Informasi Tentang Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi
Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Situs Resmi: www.ciletuh.com
Hari dan Jam Operasional: Setiap Hari (24 Jam)
Harga Tiket Masuk: Rp. 3.000 per orang
Telepon:

Rutemu – Berlibur ke Provinsi Jawa Barat rasanya memang tidak akan ada matinya, apalagi jika sudah menyebutkan nama Bandung. Meskipun Bandung menjadi kawasan yang terkenal dengan kota wisata, nyatanya masih ada banyak daerah yang menggoda untuk Kamu kunjungi. Salah satunya adalah Sukabumi yang menawarkan Geopark Ciletuh dengan keindahan alam yang memukau.

Geopark Ciletuh merupakan Taman Bumi Nasional yang lokasinya berada di kawasan Sukabumi. Pada tahun 2015 lalu, kawasan ini secara resmi diakui oleh UNESCO sebagai Geopark Nasional Indonesia.

Nah, spot wisata Geopark Ciletuh ini tersebar di 8 kecamatan dengan total luasnya mencapai 128.000 hektar. Beberapa jenis wisata yang dapat Kamu nikmati ada yang berupa taman, puncak, tebing, curug hingga pantai. Berikut beberapa ulasan menariknya dari Kami.

Apa Saja yang Ada di Geopark Ciletuh?

Seperti yang telah dijelaskan sejak awal, tempat ini memiliki banyak sekali spot alam yang menarik untuk liburanmu. Tampaknya hampir keseluruhan keindahan alam menyatu di dalamnya. Di bawah ini adalah beberapa sport terbaik dan aktivitas menarik yang bisa Kamu lakukan.

Curug Cikanteh

Curug Cikanteh di Geopark Ciletuh
Foto by: @nala_rinaldo

Tempat wisata alam pertama yang dapat Kamu kunjungi ialah air terjun. Curug ini terletak di desa Ciwaru, kecamatan Ciemas. Hal yang menjadi daya tarik dari curug ini ialah adanya tebing batu yang tersusun secara bertingkat-tingkat. Di belakangnya terdapat tebing yang cukup tinggi dengan aliran air terjun yang sangat deras.

Air Terjun Cikanteh di Geopark Ciletuh
Foto by: @adoelsohib

Selain itu, suasana alam yang ada di curug ini juga masih asri. Banyaknya pepohonan hijau nan rindang serta kabut tipis yang menyelimuti menambah kesejukan tersendiri. Tentu, Kamu bisa mengeksplore kawasan ini mulai dari jalan-jalan, bermain air maupun hanya untuk sekedar berselife.

Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik di Geopark Ciletuh
Foto by: @tafakuralam

Masih masuk dalam kategori wisata air terjun, spot ini berada di desa Cibenda, kecamatan Ciemas. Tak jauh berbeda dengan Curug Cikanteh, Puncak Manik juga menawarkan keindahan alam yang mempesona. Namun bisa dikatakan air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi.

Di bawah air terjun ini terdapat kolam yang cukup luas dan bisa Kamu manfaatkan untuk berenang. Namun apabila saat musim hujan dan debit air tinggi, disarankan untuk tidak berenang karena kolam cukup dalam.

Curug Awang

Curug Awang di Geopark Ciletuh
Foto by: @yuriparinduri

Masih satu kawasan dengan Puncak Manik, dimana Curug Awang ini berada di desa Cibenda. Lokasi ini tergolong spot favorit para pengunjung yang berlibur ke kawasan Geopark Ciletuh. Banyak yang bilang curug ini merupakan air terjun Niagara nya Indonesia. Bagaimana tidak, Curug Awang memiliki tebing tinggi dan luas yang merupakan ujung dari aliran sungai.

Air Terjun Awang di Geopark Ciletuh
Foto by: @canro.simarmata

Kamu dapat menjelajah Curug Awang baik dari atas tebing maupun di bawah. Apabila Kamu berada di atas tebing, maka view yang disuguhkan ialah jurang dengan dasar kolam air yang luas. Nah, kalau Kamu memiliki nyali yang tinggi, Kamu bisa berjalan maupun duduk di ujung tebing ini. Tak kalah indah, dari bawah Kamu dapat menikmati pancuran air yang sangat deras dari ujung tebing tersebut.

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung di Geopark Ciletuh
Foto by: @visitsukabumi

Kawasan wisata Geopark Ciletuh memang didominasi oleh wisata air terjun. Nah, yang kami sebutkan disini merupakan yang paling recomended untuk Kamu kunjungi. Termasuk Curug Cimarinjung ini, yang menawarkan sensasi layaknya Jurrasic Park. Bagaimana tidak, air terjun Cimarinjung dikelilingi oleh bebatuan purba dan tertua di pulau Jawa.

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan di Geopark Ciletuh
Foto by: @pickpols

Apabila Kamu kurang suka dengan wisata air, puncak yang terdapat di desa Tamanjaya ini mungkin pilihan yang tepat. Dari atas bukit ini, Kamu dapat menikmati keindahan alam Sukabumi yang terpadu lengkap mulai dari area persawahan, hutan hingga perbukitan. Selain itu, disini Kamu bisa bersantai bersama keluarga dengan berfoto di gardu pandang, ngobrol di saung hingga kuliner. Sangat asyik bukan?

