Gunungan Resto di Dusun Semilir

Dusun Semilir, Semarang

7 Ulasan

Bagi pecinta budaya lokal, pastinya tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Ya, betul sekali, Dusun Semilir. Destinasi ini terkenal dengan arsitektur yang menawan. Bahkan, menurut rumor yang beredar, Dusun Semilir akan menjadi ikon baru di Kota Semarang.

Lokasi dari Dusun Semilir, Bawen ini jauh dari hiruk pikuk suasana kota. Sehingga, alam pedesaan pun dapat Kamu rasakan begitu menginjakkan kaki di tempat ini. Meski begitu, ada banyak wahana serta fasilitas yang tersedia. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Hal Menarik

Bukan hanya suasananya yang asri, daya tarik wisata Dusun Semilir juga ada pada wahana yang ada di dalamnya. Bangunan yang didesain menyerupai stupa candi Borobudur ini mempunyai 2 lantai. Dimana lantai pertama merupakan pusat oleh – oleh sedangkan lantai kedua terdapat restoran. Bukan itu saja, berikut hal menarik yang akan Kamu temukan disini.

Gunungan Resto

Gunungan Resto di Dusun Semilir
Foto by: @dusunsemilir

Salah satu lokasi menyantap hidangan yang sangat direkomendasikan. Sebab, disini Kamu akan dimanjakan oleh view hutan alam disekitar Dusun Semilir dilengkapi dengan jejeran gunung-gunung. Momen yang tepat untuk menikmati makanan atau sekedar minum bersama orang terdekat.

Teras Gunung

Teras Gunung di Dusun Semilir
Foto by: @dusunsemilir

Sebuah jalan yang menghubungkan Lobby Stupa menuju ke area Taman Wisata. Saat melewati jembatan layang ini, Kamu akan menemukan beberapa stand makanan, minuman hingga aksesoris. Pastinya, lokasi ini sering dijadikan spot foto oleh para wisatawan.

Gunungan Foodpark

Gunungan Foodpark di Dusun Semilir
Foto by: @dusunsemilir

Seperti namanya, di lokasi ini terdapat banyak restoran dengan menu hidangan khas Indonesia. Selain itu, sistem pembayaran yang diterapkan ialah cashless. Dimana pengunjung menggunakan kartu Dusun Semilir yang telah di topup minimal Rp.50.000 untuk membayar beragam hidangan disini.

Pet Village

Taman bermain seluas 20.000 m2 yang berisi hewan-hewan peliharaan lucu dan menggemaskan. Selain memberikan fasilitas yang fotogenik, ternyata Dusun Semilir juga sangat ramah dengan kebutuhan si kecil. Ya, anak-anak pasti akan merasa senang bermain di area ini.

Banyu Biru

Banyu Biru di Dusun Semilir
Foto by: @dusunsemilir

Perbanyak hasil fotografimu dengan menapaki area kolam ini. Menariknya, ditengah kolam terdapat patung berbentuk manusia setengah badan yang tersusun dengan kayu. Untuk bisa berselfie didekat patung tersebut, Kamu bisa berjalan di tengah kolam melalui lingkaran yang disusun berjajar.

Jembatan Senggol

Jembatan Senggol di Dusun Semilir
Foto by: @dusunsemilir

Last but not least, salah satu spot foto yang jangan sampai Kamu lewatkan. Entah itu siang hari maupun malam hari, di lokasi ini menawarkan background foto yang instagramable.

Rute & Cara Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Jl. Soekarno Hatta No.49, Ngemplak, Kec. Bawen, Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka:Senin – Jumat (9.30 – 21.00 WIB)
Sabtu – Minggu (9.00 – 21.00 WIB)
Akses Jalan:Mudah dijangkau
Petunjuk:Google Maps

Alamat Taman Rekreasi Dusun Semilir ada di Jalan Soekarno – Hatta No. 49, Desa Ngemple. kecamatan Bawean, kota Semarang. Sedangkan rute untuk menuju ke tempat ini bisa Kamu tempuh dengan beberapa pilihan jalan, yakni:

Dari Semarang – menuju ke Bawen – Lokasi Dusun Semilir Eco park ada di kanan jalan – sebelum pertigaan arah Jogja atau sebelum terminal Bawen.

Dari exit tol Bawen – belok kanan – ikuti jalan utama – hingga melihat bangunan stupa di kiri jalan.

Dari Salatiga – Jalan Raya Semarang-Solo – Ikuti jalan – hingga lewat terminal Bawen atau pertigaan Jogja – Tak jauh dari situ, Kamu akan melihat stupa besar di kiri jalan (Dusun Semilir).

Fasilitas

Fasilitas Umum:Area parkir luas, spot foto, food curt, mushola
No Telepon:0813-2563-9338

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga Tiket Masuk:Rp. 8.000 (Senin – Jumat)
Rp. 10.000 (Sabtu – Minggu)
Lain – Lain:Minimal Rp. 50.000 untuk Top Up Kartu
Rp. 20.000 – Rp. 65.000 untuk Kuliner

Meski tergolong tempat wisata di Semarang yang cukup populer, wisata ini membanderol retribusi yang sangat murah. Fasilitas umum yang disediakan pun boleh kita manfaatkan secara gratis, misal spot foto maupun tempat istirahat. Mungkin pengelola lebih fokus pada aspek kuliner untuk menonjolkan spot ini.

