Spot Foto di Goa Kreo Gunung Pati Semarang

Goa Kreo, Semarang

9 Ulasan

Goa Kreo Semarang adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang menyajikan objek wisata alam, namun terdapat beberapa objek wisata buatan di sekitarnya. Keunikan lain yang dimiliki oleh Goa ini ialah letaknya yang berada di tengah-tengah waduk Jatibarang. Hal tersebut tentu semakin menambah keindahan dan pesona dari goa ini.

Buat Kamu yang sedang berencana untuk datang kesini, ada baiknya untuk menyimak informasi mengenai objek wisata ini terlebih dahulu. Informasi yang perlu Kamu tahu ialah sebagai berikut.

Sejarah

Tempat wisata ini memang memiliki cerita unik dan sejarahnya sendiri. Masyarakat setempat mempercayai bahwa sejarah goa kreo berkaitan erat dengan Sunan Kalijaga. Konon katanya, dahulu kala goa ini merupakan tempat Kanjeng Sunan Kalijaga mencari kayu. Bukan kayu biasa, namun kayu tersebut digunakan untuk membangun Masjid Agung Demak.

Banyak juga yang percaya dengan kisah bahwa Pohon Jati yang akan digunakan oleh Sunan Kalijaga bisa berpindah-pindah sendiri. Melihat pohon yang hendak dipotong berpindah tempat, Sunan Kalijaga tidak menyerah dan memutuskan untuk terus mencari lokasi berpindahnya pohon jati tersebut, hingga akhirnya menemukan dan dililitkanlah sebuah selendang ketika akan menebang pohon tersebut.

Tujuannya adalah agar pohonnya tidak bisa berpindah tempat lagi. Setelah lelah menebang kayu, Sunan Kalijaga beristirahat dan kemudian bersemedi untuk mencari cara bagaimana membawa kayu-kayu yang sudah ditebang sampai ke Demak. Ketika bersemedi, datanglah beberapa kera yang ingin ikut bersama Sunan Kalijaga. Namun Sunan menolak, dan malah memberikan lahan untuk ditinggali kera-kera tersebut.

Lahan tersebut kemudian diberi nama “Kreo”, yang berasal dari Bahasa Jawa yaitu ngreho yang artinya menjaga atau memelihara. Oleh karena itu, jangan heran jika di tempat wisata ini terdapat banyak kera yang bisa Kamu ajak bermain dan diberi makan.

Hal Menarik

Setelah menjawab pertanyaan mengenai sejarah tempat wisata ini, selanjutnya kita akan mengulas hal-hal apa saja yang menarik dari Goa Kreo. Berikut informasi selengkapnya.

Dikunjungi Banyak Wisatawan

Wisata Goa Kreo Gunung Pati Semarang
Foto by: @asprila12

Mendengar sejarah yang unik tadi, pada akhirnya membuat banyak orang berbondong-bondong untuk datang ke wisata Goa Kreo. Jumlah wisatawan ini mengalami peningkatan yang cukup pesat di tahun 2018. Apalagi pada saat liburan panjang, pengunjung yang datang bisa mencapai 3.400-an wisatawan setiap harinya.

Hal tersebut tentu menyebabkan pendapatan wisata ini naik cukup banyak, yakni bisa mencapai Rp 20.000.000 lebih pada Hari Minggu atau ketika sedang libur panjang. Bagaimana, Kamu tertarik untuk datang kesini?

Menikmati View Waduk Jatibarang

Keindahan di Goa Kreo Gunung Pati Semarang
Foto by: @depay_fjar

Sejak pertama kali masuk kawasan ini, Kamu akan langsung mendapati pemandangan yang hijau dan asri, berbeda dengan pemandangan dikebanyakan kota besar yang hanya ada gedung dan cuaca yang panas. Selain itu, waduk yang luas dan airnya yang tenang akan semakin menambah kesan nyaman dan tenang untukmu.

Aktivitas Kera Liar

Waduk Jatibarang di Goa Kreo Semarang
Foto by: @ninengah_pranjono

Tidak perlu waktu lama, Kamu akan langsung mendapati cukup banyak kera yang sedang bermain dan juga menikmati makanannya. Ya, disini Kamu bisa melihat hewan ini dengan cukup dekat meskipun tidak sedang berada di kebun binatang, Meskipun kera ini sudah cukup terbiasa dengan kehadiran manusia, namun Kamu tetap tidak boleh sembarangan dan harus berhati-hati ya.

