Goa Gong

Goa Gong, Pacitan

12 Ulasan

Pacitan adalah sebuah kota di Jawa Timur yang terletak di bagian barat daya provinsi, menghadap Samudera Hindia yang indah. Perbatasan Kabupaten Pacitan sendiri adalah Kabupaten Wonogiri yang sudah masuk ke wilayah Jawa Tengah dan kabupaten ini berada di sebelah barat Paicitan. Nah, Pacitan sendiri memiliki salah satu goa yang begitu indah, namanya Goa Gong.

Di wisata goa ini wisatawan tidak hanya bisa merasakan keindahan dalam goanya namun juga bisa menyaksika pantai terpencil yang indah dan pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan. Jadi penasaran seperti apa keindahan yang bisa Anda temukan di wisata goa Pacitan ini?

Alamat, Rute dan Cara Menuju

Lokasi dan alamat lengkapDusun Salam, Desa Bomo, kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Jam buka07.00 – 16.00

Rute Melalui Kawasan Pacitan

Jika Kamu berasal dari pusat kota Pacitan, Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 38 menit saja karena jaraknya hanya sekitar 22,1 km. Adapun rutenya adalah arahkan kendaraan Kamu menuju ke Jl. Kolonel Sugiono dan lurus saja hingga sampai ke Jl. A. Insp Sasuit Tubun.

Dari Jl. A. Insp Sasuit Tubun belok kanan ke Jl. Sumatra kemudian belok kiri di perempatan pertama menuju ke Jl. Kusuma Admaja. Nah, dari Jl. Kusuma Admaja, belok kanan ke Jl. Nasional III dan ambil ambil Jl. Punung-Goa Gong kemudian lurus saja sampai bertemu dengan Jl. Gua Gong di Salam lalu belok kiri ke Jl. Gua Gong dan tujuan Kamu sudah ditemukan.

Rute Melalui Kawasan Yogyakarta

Jika Kamu datang dari arah Yogyakarta, Kamu akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam 37 menit atau sekitar 105 km. Dari pusat kota Yogyakarta ambil arah ke Jl. Brigjen Katamso kemudian pergilah menuju ke Jl. Sisingamangaraja. Sesampainya di Jl. Sisingamangaraja, ambil arah menuju ke Jl. Imogiri Barat lalu ke Jl. Nasional III yang berada di Sewon.

Setelah sampai di Sewon, Kamu perlu mengambil arah menuju ke Jl. Pleret – Pathuk. Naik saja ke atas hingga Kamu menemukan Jl. Patuk – Dlingo dan ambil arah  Jl. Playen Dlingo. Sesampainya di Playen, Kamu perlu mengambil Jl. Manthous menuju ke Jl. Nasional III di Siyono Kidul.

Dari Siyono Kidul, lurus saja sampai Kamu menemukan bundaran. Dari bundaran, Kamu perlu mengambil jalan keluar ke-3 menuju Jl. Nasional III. Dari Jl. Nasional III belok kiri ke Jl. Raya Pracimantoro-Pacitan kemudian ambil Jl. Punung-Goa Gong ke Jl. Gua Gong di Salam dan tujuan Kamu berada di sebelah kiri jalan.

Rute Melalui Kawasan Solo

Sementara untuk Kamu yang datang dari arah kota Solo, Kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam 27 menit atau sekitar 99,8 km. Adapun rute yang bisa Kamu lalui adalah ambil Jl. Reksoniten, kemudian lurus saja hingga sampai di Jl. Padmonegoro. Setelah itu Kamu perlu mengambil arah menuju ke Jl. Brigjen Sudiarto di Danukusuman.