Itulah ulasan singkat mengenai Daun Semilir yang terletak di Bawen, Semarang. Mengusung konsep Eco Park, segala kriteria pengunjung dapat dipenuhi disini. Yuk, agendakan perjalananmu!

7 Komentar Untuk Dusun Semilir, Semarang

  1. Dusun Semilir… Terbilang masih baru, tempat ini merupakan tempat rekreasi semi kuliner yang bisa Anda nikmati dengan keluarga atau dengan rombongan kalian… . 1. Lokasi. Bicara lokasi yang berada di Jl. Soekarno Hatta, Bawen ini sudah terbilang strategis untuk dijangkau. Akses dari exit tol Bawen juga tidak terlalu jauh untuk menuju ke Dusun Semilir ini.. . 2. Konsep. Dalam segi konsep, bentuk bangunan cukup unik, didominasi dengan kayu dan paduan alam mengingat namanya memang “dusun semilir”. Hal yang perlu diperhatikan kembali adalah jalur akses masuk keluar yang terbilang cukup sempit dan dapat berdesakan. . 3. Kuliner. Makanan yg ditawarkan disana cukup lengkap, namun memang butuh menguras dompet lebih dalam lagi jika Anda memang pecinta kuliner yang mau jajan-jajan terus.. . 4. Kebersihan. Secara umum tempat bersih, toilet nyaman. Satu hal mengenai kebersihan yang bisa diperhatikan yakni tempat kolam yang berada di bagian area bawah Dusun Semilir ini, terlihat cukup kotor dan tidak terawat, padahal tempat wisata ini masih dibilang baru.. . 5. Harga. Yap, untuk harga di Dusun Semilir terbilang cukup mahal 😊 karena Anda hanya bisa berada di “lobby utama” saja jika tidak membeli tiket 10rb-30rb/orang. Tiket tersebut digunakan untuk masuk ke dalam Dusun Semilir dan dapat menikmati kuliner yg iya bayar lagi, dan jika Anda berminat untuk berkuda juga ada tiket sendiri 😂 jadi bisa dikira-kira berapa biaya yang bisa Anda persiapkan.. . KESIMPULAN. Apakah tempat ini direkomendasikan?. Iya, tempat ini saya rekomendasikan bagi Anda yang memang berminat melihat suasana alam dan suka kuliner.. . Tempat ini tdk cocok untuk?. Tdk cocok bagi Anda yang mau mendapatkan pengalaman alam lbh dengan biaya yg relatif lbh murah 😆. . Rating?. 4,2 / 5 👍. . ~REVIEWER~. ©JEJE2019

  2. Wisata yang sedang naik daun di Kabupaten Semarang salah satunya ialah Dusun Semilir. Tempat yang baru dibuka tahun 2019 ini menyita banyak perhatian wisatawan. Dengan mengangkat tema pengenalan hasil karya Indonesia seperti makanan tradisional, jajanan yang sedang hits, kerajianan tangan, dan beberapa karya-karya yang dipajang dan dijualbelikan bagi pengunjung. Tempat wisata yang berada di dekat jalan raya ini sangat strategis dqn banyak diminati. Desain tiap ruangan bisa jadi tempat wefie ataupun swafoto. Dengan bahan bambu serta daun ilalang/padi yang kering tanah lapang disulap menjadi tempat wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Kalian wajib ke sini, akan panjang kalau saya jelaskan. Tiket masuk menggunakan card minimal top up 25k untuk satu orang. Bisa sepuasnya berkeliling karena begitu luas dengan pemandangan alam di sisi baratnya. Kalau ke Semarang, masukkan dalam bucketlist kalian ya. Have a nice day, happy weekend 😊

  3. Tempat yang bagus dan instagramable buat yg suka foto2..tapi skrg masih 50% dr bangunan yg jd…parkir luas, untuk parkir VIP 30rb..kalo yg biasa kisaran 10rb.untuk tiket enak beli via traveloka lbh murah dan cepat tanpa antri..disana pembayaran cash kalo tdk ada uang cash…disediakan atm disebelah loket tiket…untuk lobi masuk penuh dengan penjualan souvenir khas jateng..pintu masuk hanya 1 jd siap2 antri saat weekend..harga tiket 20k…seluncuran warna warni 10k dengan minimal tinggi badan 120cm… Disana penggunaan cashless..jd bisa deposite uang di loket tiket atau di tempat dekat foodcenter..sepanjang jalan bambu ada penjualan snack2 mulai jajan pasar smpai boba 😅😅..makanan murah ..persiapkan untuk untuk jalan kaki karena rute lumayan panjang dan saat perjalanan pulang jalan menanjak….siap2….mgkn bbrp bulan lagi bisa kesana lagi saat sdh lengkap semua…. ☺️☺️☺️

