Dusun Semilir

Bagi pecinta budaya lokal, pastinya tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Ya, betul sekali, Dusun Semilir. Destinasi ini terkenal dengan arsitektur yang menawan. Bahkan, menurut rumor yang beredar, Dusun Semilir akan menjadi ikon baru di Kota Semarang.

Lokasi dari Dusun Semilir, Bawen ini jauh dari hiruk pikuk suasana kota. Sehingga, alam pedesaan pun dapat Kamu rasakan begitu menginjakkan kaki di tempat ini. Meski begitu, ada banyak wahana serta fasilitas yang tersedia. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Hal Menarik di Dusun Semilir

Bukan hanya suasananya yang asri, daya tarik wisata Dusun Semilir juga ada pada wahana yang ada di dalamnya. Bangunan yang didesain menyerupai stupa candi Borobudur ini mempunyai 2 lantai. Dimana lantai pertama merupakan pusat oleh – oleh sedangkan lantai kedua terdapat restoran. Bukan itu saja, berikut hal menarik yang akan Kamu temukan disini.

Gunungan Resto

Gunungan Resto di Dusun Semilir
Foto by: @dusunsemilir

Salah satu lokasi menyantap hidangan yang sangat direkomendasikan. Sebab, disini Kamu akan dimanjakan oleh view hutan alam disekitar Dusun Semilir dilengkapi dengan jejeran gunung-gunung. Momen yang tepat untuk menikmati makanan atau sekedar minum bersama orang terdekat.

Teras Gunung

Teras Gunung di Dusun Semilir
Foto by: @dusunsemilir

Sebuah jalan yang menghubungkan Lobby Stupa menuju ke area Taman Wisata. Saat melewati jembatan layang ini, Kamu akan menemukan beberapa stand makanan, minuman hingga aksesoris. Pastinya, lokasi ini sering dijadikan spot foto oleh para wisatawan.

Baca Juga :  Gumuk Reco

Gunungan Foodpark

Gunungan Foodpark di Dusun Semilir
Foto by: @dusunsemilir

Seperti namanya, di lokasi ini terdapat banyak restoran dengan menu hidangan khas Indonesia. Selain itu, sistem pembayaran yang diterapkan ialah cashless. Dimana pengunjung menggunakan kartu Dusun Semilir yang telah di topup minimal Rp.50.000 untuk membayar beragam hidangan disini.

Pet Village

Taman bermain seluas 20.000 m2 yang berisi hewan-hewan peliharaan lucu dan menggemaskan. Selain memberikan fasilitas yang fotogenik, ternyata Dusun Semilir juga sangat ramah dengan kebutuhan si kecil. Ya, anak-anak pasti akan merasa senang bermain di area ini.

Banyu Biru

Banyu Biru di Dusun Semilir
Foto by: @dusunsemilir

Perbanyak hasil fotografimu dengan menapaki area kolam ini. Menariknya, ditengah kolam terdapat patung berbentuk manusia setengah badan yang tersusun dengan kayu. Untuk bisa berselfie didekat patung tersebut, Kamu bisa berjalan di tengah kolam melalui lingkaran yang disusun berjajar.

Jembatan Senggol

Jembatan Senggol di Dusun Semilir
Foto by: @dusunsemilir

Last but not least, salah satu spot foto yang jangan sampai Kamu lewatkan. Entah itu siang hari maupun malam hari, di lokasi ini menawarkan background foto yang instagramable.

Rute & Cara Menuju ke Dusun Semilir

Lokasi dan Alamat Lengkap:Jl. Soekarno Hatta No.49, Ngemplak, Kec. Bawen, Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka:Senin – Jumat (9.30 – 21.00 WIB)
Sabtu – Minggu (9.00 – 21.00 WIB)
Akses Jalan:Mudah dijangkau
Petunjuk:Google Maps

Alamat Taman Rekreasi Dusun Semilir ada di Jalan Soekarno – Hatta No. 49, Desa Ngemple. kecamatan Bawean, kota Semarang. Sedangkan rute untuk menuju ke tempat ini bisa Kamu tempuh dengan beberapa pilihan jalan, yakni:

Baca Juga :  Umbul Sidomukti

Dari Semarang – menuju ke Bawen – Lokasi Dusun Semilir Eco park ada di kanan jalan – sebelum pertigaan arah Jogja atau sebelum terminal Bawen.

Dari exit tol Bawen – belok kanan – ikuti jalan utama – hingga melihat bangunan stupa di kiri jalan.

Dari Salatiga – Jalan Raya Semarang-Solo – Ikuti jalan – hingga lewat terminal Bawen atau pertigaan Jogja – Tak jauh dari situ, Kamu akan melihat stupa besar di kiri jalan (Dusun Semilir).

Fasilitas yang Ada di Dusun Semilir

Fasilitas Umum:Area parkir luas, spot foto, food curt, mushola
No Telepon:0813-2563-9338

Harga Tiket Masuk Dusun Semilir

Harga Tiket Masuk:Rp. 8.000 (Senin – Jumat)
Rp. 10.000 (Sabtu – Minggu)
Lain – Lain:Minimal Rp. 50.000 untuk Top Up Kartu
Rp. 20.000 – Rp. 65.000 untuk Kuliner

Meski tergolong tempat wisata di Semarang yang cukup populer, wisata ini membanderol retribusi yang sangat murah. Fasilitas umum yang disediakan pun boleh kita manfaatkan secara gratis, misal spot foto maupun tempat istirahat. Mungkin pengelola lebih fokus pada aspek kuliner untuk menonjolkan spot ini.

Itulah ulasan singkat mengenai Daun Semilir yang terletak di Bawen, Semarang. Mengusung konsep Eco Park, segala kriteria pengunjung dapat dipenuhi disini. Yuk, agendakan perjalananmu!

Leave a Comment