Nah, setelah sampai di Danukusuman maka ambil arah Jl. Wonogiri – Sukoharjo dan lurus sampai bertemu dengan Jl. Raya Wonogiri-Ponorogo dan sampailah Kamu ke Jl. Wonogiri – Pacitan. Dari Jl. Wonogiri – Pacitan, Kamu perlu mengambil Jl. Raya Solo – Pacitan dan Belok kanan ke Jl. Raya Giritontro – Baturetno kemudian belok kiri ke Jl. Punung-Goa Gong.Dari ke Jl. Punung-Goa Gong belok kiri ke ke Jl. Gua Gong dan tujuan Kamu berada di sebelah kiri jalan.

Walaupun perlu sekitar 2,5 jam perjalanan dari Solo atau Jogja, keduanya adalah kota terbesar di dekatnya dan jalannya juga cukup mudah dijangkau. Jika Kamu mengunjungi Goa Gong, Kamu juga bisa menyaksikan keindahan Pantai Klayar karena keduanya berdekatan.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Goa Gong Pacitan terletak sekitar 30 km di sebelah barat Pacitan. Memasuki bagian pertama dari goa, Anda akan melihat bahwa ia dibagi menjadi jalur masuk dan keluar. Melewati celah sempit, Anda akan menemukan situs kedua.  Apa saja sih hal menarik yang dimiliki oleh goa ini sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya?

Goa Terindah

Goa Gong Pacitan

Gong adalah salah satu goa yang bisa dikatakan paling fenomenal di Pacitan. Ada yang mengatakan bahwa Goa Gong adalah salah satu yang paling indah di kawasan Asia Tenggara.

Goa terindah ini memiliki panjang sekitar 256 meter. Jadi jika Kamu sedang berada di Pacitan, Kamu harus mengunjungi goa yang diklaim paling indah se-Asia Tenggara ini, ya!

Stalaktit dan Stalagmitnya

Stalagmit
Foto by: @giar.da

Goa Gong Pacitan ini populer karena stalaktit dan stalagmitnya yang menakjubkan. Menjelajahi goa yang luas ini, Kamu akan diajak melihat formasi batu kapur yang indah. Nah, batu kapur ini terbuat dari air mineral yang mengandung sedimen dan batuan ini  terbentuk ribuan tahun yang lalu.

Sementara untuk stalaktit dan stalagmitnya yang indah ini dibentuk oleh sejumlah kelereng, kristal, dan karst secara alami. Dibutuhkan ribuan tahun untuk tetesan air dari langit-langit goa untuk membentuk stalaktit dan stalagmit yang indah.

Terdapat 7 Ruangan

Foto by: @jeky_caniago

Goa ini terdiri dari 7 goa atau ruangan yang bisa wisatawan eksplor. Ruang yang pertama adalah Sendang Bidadari dan ruang ini bisa Kamu jelajahi pertama kali karena berada di mulut gua. Sendang bidadari ini seperti namanya, memiliki sebuah kolam kecil sebagai sendang yang dahulunya digunakan untuk mandi para bidadari.

Ruangan yang selanjutnya adalah ruang bidadari, kristal, marmer dan ruang terbesar dari yang lainnya yakni Sendang Kamulyaan. Di ruang tersebutlah, sering dijadikan tempat untuk melakukan pertunjukan kesenian. Setelah Sendang Kamulyan, ruang selanjutnya adalah pertapaan dan terakhir adalah ruang  Ruang Batu Gong.

Di ruang terakhir ini Kamu bisa menemukan dua kolam yakni sendang panguripan dan cambirobo. Di ruang terakhir ini Kamu tidak hanya menyaksikan dua sendang saja, namun bisa melihat batu yang sangat besar dan apabila dipukul akan bersuara layaknya sebuah alat gamelan gong.

Jelajah Goa

Foto by: wahid_abdol09

Menjelajahi goa ini dengan formasi batu kapur yang indah adalah pengalaman yang tak terlupakan untuk wisatawan. Jika Kamu menelusuri goa ini, maka Kamu seolah-olah diajak ke dimensi lain. Flowstone di goa ini terlihat seperti tirai dapat dilihat di beberapa sudut, menghiasi goa ini dengan bentuknya yang indah.

