

Informasi Tentang Wisata Gumuk Pasir Jogja
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap:Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, 55772
Situs Resmi:
Hari dan Jam Operasional:Setiap hari (06.00 – 19.00 WIB)
Harga Tiket Masuk:Rp 5.000 per orang
Telepon:089674317515

Hal Menarik

Rute ke Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Foto by: @andromedanoholo

Tidak hanya unik karena prosesnya, Gumuk Pasir Parangkusumo juga indah dengan segala pesona yang dimiliki. Nah, di destinasi wisata ini, ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengisi liburan yang sangat menyenangkan. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan di lokasi ini adalah sebagai berikut:

Sandboarding di Gumuk Pasir

Sandboarding di Gumuk Pasir Jogja
Foto by: @muntasiriqbal

Pernahkah Kamu membayangkan berseluncur di atas permukaan pasir? Tentu, bagi banyak orang, ini adalah hal yang unik. Ya, memang unik dan langka. Namun, Kamu bisa melakukannya di Gumuk Pasir ini!

Di gumuk ini, Kamu bisa menggunakan sandboarding untuk berseluncur dan menguji adrenalin. Tinggi gundukan pasir yang bisa digunakan untuk pos berseluncur adalah sekitar 5 hingga 15 meter dan memanjang sekitar 200 meter. Nah, untuk alat sandboarding, Kamu bisa menyewa di lokasi persewaan di sekitar gumuk.

Spot Foto Keren & Unik

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Foto by: anggaaaaar
Taman Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
Foto by: @retjoo
Foto Pre Wedding di Gumuk Pasir Jogja
Foto by: @je.mch

Pengelola Gumuk Pasir Jogja menyiapkan beberapa spot foto menarik di lokasi ini. Jika Kamu suka berfoto ria, maka lokasi ini bisa menjadi tempat berfoto yang mengagumkan. Ada spot foto di taman Gumuk Pasir yang biasanya menjadi tempat fotografi baik itu untuk keperluan posting di sosial media hingga pre wedding.

Menikmati Sunset

Sunset di Gumuk Pasir Jogja
Foto by: @canro.simarmata

Lokasi Gumuk Pasir Parangtritis yang terletak di dekat pantai membuat destinasi ini memiliki landscape luas, terutama untuk menikmati sunset. Ya, gumuk ini juga termasuk salah satu spot terbaik menikmati sunset di Yogyakarta. Kamu bisa mendapatkan banyak spot dan mengabadikan senja di Gumuk Pasir yang begitu merona.

Rute & Cara Menuju

Lokasi tepat dari destinasi wisata ini adalah di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja jika Kamu memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta.

Sedangkan untuk rute Gumuk Pasir, maka Kamu bisa memulai perjalanan dari kota Yogyakarta menuju ke Jalan Parangtritis. Lurus saja ke selatan hingga berpuluh kilometer. Ketika sampai di loket masuk pantai Parangtritis, belok kanan ke arah Pantai Depok. Nah, lurus serta ikuti jalan. Ketika hampir masuk ke loket Depok, belok kiri menuju ke area gumuk.

Perjalanan ini cukup menghibur karena ada cukup banyak pohon cemara yang menyambut. Tidak hanya itu, di tepian jalan, Kamu juga bisa melihat adanya cukup banyak pasir-pasir.

Tips Saat Berkunjung

Jika Kamu hendak berwisata ke Gumuk Pasir, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Ya, beberapa tips wisata pantai Gumuk Pasir ini menjadi penting agar liburan yang Kamu rencanakan bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Adapun beberapa tips wisata ke destinasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Jika Kamu datang di siang hari, maka gunakan alas kaki yang tebal dan topi. Hal ini dikarenakan udara dan cuaca di tempat ini terkadang bisa sangat panas.
  2. Secara umum, gunakan masker dan kacamata jika perlu. Hal ini adalah langkah preventif untuk melindungi wajah dari paparan pasir yang beterbangan.
  3. Waktu yang paling baik untuk berkunjung sebenarnya adalah sore hari di kala cuaca tak terlalu panas dan dekat dengan senja.
  4. Hindari berkunjung di akhir pekan karena biasanya kawasan wisata penuh dengan pengunjung.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta. Jika Kamu berminat, segera saja ajak keluarga atau kerabat untuk menikmati keindahan langka di kawasan wisata ini!