  4. Dusun Semilir. . Tempatnya bagus. Instagramable banget guys. Harga tiket masuk idr. 20K per orang. Langsung disambut etalase kerajinan tangan dan batik khas jawa tengah. Next banyak kulinernya juga. Btw utk transaksi pmbyrn kuliner wajib pake kartu khusus ya guys bukan pake cash. Jdi kita isi kartunya dgn senilai rupiah yg kita mau tapi tenang kalau msh ada sisa bisa di refund lagi.. Disitu kita bisa ksh makan kelinci juga guys (cocok buat anak2) harga tiketnya idr. 30K. Ada perosotan pelangi juga. Utk bisa main wahana tsb tinggi bdn kita minimal harus 120cm ya guys. Sayang blm smpet coba wahananya coz kondisi lg hujan. . Setelah itu ada jl. Kenangan semacam sentra kuliner juga sey guys. Bagus banget buat foto2 di jl. Kenangan coz atapnya dihiasi jdi kyk pelangi2 gtu and bnyk lampu2 hiasnya. But utk beli disini musti pake uang monopoli gtu. Tinggal tuker aja rupiah kita ke kasir2 terdekat and kita bakal dpt uang monopoli sejumlah rupiah kita. Bisa direfund juga kalau msh ada sisa. Ada kereta kelincinya juga guys buat yang mager buat keliling2 tmpt wisata. Over all bagus dan recommended banget buat anak2 and keluarga.

  5. 4 bintang dulu y, nanti kalau pembangunan sudah selesai semua baru sy kasih 5…ok untuk tempat bagus, nyaman bersih, parkir luas buat yg hobi 🤳 pasti dijamin suka , penggemar kuliner Super Penyet di Dusun Semilir sekarang sudah ada y guys…g perlu ke Semarang….masuk ke Dusun Semilir HTM nya per orang 20k tambah biaya kartu 5 k , kartu ini fungsi nya buat alat bayar selama di Dusun Semilir walaupun masih bisa tunai juga, g tau mungkin ke depannya semua harus pakai ne kartu…jadi jangan lupa top up, bisa pakai ovo atau tunai…untuk yang belum tau mau ngapain di sini mending top up dengan tunai aja, soalnya kalau dengan ovo sisa saldo kartu g bisa di refund…o iy biaya kartu 5 k td klo kartu dipulangin nanti ikut ke refund juga…wahana yg asik sementara ini menurut saya perosotan pelanginya jadi wajib coba….cukup 10 k aja perorang….saran untuk pengelola, petugas kasir di parkiran sebelum ditugasi tolong dikasih tukeran uang dulu buat kembalian…kasian klo minta maaf terus gara gara g punya kembalian… wkwkw…sama untuk parkiran motor dikasih peneduh dong…kan biaya parkir nya juga diatas rata rata… trmksh

  6. Dusun Semilir adalah Salah satu objek wisata baru di daerah kota semarang. Masih belum 100% jadi pembangunannya, tp kita sdh bisa masuk dan singgah serta mencoba berbagai kegiatan yg ada di sana. Disini dijual berbagai macam buah tangan ataupun kreasi dari kota semarang dan sekitarnya. Trus juga terdapat banyak banget spot2 yg bisa kita pakai buat foto utk di upload di IG loh. Disini terdapat pujasera dengan banyak pilihan loh dan luas banget tempatnya. Ada juga area bermain anak anak, sehingga mrk tidak akan bosan disana.. Disini masih ada proses pembangunan yg berjalan, menurut info yang ada akan dibangun fasilitas hotel dan arena bermain outdoor yang cukup besar.. Jd bisa dipastikan akan semakin seru pastinya utk dikunjungi.. Oo ya, mgkn utk para manula yg harus mengenakan kursi roda, disana mmg telah disediakan kursi roda, cm karena akses menuju ke pujasera itu jalannya berliku liku dan menurun, maka mgkn krg disarankan apabila hendak menggunakan kursi roda dikarenakan medannya agak susah dan cukup curam utk dilewati kursi roda, namun masih Ok banget kalo utk stroler kok.

  7. tempatnya belum selesai 100% dalam pembangunan sehingga saat berkunjung kita tidak dapatjalan kaki berkeliling, hanya setelah kita sampai di jalan titik paling bawah kita harus balek lagi naik, naik dan naik tinggi untuk sampai di hall atau halaman depan. . namun untuk konsep dalam berbelanja sudah mengadopsi sistem e-money jadi lebih modern, sedikit masukan saat belanja di caffe bawah kami kehabisan deposit, dan bingung saat ingin isi deposit, karena tidak ada papan petunjuk kasir isi ulang deposit. . saran untuk pengunjung yg ingin kesana: lebih baik isi deposit yg mencukupi agar tidak bingung saat berbelanja makanan. untuk atap yg terbuat dari plastik mika tlg diperhatikan sistem pembuangan airnya agar tidak ada genangan air di atas mika. . sukses untuk kampung sumilir, saya yakin kedepanya kalian akan lebih baik

Tinggalkan Balasan