Goa Kreo Rumah Para Kera
Goa Kreo Rumah Para Kera

Saran buat Kamu untuk membawa makanan yang masih alami seperti buah-buahan atau kacang, sehingga Kamu bisa memberi makan para kera yang Kamu temui. Hal ini demi menjaga kesehatan para kera, dan menghindarkan mereka dari makanan yang sudah terkontaminasi.

Di sebelah utara waduk, Kamu juga bisa menemukan air terjun, dimana masyarakat sekitar percaya bahwa air terjun tersebut tidak pernah kering meskipun sudah memasuki musim kemarau panjang.

Spot Foto Instagramable

Bunga Sakura di Goa Kreo Semarang
Foto by: @windha_puspita

Salah satu upaya agar wisata sejarah ini tetap diminati oleh pengunjung ialah dengan cara membuat spot foto. Yaps, disini Kamu akan menemukan sepasang pohon dengan daun berwarna merah muda. Layaknya berada di negara sakura dilengkapi dengan background danau yang indah.

Spot Foto di Goa Kreo Gunung Pati Semarang
Foto by: @twiepras_w

Pengunjung juga dapat menyewa atribut sebagai pelengkap agar hasil jepretan makin maksimal. Jika sudah  sampai disini, jangan lupa untuk mengambil foto dan mengunggahnya ke sosial media ya. Hal ini akan membantu orang lain untuk mengetahui kondisi Goa Kreo terbaru meskipun mereka belum bisa datang lagi kesini.

Rute & Cara Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Jl. Raya Goa Kreo, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka:Setiap hari (7.00 – 17.00 WIB)
Akses Jalan:Cenderung menanjak dan sudah beraspal
Petunjuk:Google Maps

Kabar baik untuk Kamu, perjalanan menuju lokasi Goa Kreo Semarang tidak sulit dan juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Semarang, dimana jaraknya hanya sekitar 13 km saja. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dengan akses jalan yang sudah cukup bagus, tidak akan ada halangan yang berarti. Namun, Kamu tetap perlu berhati-hati karena jalannya cukup berbelok-belok.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Kamu bisa menggunakan jalur yang lebih dekat, yaitu melalui jalur Kalibanteng melewati Jl. Abdul Rahman Saleh menuju ke Gunung Pati. Setelah melewati Jl. Abdul Rahman Saleh, Kamu akan sampai di Desa Sadeng, disitu Kamu tinggal mencari Gerbang Desa Wisata Kandri lalu terus saja mengikuti jalan hingga sampai di lokasi Goa Kreo.

Perjalanan ini akan lebih mudah jika Kamu menggunakan Aplikasi Maps, namun jika sedang tidak memungkinkan, bertanya dengan masyarakat sekitar juga bisa dijadikan alternatif. Tanyakan saja lokasi Goa Kreo Gunung Pati, maka orang yang Kamu temui akan menjelaskan arahnya dengan tepat dan ramah.

Fasilitas

Fasilitas Umum:Area parkir, toilet, tempat sholat, warung jajanan.
No Telepon:(024) 8449917

Harga Tiket Masuk (HTM)

Hari Biasa:Rp. 5.500
Akhir pekan / hari libur:Rp. 10.000
Biaya Parkir:Rp. 3.000

Urusan tiket masuk, tidak perlu khawatir, karena memang harga tiket masuk Goa Kreo cukup murah, yakni sebesar  Rp. 5.500 saja. Setelah masuk, Kamu sudah bisa dengan bebas menikmati setiap sudut wisata Goa Kreo ini tanpa biaya tambahan.

Tips Saat Berkunjung

  1. Siapkan stamina untuk menuruni atau mendaki tangga menuju lokasi goa.
  2. Jangan mengeluarkan makanan / minuman saat berada dilokasi. Karena masih banyak monyet liar.
  3. Jika ingin memberi makan monyet, siapkan makanan terlebih dahulu.
  4. Jaga barang bawaan.
  5. Disarankan untuk berkunjung pada waktu pagi atau sore hari. Sebab jika siang hari cukup panas.
  6. Usahakan untuk datang dihari biasa (selain akhir pekan / hari libur). Sehingga keadaan disini tidak terlalu ramai dan Kamu bisa lebih leluasa untuk menikmati pemandangan dan berselfie.

Itulah ulasan mengenai wisata Goa Kreo yang berada di kawasan waduk Jatibarang, Semarang. Yuk mulai agendakan untuk berlibur ke wisata yang satu ini.