8 Komentar Untuk Gumuk Pasir, BantulYogyakarta

  1. Gumuk Pasir Parangtritis Raih Penghargaan Destinasi Wisata Terpopuler. . HarianJogja – Objek wisata Gumuk Pasir di kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, DIY, mendapatkan penghargaan sebagai kategori destinasi Olahraga dan Petualangan Terpopuler dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.. . “Pada 22 November lalu Bantul mendapat award terbaik tiga, kategori Olahraga dan Petualangan Terpopuler untuk Gumuk Pasir yang merupakan salah satu destinasi yang ada di kawasan Pantai Parangtritis,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul Ni Nyoman Yudiriani di Bantul, Selasa (26/11).. . Penghargaan dari hasil penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia itu, lanjut dia, diterima Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo yang diserahkan pejabat perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Balairung Gedung Sapta Pesona Jakarta pada 22 November 2019.. . Menurut dia, Penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Tim Ayo Jalan Jalan yang dimulai 1 Juni sampai 31 Oktober 2019 itu dengan mengumpulkan perolehan suara atau voting melalui empat saluran.. . Ia menjelaskan, saluran tersebut melalui SMS (pesan singkat) premium semua operator, aplikasi API (Anugerah Pesona Indonesia) Award, Aplikasi Praja TV, dan You tube Video Channel bagi nominasi telah berakhir. Adapun nominasi yang diperebutkan ada 18 kategori.. . Menurut dia, sumber dari panitia API 2019 menyebut, nominasi API yang dipilih melalui empat saluran itu telah ditonton dan divote ratusan ribu masyarakat baik dalam dan luar negeri. Dan itu merupakan sesuatu yang menggembirakan karena terjadi peningkatan jumlah animo masyarakat yang memberikan voting dan melihat video API.. . “Hal itu merupakan penanda bahwa video nominasi merupakan sarana promosi yang baik bagi Pariwisata Indonesia, dan tentu saja membawa manfaat besar bagi seluruh daerah yang masuk nominasi dalam mempromosikan dan mengembangkan pariwisata di daerahnya masing-masing,” katanya.. . Nyoman berpendapat, kegiatan Award Anugerah Pesona Indonesia merupakan ajang kompetisi untuk memasarkan dan menyebarluaskan destinasi dan daya tarik lainnya ke seluruh elemen masyarakat baik dalam maupun luar negeri melalui empat saluran yang disediakan Tim penyelenggara API 2019 agar mereka tertarik berkunjung.. . “Hasil bagi Bantul ini tentu memberi motivasi dan manfaat yang sangat besar untuk lebih baik lagi dalam mengelola mempromosikan potensi maupun daya tarik wisata di Bantul untuk bisa berdaya saing dan berdaya jual dengan objek dan daya tarik daerah lainnya,” katanya.

  2. Dijamin gabakal nyesel kalau ke tempat ini. Biasanya Kan kalau destinasi wisata Tempatnya mencar-mencar, jadi bayar parkir Dan tiket masuknya berkali-kali. Nah, sand dunes (gumuk pasir) ini deket sama Taman bunga sama pantai, cuma berseberangan. Jadi sekali datang langsung dapet tempat foto banyak deh. Untuk parkirnya 5rb. Tiket Masuk ke Taman bunga 10-15rb. Sedangkan kalau mau ke pantai sama gumuk pasir gratis tis tis. Saran, kalau mau datang agak sorean aja sekitar jam 2an kebawah. Kalau terlalu siang panas banget, soalnya gaada tempat berteduh. Kecuali kalau kalian lagi makan sih. Oiya, disini deket juga sama tempat makan, jadi kalau tiba2 lapar bisa mampir. Harga standard 15-20rb an

  3. Taman Gumuk pasir ato dibisa dibilang Parangkusumo Sand Dunes . . Ini dkt bgt sih ama pantai parangkritis disini gratis, paling cmn bayar pakir aja klo motor bayarnya 3rb deh. taman gumuk pasir ini pasirnya luas bgt terbagi menjadi 2 tempat. Nah yg dipoto ini di tmpt ke 2 agak kesanaan dikit, disini kita bisa main atv, ato motor trail,atau bisa main sandbord (?) ada ayunan bisa buat photo”.