Puncak Darma

Puncak Darma di Geopark Ciletuh
Foto by: @sukabumiexplore

Tak kalah menarik, Puncak Darma juga menyimpan keindahan yang mengagumkan. Puncak ini merupakan pintu masuk sebelum menuju ke kawasan Geopark Ciletuh. Dari atas puncak dengan ketinggian 250 meter diatas permukaan laut ini, Kamu akan dimanjakan dengan view Teluk Ciletuh yang berbentuk seperti tapal kuda.

Namun, waktu yang tepat untuk berkunjung ke lokasi ini ialah sore hari. Di waktu tersebut Kamu dapat menikmati pemandangan matahari terbenam di ufuk barat. Nah, tentunya ini merupakan momen yang tepat untuk mengabadikan foto keren dan instagramable.

Pantai Palangpang

Pantai Palangpang di Geopark Ciletuh
Foto by: @irwan_khill

Pantai inilah yang kadang disebut sebagai Teluk Ciletuh. Bisa dikatakan Pantai ini merupakan yang paling unik diantara yang lainnya. Selain bibir pantai yang panjang dan luas, dari sini Kamu dapat melihat salah satu curug yang telah kami sebutkan diatas.

Teluk Ciletuh di Geopark Ciletuh
Foto by: @firman.os

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Palangpang. Mulai dari duduk & bersantai, jalan-jalan menyisiri pantai, bermain air hingga menikmati pemandangan matahari terbenam kala senja. Pantai yang berlokasi di desa Ciwaru ini merupakan destinasi akhir yang tepat setelah seharian berkeliling di Geopark Ciletuh.

Rute & Cara Menuju ke Geopark Ciletuh

Sebagai alternatif untuk mempermudah para pelancong untuk berkunjung ke Geopark Ciletuh kini sudah mulai dibuka Jalan Menuju Ke Taman Bumi Ciletuh yang baru. Jalur ini dikenal sebagai jalur yang paling cepat dengan sajian pemandangan atau view yang indah. Para pengunjung juga banyak yang mengatakan jika bisa melihat pantai dari atas bukit.

Kamu hanya butuh waktu sekitar 2,5 – 3 jam agar bisa sampai ke Geopark Ciletuh. jarak yang biasanya harus ditempuh sejauh 71 kilometer kini menjadi 33 kilo meter dengan jalur baru. Kamu bisa memulai perjalanan dari Simpang Loji yang ada di Jalan Pelabuhan Ratu sampai melewati kawasan Muara Cisaar Ciemas. Berikut untuk rute selengkapnya.

Dari Jakarta

Jika Kamu berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya maka pilih jalur menuju tol Jagorawi. Terus saja dan ikuti jalan tersebut hingga keluar pada pintu akhir Ciawi Bogor. Setelah itu langsung arahkan kendaraan lurus pada perempatan Ciawi ke Sukabumi.

Dari Bogor

Para wisatawan yang berasal dari Bogor bisa pergi lewat jalur baru yakni tol Bocimi dan keluar pada jalan raya Sukabumi atau yang dikenal dengan pintu Benda. Kamu bisa saja menggunakan roda dua kemudian lewat jalan raya Cihideung-Cigombong dan Jalan Raya Benda.

Rute Perjalanan Selanjutnya

Baik Kamu yang berasal dari kawasan Jakarta dan Bogor selanjutnya akan melewati Jalan Raya Benda. Dari jalan tersebut, teruskan perjalanan ke Parungkuda yang ada di Jalan Raya Sukaraja-Sukabumi sampai bertemu dengan pertigaan Pamuruyan. Saat berada di pertigaan maka Kamu akan menemukan pilihan jalur Cikidang dan Cibadak.

Jalur Cikidang pada dasarnya dapat memotong waktu sampai 1,5 jam, hanya saja jalurnya memiliki belokan tajam pada sisi perbukitan serta jurang. Sangat disarankan bagi Kamu untuk lewat jalur Cibadak, walaupun memakan waktu lama jalan ini selalu ramai dan termasuk lebih aman.

Setelah keluar Cibadak maupun Cikidang, arahkan kendaraan ke Pelabuhan Ratu – Ciletuh. Kisaran 40 menit Anda pun akan sampai di Bagbagan serta Simpang Loji. Di simpang loji nanti akan ada pertigaan, pilih ke kanan maka jalan baru dan ke kiri menjadi jalan lama ke Geopark Ciletuh. Ambil saja jalur kanan, kemudian ke bawah – Cibutun – Muara Cisaar melewati jembatan baru Cisaar.

Fasilitas yang Ada di Geopark Ciletuh

Bicara soal fasilitas, pengelola wisata ini sudah menatanya sedemikian rupa agar para pengunjung nyaman. Dari setiap wisata yang ada, minimal sudah terdapat warung sebagai tempat makan / jajan, tempat beribadah, toilet hingga lahan parkir yang luas.

Selain itu, apabila Kamu berlibur dengan memakai jasa yang disediakan oleh wisata ini, maka fasilitas yang akan Kamu dapatkan juga lebih lengkap. Misal saja transportasi Sukabumi – Ciletuh (PP), konsumsi, pemandu wisata, gratis tiket masuk / retribusi hingga penginapan di homestay.

Sangat menarik bukan? Di Geopark Ciletuh Sukabumi Kamu bisa menikmati sajian alam yang sangat memukau. Dalam satu tempat saja Kamu sudah bisa menikmati berbagai macam spot wisata. Dengan begitu akan ada banyak foto menarik berlatar belakang pemandangan alam indah. Segera tambahan lokasi ini pada rencana liburan Kamu di kawasan Jawa Barat. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here