9 Komentar Untuk Goa Kreo, Semarang

  1. Di goa kro adalah tempat wisata kota semarang yang bersejarah karena peninggalan sunan kali jaga yang singgah ke situ untuk mencari kayu untuk membangun masjid demak.. Di sini banyak tempat foto dengan tema latar belakang goa,hutan,dan monyet ,juga bisa selfie sepuasnya . saya kesitu ketika hari natal dengan harga tiket yang terjangkau hanya 5,500 rupiah . Tips buat kalian yang berkunjung kesitu di harapkan jangan membawa tas kresek karena bisa di kejar-kejar sama monyet di situ . Monyet yang paling banyak di sekitar parkir mobil sampai jembatan goa kreo. Monyet yang paling sedikit ada di atas goa atau di hutannya,….pokok nya mantap lah….yang blm pernah datang saja ke goa kreo😊

  2. Letaknya cukup jauh dari pusat kota. Kalau naik motor sekitar 1jam. Krn lagi liburan, tiket masuknya 10ribu dan udah termasuk kupon gratis eskrim 2500. Kalau mau masuk jangan bawa makanan karna pasti akan diambil oleh kera. Pemandangannya bagus karna satu lokasi dengan waduk jatibarang.

  3. Tempat wisata keluarga cocok untuk tua, muda, anak2… Banyak keras yg dibiarkan bebas tapi jinak asal kita tidak mengganggu, ada prasasti /konon katanya nampak tilas dari salah satu wali.

  4. Tempat wisata keluarga cocok untuk tua, muda, anak2… Banyak keras yg dibiarkan bebas tapi jinak asal kita tidak mengganggu, ada prasasti /konon katanya nampak tilas dari salah satu wali.

  5. Ternyata obyek wisata di Semarang banyak juga yak. Tapi tidak begitu familiar namanya seperti Lawang Sewu menurut saya siy. Kali ini saya dan keluarga mendatangi obyek wisata Goa Kreo dan waduk Jatibarang. Explore Semarang abis-abisan bareng anak-anak dan keluarga asik banget. Alhamdulillah dengan bantuan google maps semua tempat bisa terdeteksi dengan mudah meski kadang-kadang masuk gang-gang kecil🙊. Bagitu sampai diparkiran kami bergegas jalan kaki melewati pedagang makanan dan minuman yang berjualan di sekitar waduk Jatibarang. Bagus banget dilihat dari atas pemandangan jembatannya menuju goa Kreo. . Ada wahana baru di Gua Kreo yang menarik pengunjung untuk datang lagi. Gua ini dipercaya sebagai tempat bertapa salah satu Wali Songo, yaitu Sunan Kalijaga. Dulunya, gua ini sangat panjang dan ujungnya bisa berada di kota lainnya, yaitu Demak atau Kendal. Wahana baru yang ditambahkan di wisata sejarah ini, akhirnya bisa membuat Gua Kreo makin ramai dikunjungi. Wahana baru tersebut adalah rumah bambu dan negeri di atas awan untuk berselfie ria. Pada waktu liburan ke goa Kreo sangat ramai sekali dan padat pengunjungnya. Berdesak-desakan deh tapi sesuatu bangedh. Gag rugi jauh-jauh datang ke Semarang kota Lumpia dalam 2 hari bisa mengunjungi obyek wisata banyak tempat sekaligus. . Alhamdulillah anak-anak puas bermain dan bisa berkunjung ke Goa Kreo. Harga tiket masuknya juga cenderung murah. . Happy family….

  6. sepanjang perjalanan menuju goa kreo adem banget pohonnya masih rindang jlan juga bagus gak rusak, hati2 ama kera2 disana liat tas gedhe dikit bakal dikintilin tu, agak troma sma keranya aja sich tanganq jadi korban cakaran

  7. Tempat wisata yang sngat cocok dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga, saudara dan teman kalian.. hati-hati sama kera nya.. kadang jail hehehe..

  8. Tempatnya bagus. Banyak spot buat foto2 juga (tapi harus bayar). Tempat parkirnya luas. Banyak warung. Terdapat toilet. Banyak penunggunya yaitu kera. Akses nya mudah. Harga tiketnya pun standar. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya ketika anda berkunjung kemanapun tempat wisata. Trimakasih

  9. Obyek wisata Kota Semarang yang unik dan indah dengan Waduk Jatibarang dan pulau ditengahnya yang menjadi habitat sekelompok kera dan Gua peninggalan atau petilasan Sunan Kalijaga dimana keduanya diihubungkan dengan jembatan cantik

Tinggalkan Balasan