Selesai menjelajahi goa, Kamu apat menemukan banyak pedagang yang menjual kerajinan yang terbuat dari kelereng dan perhiasan.  Ada juga banyak tempat makan di luar goa yang menjual banyak masakan tradisional dari Pacitan.

Fasilitas

Fasilitas umumKamar mandi, kantin, mushola, parkir
Telepon

Harga Tiket Masuk

Harga weekdaysRp 10.000
Harga weekendRp 15.000

Tips Berkunjung

Goa Gong adalah goa terindah yang ada di Pacitan, tepatnya di Desa Bomo Purung Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Bahkan keindahannya sudah diakui dunia, sehingga jadi destinasi yang selalu ramai pengunjung. Anda juga bisa menikmati pesona goa alami ini, tapi wajib menerapkan tips saat mengunjungi Goa Gong, agar perjalanan lancar dan semua area wisata terjelajahi dengan sempurna. Mungkin Anda masih kurang yakin bisa menelusuri goa ini karena lokasinya yang terbilang terkal, tapi selama ikut delapan tips berikut, dijamin perjalanan Anda di dalam goa akan terasa aman dan nyaman.

Jangan Datang Akhir Pekan Atau Jadwal Libur

Sebaiknya Anda datang di hari biasa antara Senin hingga Jumat, dimana pengunjung tak akan seramai ketika akhir pekan. Karena biasanya pengunjung akan membludak di akhir pekan, tanggal merah, dan jadwal libur sekolah. Maklum, namanya juga objek wisata ikon Kabupaten, jadi wajar jadi tempat wisata pilihan.

Bawa Senter Sendiri Untuk Jaga-Jaga

Di dalam gua yang panjangnya sekitar 300 meter ini, memang sudah dilengkapi dengan pencahayaan optimal di berbagai bagian. Terutama pada stalagtit dan stalagmit tertentu yang mampu memantulkan cahaya lebih baik. Tapi ada baiknya Anda membawa senter darurat, sebagai alat jaga-jaga jika senter sewaan yang disediakan pengelola tidak bisa menyala.

Pakai Sepatu yang Nyaman

Namanya juga menempuh perjalanan di ruang terbuka dengan kondisi tanah yang tidak rata, Anda disarankan untuk menggunakan alas kaki berupa sepatu yang nyaman, seperti sepatu sport yang tahan air dan bagian bawahnya lentur. Jadi saat dipakai tidak membuat kaki kram.

Ikuti Prosedur Wisata Goa Gong

Ada prosedur yang ditetapkan oleh pengelola objek wisata ini, penjelasannya terpampang jelas di pintu masuk area dan mulut goa. Diantaranya adalah tidak boleh bicara kasar, ikuti jalur yang sudah diarahkan pemandu wisata Anda. pastikan untuk ikut prosedur itu dengan baik agar perjalanan lancar tanpa masalah.

Sebaiknya Datang Bersama Keluarga

Untuk tips saat mengunjungi Goa Gong selanjutnya, Anda sebaiknya datang secara berombongan atau dengan keluarga. Jadi ketika menelusuri goa bisa saling menjaga dan saling mengingatkan jika ada anggota rombongan yang melanggar aturan. Selain itu, kalau Anda datang dengan keluarga, tentu akan jadi wisata edukasi menegangkan yang selalu dikenang.

Pastikan Pemandu Ada Bersama Anda

Untuk perjalanan ke dalam goa, akan ada pemandu untuk satu kelompok pengunjung. Pastikan kelompok Anda sudah ditemani oleh pemandu profesional, sehingga ketika ada hal yang mau ditanyakan bisa langsung mendapat jawaban. Selain itu pemandu akan membimbing Anda dan rombongan sesuai rute perjalanan yang benar.