  4. Sebenernya hanya tumpukannpasri oantai di pinggir pantai sih. Cuman berasa kek di padang pasir aja. Disini selain enak buat ambil spot foto, bahkan ada juga yang menggunakan nya buat sport (sand boarding). Ditambah biayanya cuman modal parkir saja.. . Sambil mengunjungi gumuk oasir ini. Anda bisa mengunjungi pantai” lain yang ada disekitarnya. Yang ngak kalah indahnya. Apalagi waktu sunset.. . Cuman kalau waktu liburan berasa banget ramainya. Padahal kalau waktu hari biasa ngak terlalu ramai. Jadi berasa menikmati pemandangannya serasa utuh.

  5. Objek wisata Gumuk Pasir di kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, DIY, mendapatkan penghargaan sebagai kategori destinasi Olahraga dan Petualangan Terpopuler dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.. . “Pada 22 November lalu Bantul mendapat award terbaik tiga, kategori Olahraga dan Petualangan Terpopuler untuk Gumuk Pasir yang merupakan salah satu destinasi yang ada di kawasan Pantai Parangtritis,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul Ni Nyoman Yudiriani di Bantul, Selasa (26/11).. . Penghargaan dari hasil penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia itu, lanjut dia, diterima Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo yang diserahkan pejabat perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Balairung Gedung Sapta Pesona Jakarta pada 22 November 2019.. . Menurut dia, Penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Tim Ayo Jalan Jalan yang dimulai 1 Juni sampai 31 Oktober 2019 itu dengan mengumpulkan perolehan suara atau voting melalui empat saluran.. . Ia menjelaskan, saluran tersebut melalui SMS (pesan singkat) premium semua operator, aplikasi API (Anugerah Pesona Indonesia) Award, Aplikasi Praja TV, dan You tube Video Channel bagi nominasi telah berakhir. Adapun nominasi yang diperebutkan ada 18 kategori.. . Menurut dia, sumber dari panitia API 2019 menyebut, nominasi API yang dipilih melalui empat saluran itu telah ditonton dan divote ratusan ribu masyarakat baik dalam dan luar negeri. Dan itu merupakan sesuatu yang menggembirakan karena terjadi peningkatan jumlah animo masyarakat yang memberikan voting dan melihat video API.. . “Hal itu merupakan penanda bahwa video nominasi merupakan sarana promosi yang baik bagi Pariwisata Indonesia, dan tentu saja membawa manfaat besar bagi seluruh daerah yang masuk nominasi dalam mempromosikan dan mengembangkan pariwisata di daerahnya masing-masing,” katanya.. . Nyoman berpendapat, kegiatan Award Anugerah Pesona Indonesia merupakan ajang kompetisi untuk memasarkan dan menyebarluaskan destinasi dan daya tarik lainnya ke seluruh elemen masyarakat baik dalam maupun luar negeri melalui empat saluran yang disediakan Tim penyelenggara API 2019 agar mereka tertarik berkunjung.. . “Hasil bagi Bantul ini tentu memberi motivasi dan manfaat yang sangat besar untuk lebih baik lagi dalam mengelola mempromosikan potensi maupun daya tarik wisata di Bantul untuk bisa berdaya saing dan berdaya jual dengan objek dan daya tarik daerah lainnya,” katanya.

  6. Bebberapa kali kesini dan tempatnya emang bagus, hanya kadang sampah bungkus makanan kadang masih berserakan padahal viewnya udah bagus banget, murah lagi hanya bayar parkir aja ga sampai 5000 rupiah

  7. tempatnya asik seru. bisa merasakan sensasi gurun ala ala. tidak dipungut biaya masuk lokasi. hanya bayar parkir saja sudah. enaknya kesana pas sore menjelang senja biar gk terlalu panas dan pas senja bisa ke pantainya deket tinggal jalan kaki 100 meteran

  8. Objek wisata di sekitar parangtritis, bagus buat foto” ala desert gitu. Aku saranin klo kesini pas sore biar ga panas bgt hehe

Tinggalkan Balasan