Sedia Payung Sebelum Hujan

Kalau saat Anda kesana cuaca mendung, sebaiknya bawa payung saat menjelajahi goa. Karena ketika hujan, maka tetes hujan tersebut akan masuk ke dalam goa dan membuat sejumlah area menjadi ikut basah.

Bawa Bekal Dalam Tas Ransel

Walaupun jarak tempuh menelusuri goa hanya sekitar 20 menit, tak ada salahnya Anda membawa bekal seperti minuman dan cemilan. Apalagi kalau ada anak kecil yang ikut bersama, tentu dia akan sangat rentan merengek lapar dan haus.

Ketika Anda sudah paham tips yang harus dilakukan saat melancong ke Goa Gong, secara tidak langsung Anda sudah meminimalisir musibah yang bisa saja terjadi di dalam goa. Dan pastinya keindahan gua bisa lebih ternikmati dengan sempurna, tanpa harus terganggu masalah hanya gara-gara Anda mengabaikan aturan dan tips yang sudah diulas sebelumnya.

 

12 Ulasan Pengunjung Goa Gong, Pacitan

  1. Goa Gong merupakan salah satu destinasi populer dan unggulan di Kabupaten Pacitan. Berlokasi di jalan searah dengan Pantai Klayar, goa dengan pintu selebar dan setinggi 1,5 x 1,5 meter persegi ini memang tampak biasa saja dari luar. Namun begitu pengunjung memasuki goa, ratusan bentang mineral stalagmit dan stalagtit serta pilar bersorot lampu warna-warni siap memanjakan mata.. . Sebelum memasuki mulut goa, biasanya ada pedagang yang menawarkan persewaan senter dan kipas angin karena suasana di dalam cukup gelap dan pengap. Bagi pengunjung diharapkan mengenakan pakaian yang mendukung sirkulasi udara supaya tidak kegerahan.. . Di dalam goa telah dibuat trek memutar dari atas ke dasar lalu ke atas lagi. Karena medan yang terjal, pengunjung harus ekstra hati-hati karena inklinasi yang cukup ekstrem. Kadang terjadi antrean untuk masuk dan di dalam. . . HTM: Rp. 16.000,-

  2. Goa gong salah satu geopark di indonesia yang wajib dikunjungi, lokasi ada di pacitan. Nanti kita bisa liat stalaktit dan stalakmit yang terbentuk ratusan atau ribuan tahun dari teteaan air, yang di beberapa titik bisa bunyi seperti suara gong, goang dalam bahasa jawa artinya salah satu alat musik gamelan jawa yang besar dan berbunyi goong.. tiket masuk 15.000 disana ada toilet dan mushola, selain itu banyak toko oleh2,, ah iya wajib banget beli tahu ori dan tahu tuna disini . Enakk, ah iya kalo pengen ga rame datangnya pagi2, kemaren cuma rombonganku aja 5 orang, dan emang panas di dalem . Karena gua kan ya . Jadi di maklumin aja

  3. A must visit place for holiday. Tempat parkir sudah bagus antara untuk bus, mobil dan roda 2. Disediakan ojek dari parkiran ke loket masuk. Untuk menuju goa gong, masih harus menaiki tangga dan belum kids/stroller friendly. Di dalam goa, masih minim penerangan untuk melihat dengan jelas keindahan goa. Namun sudah tersedia rail pegangan untuk menjelajah dalam goa.. Saya kesana saat musim liburan, jadi terkesaan penuuhh dan sangat panas didalam. Jadi, kesinilah saat weekdays yaa kalau bisa 😁

  4. Goa Gong merupakan obyek wisata terkenal yang terletak di kabupaten Pacitan. Jadi jika pergi ke Pacitan maka tidak lupa dengan Goa Gong. Goa Gong sendiri juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai objek wisata terkenal milik Indonesia. Dalamnya memikik pemandangan bebatuan yang sangat menakjubkan dengan struktur batu yang berusia jutaan tahun. Jika memasuki goa pastikan tidak lupa membawa lampu senter karena tempat nya gelap dan juga ada jasa peminjaman senter, pemandu dan kipas. Jadi itu yang bisa saya ulas semoga bermanfaat terimakasih 😁🙏

  5. sebenarnya goa ini menarik selain sdh ditambahkan bbrp lampu yg berwarna/i jg disebutkan sbg salah satu goa terbesar di southeast asia, tp please deh kebersihan dijaga, pengunjung jgn buang sampah sembarangan, kotor itu jelek tau.. tambahin kipas angin spy tdk terlalu sumpek di dlm, apalagi klo banyak pengunjung yg masuk dlm goa krn highseason musim liburan, harusnya di kasih kuota klo sudah mencapai dr batas kapasitas maksimum, org lain tdk boleh masuk sampai yg org dr dlm itu keluar terlebih dahulu

  6. Goa Gong Sendiri merupakan tujuan wisata yang terkenal dengan batu mulia. Jika di telisik secara sejarah, nama Goa Gong diambil dari sebuah batu, dimana konon batu tersebut jika di pukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang di tabuh. Pada awal mulanya Goa Gong diketemukan oleh dua orang penduduk lokal yang tanpa sengaja sedang mencari mata air.. . Sebelum masuk ke Goa gong, terdapat puluhan pedagang batu akik dengan harga berkisaran 50.000 hingga ratusan ribu, berbagai jenis souvenir mulai dari gelang, kalung dan asesoris lainnya terbuat dan berhias batu mulia. tidak dipungkiri memang sebagian pengrajin batu akik berasal dari daerah Goa Gong dan sekitarnya hingga gunung kidul yang dikenal sebagai daerah seribu Goa dengan batu mulianya.

  7. 8-2-2020. Bagus banget. Harga tiket masuk 30rb, jasa guide 30rb, sewa senter 5rb.. Tips kalo mau kesini. 1. datang pagi2 (aku jam 7.30 nyampe lokasi), enak, masih sunyi. 2. Wajib sewa pemandu, biar nyaman dan ada yg guide. 3. Wajib bawa/sewa senter. 4. Jangan pake baju tebel, didalam agak panas dan pengap.. 5. Pake sepatu anti slip. Lantai dan dinding goa masi aktif, air masih keluar dibebatuannya, jd agak licin.. 6. Pake jasa ojek yg bisa disapat diparkiran utk ke lokasi, jalan nanjak soalnya. Bayar 5rb.

  8. Goa gong memang bagus sekali tempatnya untuk refleksi diri di dalamnya saya bersama rombongan keluarga besar Komunitas Orang Bergas ( KOB) tanggal 16 February 2020 menyempatkan untuk wisata kesini sangat indah sekali pemandangan ya di dalam saya ambil airnya untuk sy minum dan Raup muka setelah saya minum dan Raup saya naik beberapa tanjakan saya Selfi tidak kelihatan atau seakan tak mau untuk di foto saya coba beberapa kali sama berbayang kalau di amati seperti ada bayangan orang inilah ke elokan ya dan perpaduan lampu warna warni semakin indah sekali

  9. Tak lengkap rasanya ke pacitan tanpa berkunjung Goa terbaik se Asia tenggara ini. Di dalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit yang sangat indah.

  10. Tak lengkap rasanya ke pacitan tanpa berkunjung Goa terbaik se Asia tenggara ini. Di dalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit yang sangat indah.

  11. TETAP BUKA . Kami tetap hadir untuk anda,,. . Pelayanan terbaik kami ada untuk semuanya,. . Salam Megatamers,,

  12. bagus bgt sihh.. pertama kali ke gua gong.. rame bgt.. susah juga fto.. pemandangan di dlm gua.. menakjubkan sekali.. ga nyesel ke sini..

Tinggalkan Balasan ke Ananda Dita Muriawati Batalkan balasan